Save Page
Paskah merupakan salah satu hari besar dalam tradisi Kristiani selain hari Natal. Setiap tahun, umat Kritiani selalu merayakan hari besarnya ini. Namun, sudahkah Anda tahu apa sebenarnya Paskah itu? Kenapa orang Kristiani merayakannya?

Apakah Paskah di Perjanjian Baru berbeda dengan yang tertulis di Perjanjian Lama? Apakah Paskah Kristen itu hanya untuk memperingati kematian Yesus atau memperingati kebangkitan-Nya, atau justru keduanya?

Alkitab sendiri mengungkapkan, Paskah merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Kristiani. Karena itu, umat Kristiani sudah seharusnya mengetahui tentang pentingnya perayaan ini.

Dilansir rubrikkristen, berikut beberapa fakta yang perlu Anda ketahui tentang perayaan Paskah tersebut.


1. Berasal Dari Kata Ibrani Pesakh

Kata Paskah itu sendiri berasal dari kata Ibrani Pesakh yang berarti ‘melewati‘. Hal ini hendak menunjuk pada peristiwa di mana Tuhan melewati rumah-rumah orang Israel di Mesir yang telah dibubuhi dengan darah anak domba.

Dalam tradisi Yahudi, setiap rumah yang telah dibubuhi oleh darah anak domba diyakini tidak akan mendapat tulah atau hukuman dari Tuhan (Bdk. Keluaran 12:13).

Sedangkan, rumah-rumah orang Mesir yang tidak dibubuhi dengan darah, akan mendapat tulah dari Tuhan, yakni anak sulung mereka akan mati, mulai dari anak sulung para tawanan hingga anak sulung raja Mesir, Firaun.


2. Peristiwa Keluarnya Umat Israel dari Mesir

Paskah ialah sebuah upacara untuk memperingati peristiwa keluarnya bangsa Israel sebagai umat pilihan Allah dari tanah perbudakan di Mesir menuju tanah perjanjian, yakni Tanah Kanaan. Dalam Alkitab, peristiwa pembebasan ini sendiri telah dinubuatkan oleh para nabi sebelumnya.

Waktu itu, Tuhan melepaskan umat-Nya dengan cara menulahi bangsa Mesir, yakni bangsa penjajah mereka sampai sepuluh kali. Tulah terakhir, yakni kematian anak-anak sulung bangsa Mesir yang membuat Firaun terpaksa membiarkan umat Israel keluar dari tanah mereka setelah sebelumnya memperbudak mereka selama 430 tahun.

Untuk mengenang peristiwa keluarnya bangsa Israel dari Mesir ini, Tuhan memerintahkan agar mereka merayakan upacara ini agar mereka selalu mengingat perbuatan Tuhan tersebut secara turun temurun. (Bdk. Keluaran 12:1-42).


3. Menyembelih dan Memakan Anak Domba

Menyembeli dan memakan anak domba adalah unsur utama dari perayaan Paskah Israel. Mereka menyembelih dan memasak anak domba itu dengan cara dipanggang, lalu mereka memakannya saat perayaan suci itu tiba. Itulah yang disebut anak domba Paskah.

Anak domba yang disembelih bukanlah anak domba sembarangan, tetapi harus anak domba yang tidak bercacat dan masih muda. Sekalipun kambing atau lembu juga diperbolehkan, tetapi anak domba adalah yang paling umum dipakai dalam tradisi orang Israel hingga saat ini.

Anak domba tersebut dimakan bersama roti yang tidak beragi dan sayur pahit. Roti yang terbuat dari gandum adalah makanan pokok orang Israel. (Bdk. Keluaran 12: 1-11).


4. Yesus Juga Ikut Merayakan

Selama Yesus hidup di dunia, sebagai orang berketurunan Yahudi, ia beberapa kali merayakan Paskah (Bdk. Yohanes 2:23). Sehari sebelum wafat, Yesus dan murid-murid-Nya juga merayakan perayaan tersebut. Saat itu, Yesus dan para murid-Nya dipandang sebagai satu keluarga dan sebagai kepala keluarganya ialah Yesus sendiri.

Sebagaimana Paskah orang Israel pada zaman itu, Yesus dengan para murid-Nya juga merayakannya dengan memakan roti dan meminum anggur. Tetapi tidak dijelaskan apakah mereka menyembelih anak domba atau tidak.

Pada hari Paskah tersebut, Yesus juga berbicara banyak tentang kematian dan kebangkitan-Nya kepada para murid-Nya, termasuk soal pengkhianatan yang dilakukan oleh salah seorang murid-Nya, Yudas Iskariot (Bdk. Matius 26:17-25).


5. Genapi Paskah Yahudi, Tahbiskan Paskah Kristen

Yesus tidak hanya sekedar merayakan Paskah orang Israel terkait peristiwa untuk mengenang keluarnya mereka dari tanah perbudakan di Mesir menuju tanah perjanjian. Ia juga menahbiskan Paskah Kristen.

Ketika ia bersama para murid-Nya merayakan Paskah Yahudi dengan makan roti dan minum anggur, ia sebenarnya juga menyatakan bahwa roti tersebut adalah lambang tubuh-Nya yang diserahkan bagi manusia dan anggur itu ialah lambang darah-Nya yang ditumpahkan untuk pengampunan dosa manusia.

Yesus sendiri menyebut hal ini sebagai Perjanjian Baru yang sebelumnya sudah dinubuatkan oleh Nabi Yeremia (Bdk. Yeremia 31:31-34).

Dengan demikian, orang Kristen merayakan Paskah tidak lagi dalam rangka untuk memperingati keluarnya umat Israel dari perbudakan di Mesir, tetapi untuk memperingati keluarnya orang beriman yang percaya kepada Yesus dari perbudakan dosa melalui kematian-Nya di kayu salib.

Darah anak domba yang dioleskan pada tiap ambang pintu rumah bangsa Israel adalah lambang darah Yesus yang ‘dioleskan‘ dalam diri setiap orang yang percaya. Barangsiapa mempunyai darah itu, maka ia selamat, dilewati (Pesakh) oleh Tuhan dan tidak akan mendapatkan hukuman.

Demikian juga dengan anak domba yang mereka sembelih adalah lembang Yesus Kristus sebagai Anak Domba Allah yang tak bercacat.

Dalam hal inilah, Yohanes Pembaptis menyebut Yesus sebagai Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia (Bdk. Yohanes 1:29), dan Rasul Paulus yang menyebut Yesus sebagai ‘anak domba Paskah kita‘ (Bdk. 1 Korintus 5:7).


6. Merayakan Lewat Perjamuan Kudus

Pada zaman Perjanjian Baru, orang Kristen merayakan Paskah lewat Perjamuan Kudus dengan memakan roti dan meminum anggur sama seperti yang telah dilakukan oleh Yesus.

Roti dan anggur tidak hanya dipakai karena kedua hal itu pernah dipakai oleh Yesus, tetapi karena kedua hal itu dipakai oleh Yesus untuk meresmikan Paskah Kristen, yakni untuk mengingat kematian-Nya.

Jadi, orang Kristen di Perjanjian Baru tidak merayakan Paskah Yahudi, tetapi untuk memperingati pembebasan orang beriman dari belenggu dosa melalui kematian Yesus di kayu salib.


7. Memperingati Kematian dan Kebangkitan Yesus

Pada awalnya, Paskah Kristen hanya untuk memperingati kematian Yesus. Akan tetapi, dalam Perjanjian Baru, perayaan itu juga merupakan sebuah perayaan untuk memperingati peristiwa kebangkitan Yesus.

Hal ini tampak dari hari ibadah umat Kristiani yang diadakan pada hari Minggu di mana Perjamuan Kudus diadakan (Bdk. Kisah Para Rasul 20:7). Hari Minggu adalah hari kebangkitan Yesus (Bdk. Matius 28:1), sedangkan hari kematian Yesus adalah hari Jumat (Bdk. Markus 15:42).

Jika umat Kristiani hanya mengingat kematian Yesus, makan tentu mereka akan melakukan Perjamuan Kudus pada hari Jumat, yakni hari kematian Yesus. Faktanya, mereka melakukan Perjamuan Kudus pada hari Minggu, yakni hari kebangkitan Yesus.*





Christian Songs
Songs on The Blood of Jesus
HEALING WORSHIP SONGS
Jesus Is Risen Song

Chris Tomlin songs
for King & COUNTRY songs
Tasha Cobbs Leonard songs


NEXT:
Kumpulan Ucapan Hari Paskah 2018 Paling Populer

PREV:
Tema Tema Natal



BACAAN ALKITAB SETAHUN:
  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Bacaan Alkitab GMIT 2019
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Arsip Kamus..


    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    contoh kj 392 bukan kj.392
    Preview Swing Tradig




    Beli Kaos C59. Klik Disni

    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, COUPLES FOR CHRIST SONGS (CFC SONGS)*, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни) *, SR *, SP *, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KPRI, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), Puji Syukur, Madah Bakti,
    Russian Worship Songs
    Chinese Praise and Worship Song
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Lagu Gereja Tiberias Indonesia GTI
    Greek Worship Songs
    French Worship Songs
    Spanish Worship Songs



    Selasa, 2 Juli 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 2 Juli 2019 - Kisah Para Rasul 5:26-42 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Kisah Para Rasul 5:26-42 Penjelasan Ayat
    Penangkapan dan Pemeriksaan Para Rasul; Nasihat Gamaliel
    Senin, 1 Juli 2019
    Senin, 1 Juli 2019 - HUT ke-38 Yapendik GPIB - Kisah Para Rasul 5:12-16 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat

    Minggu, 30 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 30 Juni 2019 - Kisah Para Rasul 2:41-47 (SGD) - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat
    Cara hidup jemaat yang pertama, Kedatangan Roh Kudus, Persekutuan Murid-murid
    Sabtu, 29 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 29 Juni 2019 - Hakim-Hakim 11:1-11 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hakim-Hakim 11:1-11 Penjelasan Ayat
    Yefta dan Gilead, Adapun Yefta, orang Gilead itu, adalah seorang pahlawan yang gagah perkasa,
    Jumat, 28 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 28 Juni 2019 - Hosea 7:8-16 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hosea 7:8-16 Penjelasan Ayat
    Efraim // mencampurkan dirinya di antara bangsa-bangsa, Efraim telah menjadi roti bundar yang tidak dibalik


    Minggu, 03 Maret 2019
    JUKLAK DAN TATA IBADAH HUT KE-54 PELKAT PKP GPIB - Minggu, 03 Maret 2019

    Surat Pengantar, Juklak, Petunjuk Teknis IHMPA di Bulan Khusus-PKP, Tata-Ibadah, Pesan MS HUT 54 PKP, Multimedia Pesan H



    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)

    Selasa, 2 Juli 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 2 Juli 2019 - Kisah Para Rasul 5:26-42 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Kisah Para Rasul 5:26-42 Penjelasan Ayat
    Penangkapan dan Pemeriksaan Para Rasul; Nasihat Gamaliel
    Senin, 1 Juli 2019
    Senin, 1 Juli 2019 - HUT ke-38 Yapendik GPIB - Kisah Para Rasul 5:12-16 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat

    Minggu, 30 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 30 Juni 2019 - Kisah Para Rasul 2:41-47 (SGD) - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat
    Cara hidup jemaat yang pertama, Kedatangan Roh Kudus, Persekutuan Murid-murid
    Sabtu, 29 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 29 Juni 2019 - Hakim-Hakim 11:1-11 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hakim-Hakim 11:1-11 Penjelasan Ayat
    Yefta dan Gilead, Adapun Yefta, orang Gilead itu, adalah seorang pahlawan yang gagah perkasa,
    Jumat, 28 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 28 Juni 2019 - Hosea 7:8-16 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hosea 7:8-16 Penjelasan Ayat
    Efraim // mencampurkan dirinya di antara bangsa-bangsa, Efraim telah menjadi roti bundar yang tidak dibalik

    lagu gereja tiberias indonesi, lagu gereja pikul salib, lagu gereja kemurahan tuhan, lagu gereja semua di mata tuhan, lagu gerejawi, lagu gereja mp3, lagu gereja gki, lagu lagu gereja, lagu gereja nikko, lagu gereja talita doodoh, lagu gereja lama, lagu gereja ntt, lagu gereja, lagu gereja kasih nama yesus, lagu gereja terbaru, lagu gereja suka cita, lagu gereja anak, , lagu gereja ya bapa, anugrahmu, lagu gereja tua, lagu gereja katolik, lagu gereja advent, lagu gereja hkbp, lagu gereja nikita, lagu gereja biak, lagu gereja batak, lagu gereja manado, agu gereja katolik cintamu, lagu gereja indonesia, lagu gereja yang mudah, lagu gereja katolik anak anak, lagu gereja terbaik dan terpopuler, lagu gereja nainggolan sisters, lagu gereja kidung jemaat, lagu gereja katolik bagai rajawali, lagu gereja anak kristen,