Dilihat: 230 x

Save Page
Kisah Para Rasul 5:12-16
Tanda-tanda dan mujizat-mujizat
5:12 Dan oleh rasul-rasul diadakan banyak tanda dan mujizat di antara orang banyak. Semua orang percaya selalu berkumpul di Serambi Salomo dalam persekutuan yang erat. 5:13 Orang-orang lain tidak ada yang berani menggabungkan diri kepada mereka. Namun mereka sangat dihormati orang banyak. 5:14 Dan makin lama makin bertambahlah jumlah orang yang percaya kepada Tuhan, baik laki-laki maupun perempuan, 5:15 bahkan mereka membawa orang-orang sakit ke luar, ke jalan raya, dan membaringkannya di atas balai-balai dan tilam, supaya, apabila Petrus lewat, setidak-tidaknya bayangannya mengenai salah seorang dari mereka. 5:16 Dan juga orang banyak dari kota-kota di sekitar Yerusalem datang berduyun-duyun serta membawa orang-orang yang sakit dan orang-orang yang diganggu roh jahat. Dan mereka semua disembuhkan.


Penjelasan:

* Kemajuan Injil ( Kis 5:12-16)
    Di sini kita menjumpai gambaran tentang kemajuan Injil, meskipun penghakiman dahsyat menimpa dua orang munafik.
        I. Di sini diceritakan tentang mujizat-mujizat yang diadakan oleh para rasul (ay. Kis 5:12): Dan oleh rasul-rasul diadakan banyak tanda dan mujizat di antara orang banyak, banyak mujizat belas kasihan untuk satu mujizat penghakiman. Sekarang kuasa Injil kembali ke jalur yang tepat, yaitu jalur belas kasihan dan anugerah. Allah telah keluar dari tempat-Nya untuk menghukum, namun sekarang kembali ke tempat-Nya, ke tutup pendamaian-Nya kembali, memperlihatkan belas kasihan-Nya lagi. Mujizat-mujizat yang mereka adakan membuktikan misi ilahi mereka. Jumlahnya tidak sedikit, melainkan banyak, dari berbagai macam dan sering terulang, berupa tanda-tanda dan keajaiban-keajaiban, yang diakui sebagai tanda kehadiran dan kekuasaan ilahi. Mujizat-mujizat itu tidak diadakan di tempat tersembunyi, melainkan di antara orang banyak, yang bebas menyelidiki mujizat-mujizat itu, sehingga jika ada penipuan atau persekongkolan di dalamnya, pasti akan terungkap.
        II. Di sini kita diberi tahu apa akibat mujizat-mujizat yang diadakan para rasul ini.
            1. Jemaat tetap bersama-sama, dan semakin setia baik kepada para rasul maupun kepada satu sama lain. Semua orang percaya dalam jemaat selalu berkumpul di Serambi Salomo dalam persekutuan yang erat.
                (1) Mereka bertemu di Bait Allah, di tempat terbuka yang disebut Serambi Solomo. Memang aneh, jika para pejabat Bait Allah membiarkan mereka mengadakan pertemuan mereka di sana. Namun Allah mencondongkan hati orang-orang itu supaya membiarkan mereka di sana sebentar, untuk lebih memudahkan penyebaran Injil. Lagi pula orang-orang yang mengizinkan pembeli dan penjual malu melarang para pengkhotbah dan penyembuh seperti mereka di sana. Mereka semua bertemu dalam ibadah bersama. Sejak awal sekali jemaat telah menjalani penetapan perkumpulan ibadah bersama, yang sama sekali tidak boleh diabaikan atau dibiarkan surut, karena di dalamnya pengakuan iman agama dipertahankan.
                (2) Mereka berkumpul dalam persekutuan yang erat, sepakat dalam ajaran, ibadah, dan tata aturan mereka. Dan tidak ada ketidakpuasan ataupun sungut-sungut mengenai kematian Ananias dan Safira, seperti sungut-sungut terhadap Musa dan Harun mengenai kematian Korah dan kumpulannya: "Kamu telah membunuh umat TUHAN" (Bil. 16:41). Pemisahan orang-orang munafik, dengan membedakan penghakimannya, seharusnya membuat orang-orang tulus jauh lebih dekat kepada satu sama lain dan kepada pelayanan Injil.
            2. Para rasul, yang adalah pelayan-pelayan utama Kerajaan Kristus, memperoleh penghormatan yang sangat besar.
                (1) Pelayan-pelayan lain menjaga jarak dengan mereka. Orang-Orang lain dari kumpulan mereka tidak ada yang berani menggabungkan diri kepada mereka. Walaupun orang-orang lain dari kumpulan mereka dikaruniai Roh Kudus, dan berbicara dengan bahasa lidah, namun pada saat itu tidak seorang pun dari mereka mengadakan tanda-tanda dan mujizat seperti para rasul, sehingga mereka mengakui keunggulan para rasul, dan dalam segala hal tunduk kepada mereka.
                (2) Mereka sangat dihormati orang banyak, dan sangat disegani, dibicarakan dengan penuh penghargaan, dan digambarkan sebagai kesayangan Sorga dan berkat yang tidak terkatakan bagi dunia ini. Walaupun imam-imam kepala menjelek-jelekkan mereka, dan mengerahkan segala kemampuan mereka untuk merendahkan rasul-rasul itu, ini tidak menghalangi orang banyak untuk menghormati mereka. Orang banyak itu melihat semua kejadian itu dalam terang yang sejati. Amatilah, para rasul sama sekali tidak memegahkan diri mereka. Dengan hati-hati dan setia, mereka mempersembahkan kemuliaan dari segala yang mereka lakukan itu kepada Kristus, meskipun tetap saja orang banyak meninggikan mereka. Karena orang yang merendahkan diri akan ditinggikan, dan orang yang menghormati itu sama saja dengan menghormati Allah sendiri.
            3. Jumlah jemaat meningkat (ay. Kis 5:14). Makin lama makin bertambahlah jumlah orang yang percaya kepada Tuhan, dan sudah pasti mereka menggabungkan diri dengan jemaat, ketika mereka melihat bahwa sesungguhnya Allah ada di tengah jemaat, baik laki-laki maupun perempuan. Mereka sama sekali tidak terhalang oleh contoh yang dibuat Ananias dan Safira, justru mereka lebih tertarik untuk masuk ke dalam perkumpulan yang memiliki disiplin tegas seperti itu. Perhatikanlah,
                (1) Orang-orang percaya ditambahkan kepada Tuhan Yesus, dipersatukan dengan-Nya, dan dengan demikian disatukan dengan tubuh rohani-Nya. Tidak ada yang dapat memisahkan dan menjauhkan kita dari tubuh rohani-Nya, kecuali apa yang memisahkan dan menjauhkan kita dari Kristus. Sudah banyak orang yang dibawa kepada Tuhan, namun masih ada tempat bagi yang lain untuk ditambahkan kepada-Nya, menambah jumlah orang-orang yang dipersatukan dengan Dia, dan masih akan terus bertambah sampai keputusan rahasia Allah digenapi, dan jumlah orang pilihan tercapai.
                (2) Perhatian diberikan kepada pertobatan perempuan seperti halnya laki-laki. Hal ini lebih mendapat perhatian daripada yang umumnya dilakukan dalam jemaat Yahudi, karena kaum perempuan tidak menerima tanda sunat dan tidak diharuskan menghadiri perjamuan-perjamuan hari raya yang khidmat. Selain itu, pelataran perempuan adalah salah satu pelataran luar Bait Suci. Namun, seperti halnya mereka ada di antara orang-orang yang mengikuti Kristus ketika Dia ada di dunia, demikian pula mereka ada di antara orang-orang yang percaya kepada-Nya setelah Dia naik ke sorga. Perhatian besar diberikan kepada perempuan-perempuan yang baik.
            4. Para rasul melayani berlimpah orang sakit, dan memperoleh nama baik yang tinggi bagi mereka sendiri dan ajaran mereka dengan menyembuhkan semua orang sakit itu (ay. Kis 5:15-16). Oleh rasul-rasul diadakan banyak tanda dan mujizat sehingga segala macam orang meminta pertolongan mereka, baik di kota maupun daerah, dan mereka semua mendapatkannya.
                (1) Di kota: Mereka membawa orang-orang sakit ke luar, ke jalan raya, karena mungkin imam-imam tidak mau membiarkan mereka membawa orang-orang sakit itu ke Serambi Solomo di Bait Suci, dan para rasul tidak memiliki waktu untuk pergi ke rumah mereka semua. Dan mereka membaringkannya di atas balai-balai dan tilam (karena mereka sangat lemah sehingga tidak dapat berjalan ataupun berdiri), supaya, apabila Petrus lewat, setidak-tidaknya bayangannya mengenai salah seorang dari mereka, walaupun tidak dapat mengenai mereka semua. Dan tampaknya itu memberi hasil yang diharapkan, seperti yang pernah dialami perempuan yang menyentuh jumbai jubah Kristus. Dalam hal ini, dan juga hal-hal lain, perkataan Kristus digenapi, bahwa kamu akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Allah menyatakan pemeliharaannya kepada umat-Nya dengan menjadi naunganmu di sebelah tangan kananmu, dan pengaruh kebaikan hati Kristus sebagai raja disamakan dengan naungan batu yang besar. Petrus datang ke antara mereka dan matahari, dan menyembuhkan mereka, dengan memutuskan ketergantungan mereka dari makhluk ciptaan yang tidak mampu mencukupi kebutuhan mereka, supaya mereka hanya mengharapkan pertolongan dari Roh anugerah yang memenuhi dirinya. Dan jika mujizat-mujizat seperti itu diadakan melalui bayangan Petrus, kita punya alasan untuk berpikir bahwa mujizat-mujizat itu juga diadakan melalui bayangan rasul-rasul lain, seperti juga dengan sapu tangan yang pernah dipakai Paulus (19:12). Sudah pasti keduanya dapat terjadi karena maksud yang sungguh-sungguh dalam pikiran para rasul untuk menyembuhkan. Tidak masuk akal jika karenanya kita menduga ada sifat menyembuhkan pada barang peninggalan orang-orang kudus yang sudah mati dan tiada. Kita tidak pernah membaca ada orang yang sembuh karena barang peninggalan Kristus sendiri, setelah Dia pergi, dan kita pasti akan membacanya jika pernah ada hal seperti itu.
                (2) Di kota-kota kecil: Banyak orang datang ke Yerusalem dari kota-kota di sekitar, membawa orang-orang yang sakit, yang menderita pada tubuhnya, dan orang-orang yang diganggu roh jahat, yang menderita pada pikirannya, dan mereka semua disembuhkan. Tubuh dan pikiran yang sakit disembuhkan. Dengan mujizat-mujizat ini para rasul mendapat kesempatan untuk meyakinkan orang banyak tentang asal-usul sorgawi ajaran yang mereka beritakan, dan membuat orang banyak tertarik dan mengikuti mereka dan ajaran itu, dengan memberi mereka contoh tentang keuntungan dari ajaran itu bagi kesejahteraan dunia bawah ini.


* Kis 5:12
Orang-orang Kristen mula-mula tidak memiliki gedung sendiri untuk beribadah, tetapi bertemu di Serambi Salomo, yang berbatasan dengan bagian timur wilayah Bait Allah yang luas.

* Kis 5:13-14
Kematian Ananias dan Safira memiliki pengaruh yang demikian memurnikan sehingga tidak seorang pun berani bergabung dalam persekutuan baru ini dengan alasan-alasan manusiawi semata. Bagaimanapun juga, gereja sangat dihormati oleh masyarakat. Hanya orang-orang yang sungguh-sungguh mengalami karya penyelamatan oleh Allah sajalah yang berani bergabung dengan gereja; tetapi terdapat sejumlah besar orang percaya semacam itu.


SBU


MINGGU II SES. PENTAKOSTA
SENIN, 1 JULI 2019
HUT 38 YAPENDIK GPIB
Renungan Pagi
GB.117:1,3 -Berdoa
NAMAMU TAK SEINDAH LAKUMU

1 Kisah Para Rasul 5:1-11
"... Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah" (ay.4b).

Pentakosta menjadi awal dari beberapa peristiwa menakjubkan kehidupan para pengikut Kristus. Pertama: para murid memiliki keberanian dalam memberitakan Kristus yang bangkit (2:14-40;3:11-26). Kedua, banyak orang merespon pemberitaan lnjil dan memberi diri dibaptis (2:41). Ketiga, Roh Kudus juga menyentuh kehidupan jemaat mula-mula menjadi jemaat yang sangat bermurah hati yang menunjukkan kepedulian antara satu dengan lain-
nya dengan hidup saling berbagi (2:44).

Tidak terkecuali Ananias dan Safira yang ingin mengikuti jejak Barnabas (4:36-37). Pasangan suami istri ini menjual dan mempersembahkan harta benda mereka. Namun sayangnya mereka tidak melakukannya dengan motivasi tulus. Mungkin mereka memberi hanya supaya terlihat "hebat" dimata para rasul, atau hanya mau ikut-ikutan; iko rame kata orang ‘Manado, atau bisa jadi supaya dipuji oleh anggota jemaat yang Iain. Mereka bersepakat tidak
memberkan seluruh hasil penjualan tanah mereka, melainkan tergoda untuk berbohong demi menahan sebagian hasilnya. Padahal, nama Ananias berarti Allah itu pemurah, sedangkan Safira berarti cantik. Sungguh ironis bahwa hati mereka tidak secantik dan seindah makna dibalik nama yang mereka sandang. Mereka bersekongkol mendustai Roh Kudus dengan berkata bohong kepada rasul Petrus. Jika dibiarkan, perbuatan mereka akan berdampak
buruk bagi pertumbuhan tubuh Kristus yang baru seumur jagung tersebut. Oleh sebab itu disini Tuhan tegas menghukum mereka (ay.5).Al|ah mau menunjukkan kekudusan dan keseriusan-Nya terhadap dosa.

Hal yang patut kita renungkan disaat merayakan syukur HUT ke-38 Yapendik GPIB, jika jemaat mula-mula karena pekerjaan Roh Kudus bermurah hati "membangun" persekutuan tubuh Kristus, tidak takut miskin karena berbagi, bagaimana dengan kita dalam menopang Yapendik demi masa depan generasi bangsa ini? Sudahkah kita memberikan teladan atau contoh kongkrit bagi anak-anak melalui tutur kata dan perilaku kita? Karya indah Roh Kudus
akan terus terpancar melalui mereka yang bersedia dipakai-Nya, untuk menabur kebajikan.

GB.117: 10,12,13
Doa : (Tuhan Yesus, mampukan aku untuk selalu hidup jujur, takut akan Tuhan, dan dapat menjadi teladan hidup benar bagi anak-anak kami.)




MINGGU II SES. PENTAKOSTA
SENIN, 1 JULI 2019
Renungan Malam
KJ.353 : 1 -Berdoa
KITA PUNYA PEKERJAAN RUMAH (PR)

Kisah Para Rasul 5:12-16
"...banyak tanda dan mujizat di antara orang banyak. Semua orang percaya selalu berkumpul di Serambi Salomo dalam persekutuan yang erat." (ay.12).

Sebagai orang-orang yang telah dipanggil keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib (1Pet.2:9), orang percaya mempunyai tugas dan tanggungjawab dalam hidup beriman. Ada tiga tugas panggilan gereja yakniKoinonia (persekutuan), Diakonia (Pelayanan) dan Marturia (Kesaksian). Ketiganya berjalan seiring, tidak dapat dipisahkan satu dengan lainya. lnilah yang kita lihat dalam perikop bacaan malam ini.

Persekutuan yang dibangun oleh jemaat perdana telah menunjukkan indahnya keberagaman dalam kesatuan yang erat sebagai tubuh Krlstus denganhidup saling berbagi. Persaudaraan yang rukun mereka wujudkan dengan beribadah di rumah-rumah (selain di Serambi Salomo) tanpa memandang status keluarga yang menerimanya. Sementara itu mereka juga tidak hanya giat melakukan pelayanan kedalam, tetapi juga keluar. Hal ini terbukti dari semakin
banyaknya orang sakit yang rindu merasakan jamahan dan lawatan tangan Tuhan melalui persekutuan umat-Nya. Keindahan persekutuan anak-anak Tuhan akan senantiasa terpancar dan terlihat oleh siapapun dan menjadi daya pikat bagi mereka yang haus akan keteduhan kasih Allah. Persekutuan dan pelayanan yang di dasari ketertundukan akan kuasa Roh Kudus menjadi suatu kesaksian yang mendatangkan rasa hormat dan kagum banyak orang (ay.13b). Menjadi daya pikat banyak orang yang pada akhirnya menggabungkan diri menjadi pengikut Tuhan Yesus (ay.14).

Jika kita mengamati kehadiran gereja masa kini, maka banyak gereja telah melupakan tiga tugas panggilannya ini. Banyak gereja hanya sibuk meng urus pelayanan kedalam, lupa bahwa ada banyak orang "sakit" yang memerlukan uluran kasih; ada yang hanya sibuk
dengan mencari keuntungan bagi pribadi atau kelompoknya masing-masing, tidak sedikit yang justru menikmati pembiaran terhadap perpecahan, perselisihan, pengkotak-kotakan, bahkan "hobi" menciptakan konflik. Pertanyaan besar bagi kita sebagai gereja saat
ini adalah sudahkah kita mengerjakan tiga tugas panggilan gereja dengan bimbingan kuasa Roh Kudus, sehingga kehadiran kita berdampak dan menjadi alat berkat bagi semua orang disekitar kita?

KJ.353:2
Doa : (Tuhan Yesus, mampukan aku untuk selalu hidup bersekutu, melayani dan bersaksi dengan kerendahan hati dibawah pimpinan Roh-Mu yang kudus, sehingga hidup kami menjadi berkat)





German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 2 Juli 2019 - TUHAN MENOLONG SECARA AJAIB - Kisah Para Rasul 5:26-42 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 30 Juni 2019 - PERSATUAN INDONESIA - Kisah Para Rasul 2:41-47 (SGD) - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA




BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 21 Agustus - 2 Tawarikh 4-6


Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Beli Kaos C59. Klik Disni






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH SYUKUR HUT KEMERDEKAAN RI KE-74

TATA IBADAH HUT KE-69 PELKAT GP GPIB & JUKLAK - Minggu, 28 Juli 2019
URAT PENGANTAR JUKLAK HUT KE-69 PELKAT GP, Petunjuk Pelaksanaan HUT GP ke 69 bersama jemaat, JUKLAK SERAGAM-LOGO-MARS PELKAT GP GPIB 2019, TATA IBADAH HUT KE 69 PELKAT GP, Pesan HUT ke 69 Pelkat GP
TATA IBADAH HARI MINGGU dan SYUKUR 38 TAHUN PELKAT PKB GPIB Minggu, 21 Juli 2019
Surat Pengantar Pengiriman Juklak HUT ke 38 PKB, JUKLAK HUT KE-38 Pelkat PKB, JUKNIS BMKB HUT KE-38, JUKNIS IHMPA di Bulan Khusus - HUTPKB 5-Pesan Dewan PKB - HUT ke 38 6-JUKLAK-KBA-pdr Evie 7-TATA IBADAH HUT KE 38 PELKAT PKB



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 18 Agustus 2019
I'm Not Alright - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Changed - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Unstoppable God - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Commitment - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Lazarus - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
No Longer Slaves - Lauren Daigle - spontaneous worship

Minggu, 18 Agustus 2019
Trust In You - Lauren Daigle - Spontaneous Worship

Rabu, 14 Agustus 2019
Jehovah Reigns - Jamel Strong

Selasa, 13 Agustus 2019
Side Of My Heart - Rachael Lampa

Selasa, 13 Agustus 2019
Canvas and Clay - Pat Barrett feat. Ben Smith

Selasa, 13 Agustus 2019
My Reason - Planetshakers

Selasa, 06 Agustus 2019
King of Kings - Hillsong

Selasa, 06 Agustus 2019
Chances - Isaac Carree

Selasa, 06 Agustus 2019
But God - Isaac Carree

Jumat, 02 Agustus 2019
You Know My Name - the Brooklyn Tabernacle Choir

Jumat, 02 Agustus 2019
No Longer Slaves - Zach Williams

Jumat, 02 Agustus 2019
I Believe (Island Medley) - Jonathan Nelson

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



lagu pengakuan dosa nkb,   kotbah imamat 25 ayat 39,   lagu pengakuan dosa,   lagu ,   Kotbah masmur 100,   lagu rohani indonesia inggris dgn nyayian buka mata hatiku kumemandangmu,   penatalayanan menurut 1 tawarikh 6:31-53,   lagu mengalahkan kejahatan dengan kebaikan,   kotbah 1petrus 3:8-12,   pkj 81,   Sabda Bina Umat 21 Agustus 2019 ,   kotbah 3musa25:93-43.,   kotbah 3musa25:93-43.,   keluaran 19-21,   JadikanKu AlatMu chord,   JadikanKu AlatMu chord,   Khotbah 2 Tes 3 : 11-15,   Khotbah 2 Tes 3 : 11-15,   Khotbah 2 Tes 3 : 11-15,   pembahasan kotbah imamat 25:39-43,   pembahasan kotbah imamat 25:39-43,   pembahasan kotbah imamat 25:39-43,   bahan khotbah nehemia 5:1-13,   https://rwuyatfty.wordpress.com/2012/08/25/kumpulan-lagu-rohani-persekutuan/,   pembahasan kotbah imamat 25:39-43,   bahan khotbah imamat 25:39-43,   lagu persiapan hati,   lagu rohani instrumental,   renungan mtpj 1 tawarikh 6:31-53,   imamat 25: 39-43,   download album lagu rohani semangat 2019,   Khotbah minggu 25-8-2019. Ev lukas 6:27-36. Epistel mus 25:39-43.,   lagu rohani dangdut,   lirik hymne pkp,   Khotbah GMIT 25 agustus 2019 ulangan 18:1-12,   lagu rohani kristen untuk pernikahan,   khotbah imamat 25:39-43,   mp3 lagu kristen barat lirik,   lagu rohani doddie dengar tuhan,   sermon hkbp lukas 6:27-36,   sermon hkbp lukas 6:27-36,   jamita partangiangan 3 musa 25:39-43 tgl 25 agustus 2019,   Hatorangan epistel 3 Musa 25: 37-43,   kotbah Nehemia,   Imamat 25:39-43,   Renungan dari pdt Gilbert ulangan 5 :32-33,   jamita partangiangan 3 musa 25:39-43 tgl 25 agustus 2019,   Lagu persembahan syukur,   tata ibadah rumah tangga GKE,   pembahassn kotbah imamat 25:39-43,   tata ibadah hut gereja,   jamita partangiangan 3 musa 25:39-43 tgl 25 agustus 2019,   pembahadan kotbah imamat 25:39-43,   khotbah kristen tentang keberhasilan yosia,   renungan amos 5:7-13,   lirik lagu gembala baik dan cord,   Firman tuhan dari gmit pada minggu 25 agustus 2019,   Firman tuhan dari gmit pada minggu 25 agustus 2019,   nehemia 5 : 1-13,   tata ibadah perkawinan gpdi,   Sabda Bina Umat 21 Agustus 2019 ,   renungan roma 11 : 33 - 36,   pengertian mazmur 146 : 1,   imamat 25:39-43,   penjelasan matius 6:25-34,   kotbah imamat 25:39-43.,   kotbah imamat 25:39-43.,   lagu rohani ada Orang buta Mp3 download,   lagu rohani ada Orang buta Mp3 download,   8 lagu rohani yang mengucap syukur kepada Tuhan,   notasi kppk 325,   kotbah imamat 25:39-43,   lagu rohani tentang kekuatiran,   khotbah amos 5:7-12,   khotbah amos 5:7-12,   renungan ayub 5:1-27,   imamat 25:39-43,   imamat 25:39-43,   download ilusttasi dan renungan pengkhotbah 11:1 menabir untuk menuai,   nyanyian rohani,   jamita 3 musa 25 39-43,   nyanyian rohani mp3,   nyanyian rohani,   yesaya 5.bangsa asing sebagai murka Allah,   2 petrus 2:17-22.,   Rngn yak 1:2-8,   sbu 20 agustus 2019,   Contoh renungan kotbah agama Kristen Protestan,   Amsal 12:1-4,   gms live 2019,   khotbah kolose 1;21-23,   Renungan rohani bil 21:1-3,   download lagu shane filan beautiful in white mp3,   renungan kitap maleakhi 2:1-9,   Khotbah sekolah minggu GPIB 1 Petrus 3 : 8 - 12,   nyanyian rohani,   download lagu rohani alan jackson mp3,   Nehemia 8:1-9,   lagu fb dounload,   Rngn penghotbah 7:1-22,   Rngn penghotbah 7:1-22,   Rngn penghotbah 7:1-22,   yesaya 48:16-19,   Latar belakang Lukas 6:31,   chord kasih yesus melingkupi saya,   chord kasih yesus melingkupi saya,   lirik lagu pkj biarpun gunung gunung beranjak,   khotbah imamat 25:39-43,   khotbah imamat 25:39-43,   khotbah imamat 25:39-43,   khotbah imamat 25:39-43,   khotbah imamat 25:39-43,   download video lagu karaoke rohani kristen,   Khotbah Imamat 25:39-43,   Dihadapan tahtamu mp3 download,   bahan sermon imamat 3 : 39 - 43,   tafsiran 3 Musa 25 ayat 39 s/d 43,   tafsiran 3 Musa 25 ayat 39 s/d 43,   khotbah imamat 25 35 55,   ilustrasi kitab imamat 25:39-43,   khotbah imamat 25:39-43,   a love i know free download mp3 planetshakers,   renungan lukas 6 : 1-5,   kotbah imammat 25:39-43,   kotbah imammat 25:39-43,   contoh doa persembahan kolekte singkat,   contoh doa setelah persembahan,   khotbah tentang kasih 1Korentus 13:4-8,   lagu persembahan,   renungan 1 tawarikh 6:31-53,   Renungah harrian gereja toraja selasa 20 agustus,   Renungah harrian gereja toraja selasa 20 agustus,   Renungah harrian gereja toraja selasa 20 agustus,   khotbah 1 yohanes 2:7-17,   dowload lagu rohani kristen terbaru,   Renungah harrian gereja toraja selasa 20 agustus,   khotbah amsal 3:16,   khotbah amsal 3:16,   renungan pengkhotbah 7:15-22,   renungan pengkhotbah 7:15-22,   Rngn penghotbah 7:1-22,   Khotbah ibadah minggu 25 Agustus 2019,   santapan haran filemon 1,   sabda bina umat 2019,   Jamita Minggu 19 Februari 2019,   khotbah imamat 25 35-46,   Khotbah 2 Tes 3 : 11-15,   download lagu rohani kristen mp3 gratis,   khotbah kristen agustus,   1 Tawarikh 6:31-53,   SBU tanggal 21 agustus 2019,   renungan 1 tawarikh 6,   kodbah 3 musa 25:39-43,   kodbah 3 musa 25:39-43,   SBU tanggal 21 agustus 2019,   kunci gitar ikut dikau saja tuhan,   1 Tawarikh 6:31-53,   Tafsiran Alkitab Pengkhotbah 11:1-8,   cerita sekolahmunggu amsal4:1-4,   Amsal 12:1-4,   lagu sion database,   download lagu rohani ambon katakan padaku,   almanak gkpi minggu 25 agustus 2019,   renungan yesaya 5:25-30,   khotbah 22 september 2019,   Bacaan injil tanggal 28 september 2019,   lagu ,   lagu ,   lagu ,   Dangdut gerejawi pernikahan,   download lagu menunggu rhoma ful album,