Save Page
1 Raja-raja 13:11-25
13:11 Di Betel diam seorang nabi tua. Anak-anaknya datang menceritakan kepadanya segala perbuatan yang dilakukan abdi Allah pada hari itu di Betel. Mereka menceriterakan juga kepada ayah mereka perkataan yang dikatakannya kepada raja. 13:12 Kemudian ayah mereka bertanya: "Dari jalan manakah ia pergi?" Lalu anak-anaknya menunjukkan kepadanya jalan yang diambil abdi Allah yang datang dari Yehuda itu. 13:13 Ia berkata kepada anak-anaknya: "Pelanai keledai bagiku!" Mereka memelanai keledai baginya, lalu ia menunggangnya 13:14 dan pergi mengikuti abdi Allah itu dan mendapatinya duduk di bawah sebuah pohon besar. Ia bertanya kepadanya: "Engkaukah abdi Allah yang telah datang dari Yehuda?" Jawabnya: "Ya, akulah itu." 13:15 Katanya kepadanya: "Marilah bersama-sama aku ke rumah untuk makan roti." 13:16 Tetapi jawabnya: "Aku tidak dapat kembali bersama-sama engkau dan singgah kepadamu; aku tidak dapat makan roti atau minum air bersama-sama engkau di tempat ini, 13:17 sebab telah diperintahkan kepadaku atas firman TUHAN: Jangan makan roti atau minum air di sana. Jangan berjalan pulang melalui jalan yang telah kauambil itu." 13:18 Lalu jawabnya kepadanya: "Akupun seorang nabi juga seperti engkau, dan atas perintah TUHAN seorang malaikat telah berkata kepadaku: Bawa dia pulang bersama-sama engkau ke rumahmu, supaya ia makan roti dan minum air." Tetapi ia berbohong kepadanya. 13:19 Kemudian orang itu kembali bersama-sama dia, lalu makan roti dan minum air di rumahnya. 13:20 Sedang mereka duduk menghadapi meja, datanglah firman TUHAN kepada nabi yang telah membawa dia pulang. 13:21 Ia berseru kepada abdi Allah yang telah datang dari Yehuda: "Beginilah firman TUHAN: Karena engkau telah memberontak terhadap titah TUHAN dan tidak berpegang pada segala perintah yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, 13:22 tetapi kembali dan makan roti dan minum air di tempat ini walaupun Ia telah berfirman kepadamu: Jangan makan roti atau minum air, -- maka mayatmu tidak akan masuk ke dalam kubur nenek moyangmu." 13:23 Setelah orang itu makan roti dan minum air, dipelanailah keledai baginya. 13:24 Orang itu pergi, tetapi di tengah jalan ia diserang seekor singa dan mati diterkam. Mayatnya tercampak di jalan dan keledai itu berdiri di sampingnya; singa itupun berdiri di samping mayat itu. 13:25 Orang-orang yang lewat melihat mayat itu tercampak di jalan dan singa berdiri di sampingnya. Dan mereka menceriterakannya di kota tempat kediaman nabi tua itu.

Penjelasan:


* 1Raj 13:11-14 - Di Betel diam seorang nabi tua
Di Betel diam seorang nabi tua. Apa yang tidak dapat dibuat oleh sang raja terhadap sang abdi Allah walaupun raja memiliki segenap kekayaan, ketenaran dan kemuliaannya, dapat dibuat oleh seorang percaya yang jelas tidak mengetahui "maksud Roh." Putra-putra nabi tua di Betel ini menceritakan kepada ayah mereka tentang nubuat yang telah diutarakan terhadap Yerobeam. Bertindak berdasarkan laporan tersebut, sang nabi tua berangkat untuk mencari abdi Allah itu dan menemukan dia di bawah pohon tarbantin.

* 1Raj 13:15 - Marilah bersama-sama aku ke rumah untuk makan roti
Marilah bersama-sama aku ke rumah untuk makan roti. Orang Timur terkenal akan keramahannya jauh melebihi saudaranya di Barat. Di samping ingin menunjukkan keramahan, mungkin sang nabi tua itu ingin belajar lebih banyak tentang nubuat yang hebat dan tidak biasa itu.

* 1Raj 13:16 - Aku tidak dapat kembali bersama-sama engkau dan singgah kepadamu
Aku tidak dapat kembali bersama-sama engkau dan singgah kepadamu. Sebagaimana nabi itu menolak undangan Yerobeam, demikian pula sekarang ia mula-mula menolak undangan sesama nabi karena ada larangan Allah (ay. 17).

* 1Raj 13:18 - Aku pun seorang nabi juga seperti engkau dan atas perintah Tuhan, seorang malaikat telah berkata kepadaku . . . Tetapi ia berbohong kepadanya
Aku pun seorang nabi juga seperti engkau dan atas perintah Tuhan, seorang malaikat telah berkata kepadaku . . . Tetapi ia berbohong kepadanya. Sang nabi dari Betel berpura-pura telah menerima perintah ilahi untuk membatalkan hal-hal yang sebelumnya diberikan kepada nabi yang lebih muda tadi. Kita tidak mengetahui mengapa dia berbohong.

* 1Raj 13:19 - Kemudian orang itu kembali bersama-sama dia
Kemudian orang itu kembali bersama-sama dia. Ia tidak menaati perintah Tuhan. Sebuah pelajaran praktis untuk diperhatikan, yakni bahwa nasihat dari orang lain, Kristen atau tidak, tidak boleh menggantikan panggilan tugas yang jelas di dalam hati kita sendiri.

* 1Raj 13:20 - Sedang mereka duduk menghadapi meja
Sedang mereka duduk menghadapi meja. Nabi yang bersedia untuk berperan sebagai penggoda, kini atas desakan Allah mengambil peran yang lebih sulit sebagai pemberita hukuman. Hukuman terhadap ketidaktaatan nabi itu adalah kematian. Nubuat ini langsung digenapi.

* 1Raj 13:24 - Orang itu pergi, tetapi di tengah jalan ia diserang seekor singa dan mati diterkam
Orang itu pergi, tetapi di tengah jalan ia diserang seekor singa dan mati diterkam. Singa masih mengembara mencari mangsa di sekeliling Betel dan kadang-kadang menerkam pejalan kaki yang tidak waspada. Namun supaya bisa diketahui bahwa peristiwa ini memang merupakan sebuah hukuman adikodrati dan bukan kecelakaan biasa, singa itu sesudah menerkam sang nabi tidak merobek-robek tubuhnya dan juga tidak membunuh keledai jinak yang ditunggang sang nabi, tetapi hanya berdiri tegak dengan tenang seakan-akan dilarang bergerak oleh kekuatan ilahi.

* Allah memakai hamba-Nya sampai tuntas.
Tidak sedikit pelayan Tuhan yang gagal di tengah jalan. Ada yang jatuh ke dalam dosa. Ada yang meninggalkan pelayanan di tengah-tengah pekerjaan Tuhan. Meski demikian, Tuhan tetap bisa memakai mereka untuk mencapai maksud-Nya. Justru ini menjadi peringatan agar hamba Tuhan melayani dan hidup benar di hadapan Allah.
Kisah abdi Allah ini sungguh tragis. Ia sudah selesai menunaikan tugas utama, yaitu menegur Yerobeam atas dosa-dosanya. Ia tahu bahwa Tuhan memerintahkannya untuk tidak makan roti dan minum air dalam perjalanan tugas. Namun, karena tipuan seorang nabi tua, ia melanggar perintah Tuhan itu. Hukuman pun dijatuhkan, abdi Allah itu dibunuh oleh seekor singa. Kita tidak tahu motivasi si nabi tua membohongi abdi Allah itu. Mungkin ia iri hati melihat si abdi Allah yang berasal dari Selatan masuk ke wilayahnya tanpa permisi untuk bernubuat. Mungkin ia seorang yang "mendukung" pemerintahan Yerobeam sehingga tidak senang melihat abdi Allah ini mencela rajanya. Apapun alasannya, akhirnya ia sadar bahwa penipuannya berakibat fatal bagi abdi Allah itu (ayat 20-22).
Kematian abdi Allah itu tidak menghalangi firman Tuhan dinyatakan. Peristiwa aneh setelah abdi Allah itu diterkam singa (ay. 24: yaitu singa dan keledai menjagai mayat abdi Allah itu) pastilah menimbulkan kegemparan di kalangan rakyat. Tuhan memakai peristiwa itu untuk menyadarkan si nabi tua, yang mungkin selama ini sudah kehilangan kepekaan akan firman Allah dan kehilangan keberanian iman (ia tidak pernah mencela Yerobeam). Ini membuktikan Allah berdaulat dalam segala keadaan, menggenapi janji-Nya, atau menghukum yang melanggar. Kalau Ia tidak segan menghukum abdi-Nya yang lalai, apalagi terhadap orang yang mengkhianati-Nya (Yerobeam). Pasti nubuat mengenai penghukuman Yerobeam akan tergenapi (ayat 32).



SBU

MINGGU II PRAPASKAH
SENIN, 8 APRIL 2019
Renungan Pagi
GB.243 : 1,2 -Berdoa
 PILIHLAH YANG MEMULIAKAN TUHAN

1 Raja-Raja 13:1-10
"....Sekalipun setengah dari istanamu kau berikan kepadaku, aku tidak mau singgah kepadamu...." (ay.8)

Mendapat imbalan sebagai hasil melakukan sebuah aktivitas adalah hal yang biasa. Apalagi kalau imbalannya menggiurkan. Siapa yang berani menolak? Imbalan adalah bentuk penghargaan atas kerja lelah yang dilakukan. Sebagai bentuk penghargaan. lmbalan penghargaan itu ternyata tidak berlaku bagi nabi yang diutus Allah untuk menegur dengan keras Yerobeam, raja pertama kerajaan Israel utara setelah Israel terpecah menjadi dua Kerajaan.

Sang nabi utusan menegur Yerobeam karena hidupnya melawan semua aturan umat Allah. Bukannya takut dan memohon ampunan Tuhan, Yerobeam justru memerintahkan untuk menangkap sang nabi. Saat ia menunjuk ke arah sang nabi, tangannya menjadi kaku. Yerobeam kemudian memohon pada sang nabi untuk berdoa agar tangannya pulih kembali. Yerobeam didoakan dan sembuh. Ketika Yerobeam mau memberikan imbalan, sang nabi menolak dengan tegas, karena itu perintah Tuhan. Mungkin imbalan itu sesuatu yang sangat dibutuhkan sang nabi. Bisa makanan atau minuman karena sang nabi baru melampaui perjalanan panjang dari Yehuda ke Betel. Kemarahan Tuhan sangat besar terhadap Yerobeam sehingga larangan itu diberikan Tuhan.

Kadangkala kita berhadapan dengan situasi seperti sang nabi. Diperhadapkan pada kebutuhan mendasartetapi harus mengatakan tidak, karena hal itu tidak memuliakan Tuhan. Hati yang diterangi oleh terang Tuhan membuat kita bijak menentukan mana yang patut dan tidak patut untuk diterima. Minta hikmat Tuhan. Kalau yang kita terima tidak memuliakan nama Tuhan, maka jangan terima.

GB.164: 1
Doa : (Ya Tuhan tolonglah hambamu ini, agar bijak bersikap. Tolonglah hambamu ini agar berani berkata tidak! pada hal-hal yang tidak memuliakan nama-Mu atau dapat membuat-Mu malu)



MINGGU II PRAPASKAH
SENIN, 8 APRIL 2019
Renungan Malam
KJ.326 : 1,2 -Berdoa
JANGAN CEPAT PERCAYA

1 Raja-Raja 13 : 11 - 25
 Tetapi ia berbohong kepadanya (ay.18)

Dalam era digital sekarang ini, menguji sebuah berita sebagai kebenaran atau berita bohong sangat penting. Serlngkali karena berita bohong, hidup orang lain rusak. Nabi utusan Allah kepada Yerobeam justru terperangkap kebohongan seorang nabi tua yang memaksa sang nabi utusan ini beristirahat, makan dan minum di rumahnya. Sementara Allah telah berfirman jangan istirahat atau makan dan minum di Betel. Langsung pulang.

Bujukan sang nabi tua dengan mengatakan bahwa malaikat telah mendatanginya dan menyuruhnya mengajak sang nabi utusan untuk beristirahat, makan dan minum di rumahnya, dipercaya sang nabi utusan, tanpa melakukan konfirmasi dengan Tuhan. Dampaknya ia mati dicabik-cabik singa dalam perjalanannya pulang ke Yehuda, karena tidak taat pada perintah Tuhan.

Hati-hati dengan berita yang kita dapatkan. Bisa benar tetapi bisa juga hoaks. Membiasakan diri untuk melakukan klarifikasi atau konfirmasi atas berita yang didapatkan, sangat penting. Apalagi kalau berita itu mau diteruskan kepada orang lain. Kadangkala karena begitu percaya pada berita yang didapatkan, relasi kita dengan orang lain jadi rusak atau bahkan diri kita yang rusak.

KJ.343:1
Doa : (Tuhan yang baik ajarkan kami untuk dapat menahan diri dan tidak cepat bereaksi atas berita yang beredar. Ajarkan kami untuk teliti menguji, sehingga kami tidak menjadi salah seorang penyebar berita bohong).


Label:   1 Raja-raja 13:11-25 


HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song
Jesus Is Risen Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 9 April 2019 - BELAJAR PEKA PADA SUARA TUHAN - 1 Raja-raja 22:41-51 - MINGGU II PRAPASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 7 April 2019 - PENDAMAI YANG SETIA BERIBADAH - 1 Raja-raja 8:62-66 (SGD) - HARI MINGGU II PRAPASKAH

Garis Besar 1 Raja-raja




BACAAN ALKITAB SETAHUN:
  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Bacaan Alkitab GMIT 2019
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..


    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    contoh kj 392 bukan kj.392





    Beli Kaos C59. Klik Disni

    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2 *, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
    Kenya Worship Songs
    Ghana Worship Songs
    Russian Worship Songs
    Chinese Praise and Worship Song
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Greek Worship Songs
    French Worship Songs
    Spanish Worship Songs





    Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 dan Tata Ibadah Paskah 21 April 2019 GPIB
    Terlampir disampaikan : 1. Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 2. Tata Ibadah Paskah 21 April 2019



    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)


    New Submit
    Rabu, 24 April 2019
    Overcome - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    This Is My Story (My Song) - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    When I See You - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    Freedom In The Spirit - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    For Us - Sarah Kroger

    Minggu, 21 April 2019
    Come Back Home - Manafest feat. Trevor McNevan

    Sabtu, 20 April 2019
    How He Loves - Peter Mattis | Bethel Music

    Sabtu, 20 April 2019
    Still - Amanda Lindsey Cook

    Jumat, 19 April 2019
    With You On My Mind - Kenny Smith

    Jumat, 19 April 2019
    Lord, What's Happening To Your People - Kenny Smith

    Jumat, 19 April 2019
    Wings of a Dove - Ferlin Husky

    Jumat, 19 April 2019
    How Great Thou Art - Carrie Underwood featuring Vince Gill

    Jumat, 19 April 2019
    Peace in the Valley - Elvis Presley

    Jumat, 19 April 2019
    Will the Circle be Unbroken - Johnny Cash and Family

    Jumat, 19 April 2019
    Precious Memories - Alan Jackson

    Jumat, 19 April 2019
    I Saw the Light - Hank Williams

    Jumat, 19 April 2019
    Amazing Grace - Dolly Parton

    Jumat, 19 April 2019
    Looking Up - Citizens (U.S.)

    Rabu, 17 April 2019
    Glory - Building 429

    Rabu, 17 April 2019
    Glory Defined - Building 429

    Pemilihan Presiden
    Quick Count    |    Real Count

    christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,