Save Page
Ulangan 10:8-20
10:8 Pada waktu itu TUHAN menunjuk suku Lewi untuk mengangkut tabut perjanjian TUHAN, untuk bertugas melayani TUHAN dan untuk memberi berkat demi nama-Nya, sampai sekarang. 10:9 Sebab itu suku Lewi tidak mempunyai bagian milik pusaka bersama-sama dengan saudara-saudaranya; Tuhanlah milik pusakanya, seperti yang difirmankan kepadanya oleh TUHAN, Allahmu. 10:10 Maka aku ini berdiri di atas gunung seperti yang pertama kali, empat puluh hari empat puluh malam lamanya, dan sekali inipun TUHAN mendengarkan aku: TUHAN tidak mau memusnahkan engkau. 10:11 Lalu berfirmanlah TUHAN kepadaku: Bersiaplah, pergilah berjalan di depan bangsa itu, supaya mereka memasuki dan menduduki negeri yang Kujanjikan dengan sumpah kepada nenek moyang mereka untuk memberikannya kepada mereka."
Orang Israel diperingatkan supaya taat dan bersyukur
10:12 "Maka sekarang, hai orang Israel, apakah yang dimintakan dari padamu oleh TUHAN, Allahmu, selain dari takut akan TUHAN, Allahmu, hidup menurut segala jalan yang ditunjukkan-Nya, mengasihi Dia, beribadah kepada TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu, 10:13 berpegang pada perintah dan ketetapan TUHAN yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, supaya baik keadaanmu. 10:14 Sesungguhnya, TUHAN, Allahmulah yang empunya langit, bahkan langit yang mengatasi segala langit, dan bumi dengan segala isinya; 10:15 tetapi hanya oleh nenek moyangmulah hati TUHAN terpikat sehingga Ia mengasihi mereka, dan keturunan merekalah, yakni kamu, yang dipilih-Nya dari segala bangsa, seperti sekarang ini. 10:16 Sebab itu sunatlah hatimu dan janganlah lagi kamu tegar tengkuk. 10:17 Sebab TUHAN, Allahmulah Allah segala allah dan Tuhan segala tuhan, Allah yang besar, kuat dan dahsyat, yang tidak memandang bulu ataupun menerima suap; 10:18 yang membela hak anak yatim dan janda dan menunjukkan kasih-Nya kepada orang asing dengan memberikan kepadanya makanan dan pakaian. 10:19 Sebab itu haruslah kamu menunjukkan kasihmu kepada orang asing, sebab kamupun dahulu adalah orang asing di tanah Mesir. 10:20 Engkau harus takut akan TUHAN, Allahmu, kepada-Nya haruslah engkau beribadah dan berpaut, dan demi nama-Nya haruslah engkau bersumpah.


Penjelasan:

* Ul 10:8 - Tuhan menunjuk suku Lewi
Tuhan menunjuk suku Lewi. Bandingkan Keluaran 28:29; Bilangan 1:49 dan seterusnya; 3:9 dan seterusnya; 4:17 dan seterusnya; 8:6 dan seterusnya; 18:20-24. Bagian ini juga dapat dilihat sebagai penjelasan lebih lanjut tentang pokok loh-loh batu perjanjian (Ul. 10:8; bdg. ay. 5). Tema syafaat dicantumkan dalam 10:10, 11.

* Ul 10:10 - Tuhan mendengarkan aku
Tuhan mendengarkan aku. Bandingkan 9:18, 19. Perjalanan menuju ke negeri yang dijanjikan, yang sebenarnya tidak layak diterima Israel, harus dilanjutkan demi nama Allah sendiri, yaitu nama yang telah dipakaiNya untuk bersumpah sebab tidak ada nama lain yang lebih tinggi (10:11; bdg. Kel. 33:1 dst.).

* Panggilan Untuk Komitmen (10:12-11:32)
Kini Israel diperhadapkan dengan kewajiban untuk mengambil keputusan yang besar, yaitu memilih di antara berkat dan kutuk (11:26-32). Musa menerapkan panggilan untuk taat (10: 12 dst.; 11:1, 8, 13, 18 dst., 32) dengan memfokuskan pandangan bangsa itu pada Dia yang telah mengikat perjanjian dengan mereka selaku Hakim adil yang memiliki langit dan bumi (10:12-22), yang tindakan-Nya menghukum tanpa pandang bulu telah disaksikan Israel pada masa lalu dilaksanakan tanpa dapat dicegah di Mesir dan di padang gurun (11:1-7) dan yang sesaat lagi akan mereka saksikan kembali dilaksanakan secara berdaulat terhadap penduduk Kanaan (11 :8-25).

*  Ul 10:12-22 - Maka sekarang // Takut akan Tuhan ... mengasihi Dia
Maka sekarang mengawali bagian penutup dari bagian utama pidato Musa (bdg. 4:1). Takut akan Tuhan ... mengasihi Dia. Tuntutan perjanjian yang mendasar dan mencakup segala sesuatu diulangi kembali di sini (ay. 12, 13, 20; bdg. 6:5, 13, 24; Mi. 6:8). Takut yang sesungguhnya dan kasih sejati kepada Allah merupakan dua hal yang saling melengkapi dan tidak dapat dipisahkan. Keduanya merupakan tanggapan tulus dari hati terhadap keagungan dan kemurahan Allah, dan secara berturut-turut serta bersamaan keduanya menghasilkan pengabdian dengan segenap hati dalam ketaatan bagi seluruh perkenan Allah.

* Ul 10:16 - Sunatlah hatimu
Sunatlah hatimu. Pengabdian yang tulus semacam itu hanya mungkin mengalir dari hati yang telah mengalami kenyataan dengan kualifikasi tersebut yang dilambangkan dalam tanda permulaan perjanjian itu (bdg. 30:6; Kel. 6:12, 30; Im. 26:41; Yer. 6:10; 9:25-26). Untuk menimbulkan takut akan
Tuhan, Musa menyuruh Israel untuk memandang Tuhan sebagai penguasa alam semesta (10:14), sebagai Allah yang melebihi semua allah yang lain (ay. 17a), Hakim yang adil (ay. 17b), yang berdaulat atas seluruh sejarah dan alam ini (ay. 21). Untuk mendorong mereka mengasihi Allah, Musa mengingatkan Israel bagaimana Allah telah mencurahkan kehormatan berupa status perjanjian kepada para leluhur Israel (ay. 15a), menggenapi janji-janji yang diutarakan-Nya kepada para leluhur itu (ay. 15b, 21, 22), dan membuktikan dirinya sebagai Penolong orang-orang yang tidak berdaya (ay. 18, 19).


SBU

MINGGU lll PRAPASKAH jig
JUMAT, 5 APRIL 2019
Renungan Pagi
KJ.60 : 1,2 -Berdoa
BERJALAN Dl JALAN TUHAN DAN MELAYANl TUHAN

Ulangan 10 : 12 - 22
"Sekarang Israel, apakah yang diminta TUHAN, Allahmu sebenarnya dari dirimu? Selain takut kepada TUHAN, Allahmu, hiduplah dengan berjalan dijalanNya dan mengasihi-Nya. Dan layanilah TUHAN, Allahmu dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu. (ay.12)

Kesuksesan sering kali membuat orang lupu akan proses yang telah terjadi untuk menuju sukses itu sendiri. Tidak heran jika ada banyak orang mengalami keterpurukan setelah kesuksesan diraihnya. Musa sebagai pemimpin orang lsrael mengingatkan dan menguatkan orang lsrael akan hal yang paling mendasar yaitu kesetiaan dan ketaatan kepada TUHAN Allah yang telah membebaskan mereka dari perbudakan di Mesir dengan berbagai karya-Nya yang dahsyat! TUHAN Allah adalah TUHAN yang Mahakuasa, Pencipta alam semesta. la adalah TUHAN yang telah memilih dan mengikat perjanjian dengan nenek moyang Irael; Ia adalah TUHAN Allah yang Mahasetia. TUHAN Allah berkarya, bertindak, menjaga, melindungi serta mengasihi umat perjanjianNya. Dia adalah TUHAN yang memenuhi segalajanji-Nya; karena-Nya Musa mengingatkan umat untuk hidup setia, taat dan beribadah hanya kepada TUHAN
Allah! Beribadah kepada TUHAN Allah dan melayaniNya dengan segenap hati dan segenapjlwa. Berbagai situasi dan pengalaman hidup yang di dalamnya TUHAN Allah berkarya semestinya menjadi dasar iman umatAllah untuk semakin dekat dan taat kepada Allah.
Membangun ibadah kepada TUHAN harus dimulai dengan pengalaman iman pribadi, sehingga ibadah yang dilaksanakan menjadi hidup, kaya dan memulinkan TUHAN. Berjalan dijalan-
Nya dan melayani TUHAN dengan keutuhan dirimerupakan wujud nyata karya membangun ibadah kepada-Nya.

KJ.60 : 7
Doa : (Ya TUHAN, berikan ketaatan kepada-Mu, sehingga kami dapat berilbadah dengan benar).


MINGGU III PRAPASKAH
JUMAT, 5 APRIL 2019
Renungan Malam
KJ.38:1,2  =Berdoa
BERKAT DAN KUTUK

Ulangan 11 :8 - 28
Lihatlah, aku memperhadapkan kepadamu pada hari ini berkat dan kutuk: (ay.26)

Tidak ada seorangpun yang mau kena kutuk! Namun Alkitab memberikan kesaksian bahwa umat Allah sering kali melakukan perbuatan tidak setia kepada Allah yang mendatangkan kutuk bagi mereka. Keangkuhan dan kedegilan umat sering kali menjerumuskan mereka ke dalam jurang penderitaan dan kutuk! Musa, ketika mengantar orang Israel yang segera masuk ke tanah Perjanjian, mengingatkan bahkan memperingatkan orang Israel untuk
sungguh-sungguh taatl Ketaatan yang sungguh adalah ketaatan yang lahir dari penghayatan dalam memelihara dan melakukan perintah TUHAN dalam hidup. Musa mengingatkan umat agar teliti dengan kehidupan mereka, khususnya untuk tidak tergoda dengan berbagai kebaikan dan kenyamanan yang mereka kecap yang dapat menyeret mereka kepada keangkuhan diri! Sebaliknya, umat dinasihatkan untuk terus-menerus mensyukuri berbagai karya kasih TUHAN dalam hidup, dan menghayatinya dengan benar sehingga ketika umat beribadah maka ibadah yang dibangun adalah ibadah yang jujur, yang murni, yang dibangun oleh kesadaran dan penghayatan yang benar akan kasih TU HAN Allah dalam hidup mereka.
Oleh karena itu, Musa juga mengingatkan agar kesetiaan dan ketaatan kepada TUHAN Allah bukan hanya dipelihara, tetapi juga diwariskan kepada generasi selanjutnya, sehingga kehidupan umat dari generasi ganti generasi tetap berada dalam kemurahan dan berkat TUHAN.

Klta beribadah kepada TUHAN, karena kita mengenal TUHAN dengan benar, karena kita mau taat melakukan kehendak-Nya. Dengan demikian, ibadah kita menjadi ibadah yang berujung pada berkat dan bukan pada kutuk.

KJ.38 1 5
Doa : (Ya TUHAN, teguhkan kami untuk menghadapi situasi hidup kami dengan bersandar hanya kepada-Mu)


Label:   Ulangan 10:8-28 


HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song
Jesus Is Risen Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 6 April 2019 - SABAT DAN IBADAH KITA - Keluaran 20:8-11 - MINGGU III PRAPASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Kamis, 4 April 2019 - IBADAH UMAT DAN PEMULIHAN ALLAH - Zefanya 3:9-20 - MINGGU III PRAPASKAH

Garis Besar Ulangan




BACAAN ALKITAB SETAHUN:
  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Bacaan Alkitab GMIT 2019
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..


    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    contoh kj 392 bukan kj.392





    Beli Kaos C59. Klik Disni

    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
    Kenya Worship Songs
    Ghana Worship Songs
    Russian Worship Songs
    Chinese Praise and Worship Song
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Greek Worship Songs
    French Worship Songs
    Spanish Worship Songs





    Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 dan Tata Ibadah Paskah 21 April 2019 GPIB
    Terlampir disampaikan : 1. Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 2. Tata Ibadah Paskah 21 April 2019



    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)


    New Submit
    Jumat, 26 April 2019
    Were You There - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    It Is No Secret (What God Can Do) - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    Nearer My God To Thee - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    God Bless America - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    Wholy Holy - Aretha Franklin

    Jumat, 26 April 2019
    Respect - Aretha Franklin

    Kamis, 25 April 2019
    When I Get Where I'm Going - Brad Paisley Feat. Dolly Parton

    Kamis, 25 April 2019
    Holes in the Floor of Heaven - Steve Wariner

    Kamis, 25 April 2019
    You're Not My God - Keith Urban

    Kamis, 25 April 2019
    The Old Rugged Cross - Johnny Cash

    Kamis, 25 April 2019
    The Little Girl - John Michael Montgomery

    Rabu, 24 April 2019
    Overcome - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    This Is My Story (My Song) - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    When I See You - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    Freedom In The Spirit - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    For Us - Sarah Kroger

    Minggu, 21 April 2019
    Come Back Home - Manafest feat. Trevor McNevan

    Sabtu, 20 April 2019
    How He Loves - Peter Mattis | Bethel Music

    Sabtu, 20 April 2019
    Still - Amanda Lindsey Cook

    Jumat, 19 April 2019
    With You On My Mind - Kenny Smith

    Pemilihan Presiden
    Quick Count    |    Real Count

    christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,