Save Page
Minggu, 19 Mei  2019   Minggu Paskah V    Mazmur 49:2-13    Efesus 5:1-21   
-    Putih
-    Bunga lily (putih)    Budaya yang Tunduk pada Kehendak Allah
-    Yesus Kristus menjadi model hidup sehari-hari dalam pikiran, perkataan dan perbuatan
-    Kasih adalah substansi dalam budaya, kata, pikiran dan tindakan orang percaya
-    Budaya hidup dalam Roh adalah hidup yang berpadanan dengan panggilan Allah
-    Mengerti kehendak Tuhan (dalam filosofi budaya) adalah jalan terbaik membangun
      hidup yang bermakna

Efesus 5:1-21
Hidup sebagai anak-anak terang
5:1 Sebab itu jadilah penurut-penurut Allah, seperti anak-anak yang kekasih 5:2 dan hiduplah di dalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu dan telah menyerahkan diri-Nya untuk kita sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah. 5:3 Tetapi percabulan dan rupa-rupa kecemaran atau keserakahan disebut sajapun jangan di antara kamu, sebagaimana sepatutnya bagi orang-orang kudus. 5:4 Demikian juga perkataan yang kotor, yang kosong atau yang sembrono -- karena hal-hal ini tidak pantas -- tetapi sebaliknya ucapkanlah syukur. 5:5 Karena ingatlah ini baik-baik: tidak ada orang sundal, orang cemar atau orang serakah, artinya penyembah berhala, yang mendapat bagian di dalam Kerajaan Kristus dan Allah. 5:6 Janganlah kamu disesatkan orang dengan kata-kata yang hampa, karena hal-hal yang demikian mendatangkan murka Allah atas orang-orang durhaka. 5:7 Sebab itu janganlah kamu berkawan dengan mereka. 5:8 Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang, 5:9 karena terang hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran, 5:10 dan ujilah apa yang berkenan kepada Tuhan. 5:11 Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu. 5:12 Sebab menyebutkan sajapun apa yang dibuat oleh mereka di tempat-tempat yang tersembunyi telah memalukan. 5:13 Tetapi segala sesuatu yang sudah ditelanjangi oleh terang itu menjadi nampak, sebab semua yang nampak adalah terang. 5:14 Itulah sebabnya dikatakan: "Bangunlah, hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati dan Kristus akan bercahaya atas kamu." 5:15 Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, 5:16 dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. 5:17 Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan. 5:18 Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh, 5:19 dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati. 5:20 Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita 5:21 dan rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus.

Penjelasan:

* Ef 5:1 - Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan // Di dalam Tuhan // Karena haruslah demikian
Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan. Taatilah merupakan istilah yang lebih kuat daripada tunduklah yang dikemukakan sebagai tugas seorang istri. Di dalam Tuhan. "Lingkungan di mana hal ini harus terwujud, yaitu suatu ketaatan kristiani yang digenapi dalam hubungan dengan Kristus" (Salmond). Karena haruslah demikian. Hal ini ditunjukkan sebagai prinsip abadi Allah.

* Ef 5:2 - Hormatilah ayahmu dan ibumu // Suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji
Hormatilah ayahmu dan ibumu. Paulus menunjukkan bahwa hukum Taurat mencantumkan perintah yang sama. Seluruh Dasa Titah terkecuali yang keempat dirumuskan ulang dan dikenakan di bawah kasih karunia. Suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji. Maksudnya, janji bagi mereka yang taat.

* Ef 5:3 - Tetapi percabulan // Disebut saja pun jangan di antara kamu // Sebagaimana sepatutnya bagi orang-orang kudus
Tetapi percabulan. Istilah umum untuk kedursilaan seksual. Disebut saja pun jangan di antara kamu. Hubungan dengan apa yang sebelumnya tampak jelas. Kasih tidak akan membicarakan dosa orang lain (bdg. I Kor. 13:4-8). Ada bahaya kalau orang menikmati suatu kepuasan yang tidak wajar sewaktu membicarakan kesalahan orang lain. Sebagaimana sepatutnya bagi orang-orang kudus. Kita harus mengetahui apa yang sesuai dan layak dilakukan orang dengan kedudukan setinggi yang kita miliki.

* Ef 5:3 - Supaya kamu berbahagia

Supaya kamu berbahagia. Pernyataan ini harus dianggap sebagai kelanjutan dari kutipan hukum Taurat dan bukan penerapan langsung kepada orang percaya di dalam perjanjian yang sekarang. Sekalipun prinsip ini senantiasa berlaku, harapan utama orang Kristen adalah kedatangan segera Tuhan dan bukan umur panjang.

* Ef 5:4 - Demikian juga perkataan yang kotor, yang kosong atau yang sembrono
Demikian juga perkataan yang kotor, yang kosong atau yang sembrono. Kata-kata ini tidak melarang spontanitas kesukacitaan serta rasa humor kristiani, tetapi menunjukkan bahwa orang-orang Kristen jangan sembarangan omong saja. Di dalam bahasa Yunaninya yang dimaksudkan ialah kesembronoan yang tidak senonoh dan kotor. Bagi orang Kristen pencegahnya adalah mengucapkan syukur.

* Ef 5:4 - Dan kamu, bapa-bapa // Tetapi didiklah mereka

Dan kamu, bapa-bapa. Sebagaimana sebelumnya terdapat tanggung jawab dari pihak kedua. Tanggung jawab tersebut pertama-tama dikemukakan secara negatif kemudian dengan cara menegaskan. Tetapi didiklah mereka. Bandingkan Ulangan 6:7. Nas yang paralel adalah Kolose 3:20, 21.

(3) Hamba dengan Tuannya (6:5-9). Jenis hubungan ketiga yang dibahas saat ini ialah hubungan di antara hamba dengan tuannya. Perbudakan ada sebagai sebuah lembaga pada zaman Perjanjian Baru. Fungsi Injil bukan untuk meruntuhkan lembaga ini, sekalipun penghapusan lembaga ini secara bertahap merupakan hasil sampingan dari kekristenan.

* Ef 5:5 - Karena ingatlah ini baik-baik // Atau orang serakah

Karena ingatlah ini baik-baik. Bandingkan I Korintus 6:9, 10. Atau orang serakah. Menarik untuk melihat bahwa jenis orang berdosa ini dimasukkan dalam golongan yang sama dengan orang-orang dursila dam najis. Cara Allah membedakan dosa tidak sama dengan cara kita. Bagi Dia semua dosa harus dibenci. Kita harus belajar memandang dosa seperti Allah memandangnya.

* Ef 5:5 - Hamba-hamba // Dengan tulus hati // Seperti kamu taat kepada Kristus

Hamba-hamba. Harfiahnya, budak-budak. Bagaimanapun juga, prinsip-prinsip ini berlaku untuk setiap jenis hubungan pegawai dengan juragannya. Dengan tulus hati. Dengan sungguh-sungguh - tidak dengan munafik. Seperti kamu taat kepada Kristus. Bandingkan I Petrus 2:18: Kolose 3:22-25.

* Ef 5:6 - Janganlah kamu disesatkan orang dengan kata-kata yang hampa // Orang-orang durhaka
Janganlah kamu disesatkan orang dengan kata-kata yang hampa. Maksudnya, kata-kata yang tidak ada artinya. Orang-orang durhaka. Harfiah, anak-anak yang tidak taat. Bandingkan 2;2 di mana dipakai ungkapan yang sama.

* Ef 5:6 - Jangan hanya di hadapan mereka saja untuk menyenangkan hati orang // Ungkapan menyenangkan hati orang // Dengan segenap hati melakukan kehendak Allah
Jangan hanya di hadapan mereka saja untuk menyenangkan hati orang. Suatu penjelasan dari pernyataan sebelumnya. Ungkapan menyenangkan hati orang dipakai dalam Septuaginta, tetapi di dalam Perjanjian Baru hanya dijumpai di sini dan di Kolose 3:22. Dengan segenap hati melakukan kehendak Allah. Harfiahnya, dari jiwa - yaitu, dengan segenap keberadaan seseorang.

* Ef 5:7 - Sebab itu janganlah kamu berkawan dengan mereka

Sebab itu janganlah kamu berkawan dengan mereka. Pemakaian bentuk perintah waktu sekarang dengan bentuk negatif (me) menunjukkan pelarangan sesuatu yang sudah terjadi: harfiahnya, berhentilah menjadi sekawanan dengan mereka.

* Ef 5:7 - Dengan rela menjalankan pelayanannya

Dengan rela menjalankan pelayanannya. Seorang Kristen yang adalah hamba harus menyadari bahwa tanggung jawab utamanya adalah kepada Tuhan Yesus Kristus. Jika dia melaksanakan pekerjaan yang ia diharapkan untuk lakukan dan ia melaksanakannya dengan baik, dia menyenangkan Tuhan.

*  Hidup Dalam Terang (5:8-14).

Kasih dan kesucian (sering kali dilambangkan dengan perang di dalam Alkitab) jangan dipisahkan, kata sang rasul. Hidup dalam kasih juga berarti hidup dalam terang.

* Ef 5:8 - Memang dahulu kamu adalah kegelapan // Hiduplah sebagai anak-anak terang
Memang dahulu kamu adalah kegelapan. Sebab ungkapan yang indah tentang kontras antara keadaan kita pada masa lalu dengan keadaan kita pada saat sekarang (bdg. kontras sejenis dalam I Kor. 6:9-11; I Tes. 5:5). Hiduplah sebagai anak-anak terang. Allah senantiasa menempatkan kedudukan kita sebagai dasar dari perilaku kita.

* Ef 5:8 - Kamu tahu // Baik hamba maupun orang merdeka

Kamu tahu. Ini adalah kata penghubung sebab akibat - sebab kamu mengetahui bahwa tersedia upah bagi mereka yang melayani Kristus dengan setia. Baik hamba maupun orang merdeka. Kedudukan. seseorang di dunia ini tidak ada hubungannya dengan kesetiaan dirinya kepada Tuhan dan dengan upah atas kesetiaannya tersebut.

*  Terang hanya berbuahkan. Beberapa naskah menerjemahkannya dengan buah Roh (bdg. Gal. 5:22-23).

* Ef 5:9 - Dan kamu tuan-tuan // Perbuatlah, demikian // mereka // ancaman // Ingatlah // Bahwa ... Tuhan kamu
 Dan kamu tuan-tuan. Di sini kewajiban para juragan ditekankan. Perbuatlah, demikian juga kepada mereka. Sisi positifnya, menunjukkan aspek timbal balik dari kewajiban ini. Jauhkanlah ancaman. Hal yang tidak boleh dilakukan oleh para juragan. Ingatlah. Yakni, karena kamu mengetahui. Bahwa ... Tuhan kamu. Para juragan memiliki Juragan mereka sendiri. Yaitu Tuhan (Kurios). Dia tidak memandang muka (bdg. Kol. 4:1). Semua hubungan praktis ini mengalir dari keadaan dipenuhi Roh Kudus sebagaimana dikemukakan dalam 5:18.

* Ef 5:10 - Ujilah apa yang berkenan kepada Tuhan

Ujilah apa yang berkenan kepada Tuhan. Berkenan kepada Tuhan merupakan kriteria atau patokannya (bdg. II Kor. 5:9 di mana dipakai ungkapan yang sama).

* Ef 5:11 - Janganlah turut mengambil bagian // Tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu
Janganlah turut mengambil bagian. Sekali lagi harfiahnya adalah, janganlah bersahabat. Tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu. Apabila seorang Kristen bersekutu dengan Tuhannya, hidupnya akan merupakan sebuah teguran kepada dunia.

* Ef 5:12 - Telah memalukan
Telah memalukan (bdg. ayat 3 di atas). Dr. A. C. Gaebelein menamakan pembahasan umum atas dosa-dosa yang tersembunyi sebagai "perkumpulan yang berdosa" ("communion of sinners") yang berbeda dengan "perkumpulan orang-orang kudus."

* Ef 5:13 - Segala sesuatu yang sudah ditelanjangi oleh terang itu

Segala sesuatu yang sudah ditelanjangi oleh terang itu. Bandingkan Yohanes 3:19-21; I Yohanes 1:5-7.

* Ef 5:14 - Itulah sebabnya dikatakan
Itulah sebabnya dikatakan. Kutipan berikut sulit diketahui sumbernya. Mungkin kutipan ini merupakan perpaduan dari berbagai ayat (bdg. Yes. 26:19; 60:1).

* Hidup yang Bijaksana (5:15-6:9).

Rasul Paulus selanjutnya menjelaskan bagaimana kehidupan orang percaya harus sangat berhati-hati. Dia memerintahkan jemaat di Efesus untuk dipenuhi dengan Roh Kudus dan ia menunjukkan kepada mereka hasil dari pemenuhan tersebut di dalam berbagai hubungan hidup yang praktis.

* Bersikap Sangat Berhati-hati (5:15-17).
Kehidupan yang berhati-hati tergantung pada hikmat yang hanya dapat diperoleh dengan mengetahui kehendak Allah.

* Ef 5:15 - Karena itu // Perhatikanlah dengan seksama
Karena itu. Yaitu, perhatikan hal itu dengan mengingat apa yang baru saja dikemukakan. Perhatikanlah dengan seksama. Dengan cerdik, waspada.

* Ef 5:16 - Pergunakanlah waktu yang ada // Karena hari-hari ini adalah jahat

Pergunakanlah waktu yang ada. Memanfaatkan setiap peluang yang ada dengan sebaik-baiknya. Karena hari-hari ini adalah jahat. Bandingkan Galatia 1:4.

* Ef 5:17 - Janganlah kamu bodoh // Tetapi
Janganlah kamu bodoh. Kembali perintah untuk menghentikan sesuatu yang sudah berjalan - berhentilah berlaku bodoh. Tetapi. Bahasa Yunaninya menunjukkan pertentangan yang kuat (alla).

* Dipenuhi Roh Kudus (5:18-6:9).
Tidak ada orang percaya dalam Kristus yang diperintahkan untuk didiami Roh. Hal itu sudah merupakan suatu hal yang pasti yang tetap (Yoh. 14:16, 17). Seorang percaya juga tidak diperintahkan untuk dibaptiskan dengan Roh. Jadi terdapat tanggung jawab pribadi; ada beberapa syarat yang harus dipenuhi kalau kita ingin mengalami kuasa Roh di dalam hidup kita.

* Ef 5:18 - Janganlah kamu mabuk oleh anggur. Di dalam Alkitab terdapat beberapa hal peringatan, terhadap soal mabuk (bdg. Ams. 23:31). Tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh // Hendaklah kamu penuh dengan Roh
Janganlah kamu mabuk oleh anggur. Di dalam Alkitab terdapat beberapa hal peringatan, terhadap soal mabuk (bdg. Ams. 23:31). Tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh. Sebagaimana di dalam sebagian besar perbedaan, tetap ada suatu persamaan. Seorang yang mabuk anggur bertindak dengan cara tidak wajar yang sifatnya jahat; seorang yang dipenuhi Roh Kudus bertindak dengan cara tidak wajar yang sifatnya baik. Bandingkan dengan apa yang dikatakan kepada para rasul pada hari Pentakosta (Kis. 2:31). Hendaklah kamu penuh dengan Roh. Tetaplah dipenuhi dengan Roh. Seorang percaya tidak pernah dapat memperoleh Roh Kudus secara lebih banyak sebab Roh itu diam di dalam diri orang percaya dengan segenap kepenuhan-Nya. Tetapi Roh Kudus bisa mendapat lebih dari seorang percaya; yakni Dia dapat menguasai sepenuhnya hidup yang diserahkan kepada-Nya.

* Bersukacita dan Mengucap Syukur (5:19, 20).

Salah satu bukti bahwa seorang dipenuhi Roh Kudus ialah kegembiraan luar biasa di dalam hidupnya yang tampak dari sukacita dan rasa terima kasih yang berkesinambungan kepada Allah.

* Ef 5:19 - Berkata-kata seorang kepada yang lain // Mazmur // bersoraklah // Bagi Tuhan dengan segenap hati

Berkata-kata seorang kepada yang lain. Hasil dari dipenuhi dengan. Roh Kudus ialah pujian dan ucapan syukur maupun sikap mengutamakan orang lain di dalam hubungan hidup sehari-hari (ay. 19-21). Mazmur. Kata ini pada umumnya berarti nyanyian yang dibuat untuk diiringi dengan alat musik, sebagaimana halnya participle yang diterjemahkan menjadi bersoraklah (psallontes). Bagi Tuhan dengan segenap hati. Banyak orang secara lahiriah tidak dapat melakukan hal ini. Tetapi apabila dipenuhi dengan Roh Kudus, mereka pun akan mampu menciptakan musik di dalam hati mereka.

* Ef 5:20 - Ucaplah syukur senantiasa // Atas segala sesuatu
Ucaplah syukur senantiasa. Tidak ada batas waktu (bdg. I Tes. 5:18). Atas segala sesuatu. Tidak ada batas jangkauan. Beberapa orang akan membatasi hal ini pada berkat-berkat yang tercantum di dalam kitab ini, tetapi lebih baik memahaminya dalam artinya yang paling luas (bdg. Rm. 8:28).

* Ef 5:21 - Seorang kepada yang lain // Di dalam takut akan Kristus

Seorang kepada yang lain. Perhatikan unsur saling dalam sikap tunduk ini. Di dalam takut akan Kristus. Perjanjian Baru maupun Perjanjian Lama berbicara tentang takut akan Allah - maksudnya, menghormati Dia sedemikian rupa sehingga membuat seorang takut melakukan sesuatu yang tidak disukai oleh-Nya (bdg. II Kor. 5:11).

Label:   Efesus 5:1-21 


HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song
Jesus Is Risen Song


NEXT:
Minggu, 26 Mei 2019 - Matius 5:38-48 - Minggu Paskah VI

PREV:
Minggu, 12 Mei 2019 - Ulangan 1:1-8 - Minggu Paskah IV

Garis Besar Efesus





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 21 Mei - Pengkotbah 6-8

Arsip Khotbah GMIT 2019..

Hari ini, 21 Mei - Pengkotbah 6-8
rss lagu-gereja.com  Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392




Beli Kaos C59. Klik Disni

Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 17 Desember 2019 - Yesaya 13:4-5 - MINGGU ADVEN III Yesaya 13:4-5 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Senin, 16 Desember 2019 - Yesaya 12:4-6 - MINGGU ADVEN III Yesaya 12:4-6 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 15 Desember 2019 - MANUSIA BERKESEMPATAN UNTUK HIDUP DI DALAM DAMAI SEJAHTERA - Zefanya 3:9-15 (SGD) - HARI MINGGU ADVEN III Zefanya 3:9-15 Penjelasan Ayat
Janji keselamatan, Tetapi sesudah itu Aku akan memberikan bibir lain kepada bangsa-bangsa, yakni bibir yang bersih, Engkau tidak akan mendapat malu, Umat yang rendah hati dan lemah, Sisa Israel, Bersorak-sorailah, hai putri Sion, Raja Israel, yakni TUHAN, ada di antaramu
Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 14 Desember 2019 - Mazmur 72:1-11 - MINGGU ADVEN II Mazmur 72:1-11 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 13 Desember 2019 - Mazmur 60:1-7 - MINGGU ADVEN II Mazmur 60:1-7 Penjelasan Ayat




Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Jumat, 17 Mei 2019
Open Heaven - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Beautiful - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Dance Like It's Done - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Halellujah - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Precious Angel - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Blowin in The Wind - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Jokerman - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Pressing On [Toronto, April 1980] - Bob Dylan

Senin, 13 Mei 2019
God Is With Us - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Here I Go Again - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Love Them Like Jesus - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Courageous - Casting Crowns

Jumat, 10 Mei 2019
Hallelujah - Tori Kelly

Jumat, 10 Mei 2019
You Make Me Brave - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Oceans (Where Feet May Fail) - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Lord, I Need You - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
How Great Thou Art - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Because of Who You are - Agnes Monica

Minggu, 05 Mei 2019
Revelation Song - Tori Kelly

Minggu, 05 Mei 2019
How He Loves - Tori Kelly / Romulo Costa

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



khotbah vem 26.com mei 2019,   kumpulan lagu penyembahan GSJA,   Renungan Yeremia 49,   download lagu rohani Kristen dalam nama Yesus,   renungan GMIT efesus 5:1-21,   pertolonganku datang dari Tuhan lirik,   renungan efesus 2:11-22,   sbu 21 mei 2019,   kotbah efesus 2:11-,   khotbah mazmur 102:2-23,   injil persembahan syukur,   lagu Nama Yesus berkumandang,   lagu Nama Yesus berkumandang,   Free download lagu lagu pantekosta lama,   khotbah kisah para rasul 11:27-30,   kesimpulan imamat 25,   keluaran 3:1-14,   lagu PERSEMBAHAN SYUKUR,   ilustrasi mazmur 102,   pesalmen 102:2,3, 13-23,   lagu rohani barat ,   khotbah mazmur 102,   Hatorangan turpuk √ąpistel Psalmen 102:2-3, 13-23.,   Jamita psalmen102;2-3;13-23,   khotbah ulangan 24:17-18,   contoh doa penutup ibadah dan terima berkat,   ilustrasi kotbah mzm 102;2-3+13-23,   tafsiran Mazmur 102 13-23,   khotbah markus 3:13-15,   pengasihan angka 3312 8666,   lagu pengakuan dosa gmim,   contoh renungan/kotbah minggu paskah Iv,26 mei 2019,   judul lagu gms terbaru,   judul lagu gms terbaru,   kumpulan lagu untuk persembahan kolekte,   kumpulan lagu untuk persembahan kolekte,   khotbah mazmur 102 13-23,   renungan Kristen kejadian 17 : 1-16,   ilustrasi mazmur 102,   naviri kamu puji dengan riang,   nats persembahan syukur,   lagu pengumpulan persembahan,   tema khotbah minggu 26 mei 2019 di gpdi,   khotbah mazmur 88:1-19,   bahan khotbah Alkitab kisah para rasul 11 : 27 - 30,   khotbah pembalasan adalah hak tuhan,   Makna Kitab Imamat 11:1-23,   download lagu kj pkj nkb,   lagu persembahan kristen,   lagu pengakuan dosa kristen,   kumpulan lagu rohani tentang doa,   Lirik Lagu Rohani Kristen ... Kutemukan hati Bapa Dalam diri-Mu Yesus ... "Hormat Bagi Sang Bapa" Ho,   Khotbah Ezra 6 : 13 - 18 ,   jamita partangiangan hkbp psalmen 102:2-3,13-23,   Khotbah Ezra 6 : 13 - 18 ,   jamita minggu 26 mei 2019 rogate,   jamita minggu 26 mei 2019 rogate,   chord besar dan ajaib GB,   kj 224 dan not lagu,   psalmen 102 : 2- 3,13- 23 bagaimana maksutnya,   kumpulan lagu kontemporer kristen 2018-2019,   Khotbah Ezra 6 : 13 - 18 ,   ilustrasi mazmur 102,   khotbah jangkep 26 Mei 2019,   khotbah jangkep 26 Mei 2019,   khotbahmazmur102:13-23,   kidung ceria,   Kisah Para Rasul 16:13-15,   www.lagu rohani indonesia.com,   kesimpulan imamat 25,   lagu untuk persembahan ibadah,   Khotbah Ezra 6 : 13 - 18 ,   Kisah Para Rasul 16:13-15,   apa arti dari pembacaan alkitab penghotbah 11 ayat 10 dalam buku mana GKI,   LAGU UNTUK PEMBUKA IBADAH DARI KJ ATAU PKJ ATAU NKB,   mazmur 47 lagu,   khotbah mazmur 102:2-3,   ilustrasi kotbah mazmur102:2-23,   eksposisi 2 kor 10:15,   ayat mengumpulkan persembahan tema memberi hati,   eksposisi 2 kor 10:15,   eksposisi 2 kor 10:15,   mazmur 47 lagu,   air hidup bacaan 1 raja raja 21:17-19,   mazmur 47 lagu,   apa arti dari pembacaan alkitab penghotbah 11 ayat 10 dalam buku mana GKI,   air hidup bacaan 1 raja raja 21:17-19,   chord saat indah andy ambarita,   mazmur 47 lagu,   lagu kidung jemaat populer,   lagu praise gms,   lagu praise gms,   khotbah ibrani 11 1-7,   kumpulan lagu kontemporer kristen 2018-2019,   renungan efesus 2:17-22,   download gms worship,   sapaan kristen dukacita hari Senin, 20 Mei 2019,   kumpulan lagu untuk persembahan kolekte,   lagu penutup ibadah,   kotbah Mazmur 102:1-12,   lagu rohani untuk doa syafaat,   gmit matius 5:38-48,   tafsiran Mazmur 102:2-3, 13-23,   Download lagu gms terbaru,   kumpulan lagu ibadah persekutuan,   Pujian persembahan,   lagu rohani dengan partitur,   kusembah kau nikko lirik,   khotbah kristen gpib,   psalm 102:2-3,13-23 jamita partangiangan hkbp,   khotbah kristen gpib,    khotbah minggu 26 Mei 2019,    khotbah minggu 26 Mei 2019,   renungan kristen.yesaya 59:1,   renungan kristen.yesaya 59:1,   mazmur 102:13-23,   masmur 148 thema kepedulian Allah,   mazmur 102:13-23,   renungan kristen.yesaya 59:1,   lagu pengumpulan persembahan,   jamita partangiangan 2 timoteus 2:1-7,   eksposisi mazmur 102,   tata ibadah penghiburan,   kata sambutan natal 2018,   kata sambutan ketua panitia natal 2018,   khotbah ezra 6 13 - 18,   download lagu rohani menikmatibaitnya,   download lagu rohani menikmati baitnya,   bahan sermon ezra 6 13 18,   bahan sermon ezra 6 13 18,   minggu paslah VI 26 Mei 2019,   khotbah mazmur 102,   mazmur 102:2-3,12-22,   mazmur 102:2-3,12-22,   mazmur 102:2-3,12-22,   bacaan minggu tgl 26 mei 2019,   ezra 6 13-18,   kord lagu ku datang padamu tuhan dan rajaku,   lagu ku datang padamu tuhan dan rajaku,   Khotbah minggu uem tanggal 26 mei,   inilah hidupku bagai kain yang kotor chord,   khotbah katolik minggu 26 mei 2019,   inilah hidupku bagai kain yang kotor chord,   khotbah mazmur 102 : 13-23,   download lagu rohani kristen samuel,   partitur kj 370 dengan 4 suara,   lagu penyemhan,   khotbah lukas 11,1_13, rogatr,   lagu rohani untuk pernikahan,   lagu pengakuan dosa gmim,   lagu rohani untuk pernikahan,   lagu*Nyanyian rohani,   jamita partangiangan hkbp psalmen 102:2-3,13-23,   lagu pembukaan persekutuan,   jamita partangiangan hkbp psalmen 102:2-3,13-23,   jamita partangiangan hkbp psalmen 102:2-3,13-23,   ezra 6:13-18,   ezra 6:13-18,   jamita 25 mei 2019 rogate,   nyanyian rohani 9,   partitur koor untuk pentakosta,   lagu pujian pengakuan dosa HKBP,   lirik alangkah baik dan indahnya,   nyanyian rohani 9,   Khotbah minggu 19 mai 2019,   khotbah ezra 6 13 - 18,   midi lagu Hymne GKI,   no telpon gereja bogor,   lagu baru gms,   nyanyian rohani no 14,   nyanyian rohani no 14,