Save Page
Matius 26:57-68
Yesus di hadapan Mahkamah Agama
26:57 Sesudah mereka menangkap Yesus, mereka membawa-Nya menghadap Kayafas, Imam Besar. Di situ telah berkumpul ahli-ahli Taurat dan tua-tua. 26:58 Dan Petrus mengikuti Dia dari jauh sampai ke halaman Imam Besar, dan setelah masuk ke dalam, ia duduk di antara pengawal-pengawal untuk melihat kesudahan perkara itu. 26:59 Imam-imam kepala, malah seluruh Mahkamah Agama mencari kesaksian palsu terhadap Yesus, supaya Ia dapat dihukum mati, 26:60 tetapi mereka tidak memperolehnya, walaupun tampil banyak saksi dusta. Tetapi akhirnya tampillah dua orang, 26:61 yang mengatakan: "Orang ini berkata: Aku dapat merubuhkan Bait Allah dan membangunnya kembali dalam tiga hari." 26:62 Lalu Imam Besar itu berdiri dan berkata kepada-Nya: "Tidakkah Engkau memberi jawab atas tuduhan-tuduhan saksi-saksi ini terhadap Engkau?" 26:63 Tetapi Yesus tetap diam. Lalu kata Imam Besar itu kepada-Nya: "Demi Allah yang hidup, katakanlah kepada kami, apakah Engkau Mesias, Anak Allah, atau tidak." 26:64 Jawab Yesus: "Engkau telah mengatakannya. Akan tetapi, Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit." 26:65 Maka Imam Besar itu mengoyakkan pakaiannya dan berkata: "Ia menghujat Allah. Untuk apa kita perlu saksi lagi? Sekarang telah kamu dengar hujat-Nya. 26:66 Bagaimana pendapat kamu?" Mereka menjawab dan berkata: "Ia harus dihukum mati!" 26:67 Lalu mereka meludahi muka-Nya dan meninju-Nya; orang-orang lain memukul Dia, 26:68 dan berkata: "Cobalah katakan kepada kami, hai Mesias, siapakah yang memukul Engkau?"


Penjelasan:

* Mat 26:57 - Kayafas, Imam Besar // ahli-ahli Taurat // tua-tua // Imam Besar
Kayafas, Imam Besar. Menantu Hanas yang telah diberhentikan. Kemungkinan Kayafas dan Hanas memiliki tempat tinggal di gedung yang sama, terpisah oleh sebuah halaman. Pada saat ini ahli-ahli Taurat dan tua-tua serta Imam Besar sudah berkumpul untuk persidangan yang luar biasa ini.

* Mat 26:58 - halaman Imam Besar
Petrus mengikuti, sehingga dapat masuk ke halaman Imam Besar (bukan istana sebagaimana dalam versi terjemahan tertentu), dengan bantuan Yohanes (Yoh. 18:15, 16).

* Mat 26:59 - Mencari kesaksian palsu
Mencari kesaksian palsu. Orang-orang Yahudi ini mengetahui bahwa mereka tidak memiliki pengaduan yang jelas terhadap Yesus: karena itu mereka harus mempergunakan tuduhan yang dibuat-buat.

* Mat 26:60-61 - dua orang // Aku dapat merubuhkan Bait Allah
Sekalipun demikian, tuduhan-tuduhan yang dilontarkan demikian kabur dan tidak konsisten sehingga mereka bahkan tidak dapat menemukan dua orang saksi - jumlah terkecil yang ditentukan hukum (Ul. 17:6) - yang dapat memberikan kesaksian selaras. Akhirnya dihadapkanlah dua orang yang salah mengutip dan salah menerapkan pernyataan yang diucapkan Yesus tiga tahun sebelumnya (Yoh. 2:21). Aku dapat merubuhkan Bait Allah. Dalam pernyataan yang sebenarnya, soal merubuhkan itu dikaitkan dengan orang-orang Yahudi dan Bait Allah menunjuk pada diri-Nya sendiri, bukan pada bangunan yang dibangun oleh Herodes itu (Yoh. 2:21). Mungkin beberapa pernyataan Yesus di Bukit Zaitun (24:2) secara mentah-mentah telah diputar-balikkan oleh Yudas dan dipadukan dengan pernyataan ini (Yoh. 2:19).

* Mat 26:62 - Tidakkah Engkau memberi jawab
Tidakkah Engkau memberi jawab. Kayafas berharap dapat memaksa Tahanan itu membuat suatu pernyataan dalam keadaan lengah. Tetapi tuduhan-tuduhan liar yang dilontarkan kepada Yesus dijawab secara paling tepat dengan cara diam penuh wibawa ini (bdg. Yes. 53:7).

* Mat 26:63 - Demi Allah yang hidup // Mesias, Anak Allah // Anak Allah,
Demi Allah yang hidup. Sebuah rumusan yang memberi tahu Yesus bahwa jawaban-Nya akan dianggap sebagai sebuah sumpah. Mesias, Anak Allah. Sekalipun beberapa penafsir mempersoalkan makna sepenuhnya dari Anak Allah, tampaknya jelas bahwa Kayafas mempergunakannya dengan pengertian keilahian yang khas. sebab pengakuan mendatangkan tuduhan menghujat. Inilah sebab sesungguhnya dari hukuman yang dijatuhkan kepada Kristus (Yoh. 19:7), dan sebelumnya telah merupakan dasar persekongkolan menentang Dia (Yoh. 5:18). Laporan mengenai peristiwa lainnya yang mendukung tuduhan ini pastilah sudah sampai ke telinga imam besar itu (Yoh. 1:34, 39; 9:35-37; 11:27; Mat. 14:33; 8:29, dan lain-lain).

* Mat 26:64 - Engkau telah mengatakannya // Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit
Engkau telah mengatakannya. Suatu pengakuan yang tidak dapat disangkal lagi bahwa diri-Nya adalah Mesias yang ilahi. (Pernyataan Yesus dibawa sumpah tidak meniadakan ajaran dari 5:34 ketika Dia memberikan peraturan bagi para pengikut-Nya. Di dalam kedudukan-Nya yang unik selaku Anak Allah, berbagai faktor yang membuat sebuah sumpah dilarang bagi manusia tidak mengena pada diri-Nya.) Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit (bdg. Dan. 7:13, 141; Mzm. 110:1). Suatu pernyataan bahwa kedudukan Yesus dan para hakim-Nya akhirnya akan terbalik.

* Mat 26:65-66 - Mengoyakkan pakaiannya // Menghujat Allah // harus dihukum mati,
Mengoyakkan pakaiannya. Sebuah petunjuk tentang rasa takut yang benar, tidak perlu disangkal lagi dilaksanakan dengan sungguh-sungguh (walaupun secara salah). Tradisi Yahudi menguraikan secara cukup rinci bagaimana tindakan semacam itu harus dilakukan. Menghujat Allah. Tuduhan penghinaan religius yang terbesar. Karena Yesus secara terbuka mengakui apa yang sudah dituduhkan kepada-Nya selama ini (Yoh. 5:18). dan menafsirkan Daniel 7:13, 14 sebagai diri-Nya sendiri. Dia dinyatakan harus dihukum mati, mungkin melalui aklamasi pada persidangan pada malam Kari ini, dan bukan melalui pemilihan suara yang formal.

* Mat 26:67-68
Kekerasan jasmaniah yang ditimpakan pada Yesus oleh penahan-Nya (mungkin perwira yang lebih rendah, Luk. 22:63) termasuk meludahi wajahNya, meninju-Nya, memukul-Nya dengan tongkat atau dengan tangan (maksudnya: menampar) dan menutup mata-Nya (Luk. 22:64) dalam rangka memperolok-olok jabatan-Nya yang sudah dinubuatkan.


SBU

KAMIS PUTIH
KAMIS, 18 APRIL 2019
Renungan Pagi
KJ.417:1 -Berdoa
PERASAAN VS IMAN

Matius 26:36-46
"Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah disini dan berjaga-jagalah dengan Aku" (ay.38).

Pernahkah kita merasa takut yang luar biasa ketika menghadapi pergumulan? Sering orang tidak memahami rasa takut kita yang sendirian bergumul dalam kepedihan. Apa yang dapat dilakukan dalam keadaan demikian?

Sisi kemanusiaan Yesus diceritakan oleh penulis injil Matius.. Gambaran kemanusiaanYesus yang akan mengalami kematian : kesedihan dan ketakutan serta penyemhan diri kepada Allah. Secara manusiawi, wajarjika Yesus mengalami rasa takut dan sedih. Meskipun Yesus ditemani oleh Petrus dan Yakobus namun Matius memberikan gambaran tentang perasaan takut dan sedih Yesus yang sangat mendalam dan tidak dirasakan oleh Petrus dan Yakobus. Ungkapan Yesus: "Hatiku sangat sedih, seperti mau mati rasanya" bukanlah ungkapan putus asa, melainkan sebuah kesedihan karena kematian yang semakin mendekat. Ditengah kesedihan tersebut, Yesus tetap berpegang dan percaya pada Allah. Kematian Yesus menggambarkan penderitaan seorang hamba Tuhan. Di tengah penyerahan diri, Yesus merasa takut dan sedih dan hanya satu yang diinginkan, berbicara dengan Bapa-Nya.

Meskipun para murid membiarkan Yesus bergumul sendirian dan tidak mendampingi Yesus yang meminta mereka berjaga-jaga. Yang terjadi, mereka memilih untuk tidur nenyak. Yesus tidak mendapatkan dukungan apa pun dari murid-murid-Nya. Yesus mengetahui bahwa kematian-Nya sudah dekat. Yesus menerima nasib-Nya bukan dengan pasif tetapi dengan aktif. Bangunlah,, marilah kita pergi!" Yesus bangun dan menyongsong kematian-Nya.

Keberadaan Yesus merupakan gambaran tentang manusia yang takut karena sendirian. Yesus memberikan contoh yang positif dengan cara aktif menerima keadaan. Orang yang percaya pada Tuhan, ia aktif dan terus berjuang untuk bangkit dari rasa takut dan sedih. Hidupnya tidak didominasi perasaan tetapi oleh iman kepada Allah yang hidup.

KJ. 417 : 2
Doa : (Tuhan, ajarlah kami untuk belajar lebih percaya dibanding percaya pada porasaan hati kami)



KAMIS PUTIH
KAMIS, 18 APRIL 2019
Renungan Malam
GB.284 : 1 -Berdoa
HADAPI PERBUATAN BURUK DENGAN HIKMAT

Matius 26 : 57 - 68
"Lalu mereka meludahi muka-Nya dan meninju-Nya; orang-orang lain memukul Dia"(ay.67)
Jika kita diperhadapkan pada penghakiman massal apa yang kita lakukan? Apakah kita akan melakukan pembelaan diri dan mem berikan penjelasan kepada khalayak ramai bahwa kita tidak bersalah? Mari kita melihat sikap Yesus dalam paparan Matius. Sidang yang merupakan hasil persekongkolan beberapa anggota Sanhedrin merupakan upaya rekayasa mencari kesalahan palsu dalam diri Yesus. Kekerasan massal dilakukan banyak orang dibawah pimpinan Sanhedrin (terdlrl dari kaum awam, Saduki dan Farisi) dan itu dianggap sebagai sebuah kebenaran karena Yesus dianggap telah menghujat Allah. Kekerasan atas nama Tuhan
dibawah pimpinan para imam dianggap sebagai sebuah kebenaran. Yesus menghadapi mereka sendirian. Yesus rela diludahi muka-Nya.

Yesus ditinju dan dipukul banyak orang. la hanya diam. Ia tidak melawan. Ia juga tidak membela diri atau marah, Meskipun Yesus tahu bahwa kesaksian yang disampaikan kepada Kayafas adalah kesaksian palsu dan hasil persekongkolan beberapa oknum Sanhedrin. Meludahi dalam pandangan Yahudi adalah bentuk penghinaan. Meninju dan memukul sebagai bentuk ejekan. Perbuatan para Sanhedrin berhasil. Perbuatan buruk ltumerupakan
penggenapan tentang Mesias yang jadi alasan kematian Krlstus.

Dalam realitas kehidupan, persekongkolan bisa terjadl untuk menjatuhkan orang percaya agar reputasinya menjadi buruk dan berlabel sebagai orang yang salah. Sebagai orang percaya, kita harus tetap memberitakan kabar damai kepada orang lain. Mari minta kekuatan dan hikmat dari Allah ketika orang lain menghina dan mengejek meskipun kita tidak bersalah sebagaimana yang dialami oleh Yesus, Tuhan kita.

GB. 284 : 2
Doa : (Tuhan, berilah kami hikmat ketika kami dihakimi dan ditempatkan pada posisi yang salah)


Label:   Matius 26:57-68 


HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song
Jesus Is Risen Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 19 April 2019 - JUMAT AGUNG - BERANI HADAPI KEPAHITAN? - Markus 15:33-41 - MINGGU I PRAPASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Rabu, 17 April 2019 - MENJADI TELADAN DALAM PELAYANAN - Yohanes 13:12-20 - MINGGU I PRAPASKAH

Garis Besar Matius




BACAAN ALKITAB SETAHUN:
  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Bacaan Alkitab GMIT 2019
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..


    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    contoh kj 392 bukan kj.392





    Beli Kaos C59. Klik Disni

    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2 *, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
    Kenya Worship Songs
    Ghana Worship Songs
    Russian Worship Songs
    Chinese Praise and Worship Song
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Greek Worship Songs
    French Worship Songs
    Spanish Worship Songs





    Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 dan Tata Ibadah Paskah 21 April 2019 GPIB
    Terlampir disampaikan : 1. Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 2. Tata Ibadah Paskah 21 April 2019



    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)


    New Submit
    Rabu, 24 April 2019
    Overcome - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    This Is My Story (My Song) - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    When I See You - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    Freedom In The Spirit - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    For Us - Sarah Kroger

    Minggu, 21 April 2019
    Come Back Home - Manafest feat. Trevor McNevan

    Sabtu, 20 April 2019
    How He Loves - Peter Mattis | Bethel Music

    Sabtu, 20 April 2019
    Still - Amanda Lindsey Cook

    Jumat, 19 April 2019
    With You On My Mind - Kenny Smith

    Jumat, 19 April 2019
    Lord, What's Happening To Your People - Kenny Smith

    Jumat, 19 April 2019
    Wings of a Dove - Ferlin Husky

    Jumat, 19 April 2019
    How Great Thou Art - Carrie Underwood featuring Vince Gill

    Jumat, 19 April 2019
    Peace in the Valley - Elvis Presley

    Jumat, 19 April 2019
    Will the Circle be Unbroken - Johnny Cash and Family

    Jumat, 19 April 2019
    Precious Memories - Alan Jackson

    Jumat, 19 April 2019
    I Saw the Light - Hank Williams

    Jumat, 19 April 2019
    Amazing Grace - Dolly Parton

    Jumat, 19 April 2019
    Looking Up - Citizens (U.S.)

    Rabu, 17 April 2019
    Glory - Building 429

    Rabu, 17 April 2019
    Glory Defined - Building 429

    Pemilihan Presiden
    Quick Count    |    Real Count

    christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,