Save Page
Ester 4:15-17
4:15 Maka Ester menyuruh menyampaikan jawab ini kepada Mordekhai: 4:16 "Pergilah, kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah untuk aku; janganlah makan dan janganlah minum tiga hari lamanya, baik waktu malam, baik waktu siang. Aku serta dayang-dayangkupun akan berpuasa demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati." 4:17 Maka pergilah Mordekhai dan diperbuatnyalah tepat seperti yang dipesankan Ester kepadanya.

Penjelasan:

*  Keputusan Ester (4:1-17)
Kesedihan Mordekhai yang besar menimbulkan tanda tanya pada diri Ester yang kemudian mengetahui dari Mordekhai tentang adanya ketetapan tersebut serta tentang keinginan Mordekhai agar Ester menghadap raja. Ketika Ester keberatan bahwa hal itu bila berbahaya bagi dirinya, Mordekhai mendesak bahwa hal itu merupakan tanggung jawab Ester kepada Allah. Ester berjanji akan menghadap raja jika Mordekhai bersedia berpuasa bersamanya selama tiga hari.

* Est 4:15-17 - Berpuasalah untuk aku ... tiga hari lamanya // Aku serta dayang-dayangkupun akan berpuasa demikian // Kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati
Berpuasalah untuk aku ... tiga hari lamanya (ay., 16). Memanjatkan doa kepada Allah tidak disebutkan di sini, namun cukup jelas tersirat (bdg. Yl. 1:14). Aku serta dayang-dayangkupun akan berpuasa demikian. Mungkin para dayang itu adalah orang Yahudi atau orang-orang yang masuk agama Yahudi yang telah belajar berdoa dari Ester. Kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati. Sikap ini bukan sebuah fatalisme buta atau sebuah kepasrahan yang tanpa harapan (bdg. Kej. 43:14), namun sebuah keyakinan terhadap kehendak dan kebijaksanaan Allah (bdg. Ayb. 13:15; Dan. 3:17, 18).

* Sesuai rancangan Allah
Bagaimana Anda memandang keberadaan Anda saat ini? Apakah Anda merasa layak berada di posisi Anda sekarang karena sudah merencanakan dan mempersiapkannya sebaik mungkin? Atau Anda merasa semua itu merupakan kebetulan dan keberuntungan semata? Kita akan melihat cara pandang Ester terhadap posisinya sebagai ratu, dapat membalikkan situasi genting yang dihadapi bangsanya.
Reaksi Mordekhai atas keputusan memusnahkan orang Yahudi, begitu kuat (ayat 1). Memang dialah yang menyebabkan munculnya keputusan itu. Meski demikian, tak mungkin bagi Mordekhai untuk mendatangi Haman dan bersujud di depan dia. Lagi pula Mordekhai memahami sifat hukum di Persia yang tidak bisa diubah (band. 1:19). Sebab itu, ia meratap sekeras mungkin agar raja dan Ester mendengar (ayat 2).
Ester, yang tidak mengetahui adanya keputusan itu, meminta penjelasan mengenai alasan ratapan Mordekhai. Lalu Mordekhai memberitahu dia tentang gentingnya situasi dan mendorong dia untuk membela bangsanya di hadapan raja (ayat 4-8). Ester yang memahami situasi istana, tahu bahwa meski ia berkedudukan sebagai ratu, tidaklah mudah untuk menghadap raja. Nyawa menjadi taruhannya (ayat 10-11). Mordekhai memarahi Ester karena hanya memikirkan diri sendiri (ayat 12). Dengan atau tanpa Ester, pertolongan akan datang (ayat 13-14) juga. Hanya saja Ester harus tahu bahwa Tuhan menempatkan dia di istana Raja Ahasyweros, bukan tanpa maksud. Oleh sebab itu Ester harus berjalan sesuai dengan maksud Allah itu. Akhirnya Ester menyadari posisinya. Ia akan memberanikan diri untuk menghadap raja, meski ia harus menanggung risiko nyawa. Maka ia meminta dukungan bangsanya yang dinyatakan dengan berpuasa (ayat 15-17).
Bila kita hidup mengikuti pimpinan Allah, maka apapun keberadaan kita dan di mana pun posisi kita, Allah menempatkan kita dengan suatu maksud tertentu. Sebab itu kita perlu hikmat untuk mengetahui rancangan Allah dan tentu saja kesetiaan dan keteguhan untuk berjalan sesuai rencana itu.



SBU



MINGGU II PRAPASKAH
KAMIS, 11 APRIL 2019
Renungan Pagi
GB.277 ; 1 -Berdoa
ALLAH DAPAT MEMAKAI SIAPA SAJA

Ester 4:1-14
Sekalipun engkau pada saat ini berdiam diri saja, bagi orang Yahudi, akan timbul juga pertolongan dan kelepasan dari pihak lain ...(ay.14).

Ada saat dimana kita terperangkap dalam masalah dan tidak tahu jalan keluar. Semakin hari masalah itu semakin menjepit kita. Kurang lebih seperti itulah kondisl yang dialami bangsa Israel dalam jajahan Persia dan Media di bawah pemerintahan Raja Ahasyweros. Kehadiran Ester bagaikan malaikat tanpa sayap yang khusus dikirim Allah untuk menyelamatkan mereka.

Bagaikan kisah Cinderella, raja Persia jatuh cinta pada Ester seorang perempuan Yahudi sederhana, lalu menlkahlnya sehingga posisi Ester berubah dari orang terkucil menjadi orang spesial bagi Raja. lni adalah posisi yang dapat dimanfaatkan untuk melawan Haman orang dekat Raja yang sangat membenci, menekan bahkan merancang pembasmian massal umat lsrael. Hanya saja walaupun menjadi permaisuri kesayangan, Ester tetap harus taat pada
protokoler kerajaan. Kalau Raja tidak memanggil, permaisuri tidak dapat menghadap atas inisiatifnya. Sementara itu kondisi umat sangat kritis menuntut Ester harus meminta campur tangan Raja untuk segera menolong umat. Mordekhai, pamannya mengatakan tidak ada pilihan lain bagi Ester. Posisi permaisuri bukanlah posisi aman, karena pembasmian massal umat akan mengaitkan Ester sebagai orang Israel juga.

Menjadi alat Allah, seringkali membawa kita pada posisi sulit seperti ini. Keputusan harus segera diambil dan keberanian besar dibutuhkan. Mordekhai menantang Ester dengan mengatakan kalau Ester diam maka Allah akan memakai orang Iain untuk menolong
umat-Nya. Allah membutuhkan orang-orang berani yang tidak memikirkan dirinya sendiri, bagi kepentingan yang lebih besar. Apakah saudara salah satunya? Tetap berjuang.

GB.277 : 2
Doa : (Ya Tuhan jadikanlah kami alat kasih-Mu di tengah dunia ini. Sekalipun tantangannya besar tetapi kami berjalan bersama-Mu. Ajarkan untuk kami tidak egois dengan memikirkan diri sendiri, tetapi memikirkan dan memperjuangkan kehidupan orang lain)



MINGGU II PRAPASKAH
KAMIS, 11 APRIL 2019
Renungan Malam
GB.61:1,2 -Berdoa
DUKUNGAN SEPENUH HATI

Ester 4:15-17
Pergilah kumpulkanlah semua orang Yahudi yang ada di Susan dan berpuasalah untuk aku..." (ay. 16).

Perjuangan Ester bukan tanpa risiko. Hukuman mati membayangi kalau Raja tidak berkenan pada Ester. ltu sebabnya dia meminta dukungan dari pamannya dan seluruh umat Israel dengan berpuasa. Bahkan dayang-dayangnya pun turut berpuasa. Puasa yang dimintakan Ester adalah bentuk dukungan bagi Ester yang berhadapan dengan penerimaan raja atau kematiannya, sekaligus keprihatinan bagi kondisi umat Israel. Puasa itu dilakukan dengan
tidak makan dan minum selama 3 hari.

Tekad yang kuat yang dibarengi dengan kesungguhan hati dan keberanian untuk kepentingan umat pilihan Allah, berujung pada jalan keluarterbaik. Raja berkenan kepada Ester. Umat Allah bebas, sedangkan hidup Haman, orang yang sangat membenci Mordekhai pamannya Ester dan umat Israel, berakhir di tali gantungan yang dibuatnya untuk menggantung Mordekhai.

Di sekitar kita ada orang-orang yang sangat membutuhkan dukungan kita. Mungkin mereka sedang berjuang untuk ujlan sekolah, atau ulangan kenaikan kelas, berjuang untuk ujian tingkat universitas, berj uang untuk mendapatkan pekerjaan, berjuang untuk memenuhi kebutuhan keluarga, berjuang dalam pelayanan, berjuang untuk hidup lebih benar dan baik. Dukunglah mereka dengan sepenuh hati. Hadirlah bagi mereka. Tunjukkan betapa berartinya
mereka. Dukungan yang positif akan memberi semangat dan memotivasi mereka untuk berhasil.

GB.61:3,4
élDoa : (Ya Tuhan mampukan kami untuk memotivasi orang-orang di sekitar kami agar mereka tidak putus asa atau menyerah atas hidup dan perjuangan yang mereka hadapi. Bimbing kami juga agar kami tidak cepat menyerah ketika menghadapi kesulitan)


Label:   Ester 4:15-17 


HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song
Jesus Is Risen Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 12 April 2019 - PERSEKUTUAN YANG SEHAT - Ester 9:29-32 - MINGGU II PRAPASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Rabu, 10 April 2019 - SELALU ADA KISAH UNTUK DIWARTAKAN - 1 Tawarikh 25:1-7 (SGK) - MINGGU II PRAPASKAH

Garis Besar Ester




BACAAN ALKITAB SETAHUN:
  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Bacaan Alkitab GMIT 2019
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..


    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    contoh kj 392 bukan kj.392





    Beli Kaos C59. Klik Disni

    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
    Kenya Worship Songs
    Ghana Worship Songs
    Russian Worship Songs
    Chinese Praise and Worship Song
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Greek Worship Songs
    French Worship Songs
    Spanish Worship Songs





    Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 dan Tata Ibadah Paskah 21 April 2019 GPIB
    Terlampir disampaikan : 1. Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 2. Tata Ibadah Paskah 21 April 2019



    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)


    New Submit
    Jumat, 26 April 2019
    Were You There - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    It Is No Secret (What God Can Do) - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    Nearer My God To Thee - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    God Bless America - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    Wholy Holy - Aretha Franklin

    Jumat, 26 April 2019
    Respect - Aretha Franklin

    Kamis, 25 April 2019
    When I Get Where I'm Going - Brad Paisley Feat. Dolly Parton

    Kamis, 25 April 2019
    Holes in the Floor of Heaven - Steve Wariner

    Kamis, 25 April 2019
    You're Not My God - Keith Urban

    Kamis, 25 April 2019
    The Old Rugged Cross - Johnny Cash

    Kamis, 25 April 2019
    The Little Girl - John Michael Montgomery

    Rabu, 24 April 2019
    Overcome - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    This Is My Story (My Song) - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    When I See You - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    Freedom In The Spirit - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    For Us - Sarah Kroger

    Minggu, 21 April 2019
    Come Back Home - Manafest feat. Trevor McNevan

    Sabtu, 20 April 2019
    How He Loves - Peter Mattis | Bethel Music

    Sabtu, 20 April 2019
    Still - Amanda Lindsey Cook

    Jumat, 19 April 2019
    With You On My Mind - Kenny Smith

    Pemilihan Presiden
    Quick Count    |    Real Count

    christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,