Save Page
Kolose 2:16 - 3:4
Carilah perkara yang di atas
2:16 Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai makanan dan minuman atau mengenai hari raya, bulan baru ataupun hari Sabat; 2:17 semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang, sedang wujudnya ialah Kristus. 2:18 Janganlah kamu biarkan kemenanganmu digagalkan oleh orang yang pura-pura merendahkan diri dan beribadah kepada malaikat, serta berkanjang pada penglihatan-penglihatan dan tanpa alasan membesar-besarkan diri oleh pikirannya yang duniawi, 2:19 sedang ia tidak berpegang teguh kepada Kepala, dari mana seluruh tubuh, yang ditunjang dan diikat menjadi satu oleh urat-urat dan sendi-sendi, menerima pertumbuhan ilahinya. 2:20 Apabila kamu telah mati bersama-sama dengan Kristus dan bebas dari roh-roh dunia, mengapakah kamu menaklukkan dirimu pada rupa-rupa peraturan, seolah-olah kamu masih hidup di dunia: 2:21 jangan jamah ini, jangan kecap itu, jangan sentuh ini; 2:22 semuanya itu hanya mengenai barang yang binasa oleh pemakaian dan hanya menurut perintah-perintah dan ajaran-ajaran manusia. 2:23 Peraturan-peraturan ini, walaupun nampaknya penuh hikmat dengan ibadah buatan sendiri, seperti merendahkan diri, menyiksa diri, tidak ada gunanya selain untuk memuaskan hidup duniawi. 3:1 Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah. 3:2 Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi. 3:3 Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah. 3:4 Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamupun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan.


Penjelasan:

* Kol 2:16-17 - Karena itu // bayangan // Wujud // tubuh Kristus
Karena itu. Paulus memukul meja dan berusaha agar kesimpulan-kesimpulan dari argumentasi yang dikemukakannya diterima. Berbagai ibadat yang tidak benar, yang jelas telah dipaksakan oleh para guru palsu, bukan hanya bertentangan dengan kemerdekaan kristiani (bdg. Rm. 14: Gal. 5) tetapi, seperti yang terjadi pada jemaat di Galatia (3:1-12; 4:9, 10), mengancam akan menyeret mereka dari Kristus dan kembali ke dalam bayangan dari zaman sebelumnya (bdg. Ibr. 10:1-10). Paulus menunjukkan bahwa aneka lambang dan larangan yang seperti bayangan itu memudar di hadapan Kristus, kenyataan yang terang benderang itu. Memaksakan hukum-hukum seperti itu (dewasa ini kita memiliki istilah yang lain untuk itu) pada orang lain sebagai ujian kedewasaan rohani justru merupakan bukti yang paling nyata tentang ketidakdewasaan Kristen dan adanya kesalahan. Wujud pada umumnya ditafsirkan sebagai "kenyataan" atau "hakikat," berbeda dengan "lambang" dalam Perjanjian Lama (Lightfoot), tetapi tubuh Kristus jangan dibatasi hanya pada hal ini saja. 'Hakikat,' 'Gereja,' dan kurban terakhir yang sempurna' semuanya mungkin merupakan pokok-pokok yang tentu sudah memenuhi pikiran sang penulis ..." (Moule).

* Kol 2:18-19 - Merendahkan diri, // Beribadah kepada malaikat // beribadah kepada malaikat // merendahkan diri // pikiran yang duniawi // penglihatan-penglihatan // Kepala, // tubuh, // Kepala
Gambaran ini mencerminkan sebuah pertandingan atletik di mana si peserta didiskualifikasi atau diambil haknya untuk memperoleh hadiah karena suatu pelanggaran tertentu (bdg. I Kor. 9:24; Gal. 5:7; Flp. 3:14; II Tim. 4:7). Para guru palsu itu (1) menghalangi jemaat Kolose dalam pertandingan kristiani mereka atau (2) mengintimidasi mereka dengan menyatakan bahwa mereka didiskualifikasi jika mereka tidak mengikuti jalur yang sudah ditetapkan. Merendahkan diri, yang di dalam Kol. 3:12 merupakan suatu kebajikan, di sini dinyatakan salah sebab sasaran dari tindakan ini tidak dapat dibenarkan. Beribadah kepada malaikat (ton aggelon). Apa pun tugas perantara yang dimiliki para malaikat pada zaman lama (bdg. Gal. 3:19), kini tugas tersebut sudah digantikan oleh Kristus. Bagi Paulus, malaikat mungkin masih memiliki fungsi pelayanan (I Kor. 11:10; bdg. Mat. 18:10; Ibr. 1:14; II Ptr. 2:11; Yud. 8, 9), tetapi ajaran sesat rupanya sudah melampaui sikap hormat Perjanjian Lama dan orang Yahudi terhadap malaikat - bahkan melampaui spekulasi para rabi yang berlebih-lebihan - kepada suatu kegiatan penyembahan, seperti yang dilakukan oleh penganut Roma Katolik masa kini kepada Perawan Maria, menggantikan kedudukan Kristus sebagai pusat. Ernst Percy (Die Probleme der Kolosser und Epheserbriefe, hlm. 168, 169) ketika menunjuk kepada identitas sebenarnya dari beribadah kepada malaikat dengan merendahkan diri (bdg. 2:23) menganggap Paulus sebagai berkata, "Praktik-praktik legalismemu sama dengan beribadah kepada malaikat." Namun yang terjadi bukan hanya ini saja (bdg. Bruce).
Dasar dari kesalahan itu ialah pikiran yang duniawi (lih. taf. 2:15) yang menghabiskan waktu dengan menerangkan penglihatan-penglihatan. (Kalimat yang sulit dipahami. Lihat Bruce, Moule). Pikiran semacam itu gagal berpegang kepada Kristus, Sang Kepala, dari mana tubuh, yaitu Gereja dipelihara untuk bertumbuh dengan benar dan saleh. Berbeda dengan pemakaian sebelumnya, di sini Kepala bukan menggambarkan penguasa, melainkan asal usul atau sumber kesehatan dan hidup Gereja.

* Kol 2:20-22 - Roh-roh dunia // dengan Kristus // dunia // rupa-rupa peraturannya // binasa
Roh-roh dunia (stoichea) diidentifikasi sebagai (1) kekuatan-kekuatan jahat yang kepadanya telah diberi kuasa atas dunia ini dan karenanya juga atas manusia (bdg. 2:15), atau (2) kekuatan-kekuatan seperti malaikat pada umumnya yang menjadi perantara dalam penyampaian hukum Taurat dan pada zaman lama menggunakan kekuatan tertentu terhadap manusia. (Pembaca dipersilahkan untuk melihat pembahasan cermat dalam karya E. D. Burton, Galatians, hlm. 510-518). Beberapa penafsir (mis. Moule) menerjemahkan frasa ini dengan pengajaran dunia, yakni ritualisme yahudi atau kafir yang berhadapan dengan kemerdekaan dari roh. Di Kalvari orang-orang Kristen telah mati bersama-sama dengan Kristus terhadap Aman yang lama, dan oleh karena itu mereka tidak boleh hidup seakan-akan dunia (kosmos) atau rupa-rupa peraturannya masih memiliki kekuasaan atas mereka (bdg. Rm. 6). Tunduk kepada hal-hal yang akan binasa berarti mengaku menjadi bagian dari zaman lama yang akan berlalu itu, umat Adam yang fana (bdg. I Kor. 15:45-50); dan tindakan tersebut juga berarti mengingkari kehidupan zaman baru yang ke dalamnya - melalui tubuh Kristus yang sudah bangkit - orang Kristen telah dimasukkan.

* Kol 2:23 - hikmat // merendahkan diri, // hidup duniawi // menyiksa
Penyempurnaan watak Kristen melalui sejumlah peraturan merupakan doktrin manusia (bdg. 2:8). Walaupun menaati berbagai larangan membuat orang terkenal sebagai memiliki hikmat rohani dan suka merendahkan diri, larangan-larangan tersebut sesungguhnya "bukan menghormati Allah, melainkan keangkuhan manusia sendiri" (terjemahan dari versi Phillips). Phillips mungkin dengan tepat memahami hidup duniawi sebagai "manusia lama," yaitu manusia dalam pemberontakan penuh dosa, dan bukan sekadar sebagai istilah lahiriah (bdg. 2:18). Sebaliknya menyiksa diri hendaknya dipahami secara harfiah sebagai melakukan askese.

* Kol 3:1-3 - dibangkitkan bersama dengan Kristus // tersembunyi, // pikirkanlah // di atas // di bumi
Orang Kristen bukan hanya telah mati, tetapi juga telah dibangkitkan bersama dengan Kristus. Di dalam eksistensinya yang sejati orang Kristen tinggal "bersama-sama dengan Dia di surga" (Ef. 2:6). Zaman lama masih nyata di dalam diri orang Kristen - dia masih berbuat dosa, bisa sakit dan akhirnya meninggal; zaman baru tetap masih tersembunyi, baru dinyatakan di dalam tubuh sang Juruselamat saja. Sekalipun demikian, pada tahun 30 M, eksistensi zaman lamanya meninggal, disalibkan bersama dengan Kristus (bdg. II Kor. 5:14; Gal. 2:20). Kenyataan ini mengharuskan orang Kristen untuk carilah (di dalam perangkat kehendaknya) dan pikirkanlah (phroneite, di dalam perangkat pikirannya) kenyataan zaman baru di atas (Rm. 12:1, 2). "Di atas" dan "di bawah" (atau di bumi) dalam tulisan-tulisan Paulus dan Yohanes tidak khusus menunjukkan perbedaan ruang, sekalipun modus ungkapan ini tentu tercakup dalam acuan kepada Kristus dan kepada surga. Istilah-istilah ini menunjukkan perbedaan penting dalam hubungan temporal - zaman lama dan zaman baru. Di dalam tahun 30 M zaman baru menerobos masuk ke dalam sejarah melalui kebangkitan Kristus. Tetapi Kristus, yang di dalam diri-Nya zaman baru itu sekarang berada, ada di atas, sedangkan dunia tetap tercengkeram maut zaman lama. Orang-orang Kristen saat ini berada di "atas," yaitu, dalam zaman baru, hanya "di dalam Kristus" dan melalui tinggalnya Roh Kudus di dalam dirinya. Tetapi eksistensi bersama mereka dalam Kristus juga berlaku bagi eksistensi pribadi mereka. Kewargaan seorang Kristen adalah di "Yerusalem surgawi" (Gal. 4:26), dan hal ini mengharuskan dia untuk terus mengubah pikiran dan kehendaknya sehingga sesuai dengan kenyataan tersebut. Ketaatan kepada ritual, upacara atau "kekuatan penengah" dari zaman lama merupakan suatu penyangkalan terhadap kehidupan yang sudah dibangkitkan bersama Kristus.

* Kol 3:4 - Kristus ... adalah hidup kita, // bersama dengan Dia // dalam kemuliaan // Menyatakan diri
Sejauh Kristus ... adalah hidup kita, orang Kristen bahkan saat ini pun sudah "mencapai" penggenapan kesatuannya dengan Kristus. Tetapi pada waktu parousia, yaitu ketika Kristus datang kembali, orang Kristen akan bersama dengan Dia secara langsung dalam kemuliaan (bdg. Rm. 8:18; II Kor. 3:18). Inilah aspek "masa depan" dari ajaran eskatologi Paulus. Menyatakan diri (phaneroo), sekalipun tidak seumum parousia, dalam sejumlah ayat dipakai untuk menunjuk kepada kedatangan Kristus yang kedua kali (II Tes. 2:8; II Kor. 5:10; I Tim. 6:14; II Tim. 4:1, 8; bdg. I Ptr. 5:4; I Yoh. 2:28; 3:2).


SBU

MINGGU TRINITAS
SELASA, 18 JUNl 2019
Renungan Pagi
KJ 285:1 -Berdoa
SIKAP ORANG PERCAYA DALAM MENGHADAPI PERGUMULAN

Kolose 2:6-15
Hendaklah kamu berakar di dalam dia, dan dibangun di dalam Dia .... .. (ay.7)

Lagu "Jangan pernah menyerah/Tuhan tak pemah janji" pernah menjadi semakin populer sejak Justin Chen, putra dari penyanyi Edward Chen - dalam komentar di video clipnya mempersembahkan lagu ini untuk seorang mantan Gubernur DKI yang saat itu sedang
menghadapi kasus penistaan agama. Beberapa syair dari lagu tersebut mengatakan: "Tuhan tak pernah janji langit selalu biru. Tetapi Dia berjanji selalu menyertai.... Jangan pernah menyerah, jangan berputus asa. Mukjizat Tuhan selalu ada bagi yang setia dan percaya".

Syair lagu ini mau mengatakan bahwa orang percaya tidak berarti bebasdari masalah, pergumulan dan persoalan hidup. Tetapi yang Yesus janjikan bahwa la pasti menyertai orang percaya dalam menghadapi masalah dan pergumulan hidup.

Pergumulan dan permasalahan juga dialami oleh Jemaat di Kolose, walaujemaat di Kolose baru bertumbuh dalam iman, tetapi sudah diperhadapkan dengan berbagai masalah, yaitu masalah yang "sedang" terjadi (4-7) dan masalah yang "akan" terjadi (8-15). Jemaat di Kolose diingatkan untuk tidak mudah terperdaya oleh mereka yang menawarkan filsafat kosong yang palsu, walaupun diselimuti dengan kata-kata yang indah. Cara menghadapi masalah tersebut adalah mereka harus terus-menerus hidup di dalam Kristus, artinya terus-menerus berakar, dibangun, dan diteguhkan dalam Kristus.

Setiap orang percaya pasti akan mengalami pergumulan dan kesulitan dalam hidup, bahkan setiap hari (Matius 6:34). Tetapi kita harus percaya, bersandar, berakar dan dibangundi dalam Tuhan yang akan memberi kita kekuatan, sehingga kita mampu menghadapi setiap pergumulan dan permasalahan hidup. Pemazmur mengatakan: "Serahkanlah hidupmu kepada Tuhan dan percayalah kepada-Nya dan Ia akan bertindak". (Mazmur 37:5). Percaya disini
berarti senantiasa bersandar, berakar dan benumbuh dalam Tuhan.

KJ. 285: 3
Doa : (Bapa disorga ajarkan kami senantiasa mau bersadar kepada Kristus)



MINGGU TRINITAS
SELASA, 18 JUNl 2019
Renungan Malam
KJ 396:1 -Berdoa
KETEKUNAN MENDATANGKAN SUKACITA

Kolose 2:16-3:4
.... carilah perkara diatas,dimana Kristus ada, duduk disebelah kanan Allah (3 : 1)

Dalam sebuah promosi suatu produk tertulis dengan huruf sangat besar: "beli satu dapat dua", "be-If satu, gratis satu", "diskon 70%", tetapi di bagian bawah promosi tersebut tertuiis dengan huruf yang jauh lebih kecil : "sesuai syaraz‘ dan ketentuan yang berlaku". Artinya
promosi tersebut hanya berlaku bila syarat dan ketentuannya terpenuhi.

Dalam tradisi peribadatan orang Yahudi sangat menekankan asas legalitas. Ada cukup banyak peraturan yang harus dilakukan jemaat demi keberlangsungan atau kesucian ibadah, misalnya: hukum (Im.15) haram halal (im.11), orang cacat (Im.21), perempuan yang
datang bulan, orang asing/bukan Yahudi, kebersihan diri, dan lain-iain.

Pada perikop ini Paulus memberi peringatan akan bahaya melegalkan ajaran guru-guru gnostik, yaitu ajaran yang menggabungkan mistik, peraturan Yahudi dan segelintir filsafat dan ajaran iman Kristen. Beberapa peraturan dalam Yahudi diharuskan menjadi kewajiban bagi jemaat di Kolose, sehingga jemaat barpagang pada rutinitas keagamaan, dan lebih mengedepankan ego dan menganggap apa yang dilakukan sebagai kebenaran.

Ada orang»-orang menghakimi orang percaya yang Iain, yang tidak hidup dalam hukum agama/gereja, menilai itu sebagai ajaran Yesus Kristus. Mereka mengatakan bahwa Yesus Kristus juga tidak cukup memenuhi kebutuhan rohani Kristen, salib Kristus beium
cukup untuk keselamatan, tapi harus menambahkan sesuatu untuk itu, yaitu dengan melakukan kehidupan spiritual yang lebih dalam dengan berlatih melakukan hukum.

Pondasi utama dalam Kekristenan ialah pribadi dan karya Kristus (Kol. 2:9-12). Di kayu salib Kristus telah membatalkan hutang, dan dakwaan hukum dosa (Kol. 2:14). Orang percaya berada di bawah kasih karunia sebagai aturan hidup dan tidak berada di bawah hukum Taurat. Hidup persekutuan orang percaya dalam gereja harus tersusun dan dibangun diatas Kristus. Sebagai orang percaya, marilah kita jadikan Kristus satu-satunya pusat hidup kita.

KJ.396:2
Doa : (Ya Tuhan ajarkan kami untuk senantiasa menjadikan Kristus sebagi pusat hidup, bukan diri kami sendiri)

Label:   Kolose 2:16 - 3:4 




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Rabu, 19 Juni 2019 - SALING MENDUKUNG DALAM DOA - Kolose 4:2-6 (SGK) - MINGGU TRINITAS

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB - Senin, 17 Juni 2019 - KETEKUNAN MENDATANGKAN SUKACITA - Kolose 1:23 - MINGGU TRINITAS

Garis Besar Kolose





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 22 September - Ezra 2; Mazmur 1, 121

Hari ini, 22 September - Maz 106:47-107:5, Yes 30-31, 2 Kor 12:11-21, Ams 25:1-2


Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Latest Christian Song







Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 22 September 2019
Great Jehovah - Travis Greene

Minggu, 22 September 2019
On My Own - Ashes Remain

Minggu, 22 September 2019
God's Not Dead - Newsboys

Minggu, 22 September 2019
Gone - Elevation Worship

Sabtu, 21 September 2019
Burdens - Jamie Kimmett

Jumat, 20 September 2019
We're A Winner - Phillip Bailey

Jumat, 20 September 2019
Vaya (Go With Love) - Phillip Bailey

Jumat, 20 September 2019
Truimph - Phillip Bailey

Kamis, 19 September 2019
Oh Jesus! - Mercy Chinwo

Kamis, 19 September 2019
Quiet Time (2): 1 Hour Soaking Worship Songs (Kim Walker, Hillsong, Israel Houghton)

Kamis, 19 September 2019
Free - Hillsong

Kamis, 19 September 2019
Hear My Song, Lord - Gaither Vocal Band

Kamis, 19 September 2019
Give God the Glory - Marcus Jordan

Kamis, 19 September 2019
Beautiful - Jonas Rayme

Kamis, 19 September 2019
Yes, I Know - Gaither Vocal Band

Minggu, 15 September 2019
Forever Faithful (Love Song for Jesus) - Lifebreakthrough

Minggu, 15 September 2019
Glory To The King - Hillsong

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



KHOTBAH MENGADAKAN PENDAMAIAN,   sgdk oktober 2019,   renungan amos 8 ayat 4 - 8,   nyanyian suara gembira 21,   not angka gita bakti no 45 Dan lyrik,   not angka gita bakti no 45,   mars gerakan pemuda,   nyaniyan rohani 132,   tema mazmur 40:7-11,   sabda bina umat 22 september 2019 ,   jamita partangiangan 29 september 2019 mazmur 40:7-11,   kmm 33,   bahan kotbah mazmur 40:7-11 sabda.com,   Jamita psalmen 40:7-11,   khotbah yosua 24 13-25,   khotbah mazmur 111:1-10,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   khotbah mazmur 111:1-10,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   renungan harian katolik tanggal 22 september 2019,   kotbah 1 tesalonoka 3:6-8,   tafsiran mazmur 40:7-11,   Renungan harian bacaan dan mazmur minggu 22 September 2019,   Lagu kidung jemaat kristen protestan,   jamita minggu efesus 4:7-16,   Lagu kidung jemaat kristen protestan,   ayat Alkitab persembahan untuk anak anak,   renungan harian katolik 22 september 2019,   renungan harian katolik 22 september 2019,   lagu rohani easy worship,   lagu penutup ibadah,   lagu rohani pdt erastus sabdono,   Kesimpulan dari dosa , anugerah , pertobatan , pengampunan dan hidup baru,   lagu rohani untuk persembahan,   kidung ceria bilasangkakala,   not lagu nyanyian kidung baru 201,   tafsiran Yosua 24:13-25,   Bahan khotbah Josua 24:13-25,   sabda bina teruna septembr 2019,   inti korbah JOSUA 24:13-25,   jamita josua 24:13-25,   download MP3 lagu lagu di lagu sion acapella,   yosua 23 13-25,   renungan yesaya 27:1-5,   Khotbah 1tesalonika3,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   khotbah yosua 24:13-25,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   chord dipintumu ku datang dan,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   Ilustrasi kotbah josua,   renungan harian hkbp 2019 mazmur 40:7-11,   amos 8 ayat 4 penjelasan,   Ilustrasi kotbah josua,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   renungan matius 5:21-26,   amos 8 ayat 4 penjelasan,   khotbah lukas 16:10-18,   nyanyian rohani 136,   kmm 1 notasi,   jamita na marhata batak Josua 24:13-25,   lagu persembahan pastekosta lama,   1 petrus 3 : 8-12,   Injil Renungan Minggu 22 September 2019,   khotbah yosua 24:13-25,   1 petrus 3 : 8-12,   bina anak gmim bln september,   renungan gpib hari ini september,   khotbah yosua 24:13-25,   bahan renungan alkitab 1 yohanes pasal 1 ayat 1 sampai 6,   khotbah yeremia 8:18-22 mendua hati,   khotbah yeremia 8:18-22 mendua hati,   ilustrasi untuk bacaan ulangan 30 : 15-20 untuk sekolah minggu,   khotbah dari gal 4:18÷20,   nyanyian masmur minggu 22 september 2019,   kidung muda mudi 87,   Khotbah amos 8:4-8,   Khotbah amos 8:4-8,   Khotbah amos 8:4-8,   tafsiran amos 8:4-6,   download kidung keesaan gratis,   bahan khotbah ester 4:1-17,   kidung kaesaan,   khotbah yosua 24:13-25,   khotbah yosua 24:13-25,   kidubg kaesaan 6,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah ibadah syukur setahun kepergian ibu yang terkasih,   khotbah ibadah syukur setahun kepergian ibu yang terkasih,   lagu sesudah pembacaan alkitab,   download lg soraklah alleluya katolik,   khotbah lukas 16: 10-18,   renungan kis,   khotbah yosua 24:13-25,   instrumen lagu rohani mp3,   khotbah minggu 22 september 2019 Yosua 24:13-25,   khotbah yosua 24:13-25,   kmm 33,   Khotbah amos 8:4-8,   sabda bina umat online,   notasi nkb 122,   nkb 122 dengan not,   kotbah josua 24 13 25,   kotbah josua 24:13-25,   kotbah josua 24:13-25,   jangan mengusik orang2 yg Kuurapi, renungan,   Khotbah minggu tanggal 22 sep 2019 yosua 24:13-25,   lagu-lagu rohani katolik 2019,   khotbah mazmur 40:7-11,   khotbah mazmur 40:7-11,   lagu gms,   bina anak gmim bln september,   tema ibadah hki 22 september 2019,   mars pelkat pa,   mars pelkat pa,   lagu kidung jemaat awal pesta,   ku daki jalan mulia chord,   youtube kc 184 bermacam-macam anak,   youtube kc 184 bermacam-macam anak,   lagu bermacam-macam anak,   Kotbah:yosua 24:13-25,   khotbah bilangan 27,   lagu untuk persembahan,   Tertwa lgu rohni,   ilustrasi khotbah lukas 16:10-18,   renungan roma 12:1-8 menjalani kehidupan ibadah yang sejati,   khotbah amos 8: 4-8,   Album rohani john tanamal,   khotbah amos 8: 4-8,   khotba Roma 1:10 Aku berdoa, semoga dengan kehendak Allah aku akhirnya beroleh kesempatan untuk men,   khotba Roma 1:10 Aku berdoa, semoga dengan kehendak Allah aku akhirnya beroleh kesempatan untuk men,   Renungan amos 8:5,   kmm 33,   kmm 2,   lagu gereja baru,   lagu rohani senja membayang di batas hari,   gambar meja persembahan di gereja,   kmm 2,   kmm 2,   kmm 2,   lagu rohani senja membayang di batas hari,   lagu rohani senja membayang di batas hari,   lirik lagu setelah ibadah,   KPPK 3,   yosua 24:13-25,   Renungan untuk ibadah minggu tgl 22 september 2019,   kmm 33,   kmm 33,   lagu penutup ibadah,   khotbah amos 8:4-8,   40 lagu rohani kristen,   lagu sebelum firman tuhan kidung jemaat,   Renungan..Amos.8:4-8,   Khotbah Flp 1 9- 11,   renungan kristen mazmur 40:7-11 renungan raja wali,   pergaulan buruk merusak,   Khotbah kematian 2samuel 12:18-23,   khotbah amos 8: 4-8,   ilustrasi untuk bacaan ulangan 30 : 15-20 untuk sekolah minggu,   tata ibadah penghiburan,   lagu kidung keesaan,   chord.gitar ku daki jalan mulia,   Renungan Harian GMIT 1 Timotius 6:2b-10,   download mp3 lagu kristen arab above all arabiac song,   ku mengasihi tuhan gb 238,   contoh-contoh pendalaman kotbah kejadian 21:18-13,   khotbah lukas 17 : 5 - 10,