Save Page
Minggu, 23 Juni 2019    Minggu Biasa I    Mazmur 41:2-4    1 Kor 12:12-31   
-    Hijau
-    Burung merpati (putih) dengan ranting-ranting zaitun (pinggir putih) di paruhnya,
     perahu berlayar (putih) dan pelangi (merah, kuning, hijau)   
     Hidup Sebagai Tubuh Kristus
-    Gereja adalah Tubuh Kristus dengan banyak anggota
-    Setiap anggota saling membutuhkan dan mesti saling memerhatikan.
-    Dalam kehidupan sebagai Tubuh Kristus, perawatan yang sama mestinya diberikan
     kepada semua anggota tubuh secara seimbang.

1 Korintus 12:12-31
Banyak anggota, tetapi satu tubuh
12:12 Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus. 12:13 Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh. 12:14 Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota. 12:15 Andaikata kaki berkata: "Karena aku bukan tangan, aku tidak termasuk tubuh", jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh? 12:16 Dan andaikata telinga berkata: "Karena aku bukan mata, aku tidak termasuk tubuh", jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh? 12:17 Andaikata tubuh seluruhnya adalah mata, di manakah pendengaran? Andaikata seluruhnya adalah telinga, di manakah penciuman? 12:18 Tetapi Allah telah memberikan kepada anggota, masing-masing secara khusus, suatu tempat pada tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya. 12:19 Andaikata semuanya adalah satu anggota, di manakah tubuh? 12:20 Memang ada banyak anggota, tetapi hanya satu tubuh. 12:21 Jadi mata tidak dapat berkata kepada tangan: "Aku tidak membutuhkan engkau." Dan kepala tidak dapat berkata kepada kaki: "Aku tidak membutuhkan engkau." 12:22 Malahan justru anggota-anggota tubuh yang nampaknya paling lemah, yang paling dibutuhkan. 12:23 Dan kepada anggota-anggota tubuh yang menurut pemandangan kita kurang terhormat, kita berikan penghormatan khusus. Dan terhadap anggota-anggota kita yang tidak elok, kita berikan perhatian khusus. 12:24 Hal itu tidak dibutuhkan oleh anggota-anggota kita yang elok. Allah telah menyusun tubuh kita begitu rupa, sehingga kepada anggota-anggota yang tidak mulia diberikan penghormatan khusus, 12:25 supaya jangan terjadi perpecahan dalam tubuh, tetapi supaya anggota-anggota yang berbeda itu saling memperhatikan. 12:26 Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita. 12:27 Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya. 12:28 Dan Allah telah menetapkan beberapa orang dalam Jemaat: pertama sebagai rasul, kedua sebagai nabi, ketiga sebagai pengajar. Selanjutnya mereka yang mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, dan untuk berkata-kata dalam bahasa roh. 12:29 Adakah mereka semua rasul, atau nabi, atau pengajar? Adakah mereka semua mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, 12:30 atau untuk menyembuhkan, atau untuk berkata-kata dalam bahasa roh, atau untuk menafsirkan bahasa roh? 12:31 Jadi berusahalah untuk memperoleh karunia-karunia yang paling utama. Dan aku menunjukkan kepadamu jalan yang lebih utama lagi.

Penjelasan:


* 1Kor 12:12 - Karena // Sekarang // gambaran yang samar-samar // dengan tidak sempurna
Karena. Paulus menjelaskan bahwa waktu sekarang merupakan tahap bayi. Sekarang dapat diterjemahkan dengan pada saat ini (kata arti pada umumnya berarti waktu sekarang yang berbeda dengan waktu lampau atau waktu yang akan datang). Berdasarkan fakta bahwa jemaat di Korintus hanya melihat gambaran yang samar-samar dan dengan tidak sempurna ketika karunia-karunia tersebut dipraktikkan, mengapa pula mereka demikian bersukacita di dalam hal-hal yang sifatnya samar-samar itu?

* 1Kor 12:13 - Demikianlah // Tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih // paling besar
Demikianlah (kata nuni pada umumnya mengacu kepada waktu tanpa mengacu pada waktu yang lain, tetapi di sini kata itu mungkin saja menyangkut logika dan bukan menyangkut waktu). Tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih. Ketiga kebajikan ini melampaui semua karunia sehingga dengan demikian harus dikembangkan dengan lebih bersungguh-sungguh. Tidak benar bahwa, "Iman akan berubah menjadi penglihatan. Pengharapan akan berakhir dengan sukacita" tidak benar, sebab ketiganya bersifat abadi. Bagaimana caranya iman dan pengharapan itu tetap ada? Godet telah menemukan jawabannya dengan jitu, "Hakikat yang permanen dari makhluk ciptaan adalah tidak memiliki apa-apa, senantiasa tidak berdaya dan miskin .... Bukanlah sekali untuk terakhir, melainkan terus-menerus bahwa dalam keabadian iman berubah menjadi penglihatan dan pengharapan menjadi kepemilikan. Kedua kebajikan ini dengan demikian tetap ada terus untuk selama-lamanya" (op.cit, II, hlm. 261). Kasih merupakan kekuatan yang paling besar di alam semesta ini, dan sumber sejatinya serta ungkapan paling jelasnya adalah Golgota. Seseorang yang dikuasai oleh kasih tersebut pasti terdorong untuk menyanyi dengan penuh pemujaan,

Tidak terbalas kasih-Nya
yang seajaib kepadaku
Tak persembahan lain yang sah
Melainkan seg'nap hatiku

* 1Kor 12:14-20 - Tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota // bahwa anggota-anggota itu sudah diberi suatu tempat pada tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya
Ilustrasi tentang tubuh dikembangkan di dalam ayat-ayat ini, dengan menekankan keragaman di antara anggota-anggotanya untuk membela orang-orang yang tampaknya kurang berarti, yang menganggap karunia-karunia mereka tidak penting. Pengertian kuncinya adalah: Tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota (ay. 14), dan bahwa anggota-anggota itu sudah diberi suatu tempat pada tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya (ay. 18). Dengan demikian anggota yang tampaknya memiliki karunia yang kurang berarti tidak usah iri terhadap mereka yang tampaknya memiliki karunia yang lebih unggul.

* 1Kor 12:21-24 - anggota-anggota tubuh kita yang tidak elok // menyusun tubuh kita begitu rupa. Menyusun
Di dalam bagian ini hubungan saling bergantung di antara para anggota ditonjolkan. Anggota-anggota yang tampaknya unggul (karena memiliki karunia yang lebih mengagumkan) tidak boleh menganggap rendah mereka yang tampaknya memiliki karunia yang tidak sehebat itu. Sesungguhnya, menurut Paulus, justru anggota-anggota tubuh kita yang tidak elok mendapat perhatian paling banyak (melalui Cara berpakaian), dan sesuai dengan analogi ini mereka yang tampaknya menerima karunia yang kurang penting dapat mengharapkan dari Allah kesamaan martabat di dalam satu tubuh itu. yakni Gereja. Sesungguhnya, inilah memang yang telah dilakukan oleh Allah, sebab Dia telah menyusun tubuh kita begitu rupa. Menyusun mengacu kepada pencampuran dua unsur sehingga menghasilkan sebuah persenyawaan, seperti air dengan anggur (A-S, hlm. 245). Tubuh merupakan suatu kesatuan.

* 1Kor 12:25 - Supaya // perpecahan // dalam tubuh; // supaya anggota-anggota yang berbeda itu saling memperhatikan. 26
Supaya. Tujuan dari kesatuan tersebut (secara negatif) adalah agar tidak ada perpecahan (bdg. 1:10; 11:18) dalam tubuh; dan (secara positif) supaya anggota-anggota yang berbeda itu saling memperhatikan. 26. Akibat yang wajar dari percampuran sempurna para anggota itu adalah sukacita dan penderitaan yang dirasakan bersama.

* 1Kor 12:27 - Tubuh Kristus
Tubuh Kristus (harfiahnya, tubuh milik Kristus) tidak mengacu kepada gereja lokal di Korintus, sebab tidak ada banyak tubuh, suatu pengertian yang bertentangan dengan konteks. Sebaliknya, yang dimaksudkan adalah kualitas dari keseluruhan yang terdiri dari setiap gereja lokal (ICC, hlm. 277).

* 1Kor 12:28 - Pertama, kedua // ketiga // selanjutnya
Daftar selanjutnya dari karunia-karunia, termasuk beberapa yang tidak disebutkan di dalam ayat 4-11. Pertama, kedua dan ketiga mengacu pada urutan kedudukan, tetapi selanjutnya mungkin tidak demikian.

* 1Kor 12:29-30
Pertanyaan-pertanyaan itu mengarahkan perhatian pembaca kepada 12:14, 27. Di dalam ayat-ayat ini Paulus menolak teori bahwa berkata-kata dalam bahasa roh merupakan tanda dikuasai oleh Roh, sebab jawaban "Tidak," diharapkan merupakan jawaban dari setiap pertanyaan yang diajukan (bdg. bahasa Yunaninya).

* 1Kor 12:31 - Karunia-karunia yang paling utama
Karunia-karunia yang paling utama harfiah, karunia-karunia yang lebih tinggi) mengacu kepada karunia untuk mengajar, untuk membantu, dan seterusnya. Bahasa roh dengan sengaja ditempatkan pada urutan terakhir. Peranan yang tidak begitu penting dari karunia berbahasa roh ini dibahas Paulus selanjutnya dalam pasal 14. Sementara itu. dia dingin melukiskan suatu usaha yang lebih penting daripada usaha untuk memperoleh karunia rohani.

Label:   1 Korintus 12:12-31 




Lagu Natal (Christmas)
Latest Christian Song

NEXT:
Minggu, 30 Juni 2019 - Lukas 18:9-14 - Minggu Biasa II

PREV:
Minggu, 16 Juni 2019 - Kisah Para Rasul 15:1-21 - Minggu Tritunggal Kudus

Garis Besar 1 Korintus






Week number:46

Hari ini, 13 November - Kisah Para R...

Hari ini, 13 November - Maz 119:164-...

Hari ini, 13 Nopember - Yohanes 10:2...

BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Arsip Khotbah GMIT 2019..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392





Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Rabu, 06 Mei 2015
GB 402c AMIN

Rabu, 06 Mei 2015
GB 402b AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 402a AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 401 AMIN, AMIN, YA, BENAR ADANYA

Kamis, 20 Juni 2013
GB 400 AMIN, AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 399 AMIN, HALELUYA!

Selasa, 06 Agustus 2013
GB 398b MARANATHA dan GB lama maranatha - gb 293c pada GB Lama

Senin, 29 Juli 2013
GB 398a MARANATHA & GB lama 293a MARANATHA

Senin, 22 Juli 2013
GB 397 HOSIANA

Senin, 22 Juli 2013
GB 396 HOSIANA, HOSIANA

Kamis, 11 Juli 2013
GB 395 HALELUYA! AMIN

Kamis, 11 Juli 2013
GB 394 HALELUYA, HALELUYA! PUJILAH TUHANMU

Kamis, 11 Juli 2013
GB 393 HALELUYA

Senin, 20 Juli 2015
GB 392b KEPADAMU PUJI-PUJIAN

Kamis, 18 Juli 2013
GB 392a KEPADAMU PUJI-PUJIAN

Rabu, 31 Juli 2013
GB 391 TUHAN MENYERTAI KAMU

Rabu, 29 April 2015
GB 389b KARNA ENGKAULAH

Selasa, 23 Juli 2013
GB 389a KARNA ENGKAULAH

Senin, 29 Juli 2013
GB 388 PUJI ALLAH | MULIAKANLAH

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



2tesalonika3:6-13,   kristen kata pengantar persembahan,   jamita filipi 4:10-20,   kotbah Yosua 4: 1-20,   kotbah Yosua 4: 1-20,   khotbah ulangan 24 19 22,   gambar not angka tuhanlah kekuatan dan mazmurku ,   gambar not angka tuhanlah kekuatan dan mazmurku ,   lagu lagu pengakuan dosa,   lirik lagu firmanmu pelita bagi kakiku dan sebagai suluh pada jalanku,   lirik lagu firmanmu pelita bagi kakiku dan sebagai suluh pada jalanku,   download lagu mp3 di mazmur 150,   kumpulan lagu gereja kristen maranatha indonesia pengajaran tabernakel,   renungan ulangan 24 17 22,   lagu persembahan gmim,   filipi 4:10-20,   download lagu mp3 di mazmur 150,   khotbah : Tetaplah Setia,   Filipi 4:10-20,   Filipi 4:10-20,   khotbah ulangan 24 19 22,   LAGU TENTANG PERSEMBAHAN,   LAGU TENTANG PERSEMBAHAN,   syair dan not lagu gereja pdf,   khotbah yohanes 5:19-29,   khotbah yohanes 5:19-29,   you rise me up versi paduan suara,   lagu untuk persembahan,   renungan harian yohanes 5:19-29,   partitur lagu natal,   jembatan lagu untuk persembahan,   ambilan gkps 17 november 2019,   meresponi panggilan tuhan Yosua 1:1-9,   khotbah ulangan 24:19-22,   khotbah ulangan 24:19-22,   liturgi ibadah persekutuan kaum pria bala keselamatan,   lagu bala keselamatan perjuangan,   Khotbah KRISTEN dari Ayub 19: 23-27,   Khotbah KRISTEN dari Ayub 19: 23-27,   jamita filipi 4:10-20,   khotbah ulangan 24:19,   pujian saat mengumpulkan persembahan,   lagu gereja kj 49,   khotbah pilipi 4:10-20 versi hkbp,   renungan yakobus 2:1-13,   Hari Tuhan Maleakhi 4:1-6 GKI,   Hari Tuhan Maleakhi 4:1-6 GKI,   Hari Tuhan Maleakhi 4:1-6,   pujian saat mengumpulkan persembahan,   Contoh renungan kotbah harian agama Kristen Protestan bulan November 2019,   pujian saat mengumpulkan persembahan,   Khlbh masmur 55:2-8,   renungan remaja kristen gmit,   kothbah katolik menurut lukas 21:5-19,   kothbah katolik menurut lukas 21:5-19,   renungan kristen insani 13:20-21 dari gmit,   lagu persembahan,   Tafsiran alkitap 2 tesalonika 3;13-15,   khotbah yakobus 2 1-10,   ayat2 alkitab utk ajakan persembahan,   lagu kristen yang sesuai dengan nats matius 25:31-46,   tata ibadah unit gpm,   MEMANDANG ALLAH MELAMPAUI HIDUP INI Ayub 19: 23 - 27a,   renungan Yosua 24:22-28,   kejadian 21:1-7renungan,   khotbah keluaran 23;1-13,   khotbah amsal 12,    kitab ulangan 24:19-22 berbuat baik bagi semua orang,    kitab ulangan 24:19-22 berbuat baik bagi semua orang,   kotbah ulangan 24:19-22 ,    ulangan 24:19-22 melindungi sesama,   khotbah yoel 2 : 28-32,   khotbah yoel 2 : 28-32,   partirtur 4 suara lagu natal,   renungan sbu tgl 17 november,   khotbah yoel 2 : 28-32,   tafsiran “Engkaulah anakKu yang kukasihi, kepadaMulah aku berkenan” ?,   kalender liturgi katolik tgl 12 nopember 2019,   Jamita filipi 4;10-20,   renungan kristen keluaran 19: 10-11 ,   nyanyian pujian downlod,   nyanyian pujian downlod,   renungan kristen keluaran 19: 10-11 ,   renungan pagi sabda bina umat gpib matius 12. 46_ 50,   sabda bina umat gpib 12 nov 2019,   NYANYIAN BALA KESELAMATAN,   contoh liturgi kedukaan kristen gki,   contoh liturgi kedukaan kristen gki,   lagu gereja.com,   Gita bakti pdf,   Gita bakti pdf,   contoh kotbah kitab ulangan 24:19-22,   contoh kotbah kitab ulangan 24:19-22,   contoh kotbah kitab ulangan 24:19-22,   ulangan 24:19-22 jamita partangiangan,   kasihnya seperti sungai lagu misa,   bahan sermon jamita 5 Musa 24 19-22,   contoh kotbah ulangan 24:19-22 harus kau ingat dahulu kamu budak,   contoh kotbah ulangan 24:19-22 harus kau ingat dahulu kamu budak,   proses menulis kotbah ulangan 24:19-22,   firmanmu pelita bagi kakiku lagu misa,   renungan alkitab markus 13 ayat 33-37,   Renungan joel 2:23-32,   yesaya 57 ayat 14 - 21,   khotbah gpib tahun 2019,   khotbah gpib 2019,   yesaya 57 ayat 14 - 21,   yesaya 57 ayat 14 - 21,   NOT NYANYI ROHANI NKB LAGU NATAL UNTUK PERSEMBAHAN,   NOT NYANYI ROHANI NKB LAGU NATAL UNTUK PERSEMBAHAN,   partitur lagu koor natal,   renungan Lukas 17:7-10,   khotbah yakobus 1:9-11,   lagu penutup ibadah,   kalendar liturgi 2020 agustus,   kalender katolik 2020,   kalender katolik 2020,   kidung kabungahan 45,   tafsir amsal 1 : 5,   contoh contoh tema natal ibadah wbi,   koor natal batak,   sejarah kitab maleakhi 2 ayat 1-9,   lagu unyuk renungan kitab maleakhi 2 ayat 1-9,   lagu gereja ku bersyukur,   nats khotbah kej 6:1-8,   kotbah tekun dalam berkarya,   liturgi katolik desember 2019,   nyanyian rohani no.97,   renungan Kitab Keluaran 31 : 12-17,   liturgi katolik desember 2019,   cerita ulangtahun sekolah minggu dari pengkhotbah 11:8,   judul lagu gms,   kotbah tekun dalam berkarya,   kotbah tekun dalam berkarya,   partitur lagu koor natal,   liturgi ibadah hari minggu gereja toraja 17 november 2019,   khotbah ajakan juruslamat,   khotbah ajakan juruslamat,   tafsiran maleakhi 4:1-6 GKI,   tafsiran maleakhi 4:1-6 GKI,   kasih allahku sungguh tlah terbukti.mp3,   khotbah kis rasul 10 34 36 gpib,   khotbah kis rasul 10 34 36 gpib,   khotbah kis rasul 10 34 36 gpib,   kalender liturgi katolik bulan nopember 2019,   khotbah keluaran 23;1-13,   forevermore gms mp3,   renungan Nahum 1 : 1-8,   ulangan 24:19-22 kotbah GPIB,    bagaimana menyusun kerangka kotbah ulangan 24:19-22,   kejadian 1:11-31 tidak sesuai dengan pengetahuan,   alangkah indah dalam rumah doamu beban ku terlepas ganti kelegaanku ,   download mp3 rohani,   khotbah minggu 15 desember 2019,   khotbah minggu 15 desember 2019,   kotbah roma 1 : 28--32,   khotbah mazmur 138,   khotbah mazmur 138,   MP3 tabuh gendang,   gereja salamat haru natal ,   kotbah partangiangan ulangan "24 19-22" melindungi sesama manusia,   kotbah kristen tentang melindungi sesama manusia ulangan "24 19-22",   bimbinagan menulis kerangka kotbah ulangan 24:19-22 ,   khotbah mini dari nats matius 22:34-40,   Nats khobat pada hari ini tanggal 10 november 2019 yang tertulis di Amsal 19: 20-29 dengan tema " me,   lewatlah malam yang gelap,   trio elexis,   ulangan 16:18-20 renungan di kaitkan dengan pemuda kristen,   Renungan Mazmur8:2,   khotbah amsal 19 20 29,   khotbah amsal 19 20 29,