Save Page
Minggu, 02 Juni 2019    Minggu Paskah VII    Mazmur 17:13-15    Habakuk 3:1-19   
-    Putih
-    Salib dan mahkota kemuliaan (kuning)    Penyertaan Tuhan Bagi Orang Percaya
-    Kejatuhan dalam dosa membawa kehancuran bagi dunia dan manusia.
-    Hanya Tuhan yang dapat menyelamatkan manusia.
-    Kehidupan yang bersandar pada Tuhan memberikan kelegaan dalam masa penderitaan.


Habakuk 3:1-19
Doa nabi Habakuk
3:1 Doa nabi Habakuk. Menurut nada ratapan. 3:2 TUHAN, telah kudengar kabar tentang Engkau, dan pekerjaan-Mu, ya TUHAN, kutakuti! Hidupkanlah itu dalam lintasan tahun, nyatakanlah itu dalam lintasan tahun; dalam murka ingatlah akan kasih sayang! 3:3 Allah datang dari negeri Teman dan Yang Mahakudus dari pegunungan Paran. Sela. Keagungan-Nya menutupi segenap langit, dan bumipun penuh dengan pujian kepada-Nya. 3:4 Ada kilauan seperti cahaya, sinar cahaya dari sisi-Nya dan di situlah terselubung kekuatan-Nya. 3:5 Mendahului-Nya berjalan penyakit sampar dan demam mengikuti jejak-Nya. 3:6 Ia berdiri, maka bumi dibuat-Nya bergoyang; Ia melihat berkeliling, maka bangsa-bangsa dibuat-Nya melompat terkejut, hancur gunung-gunung yang ada sejak purba, merendah bukit-bukit yang berabad-abad; itulah perjalanan-Nya berabad-abad. 3:7 Aku melihat kemah-kemah orang Kusyan tertekan, kain-kain tenda tanah Midian menggetar. 3:8 Terhadap sungai-sungaikah, ya TUHAN, terhadap sungai-sungaikah murka-Mu bangkit? Atau terhadap lautkah amarah-Mu sehingga Engkau mengendarai kuda dan kereta kemenangan-Mu? 3:9 Busur-Mu telah Kaubuka, telah Kauisi dengan anak panah. Sela. Engkau membelah bumi menjadi sungai-sungai; 3:10 melihat Engkau, gunung-gunung gemetar, air bah menderu lalu, samudera raya memperdengarkan suaranya dan mengangkat tangannya. 3:11 Matahari, bulan berhenti di tempat kediamannya, karena cahaya anak-anak panah-Mu yang melayang laju, karena kilauan tombak-Mu yang berkilat. 3:12 Dalam kegeraman Engkau melangkah melintasi bumi, dalam murka Engkau menggasak bangsa-bangsa. 3:13 Engkau berjalan maju untuk menyelamatkan umat-Mu, untuk menyelamatkan orang yang Kauurapi. Engkau meremukkan bagian atas rumah orang-orang fasik dan Kaubuka dasarnya sampai batu yang penghabisan. Sela. 3:14 Engkau menusuk dengan anak panahnya sendiri kepala lasykarnya, yang mengamuk untuk menyerakkan aku dengan sorak-sorai, seolah-olah mereka menelan orang tertindas secara tersembunyi. 3:15 Dengan kuda-Mu, Engkau menginjak laut, timbunan air yang membuih. 3:16 Ketika aku mendengarnya, gemetarlah hatiku, mendengar bunyinya, menggigillah bibirku; tulang-tulangku seakan-akan kemasukan sengal, dan aku gemetar di tempat aku berdiri; namun dengan tenang akan kunantikan hari kesusahan, yang akan mendatangi bangsa yang bergerombolan menyerang kami. 3:17 Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang, 3:18 namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku. 3:19 ALLAH Tuhanku itu kekuatanku: Ia membuat kakiku seperti kaki rusa, Ia membiarkan aku berjejak di bukit-bukitku. (Untuk pemimpin biduan. Dengan permainan kecapi).

Penjelasan:

* SEBUAH PENGLIHATAN TENTANG PENGADILAN ILAHI. 3:1-16.
Pasal ini disebut oleh penulis sebagai doa (tepillâ), walaupun telah disepakati secara universal bahwa bagian terbesarnya merupakan gambaran tentang suatu teofani yang dialami oleh sang nabi. Hanya ayat 2 yang merupakan sebuah doa. Namun sikap takut karena hormat, karena kekaguman, karena kemenangan iman atas berbagai keadaan yang mengganggu telah begitu hebat dikuasai oleh roh doa sehingga hampir tidak diragukan bahwa "doa" itu mencakup keseluruhan pasal. Pasal ini juga disebut sebuah mazmur walaupun bukan oleh Habakuk karena petunjuk-petunjuk ditempatkan di bagian atas mengenai cara melagukannya, dan tulisan di bawah garis menyebutkan alat apa yang dipakai untuk mengiringi nyanyian. Demikian juga dengan Sela yang mengandung teka-teki, yang biasanya menandai waktu berhenti sebentar pada saat-saat tertentu, atau barangkali perubahan tempo, muncul sebanyak tiga kali.

Karena berbagai alasan, seperti yang telah disebutkan dalam Pendahuluan, pasal ini dianggap telah ditulis oleh orang lain dan bukan oleh Habakuk. Tentu ini akan berarti bahwa pasal 3:1, yang menyatakan bahwa pasal tersebut ditulis olehnya adalah tidak benar. Fakta bahwa pasal ketiga itu tidak terdapat dalam Tafsiran Qumran tidak merupakan keberatan yang berarti. Begitu juga argumentasi bahwa bagian ini tidak memiliki bentuk dialog seperti bagian-bagian sebelumnya. Sifat dari pasal ini, yang merupakan sebuah doa, menghindarkan gaya percakapan. Terdapat beberapa bukti linguistik untuk memperkuat kesatuan kitab itu, dan juga fakta bahwa teodisenya tidak lengkap tanpa pasal ini.

* Hab 3:1 - Menurut nada ratapan
Menurut nada ratapan. Arti kata ini begitu tidak pasti sehingga cara paling aman adalah dengan menyalin hurufnya saja. Vulgata yang berbahasa Latin menerjemahkannya menjadi pro ignorantiis, "untuk dosa yang dilakukan dalam ketidaktahuan." Tidak ada petunjuk dalam nubuatan ini apakah dosa-dosa Yehuda atau dosa-dosa orang Kasdim yang dapat dianggap sebagai telah diperbuat dalam ketidaktahuan. Barangkali kata ini menyatakan tipe musik atau tempo untuk menyanyikan mazmur tersebut jika dipakai dalam ibadah.

* Hab 3:2 - Kabar tentang Engkau, // Hidupkanlah itu // pekerjaan-Mu // Dalam lintasan tahun
Kabar tentang Engkau, atau laporan. Laporan ini berisi tindakan penghakiman Ilahi, yang kemungkinan akan mendatangkan penderitaan atas Habakuk serta orang-orang yang terkait dengannya oleh ikatan umum berupa iman dan kasih. Itu merupakan penghakiman yang dinyatakan dalam pasal 1.

Terjemahan AV dalam ayat ini sama sekali tidak memuaskan. Terjemahan berikut inilah yang disarankan:

TUHAN, telah kudengar kabar tentang Engkau,
Dan pekerjaan-Mu, ya Tuhan, kutakuti!
Hidupkanlah itu dalam lintasan tahun,
nyatakanlah itu dalam lintasan tahun;
Dalam murka ingatlah akan kasih sayang!

Hidupkanlah itu. Walaupun versi bahasa Inggris menerjemahkan kata Ibrani ini menjadi menghidupkan lagi atau memulai lagi, nabi tidak meminta Allah supaya mengulangi apa yang hebat yang telah diperbuat-Nya pada masa dahulu. Kata kerja ini dipakai di bagian lain disertai gaya kausatif, misalnya, Kejadian 7:3; 19:32; Ulangan 32:39, di mana artinya adalah mempertahankan hidup, atau menghidupkan. Allah diminta untuk melaksanakan rancangan yang sudah Ia nyatakan, serta menjadikan rancangan itu suatu tindakan yang hidup. Bahwa memang itu yang dimaksudkan diperkuat oleh kalimat paralel, "nyatakanlah itu dalam lintasan tabun." Jadi, pekerjaan-Mu adalah maksud yang diberitakan dalam " 1:5, bersama dengan penghukuman yang dinyatakan dalam pasal 2.

Dalam lintasan tahun. Seorang penafsir yang lebih tua, Bengel, menyatakan bahwa ayat ini menunjuk kepada kelahiran Kristus dan zaman Kristen. Karya Allah akan dilaksanakan pada waktu yang memisahkan sejarah, Perjanjian Lama dari Perjanjian Baru. Proposal ini belum diterima. Habakuk meminta agar dalam perjalanan tahun-tahun yang mendatang, Allah dapat menghajar dan menyembuhkan.

Beberapa pihak menganggap bahwa ayat 3-15 menggambarkan suatu teofani, atau sebuah perwujudan Ilahi kepada sang nabi. Yang lainnya berpendapat bahwa ini hanyalah sebuah deklamasi puisi mengenai karya Allah dengan motif Keluaran, yaitu, menggunakan pola tindakan-tindakan Ilahi pada masa Keluaran. Tidak ada alasan untuk berpikir bahwa Habakuk mendapat semacam pengalaman teofani seperti yang diberikan kepada Abraham. Dalam pada itu, ayat-ayat ini bukan sekadar perayaan puitis.

Meskipun bahasanya kelihatannya diambil dari Keluaran dan kisah-kisah berikutnya mengenai campur tangan Allah atas Israel, ada juga banyak sekali yang asli dalam uraiannya. Nabi berbicara, misalnya, tentang gunung-gunung yang menggeliat dan juga keagungan-Nya menutupi segenap langit dan bumi. Yang terbaik adalah menganggap keseluruhan panorama tentang kekacauan-kekacauan kosmik yang merupakan akibat dari kehadiran Allah itu sebagai hal yang ada dalam penglihatan nabi.

* Hab 3:3 - Dari negeri Téman ... Paran // Pujian kepada-Nya. Pujian
Dari negeri Téman ... Paran. Paran adalah wilayah padang gurun di sebelah timur Arabah dan dekat situs tradisional Gunung Sinai. Teman adalah ibu kota Edom yang berbenteng batu, namun nama ini juga menunjuk pada wilayah sebelah timur Paran. Allah digambarkan sedang mendekati dengan penghukuman dari wilayah di mana Israel dulu bukan hanya mengalami anugerah penebusan-Nya, melainkan telah terlibat dalam perjanjian dengan Dia. Ini juga merupakan wilayah di mana beberapa generasi yang tidak percaya binasa. Pujian kepada-Nya. Pujian di sini, bukan menunjuk pada pujian yang diucapkan oleh para penghuni bumi, melainkan lebih kepada keunggulan Allah yang layak untuk memperoleh pujian dari semua ciptaan.

* Hab 3:4 - Sinar cahaya dari sisi-Nya
Sinar cahaya dari sisi-Nya. Sinar ini keluar dari kedua sisi. Pusat yang darinya keluar cahaya seperti matahari adalah tempat rahasia kuasa Allah.

* Hab 3:5 - Penyakit sampar dan demam
Penyakit sampar dan demam merupakan fenomena yang menyertai mendekatnya TUHAN sebagaimana kilat dan halilintar menyertai datangnya badai. Barangkali sang nabi melihat karya hidup itu remuk di hadapan Allah, seolah-olah dihantam oleh angin yang merusakkan. Di belakang-Nya, jalan terbakar hangus seolah-olah dihanguskan oleh api.

* Hab 3:6 - Ia berdiri
Ia berdiri. TUHAN menghentikan langkah-Nya supaya Dia dapat memandang sekeliling-Nya, untuk memastikan jenis dan tingkatan hukuman yang akan diberikan. Hanya dengan sentuhan Allah, gunung-gunung hancur dan bergoyang. Ada sebuah argumentasi fortiori di sini. Bila batu-batu dan bukit-bukit yang tahan menghadapi kerusakan oleh zaman bisa hancur tanpa bekas akibat sentuhan kaki Allah, atau akibat pandangan sekilas mata-Nya, maka siapakah yang bisa tinggal bertahan pada hari murka-Nya?

* Hab 3:7 - Kusyan
Kusyan. Biasa dianggap sebagai Etiopia. Akan tetapi, lebih logis untuk beranggapan bahwa Kusyan adalah bagian dari wilayah di mana bangsa Midian mengembara, dan bahwa dari sinilah asalnya Zipora, istri Musa, yang disebut orang Kusy.

* Hab 3:8 - Terhadap sungai-sungaikah murka-Mu bangkit?
Terhadap sungai-sungaikah murka-Mu bangkit? Ini adalah jenis pertanyaan retoris, yang diperkirakan akan mengubah pikiran menjadi alasan nyata bagi hukuman TUHAN yakni keselamatan. Bisa dianggap bahwa keselamatan dari Tuhan merupakan sejenis pembebasan yang didoakan oleh nabi di pasal 1. Ini mencakup pembebasan dari kekerasan dan kejahatan yang mengelilingi orang saleh, sehingga hukum tidak lagi "mengendur." Keselamatan ini tidak sama dengan yang ditawarkan dalam Tuhan Yesus Kristus, walaupun dalam beberapa aspek ini merupakan suatu penggambaran lebih dulu tentang karya Mesias.

* Hab 3:9 - Kau isi dengan anak panah
Kau isi dengan anak panah (AV., The oaths of the tribes, even thy word). Dari semua anak kalimat di keseluruhan nubuatan ini, barangkali inilah yang paling sulit untuk dijelaskan. Bunyi dari Alkitab Indonesia ini sesuai dengan bunyi dalam sekelompok kecil naskah kuno yang kedengarannya masuk akal namun tidak mendapat dukungan dari naskah-naskah Ibrani yang terbaik.

* Hab 3:10 - Samudera raya ... mengangkat tangannya
Samudera raya ... mengangkat tangannya. Dalam penglihatannya, sang nabi melihat air bah menderu di samudera raya, dan ia teringat akan gerakan-gerakan seorang manusia yang diserang teror.

* Hab 3:11 - Matahari, bulan berhenti
Matahari, bulan berhenti. Kedua benda bulat yang memberi sinar pada bumi dan mengatur waktunya ini tampaknya terdiam, bersama dengan ciptaan lainnya, menghadapi kemegahan TUHAN ketika Dia muncul di penghakiman. Mereka tampak pucat bila dibandingkan dengan cahaya anak panah Allah dan tombak-Nya yang berkilat.

* Hab 3:12 - Engkau melangkah
Engkau melangkah. TUHAN melangkah melintasi bumi sebagai seorang Penakluk yang penuh kemenangan, menginjak-injak bangsa-bangsa seperti petani sedang mengirik padinya dengan cara menginjak-injaknya.

* Hab 3:13 - Menyelamatkan ... (yang) Kauurapi
Menyelamatkan ... (yang) Kauurapi. Yang diurapi adalah orang-orang tersisa yang setia dari antara umat perjanjian. Dalam masa PL, tidak semua orang yang berasal dari Israel adalah orang Israel (Rm. 9:6). Pembebasan oleh Allah diperluas kepada orang-orang yang mencari penghiburan Israel dalam pribadi raja Mesiasnya.

* Hab 3:13 - Dasarnya sampai batu yang penghabisan
Dasarnya sampai batu yang penghabisan. Gambarannya adalah tentang seorang penakluk yang sedang meremukkan dasarnya sampai batu penghabisan: Rumah orang fasik dihancurkan sama sekali.

* Hab 3:16 - Ketika aku mendengarnya
Ketika aku mendengarnya. Walaupun penglihatan itu telah dilihat, maknanya sudah didengar, atau dipahami oleh sang nabi. Bandingkan Yesaya 55:3, "dengarkanlah, maka kamu akan hidup." Sang nabi tahu benar apa arti tindakan Allah keluar dengan hukuman itu bagi dirinya dan bagi bangsa di mana dia hidup. Dampak langsung terhadapnya sangat mengherankan, sebagaimana ditunjukkan oleh gemparnya organ-organ internal. Tetapi, dampak terhebatnya adalah iman yang pasti. Seperti dinyatakan oleh Calvin, "Barangsiapa yang pada waktunya mengantisipasi murka Allah dan disentuh rasa takut begitu dia mendengar bahwa Allah, sang hakim sudah dekat, akan menyediakan bagi dirinya perlindungan yang paling aman untuk menghadapi masa penderitaan."

* Hab 3:17
Penyebutan pohon ara, pohon anggur, pohon zaitun, hasil ladang, dan ternak, semua itu mencakup keseluruhan hasil pertanian yang padanya bangsa ini bergantung. Rupanya alasan kegagalan panen adalah penyerbuan bangsa Kasdim. Pasukan musuh tidak hanya hidup di wilayah ini, namun sering juga dengan sengaja menghancurkan pepohonan dan panen. Sejarah Mesir masa awal membual bahwa pasukan Mesir telah menghancurkan pohon-pohon buah-buahan di salah satu dataran pantai Palestina.

* Hab 3:18 - Namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN
Namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN. Kehancuran yang dijelaskan begitu gamblang mendorong sang nabi bukan untuk berputus asa melainkan untuk beriman kepada Tuhannya.

* Hab 3:19 - Kakiku seperti kaki rusa // Untuk pemimpin biduan
Kakiku seperti kaki rusa. Binatang semacam rusa sangat cepat dan berkaki cekatan, sehingga ia dapat segera melepaskan diri dari para pengejarnya. Gambaran ini adalah tentang seseorang yang sangat yakin bahwa Dia yang memimpin umat-Nya ke dalam pencobaan adalah setia dan akan juga memberikan jalan keluar untuk setiap pencobaan, sehingga mereka mampu menanggungnya.
Untuk pemimpin biduan. Doa ini sudah jelas dimaksudkan untuk dipakai oleh paduan suara orang Lewi, walaupun nyanyian mazmur itu, berbeda dengan beberapa mazmur lainnya yang berada di luar kumpulan ini, misalnya, II Samuel 22:2 dan seterusnya, I Tawarikh 16:8 dan seterusnya, tidak pernah dimasukkan ke dalam Kitab Mazmur.




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Minggu, 09 Juni 2019 - Yohanes 14:8-17,25-26 - Pentakosta

PREV:
TEMA & BACAAN ALKITAB GMIT BULAN JUNI 2019




BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 22 September - Ezra 2; Mazmur 1, 121

Hari ini, 22 September - Maz 106:47-107:5, Yes 30-31, 2 Kor 12:11-21, Ams 25:1-2


Arsip Khotbah GMIT 2019..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Latest Christian Song







Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 22 September 2019
On My Own - Ashes Remain

Minggu, 22 September 2019
God's Not Dead - Newsboys

Minggu, 22 September 2019
Gone - Elevation Worship

Sabtu, 21 September 2019
Burdens - Jamie Kimmett

Jumat, 20 September 2019
We're A Winner - Phillip Bailey

Jumat, 20 September 2019
Vaya (Go With Love) - Phillip Bailey

Jumat, 20 September 2019
Truimph - Phillip Bailey

Kamis, 19 September 2019
Oh Jesus! - Mercy Chinwo

Kamis, 19 September 2019
Quiet Time (2): 1 Hour Soaking Worship Songs (Kim Walker, Hillsong, Israel Houghton)

Kamis, 19 September 2019
Free - Hillsong

Kamis, 19 September 2019
Hear My Song, Lord - Gaither Vocal Band

Kamis, 19 September 2019
Give God the Glory - Marcus Jordan

Kamis, 19 September 2019
Beautiful - Jonas Rayme

Kamis, 19 September 2019
Yes, I Know - Gaither Vocal Band

Minggu, 15 September 2019
How I love You - Christy Nockels

Minggu, 15 September 2019
Forever Faithful (Love Song for Jesus) - Lifebreakthrough

Minggu, 15 September 2019
Glory To The King - Hillsong

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



renungan harian katolik tanggal 22 september 2019,   kotbah 1 tesalonoka 3:6-8,   tafsiran mazmur 40:7-11,   Renungan harian bacaan dan mazmur minggu 22 September 2019,   Lagu kidung jemaat kristen protestan,   jamita minggu efesus 4:7-16,   Lagu kidung jemaat kristen protestan,   ayat Alkitab persembahan untuk anak anak,   renungan harian katolik 22 september 2019,   renungan harian katolik 22 september 2019,   lagu rohani easy worship,   lagu penutup ibadah,   lagu rohani pdt erastus sabdono,   Kesimpulan dari dosa , anugerah , pertobatan , pengampunan dan hidup baru,   lagu rohani untuk persembahan,   kidung ceria bilasangkakala,   not lagu nyanyian kidung baru 201,   tafsiran Yosua 24:13-25,   Bahan khotbah Josua 24:13-25,   sabda bina teruna septembr 2019,   inti korbah JOSUA 24:13-25,   jamita josua 24:13-25,   download MP3 lagu lagu di lagu sion acapella,   yosua 23 13-25,   renungan yesaya 27:1-5,   Khotbah 1tesalonika3,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   khotbah yosua 24:13-25,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   chord dipintumu ku datang dan,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   Ilustrasi kotbah josua,   renungan harian hkbp 2019 mazmur 40:7-11,   amos 8 ayat 4 penjelasan,   Ilustrasi kotbah josua,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   renungan matius 5:21-26,   amos 8 ayat 4 penjelasan,   khotbah lukas 16:10-18,   nyanyian rohani 136,   kmm 1 notasi,   jamita na marhata batak Josua 24:13-25,   lagu persembahan pastekosta lama,   1 petrus 3 : 8-12,   Injil Renungan Minggu 22 September 2019,   khotbah yosua 24:13-25,   1 petrus 3 : 8-12,   bina anak gmim bln september,   renungan gpib hari ini september,   khotbah yosua 24:13-25,   bahan renungan alkitab 1 yohanes pasal 1 ayat 1 sampai 6,   khotbah yeremia 8:18-22 mendua hati,   khotbah yeremia 8:18-22 mendua hati,   ilustrasi untuk bacaan ulangan 30 : 15-20 untuk sekolah minggu,   khotbah dari gal 4:18÷20,   nyanyian masmur minggu 22 september 2019,   kidung muda mudi 87,   Khotbah amos 8:4-8,   Khotbah amos 8:4-8,   Khotbah amos 8:4-8,   tafsiran amos 8:4-6,   download kidung keesaan gratis,   bahan khotbah ester 4:1-17,   kidung kaesaan,   khotbah yosua 24:13-25,   khotbah yosua 24:13-25,   kidubg kaesaan 6,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah ibadah syukur setahun kepergian ibu yang terkasih,   khotbah ibadah syukur setahun kepergian ibu yang terkasih,   lagu sesudah pembacaan alkitab,   download lg soraklah alleluya katolik,   khotbah lukas 16: 10-18,   renungan kis,   khotbah yosua 24:13-25,   instrumen lagu rohani mp3,   khotbah minggu 22 september 2019 Yosua 24:13-25,   khotbah yosua 24:13-25,   kmm 33,   Khotbah amos 8:4-8,   sabda bina umat online,   notasi nkb 122,   nkb 122 dengan not,   kotbah josua 24 13 25,   kotbah josua 24:13-25,   kotbah josua 24:13-25,   jangan mengusik orang2 yg Kuurapi, renungan,   Khotbah minggu tanggal 22 sep 2019 yosua 24:13-25,   lagu-lagu rohani katolik 2019,   khotbah mazmur 40:7-11,   khotbah mazmur 40:7-11,   lagu gms,   bina anak gmim bln september,   tema ibadah hki 22 september 2019,   mars pelkat pa,   mars pelkat pa,   lagu kidung jemaat awal pesta,   ku daki jalan mulia chord,   youtube kc 184 bermacam-macam anak,   youtube kc 184 bermacam-macam anak,   lagu bermacam-macam anak,   Kotbah:yosua 24:13-25,   khotbah bilangan 27,   lagu untuk persembahan,   Tertwa lgu rohni,   ilustrasi khotbah lukas 16:10-18,   renungan roma 12:1-8 menjalani kehidupan ibadah yang sejati,   khotbah amos 8: 4-8,   Album rohani john tanamal,   khotbah amos 8: 4-8,   khotba Roma 1:10 Aku berdoa, semoga dengan kehendak Allah aku akhirnya beroleh kesempatan untuk men,   khotba Roma 1:10 Aku berdoa, semoga dengan kehendak Allah aku akhirnya beroleh kesempatan untuk men,   Renungan amos 8:5,   kmm 33,   kmm 2,   lagu gereja baru,   lagu rohani senja membayang di batas hari,   gambar meja persembahan di gereja,   kmm 2,   kmm 2,   kmm 2,   lagu rohani senja membayang di batas hari,   lagu rohani senja membayang di batas hari,   lirik lagu setelah ibadah,   KPPK 3,   yosua 24:13-25,   Renungan untuk ibadah minggu tgl 22 september 2019,   kmm 33,   kmm 33,   lagu penutup ibadah,   khotbah amos 8:4-8,   40 lagu rohani kristen,   lagu sebelum firman tuhan kidung jemaat,   Renungan..Amos.8:4-8,   Khotbah Flp 1 9- 11,   renungan kristen mazmur 40:7-11 renungan raja wali,   pergaulan buruk merusak,   Khotbah kematian 2samuel 12:18-23,   khotbah amos 8: 4-8,   ilustrasi untuk bacaan ulangan 30 : 15-20 untuk sekolah minggu,   tata ibadah penghiburan,   lagu kidung keesaan,   chord.gitar ku daki jalan mulia,   Renungan Harian GMIT 1 Timotius 6:2b-10,   download mp3 lagu kristen arab above all arabiac song,   ku mengasihi tuhan gb 238,   contoh-contoh pendalaman kotbah kejadian 21:18-13,   khotbah lukas 17 : 5 - 10,   download mp3 lagu kristen arab,   download mp3 lagu kristen arab,   renungan rut 4,   download mp3 lagu kristen arab,   tuhan telah berjanji mp3,   tgl 22 september 2019 tema hotbah gpib relasi kuasa yang menjadi berkat,   tgl 22 september 2019 tema hotbah gpib relasi kuasa yang menjadi berkat,   tgl 22 september 2019 tema hotbah gpib relasi kuasa yang menjadi berkat,   tgl 22 september 2019 tema hotbah gpib relasi kuasa yang menjadi berkat,   contoh hotbah ibadah minggu tgl 22 septmbr 2019 gpib bilangan 27 :1-12,   khotbah Mazmur 33:13-18,   donlod mp3 lagu kristen arab,   contoh hotbah ibadah minggu tgl 22 septmbr 2019 gpib bilangan 27 :1-12,   Khotba amos 8:4-8,   khotbah renungan amos 8 : 4-8,   khotbah lukas 17 : 1 - 10,   khotbah lukas 17 : 1 - 10,   lagu kidung jemaat awal pesta,   download lagu rohani mp3,   download lagu rohani kristen mp3 gratis,   partitur satb lagu rohani,