Save Page
Ibrani 10:14-18
10:14 Sebab oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan. 10:15 Dan tentang hal itu Roh Kudus juga memberi kesaksian kepada kita, 10:16 sebab setelah Ia berfirman: "Inilah perjanjian yang akan Kuadakan dengan mereka sesudah waktu itu," Ia berfirman pula: "Aku akan menaruh hukum-Ku di dalam hati mereka dan menuliskannya dalam akal budi mereka, 10:17 dan Aku tidak lagi mengingat dosa-dosa dan kesalahan mereka." 10:18 Jadi apabila untuk semuanya itu ada pengampunan, tidak perlu lagi dipersembahkan korban karena dosa.

Penjelasan:


* Ibr 10:14-18 - menyempurnakan
Nubuat Yeremia mengenai perjanjian telah digenapi. Orang-orang percaya di dalam Kristus kini disempurnakan, dibersihkan, dimurnikan, dipersiapkan untuk persekutuan abadi dengan Allah. Kata menyempurnakan (teteleiokon) berarti melengkapi yaitu, tujuan akhir yang dimaksudkan tercapai; orang percaya sudah dipersiapkan untuk masuk ke dalam tempat kudus, dan pengharapannya di bumi terjamin (bdg. ExpGT). Hal ini menunjukkan adanya pertumbuhan dan juga kegembiraan karena berkat-berkat yang tersedia.

Penulis kembali mengutip Yeremia 31:33 dan seterusnya untuk menunjukkan bahwa hati seseorang diubah pada saat beriman kepada Kristus, dan sifatnya juga diubahkan. Yeremia menubuatkan bahwa hal tersebut akan terjadi ketika Roh Kudus berbicara melalui dirinya. Penghapusan dosa kini sudah sempurna, dan apa yang dinubuatkan oleh Yeremia saat ini sudah digenapi. Dosa-dosa tidak diingat lagi dan kehidupan diubahkan sepenuhnya oleh segala yang telah dilaksanakan oleh Kristus yaitu mati sebagai pendamaian. Karya itu telah selesai.

* Berdasarkan tempat di mana Tuhan Yesus kita sekarang ditinggikan, kehormatan yang didapat-Nya di sana, dan kehormatan selanjutnya yang akan diperoleh-Nya: Tetapi Ia, setelah mempersembahkan hanya satu korban saja karena dosa, Ia duduk untuk selama-lamanya di sebelah kanan Allah, dan sekarang Ia hanya menantikan saatnya, di mana musuh-musuh-Nya akan dijadikan tumpuan kaki-Nya (ay. 12-13). Di sini amatilah,

    1. Untuk kehormatan apa Kristus, sebagai manusia dan Sang Pengantara, ditinggikan, yaitu Ia ditempatkan di sebelah kanan Allah, pusat kekuasaan, kepentingan, dan tindakan. Atau Ia dijadikan sebagai tangan kanan Allah: tangan yang memberi: semua perkenanan yang diberikan Allah kepada umatNya diserahkan melalui Kristus: tangan yang menerima; semua kewajiban yang diterima Allah dari manusia dipersembahkan melalui Kristus: tangan yang bekerja; semua hal yang berhubungan dengan kerajaan pemeliharaan dan anugerah dijalankan oleh Kristus. Oleh karenanya ini merupakan tempat kehormatan tertinggi.
    2. Bagaimana Kristus mendapatkan kehormatan ini, bukan hanya oleh maksud atau pertolongan Bapa, melainkan juga oleh jasa dan tindakan penebusan-Nya sendiri, sebagai upah bagi penderitaan-penderitaan-Nya. Sama seperti Ia tidak akan pernah bisa kehilangan kehormatan yang memang pantas didapat-Nya, demikian pula Ia tidak akan pernah meninggalkannya, atau berhenti menggunakannya demi kebaikan umat-Nya.
    3. Bagaimana Kristus menikmati kehormatan ini, yaitu dengan perasaan yang teramat puas dan tenang. Ia duduk di sana selama-lamanya. Bapa berkenan dan puas dengan-Nya. Ia pun puas dengan kehendak dan hadirat Bapa-Nya. Inilah tempat perhentian-Nya untuk selama-lamanya. Di sinilah Ia akan terus berdiam, sebab Ia sudah menginginkannya dan juga layak mendapatkannya.
    4. Kristus memiliki harapan-harapan lebih jauh, yang tidak akan dikecewakan. Sebab harapan-harapan itu didasarkan pada janji Bapa, yang telah berkata kepada-Nya, "Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu" (Mzm. 110:1). Orang akan berpikir bahwa manusia seperti Kristus tidak akan mempunyai musuh kecuali di neraka. Tetapi merupakan hal yang pasti bahwa Ia mempunyai musuh-musuh di bumi, sangat banyak, dan yang sudah berurat akar. Maka dari itu, janganlah orang-orang Kristen terheran-heran jika mereka mempunyai musuh, meskipun mereka ingin hidup damai dengan semua orang. Tetapi musuh-musuh Kristus akan dijadikan tumpuan kaki-Nya. Sebagian melalui pertobatan, sebagian yang lain melalui kekacauan. Dan mana saja yang terjadi, Kristus akan dihormati. Akan hal ini Kristus yakin, hal ini sedang Ia nantikan, dan umat-Nya harus bersukacita dalam menantikannya. Sebab, ketika musuh-musuh- Nya ditaklukkan, musuh-musuh mereka, yang memusuhi mereka karena Dia, akan ditaklukkan juga.

Rasul Paulus menyarankan Kristus kepada orang Ibrani berdasarkan saksi yang telah diberikan Roh Kudus dalam Kitab Suci mengenai Dia. Ini terutama berkaitan dengan apa yang akan menjadi hasil dan akibat yang membahagiakan dari penghinaan dan penderitaan-Nya. Secara umum, hasil itu adalah perjanjian yang baru dan penuh anugerah yang didirikan berdasarkan korban penebusan-Nya itu, dan dimeteraikan oleh darah-Nya (ay. Ibrani 10:15): Dan tentang hal itu Roh Kudus juga memberi kesaksian. Bacaan ini dikutip dari 31, dan dalam perjanjian baru itu Allah berjanji,

    1. Bahwa Ia akan mencurahkan Roh-Nya ke atas umat-Nya, dengan sedemikian rupa sehingga memberi mereka hikmat, kehendak, dan kuasa untuk mematuhi firman-Nya. Ia akan menaruh hukum-hukum-Nya dalam hati mereka, dan menuliskannya dalam akal budi mereka (ay. 16). Hal ini akan membuat kewajiban mereka menjadi jelas, mudah, dan menyenangkan.
    2. Dosa dan pelanggaran mereka tidak akan Ia ingat lagi (ay. 17). Hal ini saja menunjukkan kekayaan anugerah ilahi dan memadainya korban penebusan Kristus, sehingga korban itu tidak perlu diulangi lagi (ay. 18). Sebab tidak akan diingat lagi dosa orang yang betul-betul percaya, entah untuk mempermalukan mereka sekarang atau untuk menghukum mereka nanti. Ini jauh melebihi apa yang dapat dihasilkan oleh imamat dan korban-korban Lewi.
    Sekarang kita telah menelusuri bagian surat yang membahas masalah ajaran, yang di dalamnya kita menjumpai banyak hal yang gelap dan sulit dimengerti. Namun untuk hal ini, kita harus menyalahkan pikiran kita sendiri yang lemah dan tumpul. Rasul Paulus sekarang melanjutkan dengan menerapkan ajaran agung ini, untuk menggugah perasaan mereka, dan membimbing perbuatan mereka, dengan membentangkan di hadapan mereka martabat dan kewajiban-kewajiban zaman Injil.


SBU

MINGGU III SESUDAH PASKAH
KAMlS,16 MEI 2019
Renungan Pagi
KJ.179 : 1,4 -Berdoa
ESTER DIPROSES UNTUK SUATU TUJUAN MULIA

Ester 2:15 - 18
"Ester dikasihi oleh baginda lebih daripada semua perempuan lain..." (ay.17)

Dalam masyarakat, umumnya perempuan masih dianggap objek "harta milik" laki-laki. Hal ini dipengaruhi oleh sistem kekeluargaan yang Patriarkal, yaitu sistem kekeluargaan menarik garis keturunan pihak nenek moyang laki-laki, layaknya berlaku di Persia. Pada waktu itu dunia menghasilkan peradaban maskulin (laki-laki), sebuah dunia yang didominasi norma-norma, seperti materi, status dan kekuasaan. Perempuan hidup dalam budaya yang me|etakkannya dalam posisi pasif seperti awalan di...yaitu dicintai, dilindungi, diberi, dihidupi, dikawini dan seterusnya, seperti yang terjadi di kerajaan Media-Persia dalam kisah kitab Ester ini.

Pasal pertama Kitab Ester merupakan pintu masuk memahami latar belakang kisah umat Tuhan dalam dunia sekular di masa pemerintahan Ahasyweros. Saat itu orang Yahudi terbuang, tertawan, hidup di bawah hukum serta kekuasaan Media-Persia dan konseku-
ensinya harus tunduk pada hukum Media-Persia. Kita bisa membayangkan betapa berkuasanya sang raja! Seperti dicatat dipasal 2 khususnya ayat 15-18, raja tidak saja berhak memecat ratu yang tidak taat padanya seperti ratu Wasti, tetapi iapun memiliki otoritas
penuh menentukan siapapengganti sang ratu tersebut. Kesempatan ini dimanfaatkan Mordekhai bagi Ester, anak angkatnya dari pamannya (ay.7,15) setelah melewati proses persiapan yang panjang bersama perempuan lainnya. Kini Ester berkesempatanmenghadap raja dan ternyata kehadirannya menimbulkan kasih sayang sang raja lebih dari semua perempuan lainnya, sehingga baginda raja mengenakan mahkota kerajaan keatas kepalanya dan mengangkat Ester menjadi ratu ganti Wasti (ay.17)

Dari kisah ini ada dua ha! yang dapat menjadi renungan bagi kita. Pertama, peran orang tua (Mordekhai) sangat penting dan turut menentukan masa depan Ester, bahkan bangsa Israel, karena sadar atau tidak, Ester turut berperan menyangkut kesejahteraan hidup matinya bangsa Israel di pembuangan. Kedua, untuk mendapat betas-kasihan, kemurahan bahkan mahkota terkadang kita harus mau diproses sedemikian rupa oleh Tuhan.

KJ.309 : 1,4
Doa : (Ya Bapa di sorga, bimbing kami dalam kerja dan pengabdian ditengah masyarakat dan bangsa kami menghadirkan kesejahteraan bersama)



MINGGU III SESUDAH PASKAH
KAMlS,16 MEI 2019
Renungan Malam
GB.337:1 3,5 -Berdoa
SEDIA BERKORBAN TANPA PAMRIH
Ibrani 10:14-18

"Jadi, apabila untuk semuanya itu ada pengampunan, tidak perlu lagi dipersembahkan korban karena dosa" (ay.18)

Banyak orang Kristen kusuk berdoa, bernyanyi dan mengucapkan janji setia, "ya dengan segenap hatiku aku mau mengikut Yesus, aku mau cinta Yesus selamanya dstnya, bahkan mere/akan seluruh hidupnya untuk Tuhan." Bukan itu saja, seluruh harta kekayaannya terkadang direlakan untuk membantu pekerjaan Tuhan. Kekristenan tak pernah lepas dari pengorbanan. Melayanl Tuhan berarti merelakan diri untuk berkorban, baik tenaga, waktu, perasaan, uang, dan mungkin juga nyawa. Pertanyaannya, mengapa Anda mau berkorban? Untuk apa Anda berkorban? Apakah supaya menjadi populer, dlkenal oleh dunia, dan dianggap sebagai pahlawan berjasa, sepertl dilakukan para pemimpin dunia masa kini?

Sebenarnya pengorbanan yang maha dahsyat adalah pengorbanan Yesus di kayu salib untuk menebus dosa manusia. Dalam perjamuan malam Yesus berkata, "...inllah darah-Ku darah perjanjian yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa" (Mat.26:28). Penulls lbrani menjelaskan bahwa Krlstus adalah Imam Besar kita untuk selamanya yang senantiasa menjadi Pengantara kita di hadapan takhta Allah (7:25). Tugas seorang imam
adalah membawa korban bagi manusia kepada Allah guna penyudan dosa (menurut kultus PL), tetapi Kristus telah datang menjadi imam bukan lagi membawa korban domba, melainkan diri-Nya sen-diri sebagai Anak Domba Allahyang sempurna. Untuk menggenapi janji Allah, karena Allah tidak mau manusia terus-menerus hldup dalam dosa, Allah mau menyelamatkan manusia. Bahkan Yesus berkata, Aku tidak lagi mengingat dosa-dosa dan kesalahan me-
reka. Jadi apabila untuk semuanya itu ada pengampunan, maka tidak perlu lagi dipersembahkan korban karena dosa (ay.17-18).

Sebagai orang yang percaya kepada-Nya, kita seharusnya tidak saja menyanyi tentang kasih Kristus dan pengorbanan-Nya, melainkan mau melayani-Nya dengan segenap hati, belajar dengan keren-dahan hati, sedia mengampuni dan melupakan segala kesalahan yang dilakukan sesama, sekalipun menyakltkan, sedia berkorban tanpa pamrih, karena itulah yang Tuhan ingini untuk kita lakukan.

KJ.208 : 1,2,4
Doa : (Ya Bapa, ajar kami menyanyi tentang kasih setia-Mu melalui perbuatan kami yang memuliakan nama-Mu)



Label:   Ibrani 10:14-18 


HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song
Jesus Is Risen Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 17 Mei 2019 - BERBAHAGIALAH !! - Matius 5:7-9 - MINGGU III SESUDAH PASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Rabu, 15 Mei 2019 - AWAS JANGAN SALAH JALAN - 1 Raja-raja 10:26-29 - MINGGU III SESUDAH PASKAH

Garis Besar Ibrani





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 21 Mei - Pengkotbah 6-8

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..

Hari ini, 21 Mei - Pengkotbah 6-8
rss lagu-gereja.com  Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392




Beli Kaos C59. Klik Disni

Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 17 Desember 2019 - Yesaya 13:4-5 - MINGGU ADVEN III Yesaya 13:4-5 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Senin, 16 Desember 2019 - Yesaya 12:4-6 - MINGGU ADVEN III Yesaya 12:4-6 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 15 Desember 2019 - MANUSIA BERKESEMPATAN UNTUK HIDUP DI DALAM DAMAI SEJAHTERA - Zefanya 3:9-15 (SGD) - HARI MINGGU ADVEN III Zefanya 3:9-15 Penjelasan Ayat
Janji keselamatan, Tetapi sesudah itu Aku akan memberikan bibir lain kepada bangsa-bangsa, yakni bibir yang bersih, Engkau tidak akan mendapat malu, Umat yang rendah hati dan lemah, Sisa Israel, Bersorak-sorailah, hai putri Sion, Raja Israel, yakni TUHAN, ada di antaramu
Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 14 Desember 2019 - Mazmur 72:1-11 - MINGGU ADVEN II Mazmur 72:1-11 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 13 Desember 2019 - Mazmur 60:1-7 - MINGGU ADVEN II Mazmur 60:1-7 Penjelasan Ayat




Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Jumat, 17 Mei 2019
Open Heaven - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Beautiful - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Dance Like It's Done - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Halellujah - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Precious Angel - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Blowin in The Wind - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Jokerman - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Pressing On [Toronto, April 1980] - Bob Dylan

Senin, 13 Mei 2019
God Is With Us - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Here I Go Again - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Love Them Like Jesus - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Courageous - Casting Crowns

Jumat, 10 Mei 2019
Hallelujah - Tori Kelly

Jumat, 10 Mei 2019
You Make Me Brave - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Oceans (Where Feet May Fail) - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Lord, I Need You - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
How Great Thou Art - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Because of Who You are - Agnes Monica

Minggu, 05 Mei 2019
Revelation Song - Tori Kelly

Minggu, 05 Mei 2019
How He Loves - Tori Kelly / Romulo Costa

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



renungan GMIT efesus 5:1-21,   pertolonganku datang dari Tuhan lirik,   renungan efesus 2:11-22,   sbu 21 mei 2019,   kotbah efesus 2:11-,   khotbah mazmur 102:2-23,   injil persembahan syukur,   lagu Nama Yesus berkumandang,   lagu Nama Yesus berkumandang,   Free download lagu lagu pantekosta lama,   khotbah kisah para rasul 11:27-30,   kesimpulan imamat 25,   keluaran 3:1-14,   lagu PERSEMBAHAN SYUKUR,   ilustrasi mazmur 102,   pesalmen 102:2,3, 13-23,   lagu rohani barat ,   khotbah mazmur 102,   Hatorangan turpuk √ąpistel Psalmen 102:2-3, 13-23.,   Jamita psalmen102;2-3;13-23,   khotbah ulangan 24:17-18,   contoh doa penutup ibadah dan terima berkat,   ilustrasi kotbah mzm 102;2-3+13-23,   tafsiran Mazmur 102 13-23,   khotbah markus 3:13-15,   pengasihan angka 3312 8666,   lagu pengakuan dosa gmim,   contoh renungan/kotbah minggu paskah Iv,26 mei 2019,   judul lagu gms terbaru,   judul lagu gms terbaru,   kumpulan lagu untuk persembahan kolekte,   kumpulan lagu untuk persembahan kolekte,   khotbah mazmur 102 13-23,   renungan Kristen kejadian 17 : 1-16,   ilustrasi mazmur 102,   naviri kamu puji dengan riang,   nats persembahan syukur,   lagu pengumpulan persembahan,   tema khotbah minggu 26 mei 2019 di gpdi,   khotbah mazmur 88:1-19,   bahan khotbah Alkitab kisah para rasul 11 : 27 - 30,   khotbah pembalasan adalah hak tuhan,   Makna Kitab Imamat 11:1-23,   download lagu kj pkj nkb,   lagu persembahan kristen,   lagu pengakuan dosa kristen,   kumpulan lagu rohani tentang doa,   Lirik Lagu Rohani Kristen ... Kutemukan hati Bapa Dalam diri-Mu Yesus ... "Hormat Bagi Sang Bapa" Ho,   Khotbah Ezra 6 : 13 - 18 ,   jamita partangiangan hkbp psalmen 102:2-3,13-23,   Khotbah Ezra 6 : 13 - 18 ,   jamita minggu 26 mei 2019 rogate,   jamita minggu 26 mei 2019 rogate,   chord besar dan ajaib GB,   kj 224 dan not lagu,   psalmen 102 : 2- 3,13- 23 bagaimana maksutnya,   kumpulan lagu kontemporer kristen 2018-2019,   Khotbah Ezra 6 : 13 - 18 ,   ilustrasi mazmur 102,   khotbah jangkep 26 Mei 2019,   khotbah jangkep 26 Mei 2019,   khotbahmazmur102:13-23,   kidung ceria,   Kisah Para Rasul 16:13-15,   www.lagu rohani indonesia.com,   kesimpulan imamat 25,   lagu untuk persembahan ibadah,   Khotbah Ezra 6 : 13 - 18 ,   Kisah Para Rasul 16:13-15,   apa arti dari pembacaan alkitab penghotbah 11 ayat 10 dalam buku mana GKI,   LAGU UNTUK PEMBUKA IBADAH DARI KJ ATAU PKJ ATAU NKB,   mazmur 47 lagu,   khotbah mazmur 102:2-3,   ilustrasi kotbah mazmur102:2-23,   eksposisi 2 kor 10:15,   ayat mengumpulkan persembahan tema memberi hati,   eksposisi 2 kor 10:15,   eksposisi 2 kor 10:15,   mazmur 47 lagu,   air hidup bacaan 1 raja raja 21:17-19,   mazmur 47 lagu,   apa arti dari pembacaan alkitab penghotbah 11 ayat 10 dalam buku mana GKI,   air hidup bacaan 1 raja raja 21:17-19,   chord saat indah andy ambarita,   mazmur 47 lagu,   lagu kidung jemaat populer,   lagu praise gms,   lagu praise gms,   khotbah ibrani 11 1-7,   kumpulan lagu kontemporer kristen 2018-2019,   renungan efesus 2:17-22,   download gms worship,   sapaan kristen dukacita hari Senin, 20 Mei 2019,   kumpulan lagu untuk persembahan kolekte,   lagu penutup ibadah,   kotbah Mazmur 102:1-12,   lagu rohani untuk doa syafaat,   gmit matius 5:38-48,   tafsiran Mazmur 102:2-3, 13-23,   Download lagu gms terbaru,   kumpulan lagu ibadah persekutuan,   Pujian persembahan,   lagu rohani dengan partitur,   kusembah kau nikko lirik,   khotbah kristen gpib,   psalm 102:2-3,13-23 jamita partangiangan hkbp,   khotbah kristen gpib,    khotbah minggu 26 Mei 2019,    khotbah minggu 26 Mei 2019,   renungan kristen.yesaya 59:1,   renungan kristen.yesaya 59:1,   mazmur 102:13-23,   masmur 148 thema kepedulian Allah,   mazmur 102:13-23,   renungan kristen.yesaya 59:1,   lagu pengumpulan persembahan,   jamita partangiangan 2 timoteus 2:1-7,   eksposisi mazmur 102,   tata ibadah penghiburan,   kata sambutan natal 2018,   kata sambutan ketua panitia natal 2018,   khotbah ezra 6 13 - 18,   download lagu rohani menikmatibaitnya,   download lagu rohani menikmati baitnya,   bahan sermon ezra 6 13 18,   bahan sermon ezra 6 13 18,   minggu paslah VI 26 Mei 2019,   khotbah mazmur 102,   mazmur 102:2-3,12-22,   mazmur 102:2-3,12-22,   mazmur 102:2-3,12-22,   bacaan minggu tgl 26 mei 2019,   ezra 6 13-18,   kord lagu ku datang padamu tuhan dan rajaku,   lagu ku datang padamu tuhan dan rajaku,   Khotbah minggu uem tanggal 26 mei,   inilah hidupku bagai kain yang kotor chord,   khotbah katolik minggu 26 mei 2019,   inilah hidupku bagai kain yang kotor chord,   khotbah mazmur 102 : 13-23,   download lagu rohani kristen samuel,   partitur kj 370 dengan 4 suara,   lagu penyemhan,   khotbah lukas 11,1_13, rogatr,   lagu rohani untuk pernikahan,   lagu pengakuan dosa gmim,   lagu rohani untuk pernikahan,   lagu*Nyanyian rohani,   jamita partangiangan hkbp psalmen 102:2-3,13-23,   lagu pembukaan persekutuan,   jamita partangiangan hkbp psalmen 102:2-3,13-23,   jamita partangiangan hkbp psalmen 102:2-3,13-23,   ezra 6:13-18,   ezra 6:13-18,   jamita 25 mei 2019 rogate,   nyanyian rohani 9,   partitur koor untuk pentakosta,   lagu pujian pengakuan dosa HKBP,   lirik alangkah baik dan indahnya,   nyanyian rohani 9,   Khotbah minggu 19 mai 2019,   khotbah ezra 6 13 - 18,   midi lagu Hymne GKI,   no telpon gereja bogor,   lagu baru gms,   nyanyian rohani no 14,   nyanyian rohani no 14,   lirik lagu rohani untuk persembahan,   lagu baru gms,   puji pujian kristen,   lagu gereja.com,