Save Page
Yosua 6:12-19
6:12 Keesokan harinya Yosua bangun pagi-pagi, lalu para imam mengangkat tabut TUHAN. 6:13 Maka berjalanlah juga ketujuh orang imam, yang membawa ketujuh sangkakala tanduk domba itu di depan tabut TUHAN, sambil berjalan mereka meniup sangkakala, sedang orang-orang bersenjata berjalan di depan mereka dan barisan penutup mengikut tabut TUHAN, sementara sangkakala terus-menerus ditiup. 6:14 Demikianlah pada hari kedua mereka mengelilingi kota itu sekali saja, lalu pulang ke tempat perkemahan. Dan begitulah dilakukan mereka enam hari lamanya. 6:15 Tetapi pada hari yang ketujuh mereka bangun pagi-pagi, ketika fajar menyingsing, dan mengelilingi kota tujuh kali dengan cara yang sama; hanya pada hari itu mereka mengelilingi kota itu tujuh kali. 6:16 Lalu pada ketujuh kalinya, ketika para imam meniup sangkakala, berkatalah Yosua kepada bangsa itu: "Bersoraklah, sebab TUHAN telah menyerahkan kota ini kepadamu! 6:17 Dan kota itu dengan segala isinya akan dikhususkan bagi TUHAN untuk dimusnahkan; hanya Rahab, perempuan sundal itu, akan tetap hidup, ia dengan semua orang yang bersama-sama dengan dia dalam rumah itu, karena ia telah menyembunyikan orang suruhan yang kita suruh. 6:18 Tetapi kamu ini, jagalah dirimu terhadap barang-barang yang dikhususkan untuk dimusnahkan, supaya jangan kamu mengambil sesuatu dari barang-barang yang dikhususkan itu setelah mengkhususkannya dan dengan demikian membawa kemusnahan atas perkemahan orang Israel dan mencelakakannya. 6:19 Segala emas dan perak serta barang-barang tembaga dan besi adalah kudus bagi TUHAN; semuanya itu akan dimasukkan ke dalam perbendaharaan TUHAN."

Penjelasan:

* Yos 6:15
Pada hari itu mereka mengelilingi kota tersebut sebanyak tujuh kali. Orang dapat dengan mudah mengelilingi bukit seluas sembilan are tersebut dalam waktu lima belas atau dua puluh menit.

* Yos 6:17 - Dimusnahkan
Dimusnahkan. Herem, LXX anathema, diterjemahkan dalam 6:21 "menumpas". Herem adalah sesuatu yang dikhususkan bagi Allah seseorang tanpa bisa ditebus lagi, karena obyek itu bertentangan dengan teokrasi mengingat keterikatannya dengan ilah lain (Ul. 7:25, 26; 20:17, 18; Batu Moab baris ke-17). Untuk mencegah agar obyek itu tidak dipakai umum, benda (kadang-kadang) atau manusia (senantiasa) itu dibuang dan ditetapkan untuk dimusnahkan (Kel. 22:20; Im. 27:29; Ul. 13:15-17; I Sam. 15:3, 21) melalui hukuman ilahi yang disampaikan oleh seorang pemimpin yang diangkat oleh Allah. Sekalipun demikian, benda-benda tertentu (Im. 27:21, 28) atau hasil rampasan perang (6:19) dapat dipisahkan dan dipakai untuk keperluan kudus di tempat ibadah atau oleh imam (Bil. 18:14; Yes. 44:29). Hanya di dalam kasus Yerikho saja, kota dan seluruh isinya sepenuhnya dikhususkan kepada Allah (tanpa ada yang boleh disisakan untuk menjadi rampasan perang; tetapi bdg. Ul. 2:35; Yos. 8:27; 11:14) selaku hasil pertama negeri itu, untuk tanda bahwa mereka akan memperoleh seluruh Kanaan dari Dia. Jadi, pemusnahan tersebut bukan disebabkan bangsa Israel itu haus darah.

* Yos 6:18
Terjemahkan: Tetapi kamu, jagalah dirimu terhadap bagian yang dikhususkan itu supaya jangan kamu menginginkannya (demikian LXX dan 7:21) dan mengambil sesuatu dari bagian yang dikhususkan itu dan menempatkan perkemahan Israel dalam status dikhususkan dan dengan demikian mendatangkan celaka atasnya.

* Perang Tuhan, cara Tuhan!
Tuhan yang empunya peperanganlah yang memiliki hak menentukan strategi yang tepat dan jitu untuk menghancurkan musuh-musuh. Oleh karena itu, Israel tidak perlu meragukan siasat perang Tuhan yang memang terkadang atau bahkan sering kali melampaui daya akal dan kecerdikan manusia.

Jelas sekali peperangan menghancurkan Yerikho adalah peperangan Tuhan. Andil pasukan Israel hanya sebatas mengelilingi kota itu sesuai dengan perintah Tuhan dan dengan urut-urutan tertentu yang menunjukkan bahwa peperangan ini sama sekali tidak memakai taktik militer. Namun demikian, walaupun bagi manusia cara Tuhan ini tidak masuk akal, kita bisa belajar beberapa hal. Pertama, taktik Tuhan ini mendorong umat Tuhan beriman sungguh-sungguh kepada-Nya dan bukan mengandalkan kekuatan diri sendiri. Kedua, bagi penduduk Yerikho, musuh Israel, demonstrasi yang ditunjukkan pasukan Israel dengan mengelilingi kota mereka, secara mental telah meneror mereka. Ketiga, Tuhan bertindak dengan cara yang tidak terduga, namun umat Tuhan harus siap menindaklanjutinya dengan mengerjakan bagian mereka (21-24). Keempat, akibat dari cara Allah yang unik ini, kabar keperkasaan Tuhan yang menyertai Yosua dan Israel tersebar luas di negeri musuh (27).

Tidak selalu Tuhan bertindak dengan menyertakan mukjizat-Nya yang kasat mata, ada bagian umat Tuhan harus bertindak dalam iman dengan mengangkat senjata mereka. Hal itu kelak makin nyata dalam peperangan- peperangan berikutnya. Namun, yang penting kita sadari adalah mukjizat Allah tidak pernah berhenti, meskipun tindakan pelaksanaannya seringkali tidak terlihat. Ketakutan para musuh bahkan sebelum berperang serta pertobatan musuh menjadi sekutu sering terjadi karena mukjizat operasi Roh Kudus dalam diri seseorang.


SBU

MINGGU XVII SES. PENTAKOSTA
SENIN, 7 OKTOBER 2019 
Renungan Pagi
.KJ.369a : 1 -Berdoa
TAAT PENUH PADA ALLAH

Yosua 6:1-11 
Apabila sangkakala tanduk domba itu panjang bunyinya dan kamu mendengar bunyi sangkakala itu, maka haruslah seluruh bangsa bersorak dengan sorak yang nyaring, maka tembok kota itu akan runtuh, lalu bangsa . itu harus memanjatnya, masing-masing langsung ke depan." (ay.5)

Para penumpang yang terhormat. Sesuai dengan peraturan keselamatan penerbangan sipil kami harus menunjukan dan memperagakan kepada Anda bagaimana cara menggunakan sabuk pengaman, ...dst." adalah sebagian kalimat yang terdengar ketika pesawat akan lepas landas. Seiring dengan itu, para penumpang akan melihat peragaan yang dilakukan oleh pramugari/a terkait dengan petunjuk-petunjuk keselamatan dalam pesawat dan pener-
bangan tersebut. Peragaan ini dimaksudkan agar para penumpang dapat mellhat kemudian mengerti dengan balk mengenai tindakan yang harus clilakukan menyangkut keselamatan dan keamanan. Ketika pramugari/a hanya mampu memperagakan prosedur keselamatan dan keamanan yang harus dilakukan penumpang, Allah memperagakan kuasa-Nya yang menyelamatkan dan memenangkan umat-Nya, tidak hanya sekali tetapi berulang kali. Salah satunya diceritakan dalam nats Alkitab bacaan kita pagi ini.

Tak masuk akal! Mungkln hal ini sempat terbesit di kepala Yosua sewaktu mendengar Allah berfirman kepadanya. Bagaimana mungkin dengan mengitari kota itu dan kemudian bersorak-sorak yang nyaring dapat meruntuhkan tembok kota Yerikho? Bila saat itu Yosua mengikuti alur berpikir logis, mungkin kemudian umat Israel tidak akan memperoleh kemenangan yang mendatangkan kesejahteraan. Meskipun perintah itu tidak masuk dalam akal pikiran manusia, tetapi mereka melakukannya. Saat Yerikho menutup pintu gerbangnya, Allah membuka bahkan meruntuhkannya. Ketaatan Yosua bersama dengan Israel berbuah kemenangan ketika mereka taat kepacla perintah Tuhan.

Seringkall, loglka menghambat kita untuk maju. Pikiran kita sendiri yang memunculkan keraguan, ketakutan bahkan kekhawatiran dalam bertindak. Pengalaman umat Israel mengajarkan kita bahwa ketaatan kepada Tuhan adalah kunci beroleh kesejahteraan. Saat kita taat sepenuhnya pada perintah dan kehendak Tuhan, maka kita akan mengalami peragaan kuasa Tuhan yang mendatangkan kesejahteraan dalam hidup.

KJ.369a : 3
Doa : (Ya Allah, ajar kami untuk selalu taat kepada-Mu dalam kehidupan ini)


MINGGU XVII SES PENTAKOSTA
SENIN, 7 OKTOBER 2019
Renungan Malam
GB.231 : 1,2 -Berdoa
BERSORAK UNTUK MENANG ATAU KARENA IMAN?

Yosua 6: 12 - 19
"Bersoraklah, sebab Tuhan telah menyerahkan kota ini kepadamul  (ay.16b)

Ape yang menyebabkan tembok Kota Yerikho runtuh? Ini menjadi sebuah pertanyaan yang memunculkan banyak dugaan, semuanya tergantung dari bagaimana kita melihat kisah tersebut. Mari kita perhatikan dengan seksama urutan hal yang terjadi pada peristiwa ini, jelas bahwa setelah Bangsa Israel bersorak, kemudian tembok kota itu runtuh. Apakah kerasnya sorakan bangsa itu yang membuat tembok itu runtuh? Sesungguhnya, Tuhan sendirilah yang membuat tembok itu runtuh. Tidak ada pesan lembut dari peristiwa runtuhnya tembok kota Yerikho. Kuasa Tuhan tak terbendung, ketika Ia berkehendak, itulah yang akan terjadi. Akan tetapi, bangsa Israel harus menyatakan kepercayaannya dengan bersorak. Yosua dalam seruannya juga meyakinkan bangsa Israel akan perbuatan Tuhan dalam penaklukan Kota Yerikho. Ketika bangsa Israel bersorak, mereka menyatakan kepercayaan bahwa Allah berkuasa untuk menyerahkan kota tersebut kepada mereka. Iman percaya kepada Allah membuat mereka berteriak, sesuai dengan perintah-Nya. Allah bertindak ketika umat memperIihatkan kepercayaan penuh kepada-Nya.

Bagaimana ketika kita meminta kuasa Tuhan dinyatakan dalam setiap perkara yang kita hadapi? Apakah kita memohon dengan keraguan atau keyakinan? Apakah kita memohon kepada Tuhan karena kita yakin akan kuasa-Nya atau hanya sekadar karena tidak ada pilihan Iain? Apakah kita meminta agar apa yang kita inginkan dapat kita peroleh atau karena kita beriman dan berharap pada Tuhan semata?

Peristiwa ini memperlihatkan bahwa ketika kita menyatakan iman percaya-, Tuhan beflindak. Beriman sungguh-sungguh kepada Tuhan dinyatakan dengan melakukan perintah dan kehendak-Nya dalam kehidupan kita. Nyatakanlah Iman percaya kita kepadaNya, apapun tantanganyang ada dihadapan kita. Tuhan berkuasa mengubah tantangan yang dirasakan menghambat menjadi peluang memperoleh damai sejahtera. 

GB.231 : 3,4
Doa : (Terima kasih, Tuhan, karena kuasa-Mu kami dimampukan untuk menghadapi segala tantangan yang ada)



Label:   Yosua 6:12-19 




German Christian Songs
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 8 Oktober 2019 - KUASA KARYA ALLAH - Yosua 6:26-27 - MINGGU XVI SESUDAH PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 6 Oktober 2019 - Perjamuan Kudus HPKD/HPII - TUHAN MENJAMIN MASA DEPAN YANG SEJAHTERA BAGI UMAT-NYA - Rut 2:1-14 - HARI MINGGU XVI SESUDAH PENTAKOSTA

Garis Besar Yosua





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 22 Oktober - Matius 20-22

Hari ini, 22 Oktober - Maz 119:10-16, Yer 24-25, 1 Tim 1, Ams 27:5-6

22 Oktober - Yohanes 6:60-71, 1 Petrus 4: 1-11, Kidung 6, Ratapan 1

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392
Daftar Resmi Susunan Kabinet Jokowi Jilid II
Klik Disini



Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH HARI DOA SEDUNIA 2019 - hari Reformasi, Kamis, 31 Oktober 2019
MARILAH SEGALA SESUATU TELAH TERSEDIA - Lukas 14:15-24
Link VIDEO Pesan Majelis Sinode dalam rangka HUT ke-9 PELKAT PKLU GPIB Minggu, 13 Oktober 2019

Tata Ibadah Syukur HUT ke-9 PKLU GPIB - Minggu, 13 Oktober 2019
1-JUKLAK HUT KE-9 PKLU GPIB, 2-PESAN MS GPIB HUT ke-9 PKLU, 3-SURAT PENGANTAR TATA IBADAH HUT PKLU KE-9, 4-TAIB HUT 9 PKLU




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 20 Oktober 2019
Joy To The World - David Crowder

Minggu, 20 Oktober 2019
The First Noel - Third Day

Minggu, 20 Oktober 2019
Away in a Manger - Casting Crowns

Minggu, 20 Oktober 2019
Come and Worship - Bebo Norman

Minggu, 20 Oktober 2019
O Come O Come Emmanuel - Casting Crowns

Minggu, 20 Oktober 2019
Hallelujah (Light Has Come) - BarlowGirl

Minggu, 20 Oktober 2019
Hark The Herald Angels Sing - Matt Maher

Minggu, 20 Oktober 2019
O Come All Ye Faithful - Casting Crowns

Minggu, 20 Oktober 2019
Let Us Adore - Hillsong Worship

Jumat, 18 Oktober 2019
Wanted - Danny Gokey

Rabu, 16 Oktober 2019
Oh The Glory of His Presence - Terry MacAlmon

Rabu, 16 Oktober 2019
No Longer Slaves - Jonathan David & Melissa Helser

Rabu, 16 Oktober 2019
In Jesus' Name - Darlene Zschech

Rabu, 16 Oktober 2019
Breakthrough - Red Rocks Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Breathe - Hillsong Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Love Won't Give Up - Elevation Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Here in the Presence - Elevation Worship

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



CONTOH BPJ GKII JEMAAT INDUK DI INDONESIA,   teks lagu puji syukur no 320,   ilustrasi khotbah amsal 22:8-12,   rancangan khotbah amsal 22:8-12,   kalender liturgi oktober 2019,   kalender liturgi oktober 2019,   lagu rohani untuk persembahan ,   lagu penu5up ibadah ,   khotbah amsal 22 : 8-12,   doa persembahan di partangiangan,   chord gitar bri padanya segnap hatimu,   lagu doa gereja singkat,   lagu doa gereja singkat,   lagu dan gerakan anak sekolah minggu umur 3-6 tahun,   gke tata ibadah,   Lagu rohani kuduslah tuhan yg terbaru,   Renungan Wahyu 7:13-18,   lyrics lagu yesus mulia,   lyrics lagu yesus mulia,   kotbah gpib galilea minggu 20 oktober 2019 ,   khotbah Ulangan 7 : 12-14,   khotbah zefanya 3 9 - 20,   renungan ibadah pemuda zefanya 3:9-20,   renungan ibadah pemuda zefanya 3:9-20,   ny rohani 94,   lagu natal ceria,   lagu kidung ceria,   Lagu kur gereja tiberias,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   khotbah amsal 22:8-12,   khotbah amsal 22:8-12,   kalender liturgi katolik 2019,   lagu persembahan,   renungan hagai 1; 12-14,   kalender liturgi katolik 2019,   hagai 1:12-14,   hagai 1:12-14,   kunci lagu senja mulai terbenam lagu rohani,   lagu penutup ibadah,   lagu penutup ibadah,   jamita 1 korintus 6 1-8,   khotbah kristiani kitab 2 timotius 3 : 10 -17,   renungan Melayani Tuhan seumur hidup,   Ambilan minggu bapa gkps 3september 2019 gkps,   khotbah Ulangan 7 : 12-14,   pelita hidup lukas 17:11-19 khotbah,   pelita hidup khotbah lukas 17:11-19,   pelita hidup khotbah lukas 17:11-19,   tafsiran amsal 22 8 12,   renungan zefanya 3:1-20,   renungan umat tuhan menjadi kenamaan dan pujian menurut zefanya 3:9-20,   patitur mazmur 150,   makna lagu burung pipit yang kecil,   Sabda bina pemuda gpib bulan oktober,   sabda bina umat gpib 21 oktober 2019,   khotbah yosua 23:1-28,   khotbah yosua 23:1-28,   rancangan khotbah poda 22:8-12,   rancangan khotbah poda 22:8-12,   lirik tabur tabur mari menabur,   Oneway terbang. Mp3,   renungan matius 12:33,   contoh ilustrasi dari pembacaan kitab Yoel 1:13-20,   chord gitar kidung ceria 265,   chord gitar kidung ceria 265,   chord gitar kidung ceria 265,   yesus nampi nu dosa loril,   Kidung kabungahan no 45 yesus nampi nu dosa lirik,   Kidung kabungahan no 45 yesus nampi nu dosa,   kotbah gpib galilea minggu 20 oktober 2019 ,   lagu yang cocok untik persembahn,   renungan amsal 22:8-12,   kalender liturgi 2019,   Amsal 22; 8-22,   lagu-gereja.com,   renungan dari amsal 22 ,8;12,   khotbah dari amsal 22;8-12,   Penafsiran 1 yoh 4 ; 1 - 6,   dia girangkanku mp3,   download lagu kumasuki gerbangnya mp3 frankie,   download lagu kumasuki gerbangnya,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   LAGU ROHANI PERSEMBAHAN,   lagu gereja baru,   lagu pernikahan dari kj atau nkb,   kotbah amsal 22:8-12,   katekisasi 22,   pembacaan Alkitab GMIM 20 oktober 2019,   slide ezra 4:1-16,   lirik lagu rohani hanya dekat allahku,   almanak HKI,   hari hari besar dalam kalender gerejawi gki,   alkitab johanes 4:21-26,   alkitab johanes 4:21-26,   isi nats johanes 4:21-26,   johanes 4:21-26,   lagu memberi persembahan,   jamita Johannes 4:21-26,   khotbah ibadah GMIT minggu 29 september 2019,   lagu rohani sebelum doa syafaat,   khotbah bilangan 22,   rohani 16,   lagu mazmur 121,   Jamita johanes 4:21-26,   download 40 lagu rohani kristen paling menyentuh hati saat teduh,   warna liturgii 20 oktober 2019,   khotbah tentang 2 timotius 3:14-4:5,   penilik jemaat dan kewajibannya,   doa berkat,   menjadi kenamaan di bumi,   menjadi kenamaan di bumi,   khotbah minggu,20 oktober 2019,   lirik lagu rohani badai prahara,   khotbah johannes 4,21_26,   lirik lagu rohani badai prahara,   lirik lagu rohani badai prahara,   renungan yohanes 4 : 21 - 26,   khotbah bilangan 22,   khotbah bilangan 22,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   Ilustrasi khotbah yohanes 4:21-26,   kumpulan lagu pujian penutup ibadah,   Renungan Wahyu 7:13-17,   you tube karaoke lagu rohani ikut dikau saja tuhan,   Kotbah yohanes 4:21-26,   kidung ceria 125,   download lagu rohani 15 kristen 2019,   khotbah pembacaan zefanya 3 :10-20,   khotbah pembacaan zefanya 3 :10-20,   Hotbah Amsal 22:6,   lagu rohani pengakuan dosa,   refrensi lukas 12:8-12,   kalender liturgi 2019,   catatan khotbah ratapan3:40,   doa persembahan kolekte katolik,   kudaki daki lirik, versi mandarin,   di sebrang sana lagu rohani mp3 download,   di sebrang sana lagu rohani mp3 download,   contoh doa persembahan gke,   download lagu rohani kristen mp3 gratis 2018,   Jamita HKBP. Minggu 20 Oktober 2019. Johannes 4 : 21 - 26,   Jamita Minggu 20 Oktober 2019. Johannes 4 : 21 - 26,   Perikop kotbah joh 4: 21-26.,   notasi angka kj 452,   renungan bacaan injil lukas 12:8-12,   lagu panasnya mata hali,   MP3 music lagu rohani Alfa omega,   MP3 music lagu rohani Alfa omega,   penerangan lukas 12 8-12,   jamita partangiangan jesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   jamita partangiangan jesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   tata ibadah malam akhir tahun keluarga,   catatan khotbah matius 9:18,   catatan khotbah matius 9:18,   Renungan Wahyu 7:13-17,   renungan luk12:8-12.com,   renungan lukas 12:8-12,   pkj 213 gambar not,   pkj 213 gambar not,   lagu rohani tentang doa untuk greja,   lagu pkj 202,   lagu pkj 202,   contoh lagu untuk persekutuan akhir bulan,   lagu pkj 202,   lagu nkb tentang aku dan seisi rumahku,   jamita Evagelum HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   yohanes 4:21-26,   cerita orang samaria yang baik hati,