Save Page
Roma 12:9-21
Nasihat untuk hidup dalam kasih
12:9 Hendaklah kasih itu jangan pura-pura! Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik. 12:10 Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat. 12:11 Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan. 12:12 Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa! 12:13 Bantulah dalam kekurangan orang-orang kudus dan usahakanlah dirimu untuk selalu memberikan tumpangan! 12:14 Berkatilah siapa yang menganiaya kamu, berkatilah dan jangan mengutuk! 12:15 Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis! 12:16 Hendaklah kamu sehati sepikir dalam hidupmu bersama; janganlah kamu memikirkan perkara-perkara yang tinggi, tetapi arahkanlah dirimu kepada perkara-perkara yang sederhana. Janganlah menganggap dirimu pandai! 12:17 Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan; lakukanlah apa yang baik bagi semua orang! 12:18 Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang! 12:19 Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan. 12:20 Tetapi, jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah dia minum! Dengan berbuat demikian kamu menumpukkan bara api di atas kepalanya. 12:21 Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!

Penjelasan:



* Ciri-ciri Watak yang Layak Diteladani (12:9-21).
Kita harus merenungkan daftar ini kalau kita ingin karunia-karunia itu betul-betul tepat sasaran. 9. Kasih harus sungguh-sungguh (tidak berpura-pura). Orang-orang percaya diperintahkan untuk senantiasa membenci kejahatan dan terus-menerus mengejar kebaikan. 10. Mereka harus saling setia dalam kasih persaudaraan dan saling berebut dalam menunjukkan rasa hormat satu terhadap yang lain. 11. Mereka tidak boleh malas, mereka harus menyala-nyala dengan Roh. Mereka harus senantiasa melayani Tuhan. 12. Orang-orang percaya diperintahkan untuk senantiasa bersukacita dalam pengharapan, yaitu dalam segala sesuatu yang Allah sudah berjanji akan lakukan untuk mereka di dalam Kristus. Mereka harus menanggung penderitaan dan senantiasa berdoa. 13. Mereka harus menyediakan kebutuhan orang-orang Kudus (sesama orang percaya) dan berusaha untuk selalu memberikan tumpangan. 14. Orang-orang percaya harus memberkati orang-orang yang menganiaya mereka dan berhenti mengutuk orang lain. 15. Mereka harus bersukacita dengan orang-orang yang bersukacita dan berdukacita dengan orang-orang yang berdukacita. Merasa benar-benar bersukacita atas keberhasilan orang lain merupakan sebuah tanda kedewasaan rohani yang sejati. 16. Orang-orang percaya harus hidup harmonis satu dengan yang lain. Bukannya mendambakan hal-hal yang terlalu tinggi untuk dicapai, mereka harus menyesuaikan diri dengan hal-hal yang sederhana dan berhenti menganggap diri mereka sendiri bijaksana. 17. Mereka tidak boleh membalas kejahatan dengan kejahatan. Sebaliknya mereka harus mengusahakan hal-hal yang baik secara moral di hadapan semua orang. 18. Sejauh dimungkinkan, orang-orang Kristen harus berusaha hidup rukun dengan semua orang. 19. Orang-orang percaya tidak boleh membalas dendam, tetapi harus memberikan kesempatan kepada murka Allah untuk melaksanakan rencana-Nya (lih. Arndt, topos, 2c, hlm. 830-831). Perjanjian Lama menunjukkan bahwa balas dendam dan ganti rugi adalah hak Allah. 20. Orang-orang percaya harus memperlakukan musuh-musuh yang kekurangan sebagaimana mereka memperlakukan orang lain yang kekurangan. Dengan memberi makan dan minum kepada musuh-musuh itu, orang-orang percaya menumpukkan bara api di atas kepala mereka. Gambaran ini tampaknya berarti bahwa musuh akan malu sekali atau merasa menyesal apabila diperlakukan dengan baik secara tidak terduga demikian. 21. Ciri karakter terakhir yang disebutkan dalam Roma 12 menunjukkan kesadaran Paulus akan adanya suatu pergumulan di dalam kehidupan orang Kristen - "Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan."

* Kasih: tulus, aktif timbal balik.
Kasih tak boleh pura-pura, sebab bila demikian kita menipu diri sendiri, mendustai orang yang kita kasihi. Hal itu ditolak Tuhan, sebab mengasihi sesama adalah perintah Tuhan yang harus ditaati. Di dalam Tubuh Kristus, kasih harus aktif timbal balik. Kasih yang sudah kita terima dari Tuhan, dan yang menjadi teladan bagi kita mempersatukan kita dalam suatu persekutuan kasih yaitu Gereja-Nya. Sikap Kristen, baik dalam kalangan sendiri, dan terlebih lagi keluar adalah aktif pro kasih.
Bantulah orang-orang kudus. Membantu para hamba Tuhan dalam kebutuhan hidup mereka, terutama yang sedang kekurangan berarti turut serta menunjang pekerjaan Tuhan. Sikap dan tindakan kasih itu pasti sangat diperhatikan oleh Tuhan sebab mengandung nilai sebagai persembahan kepada Tuhan sendiri (Mat. 25:40).
Balaslah kejahatan dengan kebaikan. Lakukan kebaikan, utamakan hidup damai dan berilah tempat kepada murka Allah. Dengan hati lembut, kita bawa permasalahan dalam doa kepada Tuhan. Biar Tuhan yang akan mengadili dengan kebijaksanaan-Nya yang dalam itu. Bila musuh yang lapar kita beri makan, dan yang haus kita beri minum, mereka akan takjub diperhadapkan dengan sifat-sifat Allah sendiri.


SBU


MINGGU PEMULIAAN TUHAN YESUS 
KAMIS, 6 JUNI 2019
Renungan Pagi
KJ 409:1,2 -Berdoa
KEBERAGAMAN BAGI KEMAJUAN BANGSA

Roma 12:1-8
Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama. (ay.4).

Kesatuan sebagai satu bangsa memerlukan proses panjang dan perjuangan tak kenal lelah dari beragam kelompok yang ada di Nusantara. Sumpah Pemuda pada tahun 1928, menjadi pendorong utama bahwa kepelbagaian bukan halangan meraih kemerdekaan. Perbedaan di antara suku-suku bangsa perlu ditempatkan sebagai kekayaan yang mem persatukan untuk kemudian merebut kemerdekaan bangsa. Keragaman dengan segala perbedaanya, merupa-
kan modal berharga memajukan semua lapisan masyarakat Indonesia.

Rasul Paulus mengingatkan jemaat sebagai satu tubuh Kristus dengan kepelbagaian anggota dengan fungsi yang berbeda-beda. Fungsi yang beranekaragam itu tidak boleh direduksi apalagi diseragam kan. Tindakan semacam itu justru mengingkari hakekat persekutuan di dalam Yesus Kristus. Kepelbagaian fungsi menandakan keberagaman karunia yang dimiliki masing-masing anggota yang perlu dikembangkan secara terpadu. Sikap positif terhadap
banyaknya karunia dalam jemaat, menyadarkan kita bahwa tiap-tiap anggota jemaat dapat berkontribusi dengan maksimal berperan mem bangun persekutuan dan mengembangkannya secara luar biasa.

Sebagai warga bangsa, kita menjadi bagian integral dari kehidupan berbangsa dan bernegara. Warga gereja bertanggungjawab sama seperti tanggungjawab dalam jemaat, untuk berpartisipasi dalam memajukan kesejahteraan bersama. Mereka yang memiliki profesi sebagai olahragawan dapat membuktikan prestasi dengan meraih kemenangan sampai jenjang internasional. Para mahasiswa atau pelajar dapat memperlihatkan ketajaman berpikir dengan meraih medali olimpiade bidang sains. Para relawan yang dapat menyisihkan ilmu dan waktunya, telah memberi sumbangsih nyata ketika mereka mengajar anak-anak jalanan dan putus sekolah yang tinggal di tempat pembuangan sampah. Kita dapat melakukan hal yang samajika kita bersyukur atas rahmat Tuhan yang menempatkan kita di negara Indonesia yang kaya ini.

KJ.409:3
Doa : (Utus kami menjadi warga gereja yang dapat menolong saudara kami dengan berkat yang sudah Tuhan berikan)



MINGGU PEMULIAAN TUHAN YESUS 
KAMIS, 6 JUNI 2019
Renungan Malam
KJ. 453: 1,2 -Berdoa
BERSAUDARA DALAM TUHAN

Roma  12:9-21
Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahui dalam memberi hormat. (ay.10).

Gotong royong dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah keniscayaan. Kita bersyukur bahwa nilai-nilai luhur untuk saling membantu saudara yang dalam kesusahan atau kemalangan begitu mendarah daging dalam sem ua warga bangsa. Ketika banjir datang menerjang sebuah desa atau kota, dengan mudah seluruh elemen masyarakat terlibat dalam upaya meringankan beban sesama.

Kasih yang dianugerahkan Tuhan Yesus, bukan dinikmati sendiri. Kasih Yesus semestinya dilakukan otentik sebagaimana Tuhan Yesus mengasihi semua orang dari berbagai kepercayaan dan latar belakang. Kasih yang otentik tidak boleh dibatasi hanya buat
kalangan sendiri. Kasih juga tidak boleh disamarkan dengan tujuan jahat. Jangan berbuatjahat dengan memakai topeng kasih. Atau sebaliknya, menyalahgunakan kasih orang lain demi kepentingan diri sendiri. Memanipulasi kebaikan orang lain agar memperoleh keuntungan pribadi. Selalu berusaha menjadi berkat bagi banyak orang yang ada di sekitar hidup kita.

Berbuat baik hanya kepada mereka yang satu kepercayaan, hanya menciptakan konflik sosial. Saudara kita yang kurang beruntung, hendaknya memperoleh perhatian dan pelayanan dari
gereja Tuhan baik lewat bantuan sembako, pengobatan gratis, beasiswa pendidikan atau rehabilitasi bagi korban bencana aiam. Sebagai warga gereja kita tidak boleh berdiam diri. Kita perlu bekerja sama dengan berbagai pihak mem bagikan berkat Tuhan.

Tindakan kebaikan yang dialami banyak orang, justru membawa sukacita bagi sesama. Mereka dapat menceritakan bahwa hidup mereka diberkati Tuhan. Kasih Tuhan bukan sesuatu yang abstrak. Kasih Tuhan bukan cerita ribuan tahun lam pau. Kasih Tuhan nyata saat kita membuka tangan membantu dan turut menangis di tengah duka saudara kita akibat bencana alam yang merengut orang-orang yang mereka cintai.

PKJ.453:3,4
Doa : (Mampukan kami peduli kepada saudara kami yang mengalami musibah dan menolong mereka agar mereka alami kasih Tuhan yang besar)

Label:   Roma 12:9-21 




Lagu Natal (Christmas)
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 7 Juni 2019 - KERJA MEMBANGUN BANGSA - Roma 14:13-23 - HARI MINGGU PEMULIAAN TUHAN YESUS

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Rabu, 5 Juni 2019 - SALAM DARI ISTANA - Filipi 4:21-23 (SGK) - HARI MINGGU PEMULIAAN TUHAN YESUS





November 10 - 16 (Week 46) - Ezekiel 46-48; John 16 || Daniel 1-3; Psalm 88; John 17 || Dan 4-6; John 18 || Dan 7-9; Psalm 91; John 19 || Dan 10-12; John 20

Hari ini, 14 November - Yakobus 1,2<...

Hari ini, 14 November - Maz 119:171-...

Hari ini, 14 Nopember - Yohanes 11:1...

BACAAN ALKITAB SETAHUN:



Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392





Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Rabu, 06 Mei 2015
GB 402c AMIN

Rabu, 06 Mei 2015
GB 402b AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 402a AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 401 AMIN, AMIN, YA, BENAR ADANYA

Kamis, 20 Juni 2013
GB 400 AMIN, AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 399 AMIN, HALELUYA!

Selasa, 06 Agustus 2013
GB 398b MARANATHA dan GB lama maranatha - gb 293c pada GB Lama

Senin, 29 Juli 2013
GB 398a MARANATHA & GB lama 293a MARANATHA

Senin, 22 Juli 2013
GB 397 HOSIANA

Senin, 22 Juli 2013
GB 396 HOSIANA, HOSIANA

Kamis, 11 Juli 2013
GB 395 HALELUYA! AMIN

Kamis, 11 Juli 2013
GB 394 HALELUYA, HALELUYA! PUJILAH TUHANMU

Kamis, 11 Juli 2013
GB 393 HALELUYA

Senin, 20 Juli 2015
GB 392b KEPADAMU PUJI-PUJIAN

Kamis, 18 Juli 2013
GB 392a KEPADAMU PUJI-PUJIAN

Rabu, 31 Juli 2013
GB 391 TUHAN MENYERTAI KAMU

Rabu, 29 April 2015
GB 389b KARNA ENGKAULAH

Selasa, 23 Juli 2013
GB 389a KARNA ENGKAULAH

Senin, 29 Juli 2013
GB 388 PUJI ALLAH | MULIAKANLAH

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



bagaimana cara memberitakan injil di lingkungan,   Yohanes 6 : 27 - 29,   kejadian 21:1-7renungan,   kejadian 21:1-7renungan,   tafsiran lukas 21 : 5-19,   forevermore gms mp3 ,   lagu ibadah penutup,   lagu memberikan persembahan,   kidung ceria cinta akan Yesus tak berarti hanya nyanyi dan doa,   khotbah Roma 1:18-25,   judul lagu rohani arab,   Yohanes 6 : 27 - 29,   Bahan khotbah dari 2 Tesalonika 3: 1-9,   lagu rohani pujian,   dunia gemar dan soraklah lirik,   dunia gemar dan soraklah lirik,   2 korintus 9;6-7 NATS PERSEMBAHAN,   nats ayat alkitab untuk persembahan,   lagu penutup ibadah,   tema natal tentang hendaklah kamu sehati,sepikir dalam tuhan bahasa batak,   lagu penutup ibadah,   lagu pembuka ibadah,   khotbah dari kitab nahum,   yakobus 3 cerita sekolah minggu,   khotbah gereja toraja dari matius 16:13-20,   khotbah gereja toraja dari matius 16:13-20,   mazmur 69:20-37 gpib,   mazmur 69:20-37 gpib,   lagu doa syafaat,   lagu buat doa syafaat,   kristen kata pengantar persembahan,   2tesalonika3:6-13,   jamita filipi 4:10-20,   kotbah Yosua 4: 1-20,   kotbah Yosua 4: 1-20,   khotbah ulangan 24 19 22,   gambar not angka tuhanlah kekuatan dan mazmurku ,   gambar not angka tuhanlah kekuatan dan mazmurku ,   lagu lagu pengakuan dosa,   lirik lagu firmanmu pelita bagi kakiku dan sebagai suluh pada jalanku,   lirik lagu firmanmu pelita bagi kakiku dan sebagai suluh pada jalanku,   download lagu mp3 di mazmur 150,   kumpulan lagu gereja kristen maranatha indonesia pengajaran tabernakel,   renungan ulangan 24 17 22,   lagu persembahan gmim,   filipi 4:10-20,   download lagu mp3 di mazmur 150,   khotbah : Tetaplah Setia,   Filipi 4:10-20,   Filipi 4:10-20,   khotbah ulangan 24 19 22,   LAGU TENTANG PERSEMBAHAN,   LAGU TENTANG PERSEMBAHAN,   syair dan not lagu gereja pdf,   khotbah yohanes 5:19-29,   khotbah yohanes 5:19-29,   you rise me up versi paduan suara,   lagu untuk persembahan,   renungan harian yohanes 5:19-29,   partitur lagu natal,   jembatan lagu untuk persembahan,   ambilan gkps 17 november 2019,   meresponi panggilan tuhan Yosua 1:1-9,   khotbah ulangan 24:19-22,   khotbah ulangan 24:19-22,   liturgi ibadah persekutuan kaum pria bala keselamatan,   lagu bala keselamatan perjuangan,   Khotbah KRISTEN dari Ayub 19: 23-27,   Khotbah KRISTEN dari Ayub 19: 23-27,   jamita filipi 4:10-20,   khotbah ulangan 24:19,   pujian saat mengumpulkan persembahan,   lagu gereja kj 49,   khotbah pilipi 4:10-20 versi hkbp,   renungan yakobus 2:1-13,   Hari Tuhan Maleakhi 4:1-6 GKI,   Hari Tuhan Maleakhi 4:1-6 GKI,   Hari Tuhan Maleakhi 4:1-6,   pujian saat mengumpulkan persembahan,   Contoh renungan kotbah harian agama Kristen Protestan bulan November 2019,   pujian saat mengumpulkan persembahan,   Khlbh masmur 55:2-8,   renungan remaja kristen gmit,   kothbah katolik menurut lukas 21:5-19,   kothbah katolik menurut lukas 21:5-19,   renungan kristen insani 13:20-21 dari gmit,   lagu persembahan,   Tafsiran alkitap 2 tesalonika 3;13-15,   khotbah yakobus 2 1-10,   ayat2 alkitab utk ajakan persembahan,   lagu kristen yang sesuai dengan nats matius 25:31-46,   tata ibadah unit gpm,   MEMANDANG ALLAH MELAMPAUI HIDUP INI Ayub 19: 23 - 27a,   renungan Yosua 24:22-28,   kejadian 21:1-7renungan,   khotbah keluaran 23;1-13,   khotbah amsal 12,    kitab ulangan 24:19-22 berbuat baik bagi semua orang,    kitab ulangan 24:19-22 berbuat baik bagi semua orang,   kotbah ulangan 24:19-22 ,    ulangan 24:19-22 melindungi sesama,   khotbah yoel 2 : 28-32,   khotbah yoel 2 : 28-32,   partirtur 4 suara lagu natal,   renungan sbu tgl 17 november,   khotbah yoel 2 : 28-32,   tafsiran “Engkaulah anakKu yang kukasihi, kepadaMulah aku berkenan” ?,   kalender liturgi katolik tgl 12 nopember 2019,   Jamita filipi 4;10-20,   renungan kristen keluaran 19: 10-11 ,   nyanyian pujian downlod,   nyanyian pujian downlod,   renungan kristen keluaran 19: 10-11 ,   renungan pagi sabda bina umat gpib matius 12. 46_ 50,   sabda bina umat gpib 12 nov 2019,   NYANYIAN BALA KESELAMATAN,   contoh liturgi kedukaan kristen gki,   contoh liturgi kedukaan kristen gki,   lagu gereja.com,   Gita bakti pdf,   Gita bakti pdf,   contoh kotbah kitab ulangan 24:19-22,   contoh kotbah kitab ulangan 24:19-22,   contoh kotbah kitab ulangan 24:19-22,   ulangan 24:19-22 jamita partangiangan,   kasihnya seperti sungai lagu misa,   bahan sermon jamita 5 Musa 24 19-22,   contoh kotbah ulangan 24:19-22 harus kau ingat dahulu kamu budak,   contoh kotbah ulangan 24:19-22 harus kau ingat dahulu kamu budak,   proses menulis kotbah ulangan 24:19-22,   firmanmu pelita bagi kakiku lagu misa,   renungan alkitab markus 13 ayat 33-37,   Renungan joel 2:23-32,   yesaya 57 ayat 14 - 21,   khotbah gpib tahun 2019,   khotbah gpib 2019,   yesaya 57 ayat 14 - 21,   NOT NYANYI ROHANI NKB LAGU NATAL UNTUK PERSEMBAHAN,   yesaya 57 ayat 14 - 21,   NOT NYANYI ROHANI NKB LAGU NATAL UNTUK PERSEMBAHAN,   partitur lagu koor natal,   renungan Lukas 17:7-10,   khotbah yakobus 1:9-11,   lagu penutup ibadah,   kalendar liturgi 2020 agustus,   kalender katolik 2020,   kalender katolik 2020,   kidung kabungahan 45,   tafsir amsal 1 : 5,   contoh contoh tema natal ibadah wbi,   koor natal batak,   sejarah kitab maleakhi 2 ayat 1-9,   lagu unyuk renungan kitab maleakhi 2 ayat 1-9,   lagu gereja ku bersyukur,   nats khotbah kej 6:1-8,   kotbah tekun dalam berkarya,   liturgi katolik desember 2019,   renungan Kitab Keluaran 31 : 12-17,   nyanyian rohani no.97,   liturgi katolik desember 2019,   cerita ulangtahun sekolah minggu dari pengkhotbah 11:8,   judul lagu gms,   kotbah tekun dalam berkarya,   kotbah tekun dalam berkarya,   partitur lagu koor natal,   liturgi ibadah hari minggu gereja toraja 17 november 2019,   khotbah ajakan juruslamat,   khotbah ajakan juruslamat,   tafsiran maleakhi 4:1-6 GKI,   tafsiran maleakhi 4:1-6 GKI,   kasih allahku sungguh tlah terbukti.mp3,