Save Page
Zefanya 3:9-20
Janji keselamatan
3:9 "Tetapi sesudah itu Aku akan memberikan bibir lain kepada bangsa-bangsa, yakni bibir yang bersih, supaya sekaliannya mereka memanggil nama TUHAN, beribadah kepada-Nya dengan bahu-membahu. 3:10 Dari seberang sungai-sungai negeri Etiopia orang-orang yang memuja Aku, yang terserak-serak, akan membawa persembahan kepada-Ku. 3:11 Pada hari itu engkau tidak akan mendapat malu karena segala perbuatan durhaka yang kaulakukan terhadap Aku, sebab pada waktu itu Aku akan menyingkirkan dari padamu orang-orangmu yang ria congkak, dan engkau tidak akan lagi meninggikan dirimu di gunung-Ku yang kudus. 3:12 Di antaramu akan Kubiarkan hidup suatu umat yang rendah hati dan lemah, dan mereka akan mencari perlindungan pada nama TUHAN, 3:13 yakni sisa Israel itu. Mereka tidak akan melakukan kelaliman atau berbicara bohong; dalam mulut mereka tidak akan terdapat lidah penipu; ya, mereka akan seperti domba yang makan rumput dan berbaring dengan tidak ada yang mengganggunya." 3:14 Bersorak-sorailah, hai puteri Sion, bertempik-soraklah, hai Israel! Bersukacitalah dan beria-rialah dengan segenap hati, hai puteri Yerusalem! 3:15 TUHAN telah menyingkirkan hukuman yang jatuh atasmu, telah menebas binasa musuhmu. Raja Israel, yakni TUHAN, ada di antaramu; engkau tidak akan takut kepada malapetaka lagi. 3:16 Pada hari itu akan dikatakan kepada Yerusalem: "Janganlah takut, hai Sion! Janganlah tanganmu menjadi lemah lesu. 3:17 TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan. Ia bergirang karena engkau dengan sukacita, Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya, Ia bersorak-sorak karena engkau dengan sorak-sorai, 3:18 seperti pada hari pertemuan raya." "Aku akan mengangkat malapetaka dari padamu, sehingga oleh karenanya engkau tidak lagi menanggung cela. 3:19 Sesungguhnya pada waktu itu Aku akan bertindak terhadap segala penindasmu, tetapi Aku akan menyelamatkan yang pincang, mengumpulkan yang terpencar dan akan membuat mereka yang mendapat malu menjadi kepujian dan kenamaan di seluruh bumi. 3:20 Pada waktu itu Aku akan membawa kamu pulang, yakni pada waktu Aku mengumpulkan kamu, sebab Aku mau membuat kamu menjadi kenamaan dan kepujian di antara segala bangsa di bumi dengan memulihkan keadaanmu di depan mata mereka," firman TUHAN.


Penjelasan:

* Zef 3:9 - Tetapi sesudah itu Aku akan memberikan bibir lain kepada bangsa-bangsa, yakni bibir yang bersih // Bibir yang bersih
Tetapi sesudah itu Aku akan memberikan bibir lain kepada bangsa-bangsa, yakni bibir yang bersih. Ini secara nubuat mengacu pada masa di mana bangsa Yahudi akan berpaling dari hujatan penyembahan berhala dan menaikkan pujian kepada TUHAN (bdg. Yl. 2:28; Kis. 2:16-21). Bibir yang bersih bisa diartikan sebagai bentuk penyembahan religius yang hendak mereka jalankan. Sebelumnya mereka adalah penyembah berhala; sekarang Tuhan berjanji untuk memulihkan penyembah-Nya di antara mereka.

* Zef 3:10 - Dari seberang sungai-sungai negeri Etiopia
Dari seberang sungai-sungai negeri Etiopia. Setelah penghukuman itu, TUHAN akan membawa umat-Nya kembali dari seluruh wilayah pembuangan. Bahkan negeri yang begitu terpencil seperti Etiopia akan merasakan tindakan anugerah TUHAN ini.

* Zef 3:11 - Engkau tidak akan mendapat malu // Aku akan menyingkirkan dari padamu // Engkau tidak akan lagi meninggikan dirimu
Engkau tidak akan mendapat malu. Pada akhirnya penghukuman akan berakhir bagi orang-orang yang bertobat. Sekelompok orang-orang yang tersisa akan dibersihkan dari penyembahan berhala dan akan kembali. Aku akan menyingkirkan dari padamu. Para pemimpin yang jahat akan menemui takdir mereka. Engkau tidak akan lagi meninggikan dirimu. Harga diri palsu akan diubahkan menjadi kerendahan hati.

Wycliffe: Zef 3:12 - Umat yang rendah hati dan lemah

12. Umat yang rendah hati dan lemah. Pembuangan akan mengakibatkan banyak orang dari bangsa itu menjadi miskin. Sebetulnya, banyak rakyat miskin yang menanggapi pembebasan di bawah pimpinan Koresy, sementara mereka yang kaya tetap tinggal di tempat pembuangan. Nubuatan itu juga melihat melampaui peristiwa kembali dari Babel itu ke masa di mana orang yang miskin dan rendah hati akhirnya menerima Mesias "Orang banyak yang besar jumlahnya mendengarkan Dia dengan penuh minat" (Mrk. 12:37).

* Zef 3:13 - Sisa Israel
Sisa Israel. Setelah pembuangan ke Babel, sekelompok orang-orang tersisa yang sudah disucikan dan dimurnikan akan kembali. Mereka tidak akan pernah lagi sujud kepada allah-allah kafir (bdg. Mi. 4:7).

* Zef 3:14 - Bersorak-sorailah, hai putri Sion. Waktu
Bersorak-sorailah, hai putri Sion. Waktu untuk bersukaria akan tiba ketika kelompok yang tersisa sekali lagi akan beribadah di dalam Bait Suci yang sudah dibangun kembali. Akan terdapat juga suatu masa sukacita pada masa yang lebih jauh ke depan ketika Israel menerima Mesias-nya.

* Zef 3:15 - Raja Israel, yakni TUHAN, ada di antaramu
Raja Israel, yakni TUHAN, ada di antaramu. Ini merupakan antisipasi bersifat nubuat mengenai saat ketika Sang Raja Mesias akan memerintah. Israel tidak memiliki raja keturunan Daud yang benar-benar memegang kendali pemerintahan semenjak kematian Zedekia.

* Zef 3:16 - Janganlah takut
Janganlah takut. Dalam zaman yang agung, yakni zaman Mesias, tidak akan ada lagi penawanan dan penderitaan bangsa.

* Zef 3:17 - TUHAN Allahmu // Tuhan Allah // Sebagai pahlawan // Ia bergirang karena engkau
TUHAN Allahmu. Inilah puncak nubuatan Zefanya. Tuhan Allah adalah Oknum ilahi yang ada dengan sendirinya, yang akan berdiri di tengah-tengah Israel. Sebagai pahlawan. Dialah Pahlawan yang memberi kemenangan. Inilah sifat yang diberikan Yesaya kepada Mesias (Yes. 9:6). Dia akan menyelamatkan bangsa-Nya. Ia bergirang karena engkau. Setelah menyelamatkan mereka, Sang Mesias akan menemukan di dalam Israel yang sudah ditebus itu alasan untuk Dia bersukacita (bdg. Yoh. 15:11).

* Zef 3:18 - Aku akan mengangkat malapetaka dari padamu // Menanggung cela
Aku akan mengangkat malapetaka dari padamu. Orang-orang yang tersisa akan bertobat dari dosa-dosa mereka, dan mereka akan kembali berkumpul di Yerusalem untuk menyaksikan bagaimana kemegahan kota itu dipulihkan. Menanggung cela. Bangsa Yahudi tidak bisa menikmati agama mereka di negara-negara di mana mereka terpencar, oleh karena cela yang ditimpakan atas mereka oleh bangsa-bangsa tetangga mereka yang kafir (bdg. Mzm. 137).

* Zef 3:19 - Aku akan bertindak terhadap segala penindasmu
Aku akan bertindak terhadap segala penindasmu. Orang-orang yang telah menghukum Yehuda akan dihukum.

* Zef 3:20 - Aku akan membawa kamu pulang
Aku akan membawa kamu pulang. Mereka akan kembali memiliki tanah mereka sendiri dan dipulihkan untuk memperoleh perkenan Tuhan. Akhirnya, segala bangsa di muka bumi akan diberkati oleh bangsa Yahudi ... melalui Raja Mesias mereka, Tuhan Yesus (bdg. Yes. 11:12; Yeh. 28:25; 34:13; Am. 9:14).




SBU

MINGGU lll PRAPASKAH
KAMIS, 4 APRIL 2019
Renungan Pagi
KJ.392:1,2 -Berdoa
BERIBADAH DENGAN SUKACITA DAN SORAK SORAI

Mazmur 100 : 1 - 5
Sebab TUHAN itu baik, kasih setia-Nya untuk selama-lamanya, dan kesetiaan-Nya tetap turun-temurun (ay.5).

Ibadah merupakan bagian yang tidak terlepaskan dalam knhidupan orang Israel. lbadah bagi orang Israel adalah identitas diri mereka di hadapan banyak bangsa dan ungkapan perayaan, pemuliaan bagi TUHAN. Beribadah kepada TUHAN berarti sebuah kesempatan yang teramat istimewa, karena TUHAN yang Empunya segala-galanya berkenan untuk menjumpai ciptaanNya. Karena ibadah adalah sebuah keistimewaan semestinya umat yang beribadah
adalah umat yang bersukacita dan bersorak sorai. Beribadah kepada TUHAN membuat umat semakin mengenal keberadaan TUHAN dan menyadari keberadaan diri umat sebagai ciptaan
TUHAN, sebagai milik TUHAN, sebagai kawanan domba Allah. Beribadah kepada TUHAN membuat umat semakin mengenal dan mensyukuri kasih setia TUHAN yang terus berlaku dalam kehidupan. Beribadah kepada TUHAN berarti membangun ibadah, membangun pengabdian, membangun hubungan dengan TUHAN, Pemilik, Pemelihara umatdan kehidupan umat. Beribadah kepada TUHAN adalah ungkapan sukacita, syukur karena kasih setia TUHAN yang nyata dan memelihara kehidupun umat.

Berapa lama kita tahan mengikuti sebuah ibadah? Maaf kadang kita mengeluh untuk ibadah yang terasa bogitu lama. Mengapa mengeluh? lbadahnya monoton, pendeta khotbah tidak menarik, doanya bertele-tele; demikian hal-hal yang sering diungkapkan. Tapi pernahkah kita bertanya pada diri kita sendiri bagaimana sikap hati saya ketika saya beribadah kepada TUHAN? Apakah arti ibadah buat saya? Dua pertanyaan ini dapat membantu kita untuk
membangun ibadah yang hidup, yang kita rindukan karena kita beribadah bukan sebagai kewajiban atau beban, sebaliknya kita beribadah dalam kerinduan dan rasa syukur.

KJ.392:3
Doa : (Ya TUHAN, berikan hati kami yang bersukacita dan bersyukur)



MINGGU Ill PRAPASKAH 
KAMIS, 4 APRIL 2019 
Renungan Malam
KJ.27 : 1,3 -Berdoa
IBADAH UMAT DAN PEMULIHAN ALLAH

Zefanya 3 : 9 - 20
Pada waktu itu, Aku akan membawa kamu pulang- pada waktu aku mengumpulkanmu. Aku akan membuat kamu menjadi ternama dan puji-pujian di antara segala bangsa di bumi, dengan memulihkan keadaanmu di depan mata mereka," firman TUHAN (ay.20)

Jika TUHAN tidak lagi di pihak kita, siapakah yang menjadi sandaran kita? Jika TUHAN menghukum kita, siapakah yang akan membela kita? Keterpurukan Israel, khususnya Yerusalem semakin terasa karena TUHAN menghukum umat-Nya; tiada daya apapun
yang dapat membebaskan umat dari hukuman TUHAN! Namun, TUHAN Allah yang Mahasetia adalah TUHAN Allah yang memelihara janji-Nya dengan setia; la sendiri yang menebus umat-
Nya, membela umat-Nya, membebaékan umat-Nya. Melalui nabi Zefanya, umat Allah menerima penebusan, pembebasan dari Allah, yang terutama bukan hanya pembebasan secara fisik jasmani, lebih dari itu, umat dibebaskan dan diubahkan menjadi umat yang
baru, yang menerima karunia blbir yang bersih untuk menyerdkan nama TUHAN, yang dikaruniai kerendahan hati di hadapan TUHAN yang Mahakudus, yang dijaga dan digembalakan oleh TUHAN Allah yang melindungi, yang dikumpulkan kembali dari ketercerai-beraian, yang dipulihkan citra dirinya sebagai umat Allah! Umat Allah beribadah dan membangun ibadah mereka karena mereka diangkat dan mengalami karya anugerah TUHAN.

Sudahkah kita beribadah dengan sukaclta dan kerendahan hati, karena menyadari akan begitu banyak dan besarnya karya Allah dalam hidup kita? Sudahkah ibadah kita menoerminkan pemulihan yang TUHAN kerjakan bagi kita? Kaslh setia dan anugerah TUHAN
yang memulihkan dan yang memungkinkan kita membangun ibadah kepada-Nya dengan benar.

KJ. 27 : 4,5
Doa : (Ya TUHAN, terima kasih untuk kasih dan anugerah-Mu, yang memulihkan kami dan membuat kami bersukacita)


Label:   Zefanya 3:9-20 


HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song
Jesus Is Risen Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 5 April 2019 - BERKAT DAN KUTUK - Ulangan 10:8-28 - MINGGU III PRAPASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Rabu, 3 April 2019 - IBADAH YANG MURNI - Yakobus 1:26-27 (SGK) - MINGGU III PRAPASKAH

Garis Besar Zefanya




BACAAN ALKITAB SETAHUN:
  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Bacaan Alkitab GMIT 2019
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..


    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    contoh kj 392 bukan kj.392





    Beli Kaos C59. Klik Disni

    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
    Kenya Worship Songs
    Ghana Worship Songs
    Russian Worship Songs
    Chinese Praise and Worship Song
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Greek Worship Songs
    French Worship Songs
    Spanish Worship Songs





    Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 dan Tata Ibadah Paskah 21 April 2019 GPIB
    Terlampir disampaikan : 1. Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 2. Tata Ibadah Paskah 21 April 2019



    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)


    New Submit
    Jumat, 26 April 2019
    Were You There - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    It Is No Secret (What God Can Do) - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    Nearer My God To Thee - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    God Bless America - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    Wholy Holy - Aretha Franklin

    Jumat, 26 April 2019
    Respect - Aretha Franklin

    Kamis, 25 April 2019
    When I Get Where I'm Going - Brad Paisley Feat. Dolly Parton

    Kamis, 25 April 2019
    Holes in the Floor of Heaven - Steve Wariner

    Kamis, 25 April 2019
    You're Not My God - Keith Urban

    Kamis, 25 April 2019
    The Old Rugged Cross - Johnny Cash

    Kamis, 25 April 2019
    The Little Girl - John Michael Montgomery

    Rabu, 24 April 2019
    Overcome - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    This Is My Story (My Song) - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    When I See You - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    Freedom In The Spirit - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    For Us - Sarah Kroger

    Minggu, 21 April 2019
    Come Back Home - Manafest feat. Trevor McNevan

    Sabtu, 20 April 2019
    How He Loves - Peter Mattis | Bethel Music

    Sabtu, 20 April 2019
    Still - Amanda Lindsey Cook

    Jumat, 19 April 2019
    With You On My Mind - Kenny Smith

    Pemilihan Presiden
    Quick Count    |    Real Count

    christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,