Save Page
Kejadian 31:22-35
Laban mengejar Yakub
31:22 Ketika pada hari ketiga dikabarkan kepada Laban, bahwa Yakub telah lari, 31:23 dibawanyalah sanak saudaranya bersama-sama, dikejarnya Yakub tujuh hari perjalanan jauhnya, lalu ia dapat menyusulnya di pegunungan Gilead. 31:24 Pada waktu malam datanglah Allah dalam suatu mimpi kepada Laban, orang Aram itu, serta berfirman kepadanya: "Jagalah baik-baik, supaya engkau jangan mengatai Yakub dengan sepatah katapun." 31:25 Ketika Laban sampai kepada Yakub, -- Yakub telah memasang kemahnya di pegunungan, juga Laban dengan sanak saudaranya telah memasang kemahnya di pegunungan Gilead -- 31:26 berkatalah Laban kepada Yakub: "Apakah yang kauperbuat ini, maka engkau mengakali aku dan mengangkut anak-anakku perempuan sebagai orang tawanan? 31:27 Mengapa engkau lari diam-diam dan mengakali aku? Mengapa engkau tidak memberitahu kepadaku, supaya aku menghantarkan engkau dengan sukacita dan nyanyian dengan rebana dan kecapi? 31:28 Lagipula engkau tidak memberikan aku kesempatan untuk mencium cucu-cucuku laki-laki dan anak-anakku perempuan. Memang bodoh perbuatanmu itu. 31:29 Aku ini berkuasa untuk berbuat jahat kepadamu, tetapi Allah ayahmu telah berfirman kepadaku tadi malam: Jagalah baik-baik, jangan engkau mengatai Yakub dengan sepatah katapun. 31:30 Maka sekarang, kalau memang engkau harus pergi, semata-mata karena sangat rindu ke rumah ayahmu, mengapa engkau mencuri dewa-dewaku?" 31:31 Lalu Yakub menjawab Laban: "Aku takut, karena pikirku, jangan-jangan engkau merampas anak-anakmu itu dari padaku. 31:32 Tetapi pada siapa engkau menemui dewa-dewamu itu, janganlah ia hidup lagi. Periksalah di depan saudara-saudara kita segala barang yang ada padaku dan ambillah barangmu." Sebab Yakub tidak tahu, bahwa Rahel yang mencuri terafim itu. 31:33 Lalu masuklah Laban ke dalam kemah Yakub dan ke dalam kemah Lea dan ke dalam kemah kedua budak perempuan itu, tetapi terafim itu tidak ditemuinya. Setelah keluar dari kemah Lea, ia masuk ke dalam kemah Rahel. 31:34 Tetapi Rahel telah mengambil terafim itu dan memasukkannya ke dalam pelana untanya, dan duduk di atasnya. Laban menggeledah seluruh kemah itu, tetapi terafim itu tidak ditemuinya. 31:35 Lalu kata Rahel kepada ayahnya: "Janganlah bapa marah, karena aku tidak dapat bangun berdiri di depanmu, sebab aku sedang haid." Dan Laban mencari dengan teliti, tetapi ia tidak menemui terafim itu.

Penjelasan:



* Kej 31:22-24 - Laban ... menyusul
Laban ... menyusul. Sesudah tiga hari Laban diberi tahu tentang perginya rombongan itu. Segera setelah orang-orangnya siap untuk melakukan pengejaran, Laban langsung pergi menyusul mereka. Sekalipun perjalanan itu sejauh tiga ratus mil, Laban berhasil mengejar rombongan yang lari tersebut di daerah perbukitan Gilead. Ketika dalam pengejaran, Laban mendapat pesan yang aneh dari Allah, yaitu perintah untuk tidak melakukan paksaan apa pun kepada Yakub.

* Kej 31:25-35 - "Mengapa engkau mencuri dewa-dewaku?" // Pelana unta
Laban tidak bisa dihalangi oleh kunjungan-kunjungan ilahi. Dia mengawali keluhannya dengan menyatakan kesedihannya yang besar karena putri-putri dan cucu-cucunya dibawa pergi tanpa suatu perpisahan yang pantas. Dengan tiba-tiba Laban kemudian bertanya, "Mengapa engkau mencuri dewa-dewaku?" Yang dimaksudkan olehnya ialah terafim miliknya (ay. 30; bdg. ay. 19). Tampaknya Laban lebih mempersoalkan hilangnya patung-patung dewa itu daripada kehilangan keluarga Yakub. Usaha pencarian tidak berhasil menemukan "dewa-dewa" kecil itu sebab Rahel telah menyimpannya di dalam sebuah keranjang dari ranting yang merupakan bagian dari pelana yang diduduki olehnya. Pelana unta (ay. 34) memberikan kepada seorang perempuan di Timur kenyamanan dan keleluasaan pribadi sepanjang perjalanan.

* Laban Mengejar-ngejar Yakub (Kejadian 31:25-35)

    Di sini kita mendapati perdebatan, kalau bukan pertengkaran, yang terjadi antara Laban dan Yakub pada saat mereka bertemu, di sebuah gunung yang setelah itu disebut Gilead (ay. 25). Inilah,
        I. Dakwaan berat yang ditujukan Laban terhadap Yakub. Laban menuduhnya,
            1. Sebagai seorang pengkhianat yang dengan tidak adil sudah meninggalkan tugasnya. Untuk menggambarkan Yakub sebagai seorang penjahat, ia ingin agar orang berpikir bahwa ia bermaksud berbuat baik kepada anak-anak perempuannya (ay. 27-28). Bahwa ia akan melepas mereka dengan segala tanda kasih dan penghormatan yang bisa diberikan, bahwa ia akan melakukannya dengan upacara khidmat, akan mencium cucu-cucunya yang kecil (dan cuma itu yang akan diberikannya kepada mereka), dan, sesuai dengan kebiasaan yang bodoh di negeri itu, akan menghantarkan mereka dengan sukacita dan nyanyian dengan rebana dan kecapi. Tidak seperti Ribka yang dihantar oleh keluarga yang sama, lebih dari seratus dua puluh tahun sebelumnya, dengan doa dan berkat (24:60), melainkan ia akan menghantar mereka dengan hiburan dan kegembiraan, yang merupakan pertanda bahwa agama sudah sangat merosot dalam keluarga itu, dan bahwa mereka sudah kehilangan kesungguhan hati mereka. Bagaimanapun juga, ia berpura-pura bahwa mereka akan diperlakukan dengan hormat ketika pergi. Perhatikanlah, sudah biasa bagi orang jahat, apabila dibuat kecewa dalam rancangan-rancangan mereka yang keji, untuk berpura-pura bahwa mereka tidak bermaksud apa-apa selain apa yang baik dan adil. Apabila mereka tidak dapat melakukan kejahatan yang mereka niatkan, mereka benci kalau ada orang yang berpikir bahwa mereka memang benar-benar pernah meniatkannya. Apabila mereka belum melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan, mereka akan berdalih seperti ini, bahwa mereka pasti akan melakukannya seandainya tidak ada ini dan itu. Manusia mungkin bisa ditipu seperti itu, tetapi Allah tidak. Laban dengan cara yang serupa menyatakan bahwa Yakub mempunyai suatu maksud jahat dengan mengambil ternak secara diam-diam seperti itu (ay. 26), bahwa ia membawa istri-istrinya sebagai tawanan. Perhatikanlah, orang-orang yang berniat jahat cenderung memikirkan yang terburuk tentang apa yang dilakukan orang lain dengan lurus hati. Orang yang ahli dalam merancangkan kejahatan pasti akan menyusupkan dan memperberat kesalahan-kesalahan, dan harus dipandang sebagai orang yang berniat jahat (dan selalu ada alasan untuk itu) apabila kepada mereka kejahatan diniatkan. Atas seluruh permasalahan itu,
                (1) Laban memegahkan kekuatannya sendiri (ay. 29): Aku ini berkuasa untuk berbuat jahat kepadamu. Ia menyangka bahwa ia mempunyai hak (perbuatan baik, seperti yang kita katakan, melawan Yakub) maupun kekuatan pada pihaknya, entah untuk membalaskan kejahatan atau memulihkan kebaikan. Perhatikanlah, orang jahat biasanya lebih menilai tinggi diri mereka sendiri berdasarkan kekuatan mereka untuk menyakiti, padahal kekuatan untuk berbuat baik jauh lebih berharga. Orang-orang yang tidak mau melakukan apa-apa untuk membuat diri mereka disenangi orang suka dianggap sebagai orang yang berbahaya. Namun,
                (2) Ia mengakui dirinya sedang berada di bawah teguran dan kekangan kuasa Allah. Dan, meskipun hal itu banyak membawa pujian dan penghiburan bagi Yakub, ia tidak bisa mengelak untuk memberi tahu Yakub tentang peringatan yang sudah diberikan Allah pada malam sebelumnya dalam sebuah mimpi, jangan engkau mengatai Yakub dengan sepatah kata pun. Perhatikanlah, sama seperti Allah bisa mengekang semua orang yang menjadi alat kefasikan, demikian pula apabila Ia berkehendak Ia bisa membuat mereka merasakan kekangan itu, dan memaksa mereka untuk mengakuinya, demi pujian bagi-Nya, sebagai Pelindung orang baik, seperti yang terjadi pada Bileam. Atau, kita bisa melihat hal ini sebagai contoh dari semacam kepedulian hati nurani yang dirasakan Laban terhadap larangan-larangan Allah yang jelas. Sekalipun jahat, ia tidak berani melukai orang yang dilihatnya ada di bawah pemeliharaan khusus Sorga. Perhatikanlah, kejahatan yang sangat banyak akan bisa dicegah seandainya saja manusia memperhatikan peringatan-peringatan yang diberikan oleh hati nurani mereka sendiri ketika mereka berbaring di tempat tidur, dan mengindahkan suara Allah di dalamnya.
            2. Sebagai seorang pencuri (ay. 30). Bukannya mengakui bahwa ia sudah melakukan tindakan-tindakan yang membuat marah Yakub sehingga mau pergi, ia malah dengan sengaja menganggap hal itu terjadi karena Yakub dengan bodoh suka tinggal di rumah ayahnya, yang membuatnya merasa perlu untuk pergi. Karena alasan itu engkau mau pergi, katanya, mengapa engkau mencuri dewa-dewaku? Orang bodoh! Ia menyebut barang-barang yang bisa dicuri sebagai dewa-dewanya! Dapatkah ia mengharapkan perlindungan dari dewa-dewa yang tidak dapat melawan ataupun mengetahui siapa yang menyerbu mereka? Berbahagialah orang yang mempunyai Tuhan sebagai Allah mereka, sebab mereka memiliki Allah yang tidak bisa dirampas dari mereka. Musuh-musuh bisa saja mencuri barang-barang kita, tetapi tidak bisa mencuri Allah kita. Di sini Laban menuduh Yakub dengan hal-hal yang tidak diketahui Yakub sendiri. Ini suatu kesusahan yang biasa ditanggung oleh orang-orang tidak bersalah yang tertindas.
        II. Pembelaan Yakub terhadap dirinya sendiri. Orang-orang yang menyerahkan perkara mereka kepada Allah tidak dilarang untuk membelanya sendiri dengan lemah lembut dan rasa takut.
            1. Terhadap tuduhan membawa istri-istrinya secara diam-diam, ia membersihkan dirinya dengan memberikan alasan yang sebenarnya mengapa ia pergi tanpa sepengetahuan Laban (ay. 31). Ia takut kalau-kalau Laban secara paksa mengambil anak-anak perempuannya, dan dengan demikian mewajibkan dia, karena terikat kasih sayang terhadap istri-istrinya, untuk terus bekerja di sana. Perhatikanlah, orang-orang yang tidak adil dalam perkara-perkara kecil, bisa dicurigai, akan tidak adil juga dalam perkara-perkara besar (Luk. 16:10). Jika Laban menipu Yakub dalam upahnya, ada kemungkinan ia tidak akan segan-segan merampas istri-istrinya dari dia, dan memisahkan apa yang sudah dipersatukan Allah. Apa yang tidak boleh ditakutkan dari seseorang yang tidak memegang asas kejujuran?
            2. Terhadap tuduhan mencuri dewa-dewa Laban, ia menyatakan dirinya tidak bersalah (ay. 32). Ia bukan saja tidak mencuri dewa-dewa itu sendiri (ia tidak begitu suka dengan mereka), tetapi juga ia tidak tahu bahwa dewa-dewa itu diambil. Namun mungkin ia berbicara dengan tergesa-gesa dan tanpa pertimbangan ketika ia berkata, "Siapa pun yang sudah mengambilnya, janganlah ia hidup lagi." Tentang hal ini, ia bisa merenungkan dengan rasa pahit ketika, tidak lama setelah itu, Rahel yang sudah mengambil dewa-dewa itu mati secara tiba-tiba dalam kesakitan. Betapa pun kita menganggap diri kita adil, yang paling baik kita lakukan adalah menahan diri untuk tidak mengutuk, supaya jangan kutuk itu jatuh ke atas kita dengan lebih berat daripada yang kita bayangkan.
        III. Pencarian Laban yang gigih akan dewa-dewanya (ay. 33-35), sebagian karena kebencian terhadap Yakub, yang dengan senang akan diajaknya bertengkar karena alasan ini, dan sebagian lagi karena cintanya kepada berhala-berhalanya, yang darinya ia enggan berpisah. Kita tidak mendapati dia menggeladah kawanan domba Yakub untuk mencari ternak yang dicuri. Sebaliknya, ia menggeladah perlengkapannya untuk mencari dewa-dewa yang dicuri. Ia sehati dan sepikiran dengan Mikha, allahku yang kubuat kamu ambil, lalu kamu pergi, dan apakah lagi yang masih tinggal padaku? (Hak. 18:24). Bukankah para penyembah ilah-ilah palsu begitu melekat pada berhala-berhala mereka? Bukankah mereka berjalan dalam nama dewa-dewa mereka seperti itu? Dan tidakkah kita ingin serajin itu dalam mencari-cari Allah yang benar? Apabila Ia dengan adil sudah meninggalkan kita, betapa kita dengan penuh perhatian harus bertanya, di mana Allah, yang membuat aku? Ah, semoga aku tahu mendapatkan Dia (Ayb. 23:3). Laban, setelah semua pencariannya, tidak mendapatkan dewa-dewa yang dicarinya, dan pencariannya digagalkan oleh penipuan. Tetapi Allah kita bukan saja akan didapati oleh orang-orang yang mencari-Nya, tetapi juga mereka akan mendapati-Nya sebagai Pemberi upah yang sangat bermurah hati.


SBU


MINGGU IV SESUDAH PASKAH
SABTU, 25 MEI 2019
HUT PGI
Renungan Pagi
GB.270 : 1 -Berdoa
KETAATAN YANG MEMBEBASKAN

Kejadian 31 : 17 - 21
"DemikianIah ia Iari dengan segala harta miIiknya" (ay.21a)

Bertahun-tahun Yakub mengalami kesulitan hidup yang didatangkan oleh Laban. Yakub bekerja keras dengan memberikan keuntungan besar pada Laban, tanpa memperoleh upah sebagai haknya. Namun demikian, masa-masa sulit yang dialami Yakub sama sekali tidak mengurungkan integritas kerjanya. Allah memperhatikan kesusahan Yakub, sehingga la memerintahkan Yakub untuk pergi meninggalkan Laban, kembali ke negeri asalnya, untuk membangun kehidupan bersama keluarganya. Atas perkenan Allah dan dengan pengertlan istri-istrinya, Yakub pun mempersiapkan diri, keluarga dan seluruh harta mlliknya-untuk meninggalkan Laban ke tanah Kanaan (ay.17-18). Ketika kesempatan itu tiba, Yakub
pun segera meninggalkan Laban secara diam-diam (ay.19-20).

Pengalaman hidup Yakub bersama keluarganya ini hendak menyatakan berkat pemeliharaan Allah atas hidup umat-Nya. Ketaatan Yakub pada perintah dan kehendak Allah menuntunnya menemukan pembebasan dari tekanan hidup dan persoalan yang tengah dihadapinya.

Di puncak episode ini, Allah mempertontonkan apa yang telah dirancang dan dilakukan-Nya terhadap Yakub. Pembentukkan karakter berintegritas tinggi Allah lakukan pada Yakub yang memperkuat, mengokohkan panggilan dan berkat-Nya bagi Yakub, bahkan bagi seluruh keluarganya. Hanya oleh berkat dan penyertaan Allah, maka Yakub dan keluarganya dimungkinkan terbebas dari kejahatan yang dilakukan Laban. Meskipun nampaknya cara yang ditempuh Yakub dan keluarganya kurang berkenan, karena pergi secara diam-diam. Namun, demikianlah yang Allah kehendaki untuk Yakub lakukan. Oleh ketaatan dan kepatuhan Yakub pada kehendak Allah, maka sungguh-sungguh pembebasan dialaminya.

Hal ini mengingatkan kita bahwa sebesar dan seberat apapun pengalaman hidup yang mendera kita, janganlah meragukan kuat kuasa Allah. Sesungguhnya, hanya Allah yang berdaulat atas hidup kita. Tetaplah taat pada perintah dan ketetapan-Nya, maka kita
pun diberi kelegaan dari berbagai persoalan hidup yang mendera. Di hari baru anugerah Tuhan ini, marllah kita tetap melangkah bersama Tuhan dengan keyakinan bahwa kuasa-Nya selalu menyertai kita.

GB.270 :2
Doa : (Tuhan, aku mau terus melangkah bersama-Mu, karena Engkaulah perlindungan dan penolong kami)



MINGGU IV SESUDAH PASKAH
SABTU, 25 MEI 2019
Renungan Malam
GB.252:1 -Berdoa
ALLAH SETIA PADA JANJINYA

Kejadian 31 : 22 - 35
"Aku ini berkuasa untuk berbuat jahat kepadamu, tetapi Allah ayahmu telah berfirman kepadaku tadi malam : Jagalah baik-baik, jangan engkau mengatai Yakub dengan sepatah kata pun"(ay.29)

Akhirnya, atas perkenanan Allah, Yakub berhasil melarikan diri dan Laban dengan membawa serta keluarga dan semua harta miliknya (ay.21). Mendengar berita itu, Laban dan sanak saudaranya mengejar Yakub dan berhasil menyusulnya di pegunungan Gilead (ay.22-23).
Namun, lagi-lagi Allah menyatakan penyertaan-Nya bagi Yakub, sehingga Allah berfirman pada Laban melalui mimpinya agar tldak berbuat jahat dan mengucapkan perkataan yang tidak pantas pada Yakub (ay.24). Kendatipun sudah diingatkan oleh firman Allah, namun
masih saja Laban melancarkan tuduhan yang menekan Yakub (ay.27-29) Bahkan, Laban menuduh Yakub telah mencuri harta miliknya yang sesungguhnya tidak Yakub lakukan (ay.3O). Dalam hal ini, setidaknya ada 3 tuduhan Laban atas Yakub: [1] Yakub melarikan dirl darinya, [2] Yakub melarikan diri secara diam-diam, seolah dalam pelarian itu, la mencuri harta mllik Laban, [3] Yakub mencuri dewa-dewa Laban.

Atas semua tuduhan itu, sesungguhnya tidak satupun yang Yakub lakukan, karena Yakub sudah pernah minta ljln untuk kembali ke negerinya. Yakub juga tidak mengambil harta milik Laban, melainkan membawa semua ternak yang sudah menjadi haknya. Yakub pun tidak
mencuri dewa-dewa Laban, melainkan Rahel yang melakukannya.

Kembali pada peristiwa ini, Allah menunjukkan penyertaan dan pemeliharaan-Nya atas Yakub dan keluarganya. Allah yang telah melarang Laban berbuatjahat pada Yakub, Allah juga yang membuat Laban tidak berhasil menemukan dewa-dewa miliknya yang diambil dan disembunyikan oleh Rahel (ay.32-35). Tentu tanpa pemeliharaan Allah, Yakub dan keluarganya akan menjadi sasaran kemarahan Laban.

Penyertaan dan pemeliharaan Allah atas Yakub dan keluarganya ini hendaknya dipahami dalam kerangka berpikir positif bahwa bukan Allah berkompromi dengan ketidak-benaran yang dilakukan Rahel, tetapi dalam kerangka besar janji Allah pada nenek moyang Israel.
Janji Allah, ya dan amin. Firman Tuhan ini hendak meyakinkan kita bahwa Allah tidak pernah ingkar janji. Karena itu, menutup hari ini, klranya klta dapat tetap percaya bahwa selalu ada penyertaan Allah bagi masa depan kita, karena la yang berjanji adalah setla.

GB.252 : 2
Doa : (Tuhan, yakinkanlah kami, bahwa janji-Mu tidak pernah berubah atas kami)


Label:   Kejadian 31:22-35 




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB MINGGU, 26 MEI 2019 - KESEJAHTERAAN DALAM KEPUTUSAN - Kisah Para Rasul 15:22-29 (SGD) - MINGGU V SESUDAH PASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 24 MEI 2019 - HIDUP SEUTUHNYA BAGI TUHAN - Kejadian 31:1-16 - MINGGU IV SESUDAH PASKAH

Garis Besar Kejadian





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 23 Juli - Yeremia 13; Mazmur 13,14

Hari ini, 23 Juli - Maz 85:5-11, Ezra 3-4, Kis 23:12-35, Ams 21:8-9

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392




Beli Kaos C59. Klik Disni




Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH HUT KE-69 PELKAT GP GPIB & JUKLAK - Minggu, 28 Juli 2019
URAT PENGANTAR JUKLAK HUT KE-69 PELKAT GP, Petunjuk Pelaksanaan HUT GP ke 69 bersama jemaat, JUKLAK SERAGAM-LOGO-MARS PELKAT GP GPIB 2019, TATA IBADAH HUT KE 69 PELKAT GP, Pesan HUT ke 69 Pelkat GP
TATA IBADAH HARI MINGGU dan SYUKUR 38 TAHUN PELKAT PKB GPIB Minggu, 21 Juli 2019
Surat Pengantar Pengiriman Juklak HUT ke 38 PKB, JUKLAK HUT KE-38 Pelkat PKB, JUKNIS BMKB HUT KE-38, JUKNIS IHMPA di Bulan Khusus - HUTPKB 5-Pesan Dewan PKB - HUT ke 38 6-JUKLAK-KBA-pdr Evie 7-TATA IBADAH HUT KE 38 PELKAT PKB
MARS YAPENDIK GPIB | Lirik dan Video Lagu - MINGGU, 14 JULI 2019




Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Senin, 22 Juli 2019
Redeemed - Influence Music

Senin, 22 Juli 2019
Dancing on Top of the World - The Afters

Senin, 22 Juli 2019
Fighter - Danny Gokey

Senin, 22 Juli 2019
Misfits - Apollo LTD

Senin, 22 Juli 2019
Step Into Love - Tedashii, Sarah Reeves

Senin, 22 Juli 2019
Use My Life - Aline Barros

Senin, 22 Juli 2019
King of Heaven - Mack Brock

Senin, 22 Juli 2019
Here I Am - North Point InsideOut, Kaycee Hines

Senin, 22 Juli 2019
Every Good Thing - For All Seasons

Senin, 22 Juli 2019
Honest - We Are Messenger

Senin, 22 Juli 2019
New Day - Danny Gokey

Senin, 22 Juli 2019
Just A Vapor - Branan Murphy

Senin, 22 Juli 2019
Perfectly - Branan Murphy

Senin, 22 Juli 2019
For Worse or Better - Stars Go Dim

Senin, 22 Juli 2019
Testify - Social Club Misfits ft. Crowder

Senin, 22 Juli 2019
Weakness - Dan Bremnes

Senin, 22 Juli 2019
Symphony - Newsboys

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



renungan harian Kristen arti sepadan,   pengkhotbah 7 ayat 11 sampai 12,   khotbah amsal 10 1 7,   instrumen buku ende,   instrumen buku ende,   santapan harian dr mazmur 119:17-32,   santapan harian dr mazmur 119:17-32,   lagu yang cocok untuk penutup ibadah,   www.download lagu rohani nada latuhari.com,   khotbah imamat 26 1-13,   Download lagu apapun yang terjadi didalam hidupku ini selalu ku katakan tuhan yesus baik,   khotbah imamat 26 1-13,   bahan khotbah kristen kisah para rasul 18 1 17,   bahan khotbah kristen kisah para rasul 18 1 17,   renungan imamat 26:1-13,   khotbah amos 7 : 1 - 3,   khotbah yeremia 31 16,   lagu penutup ibadah,   renungan dari Mazmur 29:1-11,   lagu penutup ibadah,   khotbah dalam kolose 1 15 23,   kumpulan kotbah kitah yohanes,   renungan imamat 26:1-13,   renungan Ulangan 6 :16-25,   judul lagu sekolah minggu gki hom hom,   kis 14:21-28,   renungan amsal 4:13-27,   lagu pernikahan Rohani kristen,   bahan khotbah gbkp bekasi - denpasar tgl 28 Juli 2019,   renungan kisah pararasul 8:4-25,   doa berkat penutup ibadah,   songwriter berkatilah keluargaku,   songwriter keluarga hidup indah,   lagu penutup ibadah,   lagu penutup ibadah,   tafsiran alkitab mazmur 36,   not angka pkj 255,   not angka pkj 255,   naot angka pkj 255,   kidung keesaan damai di dunia,   lirik mnr2 76,   kolose 1 15-23,   lirik nr 76 ,   lirik nr 76 ,   kotbah kisah para rasul 18 :24-28,   khotbah kolose 1 18,   lagu rohani bersyukur,   khotba imamat 26;1-13,   materi khotbah ulangan 6:16-25,   lirik nr 76,   materi hotbah ulangan 1:16-25,   Jamita Minggu Panguhum 7:2-9,   lirik nr 76 ,   lirik nr 76 ,   yang kunanti datangmu lagu rohani download gratis,   khotbah ulangan 6 : 6- 9,   khotbah ulangan 6 : 6- 9,   kolose 1 15-23,   lagu rohani tentang teladan,   lagu penutup ibadah,   lagu penutup ibadah,   lagu penutup ibadah,   lagu penutup ibadah,   renungan imamat 26:1-13,   jamita hakim-hakim 7:2-9,   khotbah kejadian 37:12-36,   Baca dan renugan minggu 2019 yohanes 6:1_15 yesus memberi makan lima ribu orang,   Bacaan dan renugan minggu pagi 2019 yohanes 6:1_15,   Bacaan dan renugan minggu pagi 2019 yohanes 6:1_15,   gunung di israel,   gunung di israel,   jamita panguhum 7:2-9 bahasa batak,   jamita panguhum 7:2-9 bahasa batak,   Hakimhakim 7,2-9.,   lagu penutupan ibadah,   kolose 1:7-2:5,   renungan kaum bapak tentang efesus 5:14-17,   lagu rohani pengutusan,   lagu praise gms,   khotbah hut 2019,   lagu praise gms,   download lagu ketika hatiku tlah disakiti mp3,   download lagu ketika hatiku tlah disakiti mp3,   Jamita sian panguhum 7 :2-9,   Jamita sian panguhum 7 :2-9,   Jamita sian panguhum 7 :2-9,   khotbah dari ulangan 6 : 16 - 25,   pujian syukur awal ibadah,   nyanyian rohani,   lagu sudah ku dapat sayang tuhan,   khotbah yakobus 1 2-12,   khotbah roma 3:1-8,   Ilustrasi Hakim-Hakim 7:2-9,   lagu untuk memberikan kolekte kristen,   renungan amos 5 : 24,   Kotbah Imamat 26:1-17,   download musik rohani let shine mp3,   mp3 untuk pkj 163,   dowenload lagu walau hanya sebentar tolong,   dowenload lagu walau hanya sebentar tolong,   download lagu gereja,   gita bakti 244 download mp3,   gita bakti 244 download mp3,   bahan khotbah imamat 26,   doa persembahan dlm perjamuan kudus,   kisah para rasul 14: 26-26,   Ilustrasi Hakim-Hakim 7:2-9,   lagu mars pelkat PA GPIB,   mars pa gpib,   ilusttasi renungan yakobus 12:2-12,   free download lagu ku kagum akan kasihmu tuhan true worship,   nun gusti nu sipat,   ilustrasi khotbah yakobus 1 2-8,   khotbah imamat 26:1-13 untuk ulang tahun,   khotbah Yakobus 1:2-12,   khotbah yakobus1 :2-12,   renungan mazmur 119:1-3,   renungan mazmur 119:1-3,   tafsiran Yakobus 1:2,   Jakobus 1:2-12,   chord bunga-bunga yang di padang,   Jamita Evangelium minggu 21 juli 2019,   kidung ceria,   mp3 kidung.pujian,   mp3 kidung.pujian,   Renungan dari kitab penghotbah 5:9-19,   nyanyian rohani 137,   nyanyian rohani 136 :1,   nyanyian rohani 5 :7,   nyanyian rohani no 5,   ayat alkitab tentang persembahan kasih,   ayat persembahan syukur,   Renungan utk sekolah minggu,   Renungan utk sekolah minggu,   Khotbah kristen dari kitab yesaya 55:1-5,   khotbah 1petrus 2:6-8,   kunci.gitar lagu rinduka kau hari ini bagi smua berkatmu,   2:1-8 Tetapi engkau, beritakanlah apa yang sesuai dengan ajaran yang sehat:,   khotbah 1 korintus 3 16-17,   ayat emas alkitab hari minggu,   kunci gitar lagu firman allah jayalah,   Khotbah tentang Yohanes 6 : 1 - 15,   Khotbah tentang Yohanes 6 : 1 - 15,   khotbah Yakobus 1:2-12,   bahan jamita jakobus :2 :2-12,   nyanyian rohani no 136,   cerita alkitab di 2 tesalonika 3:1-5 untuk anak sekolah minggu,   cerita alkitab di 2 tesalonika 3:1-5 untuk anak sekolah minggu,   khotbah tentang berkat tuhan imamat 26:1-13,   khotbah tentang berkat tuhan imamat 26:1-13,   khotbah tentang berkat tuhan imamat 26:1-13,   lagu pujian pantekosta,   download lagu mendengar suaramu lagu rohani mp3 gratis,   download lagu mendengar suaramu lagu rohani mp3 gratis,   download lagu mendengar suaramu lagu rohani mp3 gratis,   khotbah minggu 16 juni 2019,   ulangan 6"16-25,   2 Korintus 6 : 1-10,   Khotbah pengkhotbah 5:9-19,   Jamita jakobus 1:2-12 langsung sitorus,   khotbah lukas 8:40-56,   Khotbah pengkhotbah 5:9-19,   lagu rohani mp3,   khotbah minggu 21 Juli 2019,   Khotbah pengkhotbah 5:9-19,   nkb beserta not nya,   doa persembahan,   doa persembahan,   nkb beserta not nya,   lagu rihani kristen yang menyentuh,   Khotbah pengkhotbah 5:9-19,