Save Page
Pagi : 1 Raja-raja 4:21-28
Malam : 1 Raja-raja 4:29-34 (SGK)

1 Raja-raja 4:29-34
4:29 Dan Allah memberikan kepada Salomo hikmat dan pengertian yang amat besar, serta akal yang luas seperti dataran pasir di tepi laut, 4:30 sehingga hikmat Salomo melebihi hikmat segala bani Timur dan melebihi segala hikmat orang Mesir. 4:31 Ia lebih bijaksana dari pada semua orang, dari pada Etan, orang Ezrahi itu, dan dari pada Heman, Kalkol dan Darda, anak-anak Mahol; sebab itu ia mendapat nama di antara segala bangsa sekelilingnya. 4:32 Ia menggubah tiga ribu amsal, dan nyanyiannya ada seribu lima. 4:33 Ia bersajak tentang pohon-pohonan, dari pohon aras yang di gunung Libanon sampai kepada hisop yang tumbuh pada dinding batu; ia berbicara juga tentang hewan dan tentang burung-burung dan tentang binatang melata dan tentang ikan-ikan. 4:34 Maka datanglah orang dari segala bangsa mendengarkan hikmat Salomo, dan ia menerima upeti dari semua raja-raja di bumi, yang telah mendengar tentang hikmatnya itu.

Penjelasan:

* 1Raj 4:29 - Allah memberikan kepada Salomo hikmat ... serta akal yang luas. Akal yang luas
Allah memberikan kepada Salomo hikmat ... serta akal yang luas. Akal yang luas merupakan ungkapan Ibrani yang artinya berwawasan luas.

* 1Raj 4:30 - Hikmat Salomo melebihi hikmat segala bani Timur
Hikmat Salomo melebihi hikmat segala bani Timur. Hikmat yang dimaksudkan berkenaan dengan hal-hal non-rohani. Sayang sekali kita tidak tahu apa-apa mengenai orang-orang yang hikmatnya dilampaui oleh Salomo ini.

* 1Raj 4:32 - Ia menggubah tiga ribu amsal
Ia menggubah tiga ribu amsal. Disetujui secara umum bahwa sastra hikmat yang terdapat di dalam Kitab Amsal dan Pengkhotbah secara tradisional dianggap merupakan hasil tulisan Salomo atau juru tulisnya. Sastra yang dihasilkan oleh putra Daud yang menjadi raja ini cukup banyak.

* 1Raj 4:34 - Maka datanglah orang dari segala bangsa mendengarkan hikmat Salomo
Maka datanglah orang dari segala bangsa mendengarkan hikmat Salomo. Penulis di sini memakai gaya bahasa hiperbolis. Yang dimaksudkan olehnya ialah bahwa istana Salomo itu terbuka bagi semua, dan bahwa sebagai orang yang bijaksana Salomo menarik kedatangan banyak pengunjung yang penting dan berpengaruh (bdg. ps. 10).

* Gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan...?
Apa yang paling Anda inginkan dari Anda untuk diingat orang lain, setelah Anda meninggal nanti? Mungkin akan muncul berbagai jawaban: kebaikan, kesalehan, kepandaian ataupun kekayaan. Setelah Salomo meninggal, yang paling diingat oleh manusia sepanjang zaman adalah kebesarannya, kekayaannya, kepandaiannya, istri dan gundik yang banyak.

Wilayah kekuasaan Salomo begitu besar, mulai dari sungai Efrat sampai negeri orang Filistin dan sampai tapal batas Mesir. Tidak hanya itu, bangsa-bangsa lain pun memberi upeti kepada Salomo seumur hidupnya. Karena begitu besar kerajaannya, Salomo mempekerjakan banyak staf, ini berarti ia memerlukan jumlah makanan yang besar setiap harinya. Kedamaian mewarnai seluruh kerajaannya seumur hidupnya. Ia pun memiliki kuda yang begitu banyak dengan makanan yang terjamin. Bahkan kepandaian Salomo melebihi siapa pun dari bangsa-bangsa lain dan ia pun menguasai ilmu pengetahuan (ayat 32-34).

Secara singkat kebesaran Salomo dalam hal-hal di atas jauh melebihi Daud ayahnya. Namun sepanjang sejarah raja-raja Israel yang selalu menjadi tolok ukur di hadapan Allah adalah Daud. Allah tidak pernah menggunakan kebesaran yang dimiliki oleh Salomo sebagai tolok ukur bagi raja-raja selanjutnya. Tolok ukur yang Allah gunakan adalah kesetiaan dan ketaatan raja-raja Israel kepada perintah Allah. Daud sudah membuktikan kesetiaan dan ketaatannya kepada Allah Israel dan tidak pernah menyimpang daripada-Nya. Sebaliknya, Salomo di dalam kebesarannya telah menjauh dari apa yang digariskan Tuhan. Misalnya, seorang raja tidak boleh mempunyai banyak kuda (Ul. 17:16), tetapi Salomo melanggarnya; seorang raja harus menyuruh menulis salinan hukum-hukum Allah dan membacanya siang malam, tetapi Salomo tidak melakukannya. Artinya kebesaran dan kejayaan Salomo tidak mengandung nilai-nilai kekal dan illahi yang sesuai dengan tolok ukur Allah. Itulah sebabnya ia terkenal untuk hal yang lain.



SBU

MINGGU II SESUDAH PASKAH
RABU, 8 MEI 2019
Renungan Pagi
GB.214:1,2 -Berdoa
APAPUN MASALAHNYA, ANDALKAN TUHAN

1 Raja-Raja 4:21-28
sehingga orang Yehuda dan orang Israel diam dengan tenteram, masing-masing di bawah pohon anggur dan pohon aranya, dari Dan sampai Bersyeba seumur hidup Salomo. (ay.25)

Salomo menerima jaminan berkat atas kesetiaannya bergantung pada pertolongan Tuhan. Kerajaan Israel mengalami masa kejayaan dengan keamanan dan kemakmuran yang dinikmati semua rakyat. Tidak mudah mencukupkan kebutuhan orang Israel yang dikatakan
jumlahnya "seperti paslr dl tepi laut" (4:20). Kebutuhan jasmani yang terpenuhi membawa stabilitas kekuasaan dalam jangka panjang dan dukungan keuangan yang memadai.

Allah yang memberikan hikmat bagi Salomo sehingga kepemimpinannya memberi rasa aman dan tenteram bagi seluruh rakyat. Kesejahteraan lahir batin dinikmati saat kerja menda-
tangkan hasil memuaskan bagi seisi keluarga. Pemerintahan yang adil dan jujur, menciptakan tatanan masyarakat yang produktif dengan tingkat kepercayaan tinggi. Dukungan luas dan pengakuan dunia luar memperlihatkan bagaimana kasih Tuhan bagi Salomo. Kuasa Allah yang memberkati banyak orang melalui Salomo yang rendah hati dan mengerti sumber utama kepemimpinan yang berhasil. Salomo tidak berangkat dari kemampuan akal budi atau
nama besar Daud. Salomo sepenuhnya mengandalkan hikmat Tuhan sehingga mampu memberi kesejahteraan bagi rakyat yang dipimpinnya.

Ajaran untuk mengandalkan hikmat Tuhan merupakan kebenaran rohani yang tak terbantahkan. Kita diingatkan bahwa keberhasilan untuk menjamin masa depan keluarga kita letaknya hanya dalam campur tangan Tuhan yang memungkinkan semua harapan
dan impian kita terjadi. Kerja keras, sudah jelas.Tidak mungkin keberhasilan tercipta jika kita malas.Mustahil datang berkat Tuhan, jika hanya bertopang dagu dan tidak mau bekerja. Keberhasilan hidup sepenuhnya berasal dari Allah yang memberkati usaha dan
kerja kita sehingga kita hidup bukan mengejar kekayaan tetapi mempermuliakan Allah. Sungguhkah kerja kita hari inl mempermuliakan Allah? Jika "ya" maka kita hidup dalam hikmat Tuhan yang sempurna.

GB.214 : 3
Doa : (Berilah hikmat sorgawi agar kami bekerja dengan hikmat Tuhan dan bukan dengan kehebatan sendiri. Jadikan kami sebagai pemimpin bijak yang memberi rasa aman dan sejahtera bagi orang di sekitar kami)


MINGGU II SESUDAH PASKAH
RABU, 8 MEI 2019
Renungan Malam
GB.220 : 1,2 -Berdoa
PRESTASI LUAR B|ASA

1 Raja-Raja 4:29-34
Maka datanglah orang dari segala bangsa mendengarkan hikmat Salomo, dan ia menerima upeti dari semua raja-raja di burni, yang telah mendengar tentang hikmatnya itu. (ay.34)

Keberhasilan pemimpin mendatangkan kesejahteraan dan stabilitas bagi rakyat yang diplmpinnya. Pemimpin yang berhasil menerima kepercayaan mutlak dari bawahannya yang turut mendukung program pembangunan dengan memberikan pajak, melakukan tata kelola pemerlntahan yang baik dan membuka ruang berekspresi yang terbuka bagi semua orang. Pemerintah yang berhasll menjadi daya tarlk bagi banyak orang mempelajarl rahasia sukses
keberhasllannya.

Kisah Salomo dengan hikmatnya adalah klsah fenomenal; kisah yang luar biasa. Salomo sendiri meminta hikmat dari Tuhan dalam rnemerintah bangsa lsrael. Salomo memerintah dengan bijak dalam mengelola pemerintahan, menegakkan keadilan serta meningkat-
kan kesejahteraan dan keamanan. Semua itu bukan proses yang muda namun dengan pertolongan Tuhan dan tekad bersama meraih yang terbaik, prestasi membanggakan akhirnya diraih. Mimpi yang jadi kenyataan Karena Tuhan memberkati niat dan usaha Salomo. Salomo dengan hikmatnya juga mengembangkan kesenian dan pendidikan bagi kemajuan peradaban. Salomo dengan hikmat Tuhan memperlihatkan karya luar biasa yang tldak hanya menciptakan kesejahteraan bagi rakyatnya, tetapi juga menarlk perhatian bagi orang lain untuk mencari tahu dan belajar pengetahuan baru untuk dapat dikembangkan.

Rahasia sukses pemimpin adalah kerendahan hati dan percaya kemurahan Tuhan_ Keyakinan semacam ini seringkali diragukan atau malah disangkal sebab manusia berpikir dengan kehebatannya sendiri. Kita yang sudah mengalami hikmat Allah, perlu menunjukkan prestasi hidup kita sebagai kesaksian tak terbaniahkan tentang campur tangan Tuhan. Mari buktikan kasih Tuhan Yesus dalam keberhasllan perkawinan kita, usaha kita, peiayanan kita dan pendidikan anak-anak. Tidak ada yang mustahll jika kita hidup dalam takut kepada Allah dan selalu bersyukur atas semua pemberian Tuhan.

GB.220: 3
Doa : (Kebenaran firman Tuhan memampukan kaml mengasihi dan mengembangkan kehidupan menjadi semakin lebih baik. Talong kami dengan Roh Kudus menjadi pemimpin yang berhasil dalam membimbing, mendelegasikan dan membagékan berkat Tuhan)


Label:   1 Raja-raja 4:29-34 




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Kamis, 9 Mei 2019 - DAMAI MENGUNTUNGKAN SEMUA ORANG - 1 Raja-raja 5:7-12 - MINGGU II SESUDAH PASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 7 Mei 2019 - TERLEPAS DARI BEBAN BERAT SELAMANYA - Imamat 26:9-13 - MINGGU II SESUDAH PASKAH

Garis Besar 1 Raja-raja





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 23 September - Mazmur 119

Hari ini, 23 September - Maz 107:6-12, Yes 32-33, 2 Kor 13, Ams 25:3-4


Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Latest Christian Song





Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 22 September 2019
Great Jehovah - Travis Greene

Minggu, 22 September 2019
On My Own - Ashes Remain

Minggu, 22 September 2019
God's Not Dead - Newsboys

Minggu, 22 September 2019
Gone - Elevation Worship

Sabtu, 21 September 2019
Burdens - Jamie Kimmett

Jumat, 20 September 2019
We're A Winner - Phillip Bailey

Jumat, 20 September 2019
Vaya (Go With Love) - Phillip Bailey

Jumat, 20 September 2019
Truimph - Phillip Bailey

Kamis, 19 September 2019
Oh Jesus! - Mercy Chinwo

Kamis, 19 September 2019
Quiet Time (2): 1 Hour Soaking Worship Songs (Kim Walker, Hillsong, Israel Houghton)

Kamis, 19 September 2019
Free - Hillsong

Kamis, 19 September 2019
Hear My Song, Lord - Gaither Vocal Band

Kamis, 19 September 2019
Give God the Glory - Marcus Jordan

Kamis, 19 September 2019
Beautiful - Jonas Rayme

Kamis, 19 September 2019
Yes, I Know - Gaither Vocal Band

Minggu, 15 September 2019
Forever Faithful (Love Song for Jesus) - Lifebreakthrough

Minggu, 15 September 2019
Glory To The King - Hillsong

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



chord dan lirik lagu pkj 14,   chord dan lirik lagu pkj 14,   chord dan lirik lagu pkj 14,   khotbah minggu 29 september 2019,   2 korintus 9:7-8,   Bacaan sbu oktober 2019,   Tata Ibadah HUT Organisasi Wanita (Kristen),   apa beda diaken dan penatua,   renungan amos 8 : 4-8,   jamita psalmen 40 7-11,   lagu rohani saat malam hari,   tafsiran Yesaya 65:17-25,   nama group gereja,   lagu gereja katolik penutup,   lirik lagu gereja mari bersyukur,   lirik lagu Tuhanku berkatmu limpah bagai hujan yang deras,   khotbah kristen jaminan hidup yang sesungguhnya lukas 16:19-31,   khotbah kristen jaminan hidup yang sesungguhnya lukas 16:19-31,   khotbah kristen jaminan hidup yang sesungguhnya lukas 16:19-31,   khotbah kristen jaminan hidup yang sesungguhnya lukas 16:19-31,   rohani barat,   gpib zebulon batam september 2019,   lagu rohani mp3 free download,   nyaniyan rohani 132,   kotbah hari minggu ke 25 september 22, 2019,   Misa hari minggu biasa ke 25, september 22, 2019,   nyanyian suara gembira 21,   Doa sebelum ngambil khobat,    maz 40:7-11 renungan harian menanggapi karya pnenyelamatan Allah,   kidung muda mudi 87,   khotbah pelita hidup,   Khotbah Mazmur 40:7-11,   Khotbah Psalm 40:7-11,   ringkasan khotbah mazmur 40 7 11,   ringkasan kotbah mazmur 40 7 11,   KHOTBAH MENGADAKAN PENDAMAIAN,   sgdk oktober 2019,   renungan amos 8 ayat 4 - 8,   nyanyian suara gembira 21,   not angka gita bakti no 45 Dan lyrik,   not angka gita bakti no 45,   mars gerakan pemuda,   nyaniyan rohani 132,   tema mazmur 40:7-11,   sabda bina umat 22 september 2019 ,   jamita partangiangan 29 september 2019 mazmur 40:7-11,   kmm 33,   bahan kotbah mazmur 40:7-11 sabda.com,   Jamita psalmen 40:7-11,   khotbah yosua 24 13-25,   khotbah mazmur 111:1-10,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   khotbah mazmur 111:1-10,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   renungan harian katolik tanggal 22 september 2019,   kotbah 1 tesalonoka 3:6-8,   tafsiran mazmur 40:7-11,   Renungan harian bacaan dan mazmur minggu 22 September 2019,   Lagu kidung jemaat kristen protestan,   jamita minggu efesus 4:7-16,   Lagu kidung jemaat kristen protestan,   ayat Alkitab persembahan untuk anak anak,   renungan harian katolik 22 september 2019,   renungan harian katolik 22 september 2019,   lagu rohani easy worship,   lagu penutup ibadah,   lagu rohani pdt erastus sabdono,   Kesimpulan dari dosa , anugerah , pertobatan , pengampunan dan hidup baru,   lagu rohani untuk persembahan,   kidung ceria bilasangkakala,   not lagu nyanyian kidung baru 201,   tafsiran Yosua 24:13-25,   Bahan khotbah Josua 24:13-25,   sabda bina teruna septembr 2019,   inti korbah JOSUA 24:13-25,   jamita josua 24:13-25,   download MP3 lagu lagu di lagu sion acapella,   yosua 23 13-25,   renungan yesaya 27:1-5,   Khotbah 1tesalonika3,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   khotbah yosua 24:13-25,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   chord dipintumu ku datang dan,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   Ilustrasi kotbah josua,   renungan harian hkbp 2019 mazmur 40:7-11,   amos 8 ayat 4 penjelasan,   Ilustrasi kotbah josua,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   renungan matius 5:21-26,   amos 8 ayat 4 penjelasan,   khotbah lukas 16:10-18,   nyanyian rohani 136,   kmm 1 notasi,   jamita na marhata batak Josua 24:13-25,   lagu persembahan pastekosta lama,   1 petrus 3 : 8-12,   Injil Renungan Minggu 22 September 2019,   khotbah yosua 24:13-25,   1 petrus 3 : 8-12,   bina anak gmim bln september,   renungan gpib hari ini september,   khotbah yosua 24:13-25,   bahan renungan alkitab 1 yohanes pasal 1 ayat 1 sampai 6,   khotbah yeremia 8:18-22 mendua hati,   khotbah yeremia 8:18-22 mendua hati,   ilustrasi untuk bacaan ulangan 30 : 15-20 untuk sekolah minggu,   khotbah dari gal 4:18÷20,   nyanyian masmur minggu 22 september 2019,   kidung muda mudi 87,   Khotbah amos 8:4-8,   Khotbah amos 8:4-8,   Khotbah amos 8:4-8,   tafsiran amos 8:4-6,   download kidung keesaan gratis,   bahan khotbah ester 4:1-17,   kidung kaesaan,   khotbah yosua 24:13-25,   khotbah yosua 24:13-25,   kidubg kaesaan 6,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah ibadah syukur setahun kepergian ibu yang terkasih,   khotbah ibadah syukur setahun kepergian ibu yang terkasih,   lagu sesudah pembacaan alkitab,   download lg soraklah alleluya katolik,   khotbah lukas 16: 10-18,   renungan kis,   khotbah yosua 24:13-25,   instrumen lagu rohani mp3,   khotbah minggu 22 september 2019 Yosua 24:13-25,   khotbah yosua 24:13-25,   kmm 33,   Khotbah amos 8:4-8,   sabda bina umat online,   notasi nkb 122,   nkb 122 dengan not,   kotbah josua 24 13 25,   kotbah josua 24:13-25,   kotbah josua 24:13-25,   jangan mengusik orang2 yg Kuurapi, renungan,   Khotbah minggu tanggal 22 sep 2019 yosua 24:13-25,   lagu-lagu rohani katolik 2019,   khotbah mazmur 40:7-11,   khotbah mazmur 40:7-11,   lagu gms,   bina anak gmim bln september,   tema ibadah hki 22 september 2019,   mars pelkat pa,   mars pelkat pa,   lagu kidung jemaat awal pesta,   ku daki jalan mulia chord,   youtube kc 184 bermacam-macam anak,   youtube kc 184 bermacam-macam anak,   lagu bermacam-macam anak,   Kotbah:yosua 24:13-25,   khotbah bilangan 27,   lagu untuk persembahan,   Tertwa lgu rohni,   ilustrasi khotbah lukas 16:10-18,   renungan roma 12:1-8 menjalani kehidupan ibadah yang sejati,   khotbah amos 8: 4-8,   Album rohani john tanamal,   khotbah amos 8: 4-8,   khotba Roma 1:10 Aku berdoa, semoga dengan kehendak Allah aku akhirnya beroleh kesempatan untuk men,   khotba Roma 1:10 Aku berdoa, semoga dengan kehendak Allah aku akhirnya beroleh kesempatan untuk men,   Renungan amos 8:5,