Save Page
MINGGU I PRAPASKAH
Jumat, 19 April 2019
JUMAT AGUNG
Perjamuan Kudus
Pagi  :    Markus 15:20b-32

Markus 15:33-41
Yesus mati
15:33 Pada jam dua belas, kegelapan meliputi seluruh daerah itu dan berlangsung sampai jam tiga. 15:34 Dan pada jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: "Eloi, Eloi, lama sabakhtani?", yang berarti: Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku? 15:35 Mendengar itu, beberapa orang yang berdiri di situ berkata: "Lihat, Ia memanggil Elia." 15:36 Maka datanglah seorang dengan bunga karang, mencelupkannya ke dalam anggur asam lalu mencucukkannya pada sebatang buluh dan memberi Yesus minum serta berkata: "Baiklah kita tunggu dan melihat apakah Elia datang untuk menurunkan Dia." 15:37 Lalu berserulah Yesus dengan suara nyaring dan menyerahkan nyawa-Nya. 15:38 Ketika itu tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah. 15:39 Waktu kepala pasukan yang berdiri berhadapan dengan Dia melihat mati-Nya demikian, berkatalah ia: "Sungguh, orang ini adalah Anak Allah!" 15:40 Ada juga beberapa perempuan yang melihat dari jauh, di antaranya Maria Magdalena, Maria ibu Yakobus Muda dan Yoses, serta Salome. 15:41 Mereka semuanya telah mengikut Yesus dan melayani-Nya waktu Ia di Galilea. Dan ada juga di situ banyak perempuan lain yang telah datang ke Yerusalem bersama-sama dengan Yesus.


Penjelasan:

* Kesengsaraan Tuhan (14:12-15:47).
Kisah tentang kesengsaraan dan kematian Kristus yang diceritakan oleh Markus dapat dibagi sebagai berikut: rangkaian peristiwa di sekitar perjamuan terakhir (14:12-25): perjalanan ke Getsemani (14:26-42); penangkapan Kristus (14:43-52); pengadilan-pengadilan (14:53-15:15), penyaliban (15:16-41); dan penguburan Kristus (15:4247). Kronologis yang umum beranggapan bahwa hari Rabu digunakan sebagai hari istirahat di Betania dan bahwa rangkaian peristiwa dari bagian yang kita pelajari terjadi pada hari Kamis dan Jumat. Tidak disebutkan secara jelas bahwa hari perhentian semacam itu memang ada, tetapi dengan membandingkan catatan-catatan Injil maka harus diterima bahwa hari itu ada.

* Mrk 15:33 - jam dua belas // kegelapan // meliputi seluruh daerah itu // Jam tiga
Tiga jam telah berlalu; sekarang sudah tengah hari, jam dua belas (jam keenam perhitungan Yahudi). Pada saat matahari bersinar paling cerah itu, kegelapan (egeneto) meliputi seluruh daerah itu. Peristiwa ini tidak mungkin merupakan gerhana matahari total sehingga seluruh bumi menjadi gelap, sebagaimana dikemukakan oleh Lenski (Lenski,' Interpretation of Mark, hlm. 713-714), sebab hari Paskah itu terjadi ketika bulan purnama sehingga gerhana semacam itu mustahil. Apa yang menyebabkan kegelapan itu tidak disebutkan. Pastilah pemilihan waktu untuk terjadinya hal ini bersifat adikodrati. Jam tiga siang adalah jam kesembilan (lihat tafsiran atas ayat 25).

* Mrk 15:34 - Eloi, Eloi lama sabakhtani // meninggalkan
Yesus sudah terpaku di kayu salib selama enam jam. Seruan-Nya merupakan kutipan dari Mazmur 22:2. Eloi, Eloi lama sabakhtani merupakan salinan dari bahasa Aram, bahasa asli yang dipakai oleh Kristus. Markus, seperti biasanya, mengartikan ungkapan Aram itu bagi sidang pembacanya yang orang Romawi. Seruan karena ditinggalkan ini memberikan suatu pandangan sekilas tentang penderitaan batin Kristus di kayu salib. Siksaan terbesar yang dideritanya tidak bersifat jasmaniah, penderitaan-Nya adalah penderitaan jiwa pada saat Dia menanggung dosa dunia. Yang dimaksudkan dengan Allah meninggalkan Kristus ialah bahwa Bapa menarik diri dari persekutuan dengan Anak-Nya. Dia tidak lagi menunjukkan kasih-Nya terhadap Anak-Nya. Kini Kristus malah menjadi sasaran ketidaksenangan Allah, karena Dia adalah Pengganti semua orang berdosa. Kristus "dibuat-Nya menjadi dosa karena kita" (II Kor. 5:21), dan Allah yang kudus tidak tidak mungkin melihat dosa dengan sikap senang.

* Mrk 15:36 - Anggur asam // Apakah Elia datang
Anggur asam dapat memuaskan dahaga lebih cepat daripada air (Artdt, hlm. 577, 578). Karena yang diberikan bukan minuman yang mengandung bius seperti dalam ayat 23, Yesus menerimanya tanpa melawan (bdg. Yoh. 19:29, 30). Apakah Elia datang. Tidak ada alasan untuk beranggapan bahwa orang-orang yang mengucapkan kata-kata ini bersungguh-sungguh. Tidak diragukan bahwa ucapan ini merupakan kelanjutan dari ejekan yang demikian jelas dalam 15:29-32.

* Mrk 15:37 - Menyerahkan nyawa-Nya
Menyerahkan nyawa-Nya. Kata Yunaninya ialah exepneusen, yang secara harfiah artinya menghembuskan nafas atau mati. Pergumulan itu tidak berkepanjangan, sebagaimana biasanya dilukiskan oleh suatu bentuk waktu imperfect. Sebaliknya bentuk waktu aoris melukiskan suatu peristiwa yang singkat dan sebentar. Yesus menghembuskan roh-Nya dan mati.

* Mrk 15:38 - Tabir Bait Suci // dari atas sampai bawah,
Tabir Bait Suci adalah tirai berat yang memisahkan Tempat Kudus dengan Tempat Maha Kudus. Untuk melihat gambarannya. baca karya Yosefus, Wars of the Jews, V.v.4. Sobekan itu terjadi dari atas sampai bawah, mungkin menunjuk kepada asal-usul peristiwa tersebut yaitu dari Tuhan. Pengaturan waktunya penting. Karena saat itu merupakan waktu persembahan sore, maka sobeknya tirai itu tidak mungkin terjadi tanpa diketahui. Pentingnya tempat Maha Kudus itu terbuka disajikan dalam Ibrani 9:7, 8; 10:19-22.

* Mrk 15:39 - Kepala pasukan // Berhadapan dengan Dia // adalah Anak Allah // orang benar
Kepala pasukan pada umumnya memiliki seratus orang di bawahnya. Di dalam peristiwa ini perwira tersebut memimpin pasukan yang lebih sedikit untuk mengawal penyaliban. Berhadapan dengan Dia. Maksudnya ia berdiri menghadap salib. Pernyataan kepala pasukan tersebut bahwa Yesus adalah Anak Allah tidak boleh diartikan secara Kristen sepenuhnya. Pertama-tama, pernyataan itu tidak ada dalam naskah Yunani. Karena itu seharusnya dipahami sebagai, "seorang anak Allah" atau, paling banter, "Petra Allah." Latar belakang kafir dari kepala pasukan Romawi ini tidak boleh dilupakan. Dia mungkin sudah menganggap Yesus sebagai makhluk adikodrati, tetapi bahwa Dia memiliki suatu pengertian yang benar tentang keilahian Kristus kurang dapat dipercaya. Lagi pula, Lukas melaporkan bahwa kepala pasukan itu menyatakan Yesus sebagai orang benar (23:47). Penyajian yang lengkap tentang pandangan yang bertolak belakang dapat dilihat dalam karya Lenski, Interpretation of Mark, hlm. 725-727.

* Mrk 15:40 - Maria Magdalena // Maria // Salome
Maria Magdalena jangan dikelirukan dengan Maria dari Betania (Yoh. 12:1 dst.), juga jangan dikelirukan dengan wanita berdosa dalam Lukas 7:37. Dia datang dari Magdala di Galilea, dan dia telah mengalami pelepasan dari kerasukan setan atas perintah Yesus (Luk. 8:2). Maria yang kedua tampaknya adalah ibu dari Yakobus anak Alfeus, salah satu murid Yesus (Mrk. 3:18). Salome dilukiskan sebagai ibu dari Yakobus dan Yohanes putra Zebedeus (Mat. 27:56).


SBU
JUMATAGUNG
JUMAT,19 APRlL 2019
PERJAMUAN KUDUS
Renungan Pagi
KJ.368 ; 1 -Berdoa
SALIBKAN EGOMU!

Markus 15:20b - 32
"" (ay.27)

Banyak orang Kristen bangga menggunakan gelang salib, kalung salib, bros salib ataupun aksesori salib lainnya, Seakan salib menjadi sebuah kebanggaan diri dan bukan sebagai penghayatan hidup mereka yang percaya kepada Yesus.

Peristiwa penyaliban Yesus diceritakan oleh Markus diawali cerita pemaksaan atas Simon dari Kirene untuk memikul salib Yesus. Sebelum diolok-olok, Yesus disesah. Kebencian orang-
orang Yahudi kepada Yesus nampak dalam peristiwa ini. Para serdadu Romawi hanya menjalankan tugas rneraka untuk menyalibkan Yesus dan tanpa kebencian. Olok-olokan yang di|akukan oleh kaum Yahudi dan serdadu Romawi di bukit Golgota. Yesus menolak meminum anggur pembius untuk menghilangkan rasa sakit. Ini berati bahwa Yesus bersedia mangalarni kematian yang pahit dalam rasa sakit dan penderitaan yang luar biasa. Para pemimpin Yahudi melontarkan tantangan terakhir kepada Yesus.

"Turunlah dari salib, maka kami akan percaya padaMu". Yesus di salib di antara dua penyamun yang merupakan gambaran bahwa hidup-Nya didampingi oleh orang-orang berdosa yang juga mencelaNya. Markus memaparkan tentang kesediaan Yesus disalib
merupakan sebuah pemberitahuan tentang kasih Allah kepada manusia. Kasih yang tak terbatas.

Jika Yesus menolak disalibkan dan Ia turun dari salib, maka itu berarti bahwa kasih Allah terbatas. Yesus bersedia menjalani kematian-Nya di kayu salib dan itu berarti bahwa kasih Allah tidak terbatas. Kasih berarti siap menderita bagi manusia. Siap meninggalkan ego bagi kebaikan banyak orang. Bersyukurlah untuk kesediaan Yesus yang mati demi menya-
takan cinta kasih Allah kepada dunia. Berbahagia kita selamanya sebab kasih Yesus yang tidak terbatas dalam kesediaan-Nya menderita di kayu salib dan mendatangkan keselamatan bagi manusia. Mari salibkan ego kita agar pengorbanan Kristus dapat dihayati dalam perjalanan hidup ini.

KJ. 368 : 2
Doa : (Ya Tuhan, jadikan kami alat untuk monceritakan tentang kasih Allah kepada setlap orang)


JUMATAGUNG
JUMAT, 19 APRlL 2019
PERJAMUAN KUDUS
Renungan Malam
KJ.364:1 -Berdoa
BERANI HADAPI KEPAHITAN?

Markus 15 : 33 - 41
"Lalu berserulah Yesus dengan suara nyaring dan menyerahkan nyawa-Nya"
(ay.37)

Sebuah buku berjudul Doa, Stress dan Luka Batin, menjelaskan bahwa perubahan-perubahan hidup dapat ten‘ adi atas diri kita ketika kita tidak mengetahui apa sebenarnya yang membuat luka hati kita. Kita tidak dapat mengenali sumber kepedihan kita dan trauma yang kita alami. Atau, ketika kita mengalami konflik yang terus menerus yang menimbulkan ketakutan dan luka batin. Yesus telah mengalami segala penderitaan yang manusia alami. la mengalami segala rasa manusia: ditolak, dibenci, diperlakukan dengan kejam dan mengalami sakit yang Iuar biasa. Seruan nyaring Yesus merupakan gam baran puncak penderitaan manusia.
Yesus tahu kegagalan murid-murid-Nya untuk tetap setia di tengah penderitaan yang dialami-Nya. Yesusjuga tahu kebencian para Iawan-Nya dan kekejaman para musuh-Nya. Yesus mengalami rasa sakit yang Iuar biasa. Namun satu hal yang penting bahwa Yesus tidak pernah mengalami konsekuensi dosa: terpisah dari Allah. Dalam keadaan yang sangat menderita, Yesus mengidentifikasi diri-Nya dengan keberadaan manusia. Teriakan keras Yesus
menunjuk pada kemenangan dalam menjalankan tugas-Nya. Ia telah selesai menjalankan tugas pekerjaan-Nya. Yesus hadir sebagai pemenang.

Kita mungkin juga pernah mengalami hal yang sama seperti Yesus ketika mengalami puncak kepahitan, penderitaan bahkan kegagalan yang mem buat kita merasa ditinggalkan oleh Allah dan sahabat-sahabat kita. Kita berjuang sendiri dalam kepahitan, penderitaan dan kegagalan tersebut. Yesus telah mengalami semuanya itu sebagai manusia. Orang percaya tidak perlu takut datang pada Yesus menyampaikan segala rasa yang dialami nya karena Yesus dapat menolong apapun persoalan yang sementara kita hadapi hari ini.

KJ. 364: 2
é3Doa : (Tuhan, tolong kami untuk memiliki keberanian menghadapi keadaan yang menyakitkan sekalipun)


Label:   Markus 15:33-41 


HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song
Jesus Is Risen Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 20 April 2019 - KUBUR YESUS MENGUBAH KARAKTER - Yohanes 19:38-42 - SABTU TEDUH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Kamis, 18 April 2019 - HADAPI PERBUATAN BURUK DENGAN HIKMAT - Matius 26:57-68 - KAMIS PUTIH

Garis Besar Markus




BACAAN ALKITAB SETAHUN:
  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Bacaan Alkitab GMIT 2019
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..


    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    contoh kj 392 bukan kj.392





    Beli Kaos C59. Klik Disni

    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
    Kenya Worship Songs
    Ghana Worship Songs
    Russian Worship Songs
    Chinese Praise and Worship Song
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Greek Worship Songs
    French Worship Songs
    Spanish Worship Songs





    Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 dan Tata Ibadah Paskah 21 April 2019 GPIB
    Terlampir disampaikan : 1. Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 2. Tata Ibadah Paskah 21 April 2019



    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)


    New Submit
    Jumat, 26 April 2019
    Were You There - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    It Is No Secret (What God Can Do) - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    Nearer My God To Thee - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    God Bless America - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    Wholy Holy - Aretha Franklin

    Jumat, 26 April 2019
    Respect - Aretha Franklin

    Kamis, 25 April 2019
    When I Get Where I'm Going - Brad Paisley Feat. Dolly Parton

    Kamis, 25 April 2019
    Holes in the Floor of Heaven - Steve Wariner

    Kamis, 25 April 2019
    You're Not My God - Keith Urban

    Kamis, 25 April 2019
    The Old Rugged Cross - Johnny Cash

    Kamis, 25 April 2019
    The Little Girl - John Michael Montgomery

    Rabu, 24 April 2019
    Overcome - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    This Is My Story (My Song) - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    When I See You - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    Freedom In The Spirit - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    For Us - Sarah Kroger

    Minggu, 21 April 2019
    Come Back Home - Manafest feat. Trevor McNevan

    Sabtu, 20 April 2019
    How He Loves - Peter Mattis | Bethel Music

    Sabtu, 20 April 2019
    Still - Amanda Lindsey Cook

    Jumat, 19 April 2019
    With You On My Mind - Kenny Smith

    Pemilihan Presiden
    Quick Count    |    Real Count

    christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,