Save Page
Yesaya 49:1-6
Hamba TUHAN sebagai terang di tengah-tengah segala bangsa
49:1 Dengarkanlah aku, hai pulau-pulau, perhatikanlah, hai bangsa-bangsa yang jauh! TUHAN telah memanggil aku sejak dari kandungan telah menyebut namaku sejak dari perut ibuku. 49:2 Ia telah membuat mulutku sebagai pedang yang tajam dan membuat aku berlindung dalam naungan tangan-Nya. Ia telah membuat aku menjadi anak panah yang runcing dan menyembunyikan aku dalam tabung panah-Nya. 49:3 Ia berfirman kepadaku: "Engkau adalah hamba-Ku, Israel, dan olehmu Aku akan menyatakan keagungan-Ku." 49:4 Tetapi aku berkata: "Aku telah bersusah-susah dengan percuma, dan telah menghabiskan kekuatanku dengan sia-sia dan tak berguna; namun, hakku terjamin pada TUHAN dan upahku pada Allahku." 49:5 Maka sekarang firman TUHAN, yang membentuk aku sejak dari kandungan untuk menjadi hamba-Nya, untuk mengembalikan Yakub kepada-Nya, dan supaya Israel dikumpulkan kepada-Nya -- maka aku dipermuliakan di mata TUHAN, dan Allahku menjadi kekuatanku --, firman-Nya: 49:6 "Terlalu sedikit bagimu hanya untuk menjadi hamba-Ku, untuk menegakkan suku-suku Yakub dan untuk mengembalikan orang-orang Israel yang masih terpelihara. Tetapi Aku akan membuat engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi."


Penjelasan:

* Yes 49:1-7
Di sini diceritakan tentang pelayanan ilahi Sang Hamba TUHAN sebagai Nabi. Walaupun dalam ayat 3 Sang Hamba disapa dengan nama Israel, kita harus memahami nama ini sebagai nama yang dipakai untuk Dia yang mendasari hubungan perjanjian dan yang melandasi semua isi perjanjian, yaitu Oknum yang memenuhi sendiri harapan-harapan Allah akan suatu umat kudus.

* Yes 49:1 - Sejak dari kandungan
Sejak dari kandungan. Tidak diragukan ini adalah acuan tidak langsung pada pemberitahuan malaikat Gabriel kepada Perawan Maria (Luk. 1:31-33). Perkataan-perkataan-Nya yang tajam seperti pedang, akan menusuk hati nurani orang berdosa dan juga melaksanakan hukuman (Why. 19:15).

* Yes 49:4
Kristus, Sang Hamba itu, akan mengalami saat-saat yang mengecilkan hati, ketika hampir semua orang, bahkan para murid, tidak memahami-Nya. Sekalipun demikian, Dia akan menemukan kepuasan dengan "melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku" (Yoh. 4:34). Tugas-Nya ada dua: (1) mengembalikan Israel kepada Allah, yaitu orang-orang beriman sejati yang masih Tersisa, yang akan membentuk Gereja Yerusalem pada zaman Perjanjian Baru (dan juga orang-orang Yahudi Kristen zaman ini dan zaman kebangunan rohani pada hari-hari yang terakhir); (2) membawa terang keselamatan Allah kepada semua bangsa di bumi.

* Dorongan kepada Bangsa-bangsa Lain (49:1-6)

    Di sini terdapat,
            I. Panggilan diserukan untuk didengar bersama-sama, dan diminta untuk diperhatikan dengan sungguh-sungguh. Khotbah dalam pasal sebelumnya ditujukan kepada kaum keturunan Yakub dan bangsa Israel (ay. 1, 12). Tetapi yang sekarang ini ditujukan kepada pulau-pulau (yakni, bangsa-bangsa lain, sebab mereka disebut sebagai bangsa-bangsa daerah pesisir [Kej.10:5, KJV: pulau-pulau dari bangsa-bangsa lain]), dan kepada bangsa-bangsa yang jauh, yang adalah orang-orang asing bagi persemakmuran Israel, dan dari jauh. Biarlah orang-orang ini mendengar (ay. 1) seperti kepada sesuatu yang jauh, yang harus didengarkan dengan penuh hasrat dan perhatian. Perhatikanlah,
                1. Kabar mengenai seorang Penebus diwartakan kepada bangsa-bangsa lain, dan kepada orang-orang yang tinggal di tempat-tempat paling terpencil, dan mereka punya kepentingan untuk mendengarkannya.
                2. Bangsa-bangsa lain itu mendengarkan Injil ketika orang-orang Yahudi justru menutup telinga mereka terhadapnya.
            II. Sang Pembuat dan Pewarta dari penebusan itu mengeluarkan kekuasaan-Nya dari sorga untuk pekerjaan yang telah dilaksanakan-Nya.
                1. Allah telah menetapkan Dia dan mengkhususkan-Nya untuk pekerjaan itu: TUHAN telah memanggil aku sejak dari kandungan untuk jabatan ini dan telah menyebut namaku, untuk menetapkan aku menjadi Juruselamat. Oleh seorang malaikat Dia dipanggil Yesus – seorang Juruselamat, yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka (Mat. 1:21). Bahkan, dari kandungan kebijaksanaan ilahi, di hadapan alam semesta, Dia dipanggil untuk pekerjaan ini, dan pertolongan diletakkan di atas-Nya. Dan Ia datang untuk memenuhi panggilan itu, sebab Ia berkata, Sungguh, Aku datang, dengan pandangan yang tertuju pada apa yang tertulis tentang Dia di dalam gulungan kitab itu. Beberapa nabi menyebutkan hal ini sebagai perlambang-perlambang tentang Dia (Yer. 1:5). Rasul Paulus telah dipanggil kepada kerasulan itu sejak di dalam kandungan ibunya (Gal. 1:15).
                2. Allah telah mempersiapkan dan memampukan untuk pekerjaan yang dirancang untuk-Nya. Allah telah membuat mulutnya sebagai pedang yang tajam. Dan seperti anak panah yang runcing, atau anak panah yang cemerlang, melengkapinya dengan setiap hal yang diperlukan untuk berjuang di dalam pertempuran-pertempuran Allah melawan kuasa-kuasa kegelapan, untuk menaklukkan Iblis, dan membawa pulang kembali orang-orang yang telah memberontak terhadap Allah supaya setia kembali kepada-Nya, dengan firman-Nya: Itu adalah pedang bermata dua (Ibr. 4:12), yang keluar dari mulut-Nya (Why. 19:15). Keinsafan yang ditimbulkan oleh firman itu adalah anak-anak panah yang tajam menembus hati orang-orang berdosa (Mzm. 45:6).
                3. Allah telah memilih Dia untuk melaksanakan tugas yang telah dipersiapkan untuk-Nya: Ia telah membuat aku berlindung dalam naungan tangan-Nya dan bersembunyi di dalam tabung panah-Nya, yang menunjukkan,
                    (1) Kerahasiaan. Injil Kristus dan pemanggilan bangsa-bangsa lain oleh pemberitaan Injil sudah lama tersembunyi di dalam Allah, selama berabad-abad dan selama zaman angkatan-angkatan terdahulu (Ef. 3:5; Rm. 16:25), tersembunyi di dalam bayang-bayang hukum upacara dan perlambang-perlambang Perjanjian Lama.
                    (2) Perlindungan. Kaum keturunan Daud mendapat pemeliharaan khusus dari Penyelenggaraan ilahi, karena berkat itu ada di dalamnya. Ketika masih bayi, Kristus dilindungi dari murka Herodes.
                4. Allah telah mengakui Dia, telah berfirman kepada-Nya, "Engkau adalah hamba-Ku, yang telah Kutugaskan dan Engkau akan berhasil. Engkau adalah Israel, yang sesungguhnya adalah seorang raja bersama Allah, yang telah bergumul dan menang. Dan di dalam Engkau, Aku akan dimuliakan." Umat Allah adalah Israel, dan mereka semua dikumpulkan bersama-sama, disatukan, sebagaimana adanya, di dalam Kristus, Perwakilan Agung dari seluruh bangsa Israel, seperti imam besar yang membawa nama semua suku Israel pada tutup dadanya. Dan di dalam Dia Allah dimuliakan dan akan dimuliakan. Begitulah firman-Nya melalui suara dari sorga (Yoh. 12:28-29). Sebagian orang menafsirkan firman Allah itu dalam dua kalimat: Engkau adalah hamba-Ku (begitulah Kristus [42:1]), itu adalah Israel yang di dalamnya Aku akan dipermuliakan oleh-Mu. Itu adalah Israel rohani, yang terpilih, di dalam keselamatan yang dikerjakan oleh Yesus Kristus, di dalam-Nya Allah akan dipermuliakan, dan kasih karunia-Nya yang dianugerahkan dengan cuma-cuma akan dipuji selama-lamanya.
            III. Ia diyakinkan akan keberhasilan pelaksanaan pekerjaannya. Sebab, siapa yang dipanggil Allah akan berhasil. Dan atas hal ini,
                1. Ia menolak perasaan tawar hati yang ia hadapi saat Ia baru memulai tugas-Nya (ay. 4): "Tetapi aku berkata, dengan hati yang pedih, Aku telah bersusah-susah dengan percuma. Orang-orang yang dungu, tidak peduli, dan yang asing bagi Allah adalah mereka yang berdiam diri saja: Aku telah memanggil, dan mereka menolak. Aku telah mengulurkan tanganku kepada orang-orang yang suka berbantah-bantah. Ini adalah keluh kesah Yesaya, tetapi sudah diberitahukan kepadanya sebelumnya bahwa tidak ada lagi yang bisa diharapkannya selain itu (6:9). Godaan yang sama juga terjadi pada Yeremia yang memutuskan untuk tidak mau bekerja lagi (Yer. 20:9). Itu adalah keluh kesah dari banyak hamba Tuhan yang setia, yang tidak bermalas-malasan saja, tetapi sudah berjerih payah, tidak menyayangkan, tetapi menghabiskan kekuatannya dan menyerahkan dirinya sendiri, namun, seperti banyak hamba Tuhan lainnya semua itu sia-sia dan tidak ada gunanya. Orang-orang tidak dapat dibujuk untuk bertobat dan percaya. Tetapi, tampaknya di sini hal itu menunjuk kepada kekerasan hati orang Yahudi, yang di antara mereka Kristus telah datang secara pribadi untuk memberitakan Injil kerajaan, berjerih payah dan menghabiskan tenaga-Nya, namun para pemimpin dan rakyat bangsa itu menolak Dia dan pengajaran-Nya. Begitu sedikit yang dapat dibawa masuk, dan tidak ada yang mau bangkit berdiri, sehingga pantas saja jika Ia sampai berkata, "Aku telah bersusah-susah dengan percuma, mengkhotbahkan begitu banyak khotbah, mengerjakan begitu banyak mujizat dengan sia-sia." Janganlah para hamba Tuhan merasa aneh ketika diremehkan, karena Sang Guru sendiri juga diremehkan.
                2. Dia menghibur dirinya di bawah keputusasaannya dengan pemikiran ini, bahwa yang sedang ia laksanakan dan perjuangkan adalah perkara Allah dan panggilan Allah itulah yang melibatkan dia di dalamnya: Namun hakku terjamin pada TUHAN, yang adalah Hakim atas segalanya, dan upahku pada Allahku, yang memiliki Aku sebagai hamba-Nya. Penghiburan-Nya adalah, dan boleh juga menjadi, penghiburan bagi semua hamba Tuhan yang setia, ketika mereka melihat sedikit keberhasilan dalam pekerjaan mereka,
                    (1) Bahwa, bagaimanapun juga keadaannya, perkara yang mereka bela adalah perkara yang benar. Mereka ada bersama Allah dan untuk Allah. Mereka ada di pihak-Nya, dan menjadi pekerja-pekerja bersama-Nya. Orang-orang tidak menyukai penghakiman mereka, aturan-aturan yang mereka ikuti, dan pekerjaan mereka, urusan yang mereka kerjakan, bahkan yang lebih buruk dari ini. Ketidakpercayaan manusia tidak membuat mereka mencurigai kebenaran ajaran yang mereka beritakan (Rm. 3:3).
                    (2) Bahwa pengurusan perkara ini dan keberlangsungan pekerjaan ini semuanya diketahui Allah, dan mereka dapat berseru kepada-Nya mengenai ketulusan hati mereka, dan bahwa bukanlah karena kelalaian mereka sehingga mereka telah bersusah-susah dengan percuma. "Karena Ia tahu jalan hidupku, hakku terjamin pada TUHAN, sehingga Ia-lah yang bisa memutuskan apakah Aku telah menyerahkan jiwaKu atau tidak, dan apakah Aku membiarkan atau tidak darah orang-orang yang binasa atas tanggungan mereka sendiri."
                    (3) Walaupun pekerjaan itu sia-sia bagi orang-orang yang tidak mau menerima pekerjaan itu, namun tidak demikian bagi si pekerja itu sendiri, jika ia setia: Haknya terjamin pada TUHAN, yang akan membenarkan dan mendukungnya, walaupun orang-orang mengecam dan menjatuhkannya. Dan pekerjaannya (upah pekerjaannya) ada pada Allahnya, yang akan menjaga supaya ia tidak menjadi seorang pecundang, tidak, tidak karena pekerjaannya yang sia-sia.
                    (4) Meskipun haknya itu belum dibawa sampai mencapai kemenangan, dan pekerjaan itu juga belum menghasilkan kesempurnaan, namun keduanya ada pada Tuhan, yang akan menggendong mereka terus dan memberikan keberhasilan kepada mereka, sesuai dengan tujuan-Nya, dengan cara dan dalam waktu-Nya sendiri.
                3. Ia menerima jawaban lebih lanjut dari Allah atas keberatan hati yang dialami-Nya itu (ay. 5-6). Ia sangat mengetahui bahwa Allah telah menetapkan-Nya untuk pekerjaan itu, telah membentuknya sejak dari kandungan untuk menjadi hamba-Nya, dan tidak saja memanggil-Nya sejak awal untuk tugas itu (ay. 1), tetapi juga telah memulainya sejak begitu awal untuk mempersiapkan-Nya bagi tugas itu dan memperhadapkan-Nya pada tugas itu. Orang-orang yang dirancang Allah untuk dipekerjakan sebagai hamba-hamba-Nya, akan dibentuk dan dipersiapkan oleh-Nya dalam waktu yang sangat lama sebelumnya, ketika mungkin mereka sendiri atau orang lain tidak menyadari hal itu. Dialah yang membentuk roh manusia di dalam dirinya sendiri. Kristus akan menjadi hamba-Nya untuk mengembalikan Yakub kepada-Nya, yaitu mereka yang dengan berkhianat telah meninggalkan Dia. Itulah sebabnya kaum keturunan Yakub, menurut daging, harus ditangani terlebih dahulu, supaya dapat membawa mereka kembali. Kristus dan firman keselamatan yang disampaikan-Nya, diutus terlebih dahulu kepada mereka, bahkan Kristus datang secara pribadi hanya kepada mereka, kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Tetapi bagaimana jika Yakub tidak mau dibawa kembali kepada Allah dan Israel tidak mau dikumpulkan kepada-Nya? Begitulah hal itu telah terbukti, tetapi ada suatu kepuasan dalam hal ini,
                    (1) Kristus akan dipermuliakan di mata Tuhan, dan orang-orang yang seperti itu di hadapan Allah benar-benar mulia. Meskipun hanya ada sedikit orang Yahudi yang bertobat oleh pemberitaan firman dan mujizat-mujizat Kristus, dan banyak dari mereka menghina dan mencela-Nya, namun Allah menaruh hormat kepada-Nya, dan mempermuliakan Dia, pada saat pembaptisan-Nya, dan ketika Dia berubah rupa di atas gunung, berbicara kepada-Nya dari sorga, mengutus malaikat-malaikat untuk melayani Dia, membalas kematian-Nya yang memalukan dengan banyak keajaiban yang menyertainya, dan terlebih lagi dengan kebangkitan-Nya. Di dalam penderitaan-penderitaan-Nya Allah menjadi kekuatan-Nya, sehingga walaupun Ia mengalami begitu banyak tawar hati oleh karena penghinaan dari banyak orang yang telah banyak dilayani-Nya, namun Ia sendiri tidak akan menjadi pudar dan tidak patah terkulai. Seorang malaikat dari sorga diutus untuk memberi kekuatan kepada-Nya (Luk. 22:43). Walaupun hamba-hamba Tuhan yang setia tidak melihat buah-buah jerih payah mereka, mereka akan tetap diterima Allah, dan oleh karenanya mereka akan benar-benar dipermuliakan, sebab perkenan-Nya adalah kehormatan kita. Dan juga, mereka akan dibantu supaya terus maju dan bertekun di dalam pekerjaan-pekerjaan mereka. Semua penghinaan itu melemahkan tangan mereka, tetapi Allah mereka akan menjadi kekuatan mereka.
                    (2) Injil akan dipermuliakan dalam pandangan dunia ini (ay. 6). Meskipun tidak demikian dalam pandangan orang-orang Yahudi, namun Injil akan dijamu oleh bangsa-bangsa lain (ay. 6). Tampaknya seolah-olah Sang Mesias dirancang terutama untuk mengembalikan Yakub kepada-Nya (ay. 5). Tetapi tentang Dia dikatakan di sini bahwa bagian penugasan itu terlalu kecil dibandingkan dengan keseluruhannya. Kehormatan yang lebih tinggi dan lingkup kegunaan yang lebih besar dirancang untuk-Nya: "Terlalu sedikit bagimu hanya untuk menjadi hamba-Ku, untuk menegakkan suku-suku Yakub kepada kemuliaan dan kekuasaan yang mereka nantikan dari Sang Mesias, dan untuk mengembalikan orang-orang Israel yang masih terpelihara, dan membuat mereka menjadi jemaat yang berkembang dalam keadaan seperti semula" (bahkan dengan mengingat betapa kecilnya jumlah mereka, maka ini hanyalah urusan kecil bagi Sang Mesias bila Dia hanya menjadi Juruselamat untuk mereka saja). "Oleh karena itu, Aku akan membuat Engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa (banyak bangsa yang besar dan berkuasa akan dituntun oleh Injil Kristus untuk mengenal dan menyembah Allah yang sejati), supaya engkau dapat menjadi keselamatan-Ku, pencipta keselamatan itu, yang telah Ku-rancang bagi manusia yang terhilang, dan ini terjadi sampai ke ujung bumi, kepada bangsa-bangsa yang sangat jauh." Karena itulah Simeon tahu untuk menyebut Kristus sebagai terang yang menjadi pernyataan bagi bangsa-bangsa lain (Luk. 2:32), dan penjelasan rasul Paulus mengenai perkataan ini haruslah kita taati, dan itu menjadi kunci untuk memahami maksud perkataan tadi (Kis. 13:47). Karena itu, rasul Paulus berkata, kami berpaling kepada bangsa-bangsa lain, untuk memberitakan Injil kepada mereka, sebab inilah yang diperintahkan kepada kami, kata-Nya, Aku telah menentukan engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Dalam hal ini Sang Penebus benar-benar dipermuliakan, walaupun Israel tidak dikumpulkan. Penegakan kerajaan-Nya di dunia bangsa-bangsa lain lebih mendatangkan kehormatan bagi-Nya dari pada jika Dia menegakkan suku-suku Yakub semuanya. Janji ini telah digenapi sebagian, dan akan disempurnakan lebih lanjut, pada waktu yang dikatakan oleh sang rasul masih akan datang, yakni sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain itu telah masuk. Amatilah, Allah meyebut hal itu keselamatan-Nya, yang ditafsirkan oleh sebagian orang sebagai, betapa berkenannya Allah dengan hal itu, betapa Dia merasa bangga di dalamnya, dan (kalau boleh saya katakan demikian) betapa hati-Nya terpatri di situ. Mereka mengamati lebih lanjut bahwa Kristus diberikan sebagai terang kepada semua orang yang kepada mereka Ia diberikan untuk membawa keselamatan. Di dalam kegelapanlah manusia binasa. Kristus membuat mata manusia menjadi terang, dan dengan demikian membuat mereka menjadi kudus dan berbahagia.


SBU



HARI MINGGU V PRAPASKAH
MINGGU, 17 MARET 2019
Renungan Pagi
KJ.426:1,2 -Berdoa
DUTA KARYA ALLAH

Yesaya 49:1-6
"... Aku akan membuat engkau menjadi terang bagl bangsa-bangsa supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi." (ay.6b)

Ada berbagal latar belakang atau alasan seseorang dipilih sebagai duta, mlsalnya untuk menjadi duta besar darl sebuah negara. Kenapa seorang pejabat negara dipilih untuk menjadi duta besar dl Amerika dan bukan dl Inggris. Blsa jadl alasan pemilihan itu karena jenjang karlernya atau karena kemampuan yang dimilikinya. Yang pasti bahwa dia dianggap memiliki kemampuan untuk melakukan tugas tersebut. Mereka yang dipilih untuk menjadi duta
besar dlharapkan mampu menjalankan tugas sesuai dengan tanggung jawab dan kepercayaan yang dlberlkan kepada mereka.

Teks kita dl Minggu pagi lnl juga berblcara tentang hamba Tuhan yang dipilih sebagal duta untuk menyebarluaskan karya keselamatan Allah. Berbeda dengan duta dalam contoh dl atas yang dlpilih secara "tiba-tiba", duta keselamatan lnl telah diperslapkan jauh sebelumnya. Sang duta mengatakan bahwa Tuhan telah memperslapkannya bahkan sejak maslh dalam kandungan ibunya. Tujuan Tuhan adalah menjadlkan dia duta yang menyatakan ke-
agungan Tuhan (ay. 3). Tuhan memlllh duta lnl karena Dia tahu potensi yang ada dalam dlrl duta-Nya. Tuhan bahkan tidak ingin membuatnya menjadi duta untuk tujuan yang kecll saja, melalnkan untuk tujuan yang besar. Tujuan yang besar itu adalah memberitakan karya keselamatan Tuhan kepada bangsa-bangsa sampai ke ujung bumi (ay.6 b). Namun agar sang duta slap dengan mlsl yang leblh besar, Tuhan memperslapkannya dengan memberikan tugas
yang tidak terlalu besar yaitu mengemballkan Israel ke negeri mereka (ay.6a).

Dari slnl kita belajar bahwa untuk menjadi seorang duta seseorang haruslah dlperslapkan dengan balk. Pembentukan itu meliputi membangun relasl yang balk dan sikap sallng percaya di antara sang duta dan yang menugaskannya. Qrang Kristen adalah juga duta karya Allah. Untuk ltu orang Kristen harus mempersiapkan dlrl dengan balk untuk melakukan karya atau mlsl Allah sesuai kemampuan yang dimilikinya. Yang harus dllngat adalah mlsl Allah
adalah mlsl yang lnkluslf, yang terbuka bagl slapa saja. Untuk itu sebagal duta orang Kristen harus blsa membebaskan dlrlnya dari piklran-plklran dan sikap-sikap yang ekskluslf.

KJ.426 : 4 ,
Doa : (Ya Krlstus, mampukan kaml untuk menjadi duta yang menyebarkan karya keselamatan-Mu bagi semua manusia)


HARI MINGGU V PRAPASKAH
MINGGU, 17 MARET 2019
Renungan Malam
KJ 282:1 -Berdoa
MEMULIHKAN YANG TERHINA

Yesaya 49:7
... Raja-raja akan melihat perbuatan-Ku, Ialu bangkit memberi hormat, dan pembesar-pembesar akan sujud menyembah, oleh karena TUHAN yang setia oleh karena Yang Mahakudus, Allah Israel, yang memilih engkau." (ay.7)

Menjadi orang yang dihina atau diremehkan selalu memunculkan perasaan yang menyakitkan. Orang yang menghina orang lain merasa lebih hebat dari orang yang dihina. Sikap semacam ini memmbuat orang yang menghina tidak pernah memikirkan perasaan orang yang dihina. Dalam situasi ini tidak ada perasaan damai dala, relasi keduanya. Yang menarik adalah orang yang dihina ini dibiarkan dalam situasi yang tidak menyenangkan tanpa ada yang menolongnya.

Perasaan menjadi orang yang dihina dan diremehkan inilah yang juga dialami oleh umat Israel. Perasaan ini ditunjukkan ketika penulis Yesaya menyebut Israel sebagai " dia yang dihinakan orang dan dia yang dijijikkan" (ay. 7). Israel dihina dan dijijikkan oleh bangsa-bangsa dan penguasa-penguasa yang ada di sekitarnya. dalam situasi tersebut tidak ada yang menolong Israel. Namun Tuhan sebagai pemilik Israel tidak pernah meninggalkan Israel.
Tuhan mengutus hamba-Nya untuk mengingatkan raja-raja dan penguasa bahwa Tuhan ada bersama Israel dan tidak akan membiarkan Israel terus dihina dan dijijikkan. Tuhan akan membuat raja-raja dan pembesar-pembesar tunduk menyembah-Nya, menaruh hormat kepada-Nya, dan juga kepada Israel. Israel akan dipulihkan dan tidak akan ada lagi yang meremehkan Israel.

Penugasan yang diterima hamba Tuhan adalah juga penugasan semua orang beriman,‘ khususnya warga GPIB. Sebagai warga gereja yang memiliki spiritualitas pendamai, kita tidak boleh membiarkan seseorang terus menerus dihina. Ketlka kita membiarkan orang terus-menerus dihina maka tidak ada kedamaian dalam hidup bersama. Kita harus mengingatkan orang yang suka menghina orang lain bahwa Tuhan tidak suka dengan sikap semacam ini. Ketlka seseorang menyembah dan menghormati Tuhan maka dia tidak boleh menghina sesamanya yang adalah milik Tuhan. '

KJ.282 : 6
Doa : (Tuhan, mampukan kami untuk memulihkan mereka yang selalu dihina oleh sesamanya)

Label:   Yesaya 49:1-6 


HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song
Jesus Is Risen Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 18 MARET 2019 - MEMBANGUN RASA KEPEDULIAN - Keluaran 23:4-5 - MINGGU V PRAPASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB SABTU, 16 MARET 2019 - SALAM I BUKAN SEKADAR BAS|-BASI - 2 Timotius 4:19-22 - MINGGU Vl PRAPASKAH

Garis Besar Yesaya





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 21 Mei - Pengkotbah 6-8

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..

Hari ini, 21 Mei - Pengkotbah 6-8
rss lagu-gereja.com  Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392




Beli Kaos C59. Klik Disni

Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 17 Desember 2019 - Yesaya 13:4-5 - MINGGU ADVEN III Yesaya 13:4-5 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Senin, 16 Desember 2019 - Yesaya 12:4-6 - MINGGU ADVEN III Yesaya 12:4-6 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 15 Desember 2019 - MANUSIA BERKESEMPATAN UNTUK HIDUP DI DALAM DAMAI SEJAHTERA - Zefanya 3:9-15 (SGD) - HARI MINGGU ADVEN III Zefanya 3:9-15 Penjelasan Ayat
Janji keselamatan, Tetapi sesudah itu Aku akan memberikan bibir lain kepada bangsa-bangsa, yakni bibir yang bersih, Engkau tidak akan mendapat malu, Umat yang rendah hati dan lemah, Sisa Israel, Bersorak-sorailah, hai putri Sion, Raja Israel, yakni TUHAN, ada di antaramu
Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 14 Desember 2019 - Mazmur 72:1-11 - MINGGU ADVEN II Mazmur 72:1-11 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 13 Desember 2019 - Mazmur 60:1-7 - MINGGU ADVEN II Mazmur 60:1-7 Penjelasan Ayat




Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Jumat, 17 Mei 2019
Open Heaven - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Beautiful - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Dance Like It's Done - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Halellujah - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Precious Angel - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Blowin in The Wind - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Jokerman - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Pressing On [Toronto, April 1980] - Bob Dylan

Senin, 13 Mei 2019
God Is With Us - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Here I Go Again - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Love Them Like Jesus - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Courageous - Casting Crowns

Jumat, 10 Mei 2019
Hallelujah - Tori Kelly

Jumat, 10 Mei 2019
You Make Me Brave - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Oceans (Where Feet May Fail) - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Lord, I Need You - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
How Great Thou Art - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Because of Who You are - Agnes Monica

Minggu, 05 Mei 2019
Revelation Song - Tori Kelly

Minggu, 05 Mei 2019
How He Loves - Tori Kelly / Romulo Costa

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



lagu pengumpulan persembahan,   tema khotbah minggu 26 mei 2019 di gpdi,   khotbah mazmur 88:1-19,   bahan khotbah Alkitab kisah para rasul 11 : 27 - 30,   khotbah pembalasan adalah hak tuhan,   Makna Kitab Imamat 11:1-23,   download lagu kj pkj nkb,   lagu persembahan kristen,   lagu pengakuan dosa kristen,   kumpulan lagu rohani tentang doa,   Lirik Lagu Rohani Kristen ... Kutemukan hati Bapa Dalam diri-Mu Yesus ... "Hormat Bagi Sang Bapa" Ho,   Khotbah Ezra 6 : 13 - 18 ,   jamita partangiangan hkbp psalmen 102:2-3,13-23,   Khotbah Ezra 6 : 13 - 18 ,   jamita minggu 26 mei 2019 rogate,   jamita minggu 26 mei 2019 rogate,   chord besar dan ajaib GB,   kj 224 dan not lagu,   psalmen 102 : 2- 3,13- 23 bagaimana maksutnya,   kumpulan lagu kontemporer kristen 2018-2019,   Khotbah Ezra 6 : 13 - 18 ,   ilustrasi mazmur 102,   khotbah jangkep 26 Mei 2019,   khotbah jangkep 26 Mei 2019,   khotbahmazmur102:13-23,   kidung ceria,   Kisah Para Rasul 16:13-15,   www.lagu rohani indonesia.com,   kesimpulan imamat 25,   lagu untuk persembahan ibadah,   Khotbah Ezra 6 : 13 - 18 ,   Kisah Para Rasul 16:13-15,   apa arti dari pembacaan alkitab penghotbah 11 ayat 10 dalam buku mana GKI,   LAGU UNTUK PEMBUKA IBADAH DARI KJ ATAU PKJ ATAU NKB,   mazmur 47 lagu,   khotbah mazmur 102:2-3,   ilustrasi kotbah mazmur102:2-23,   eksposisi 2 kor 10:15,   ayat mengumpulkan persembahan tema memberi hati,   eksposisi 2 kor 10:15,   eksposisi 2 kor 10:15,   mazmur 47 lagu,   air hidup bacaan 1 raja raja 21:17-19,   mazmur 47 lagu,   apa arti dari pembacaan alkitab penghotbah 11 ayat 10 dalam buku mana GKI,   air hidup bacaan 1 raja raja 21:17-19,   chord saat indah andy ambarita,   mazmur 47 lagu,   lagu kidung jemaat populer,   lagu praise gms,   lagu praise gms,   khotbah ibrani 11 1-7,   kumpulan lagu kontemporer kristen 2018-2019,   renungan efesus 2:17-22,   download gms worship,   sapaan kristen dukacita hari Senin, 20 Mei 2019,   kumpulan lagu untuk persembahan kolekte,   lagu penutup ibadah,   kotbah Mazmur 102:1-12,   lagu rohani untuk doa syafaat,   gmit matius 5:38-48,   tafsiran Mazmur 102:2-3, 13-23,   Download lagu gms terbaru,   kumpulan lagu ibadah persekutuan,   Pujian persembahan,   lagu rohani dengan partitur,   kusembah kau nikko lirik,   khotbah kristen gpib,   psalm 102:2-3,13-23 jamita partangiangan hkbp,   khotbah kristen gpib,    khotbah minggu 26 Mei 2019,    khotbah minggu 26 Mei 2019,   renungan kristen.yesaya 59:1,   renungan kristen.yesaya 59:1,   mazmur 102:13-23,   masmur 148 thema kepedulian Allah,   mazmur 102:13-23,   renungan kristen.yesaya 59:1,   lagu pengumpulan persembahan,   jamita partangiangan 2 timoteus 2:1-7,   eksposisi mazmur 102,   tata ibadah penghiburan,   kata sambutan natal 2018,   kata sambutan ketua panitia natal 2018,   khotbah ezra 6 13 - 18,   download lagu rohani menikmatibaitnya,   download lagu rohani menikmati baitnya,   bahan sermon ezra 6 13 18,   bahan sermon ezra 6 13 18,   minggu paslah VI 26 Mei 2019,   khotbah mazmur 102,   mazmur 102:2-3,12-22,   mazmur 102:2-3,12-22,   mazmur 102:2-3,12-22,   bacaan minggu tgl 26 mei 2019,   ezra 6 13-18,   kord lagu ku datang padamu tuhan dan rajaku,   lagu ku datang padamu tuhan dan rajaku,   Khotbah minggu uem tanggal 26 mei,   inilah hidupku bagai kain yang kotor chord,   khotbah katolik minggu 26 mei 2019,   inilah hidupku bagai kain yang kotor chord,   khotbah mazmur 102 : 13-23,   download lagu rohani kristen samuel,   partitur kj 370 dengan 4 suara,   lagu penyemhan,   khotbah lukas 11,1_13, rogatr,   lagu rohani untuk pernikahan,   lagu pengakuan dosa gmim,   lagu rohani untuk pernikahan,   lagu*Nyanyian rohani,   jamita partangiangan hkbp psalmen 102:2-3,13-23,   lagu pembukaan persekutuan,   jamita partangiangan hkbp psalmen 102:2-3,13-23,   jamita partangiangan hkbp psalmen 102:2-3,13-23,   ezra 6:13-18,   ezra 6:13-18,   jamita 25 mei 2019 rogate,   nyanyian rohani 9,   partitur koor untuk pentakosta,   lagu pujian pengakuan dosa HKBP,   lirik alangkah baik dan indahnya,   nyanyian rohani 9,   Khotbah minggu 19 mai 2019,   khotbah ezra 6 13 - 18,   midi lagu Hymne GKI,   no telpon gereja bogor,   lagu baru gms,   nyanyian rohani no 14,   nyanyian rohani no 14,   lirik lagu rohani untuk persembahan,   lagu baru gms,   puji pujian kristen,   lagu gereja.com,   renungan/ kotbah kejadiann 31:1-16 Hidup seutuhnya Bagi Tuhan,   lagu ucapan syukur,   download lagu gpdi hari ini,   lagu pernikahan di gereja,   lagu pernikahan di gereja,   firman TUHAN menurut yeremia 3:1-5,   Renungan mat 7:12-14,   LAGU LAGU ROHANI YANG MENYENTUH SAATH IBADA,   download lagu rohaninenanti kedatangan tuhan,   lagu kj utk ultah,   lagu kj utk ultah,   khotbah 1 tawarikh 22,   downnload lagu rohanimenikmatibaitnya,   ezra 6:13-18 (BAHASA INDONESIA),   lirik lagu satu hal telah kuminta,   download lagu rohani menikmati baitnya,   renungan pemuda efesus 2:11-22,   mazmur 145:8-13,   renungan khotbah ezra 6:13-18,   bahan sermon ezra 6 13 18,   isi Esra 6:13-18,   Ezra 6 : 13 - 18,   Esra 6:13-18.,   no telpon gereja bogor,   kotbah esra 6 : 13-18,   lagu untuk persambahan,   lagu untuk persambahan,   esra 6:13-18,   ezra 6 13-18 penjelasan,   khotbah esra 6:13-18,   esra 6: 13 - 18,   kotbah ezra 3:13-16,   ezra 6:13-18,   khotbah ezra 6 13 - 18,   renungan ezra 6 13 18,   acara minggu ibadah gkpi,   khotbah esra 6:13-18,