Save Page
Yosua 8:14-21
8:14 Pagi-pagi, ketika raja negeri Ai melihat hal itu, maka ia dan seluruh rakyatnya, orang-orang kota itu, segera keluar berperang, menyerbu orang Israel, ke lereng di seberang dataran itu; raja itu tidak tahu, bahwa ada orang bersembunyi di belakang kota. 8:15 Yosua dan seluruh orang Israel itu berlaku seolah-olah dipukul mundur oleh mereka, lalu melarikan diri ke arah padang gurun. 8:16 Sebab itu semua orang yang ada di kota dikerahkan untuk mengejar orang Israel. Maka mereka mengejar Yosua, sehingga makin jauhlah mereka terpancing dari kota. 8:17 Seorangpun tidak tertinggal lagi di Ai dan Betel yang tidak keluar memburu orang Israel. Mereka meninggalkan kota itu terbuka, karena mereka mengejar orang Israel. 8:18 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Acungkanlah lembing yang ada di tanganmu ke arah Ai, sebab Aku menyerahkan kota itu ke dalam tanganmu." Maka Yosua mengacungkan lembing yang di tangannya ke arah kota itu. 8:19 Ketika diacungkannya tangannya, maka segeralah bangun orang-orang yang bersembunyi itu dari tempatnya, mereka berlari memasuki kota, merebutnya, lalu segera membakar kota itu. 8:20 Ketika orang Ai berpaling menoleh ke belakang, tampaklah asap kota itu naik membubung ke langit; mereka tidak sempat melarikan diri ke manapun juga, sebab rakyat yang tadinya lari ke padang gurun, berbalik melawan pengejar-pengejarnya. 8:21 Ketika Yosua dan seluruh Israel melihat, bahwa orang-orang yang bersembunyi itu telah merebut kota dan bahwa asap kota itu naik membubung, berbaliklah mereka, lalu menewaskan orang-orang Ai.

Penjelasan:



* Yos 8:10-17
Setelah bermalam di Gilgal, keesokan paginya Yosua mengumpulkan (wayyipqod, "menghitung") pasukan tersebut dan bergerak maju mendaki bukit dengan mereka sepanjang tiga belas hingga lima belas mil ke Ai (dakian setinggi 3200 kaki). Pasukan utama diperintahnya berkemah di seberang suatu lembah di utara Ai. Kemudian dia mengirimkan pasukan penyergap lain yang terdiri atas 5000 orang (satu detasemen lengkap, tidak disebutkan sebagai "pahlawan-pahlawan yang gagah perkasa") untuk memotong setiap pengiriman perbekalan ke Ai yang mungkin dikirimkan dari Betel (Yos. 8:17 dan 12:16b menunjukkan bahwa 5000 orang ini sibuk membunuh orang Betel. Dengan demikian kemampuan tempur dari Betel sudah dilumpuhkan dan kota itu tidak perlu lagi ditaklukkan Israel hingga kemudian hari; Hak. 1:22-26). Malam itu Yosua menginap di lembah di barisan depan agar bisa cepat memimpin serangan keesokan harinya.

* Yos 8:14 - Ke lereng di seberang dataran itu
Ke lereng di seberang dataran itu. Terjemahan yang lebih tepat, tempat yang ditentukan ke arah Araba (Lembah Yordan), yaitu wilayah di mana pasukan Ai telah berhasil mengalahkan pasukan Israel.

* Yos 8:18 - Acungkanlah lembing
Acungkanlah lembing. Senjata Yosua yang dipakai sebagai pemberi tanda menyerang adalah lembing (kidon) yaitu tombak dengan ujung yang lebar sehingga memantulkan sinar matahari yang dapat dilihat tiga puluh orang pasukan penyergap yang tersembunyi.

* Bangkit dari kegagalan
Kekalahan dan melaluinya, merupakan pengalaman yang berharga bagi seseorang agar ia belajar tidak percaya diri berlebihan dan tidak sembarangan dalam bertindak. Bagi umat Tuhan, kalah atau gagal diizinkan terjadi oleh Tuhan yang mengasihi mereka. Tuhan ingin kita lebih mengandalkan Dia dan lebih setia pada firman-Nya.

Nasi sudah jadi bubur. Karena itu tidak ada gunanya hanya menyesali kegagalan. Setelah sadar akan kesalahan dan menyesalinya, harus dilanjutkan dengan pertobatan yang sungguh-sungguh dan upaya memperbaiki hal-hal yang bisa diperbaiki. Itulah yang diperintahkan Tuhan kepada Israel. Kini mereka kembali menyiapkan peperangan melawan Ai. Dengan menyiapkan pasukan tiga puluh ribu, mereka tidak lagi memandang remeh musuh (3). Kali ini Tuhan mengizinkan mereka menjarah (2) dan mengajarkan mereka strategi yang sama sekali berbeda dari strategi ketika mereka menaklukkan Yerikho. Tuhan menggunakan taktik menjebak musuh yang terlena oleh kemenangan mereka yang terdahulu (14- 17). Namun, kunci kemenangan Israel ada pada menaati mutlak firman Tuhan (8).

Kegagalan menjadi peringatan akan pentingnya berfokus terus-menerus kepada Tuhan bukan kepada diri sendiri. Itulah yang umat Israel lakukan dengan upacara persembahan kurban serta pembacaan Hukum Taurat di Gunung Ebal (30-32, Ul. 27:2-8). Tindakan ini merupakan bukti formal pertobatan sejati umat serta komitmen untuk tidak lagi mengulang kebodohan itu.

Tidak ada orang yang tidak pernah gagal. Kita akan dapat bangkit dari kegagalan apabila kita jujur kepada Allah dan membuka diri kepada pengajaran dan pertolongan-Nya. Allah yang tidak pernah gagal itu mampu mengubah kegagalan menjadi bagian dari perwujudan rencana-Nya di dalam hidup umat-Nya.


MINGGU XVII SES. PENTAKOSTA ,
JUMAT, 11 OKTOBER 2019
Renungan Pagi
KJ .251 : 1,2 -Berdoa
KETAATAN + KEMAMPUAN = KEMENANGAN

Yosua 8:1-13
dan kepada mereka diperintahkannya, katanya: "Ketahuilah, kamu harus bersembunyi di belakang kota itu untuk menyerangnya, janganlah terlalu jauh dari kota itu, dan bersiap-siaplah kamu sekalian (ay 4)

Persiapan yang matang sangat diperlukan dalam melakukan segala sesuatu. Tanpa ada persiapan yang matang. tampaknya mustahil sebuah kegiatan dapat berjalan dengan baik- Karena itu, sudah sewajarnya panitia penyelenggara sebuah acara bertemu beberapa kali untuk membuat perencanaan yang matang. Meskipun begitu, sebaik apapun kita merencanakan segala sesuatu tu tetapi jika Tuhan tidak mengizinkannya terjadi, apa yang sudah kita rencanakan pasti tidak akan berhasil. Dengan demikian sudah semestinya sebagai umat percaya ketika kita merencanakan segala sesuatu terlebih dahulu kita memohon dan berserah pada kehendak Tuhan agar semua rencana kita dapat berjalan dengan baik.

Dalam kisah ini, ada dua dimensi yang bergabung sehingga bangsa Israel memperoleh kemenangan. Pertama, ketaatan bangsa Israel atas perintah dan petunjuk yang Tuhan berikan. Tuhan menjadi pembuat strategi penyerangan kota Ai, bangsa Israel menjadi para pelakunya. Kedua, Yosua menyiapkan prajurit terbaik, mereka disebut pahlawan-pahlawan yang gagah perkasa (Yos 8:3) Mereka adalah para tentara yang memiliki kemampuan hebat sebagai penyerang kota Ai. Ketika ketaatan kepada perintah Tuhan dan kemampuan bangsa Israel digabungkan, mereka tampil sebagai pemenang.

Demikian jugalah rumusan agar kita bisa membangun hidup sejahtera. Kita perlu menggabungkan ketaatan kepada Perintah Tuhan dan memberdayakan setiap potensi yang kita miliki. Semuanya diawali dengan telinga yang mau mendengar perintah Tuhan kemudian dilanjutkan dengan seluruh tubuh yang bergerak Seiramadengan apa yang telinga dengar dan diakhiri dengan mengerahkansemua kemampuan yang kita miliki. Bila ini kita lakukan, maka
Tuhan pasti akan mendatangkan damai sejahtera kepada setiap umat-Nya.

KJ.251:3,4
Doa : (Ajar kami, ya Allah, untuk selalu mengandalkan Engkau mengerahkan semua kemampuan kami dalam menghadapi segala tantangan yang ada)




MINGGU XVII SES. PENTAKOSTA
JUMAT, 11 OKTOBER 2019
Renungan Malam
KJ.436 : 1 -Berdoa
MENGALAH UNTUK MENANG

Yosua 8: 14 -21
Yosua dan seluruh orang Israel itu berlaku seolah-olah dipukul mundur oleh mereka, lalu melarikan diri ke arah padang gurun (ay.15)

The Art of War adalah judul buku yang dipakai oleh banyak lembaga kemiliteran di seluruh dunia. Buku karya seorang filsuf dan Jendral dari Tiongkok bernama Sun Tzu ini, membawa pengaruh bagi filosofi dunia Barat dan Timur. Melalui buku tersebut, kita akan mengenal strategi yang dapat dipakai militer khususnya dalam perang. Strategi menjadi hal yang penting dan berpengaruh besar dalam keberhasilan atau kegagalan berperang. Dalam bacaan kita, Allah juga merancang strategi. Allah merancang strategi perang bagi bangsa Israel untuk berperang melawan Ai.

Berbangga diri karena berhasil memenangkan peperangan, Raja Ai bersemangat untuk segera menyerbu Israel kembali; Kali ini, ia membawa seluruh rakyatnya untuk mengejar bangsa Israel. Tanpa disadari, Raja menjadi Iengah danmembiarkan kotanya terbuka. Sesuai dengan strategi yang Allah perintahkan, Yosua dan seluruh tentara Israel melarikan diri dengan maksud memancing orang Ai jauh dari kotanya. Dalam keadaan demikian, tentara Israel yang
bersembunyi kemudian membakar habis kota Ai. Orang Ai yang tadinya mengejar Israel kini berada dalam situasi terjepit karena mereka diserang dari dua pihak. Pada akhirnya mereka semua tewas. Tidak ada satu pun yang Iuput atau terlepas, kecuali sang Raja.

Sungguh sebuah strategi yang tidak diduga oleh orang Ai. Israel berpura-pura kalah tetapi keadaan ini justru berubah menjadi kemenangan saat Israel melakukan strategi yang Allah berikan. Dapat disimpulkan, Israel mengalah untuk menang. Strategi ini nampaknya dapat digunakan saat ini dalam rangka membangun masyarakat yang sejahtera. Sudah bukan zamannya Iagi kita berlindak anarkis dan menteror mereka yang berbeda dengan kita. Mengalahlah terIebih dahulu dengan memperlihatkan kasih Allah kepada mereka, maka Ia akan memenangkan kita.

KJ.436 : 3
Doa : (Ya Allah, ajar kami untuk dapat mengalah demi kemenangan kami)

Label:   Yosua 8:14-21 




Lagu Natal (Christmas)
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 12 Oktober 2019 - HUT ke-9 PKLU GPIB - IKATAN INDAH BERSAMA ALLAH - Yosua 9:16-21 - MINGGU XVI SESUDAH PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Kamis, 10 Oktober 2019 - TIDAK KOMPROMI TERHADAP KESALAHAN - Yosua 7:22-26 - MINGGU XVI SESUDAH PENTAKOSTA

Garis Besar Yosua






November 17-23 (Week 47) - Ezra 1-2; John 21 || Ezra 3-4; Psalm 92; 1 John 1 || Haggai; Zechariah 1; Ps 138; 1 John 2 || Zech 2-5; Psalm 93; 1 John 3 || Zech 6-8; 1 John 4

Hari ini, 18 November - Kisah Para Rasul 15-18

Hari ini, 18 November - Maz 122:8-124:2, Yeh 21-22, Ibr 12, Ams 29:4-5

Hari ini, 18 Nopember - Yohanes 12:1-11, 1 Yohanes 4:7-21, Ayub 16, Yehezkiel 45-47

BACAAN ALKITAB SETAHUN:



Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392





Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Rabu, 06 Mei 2015
GB 402c AMIN

Rabu, 06 Mei 2015
GB 402b AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 402a AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 401 AMIN, AMIN, YA, BENAR ADANYA

Kamis, 20 Juni 2013
GB 400 AMIN, AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 399 AMIN, HALELUYA!

Selasa, 06 Agustus 2013
GB 398b MARANATHA dan GB lama maranatha - gb 293c pada GB Lama

Senin, 29 Juli 2013
GB 398a MARANATHA & GB lama 293a MARANATHA

Senin, 22 Juli 2013
GB 397 HOSIANA

Senin, 22 Juli 2013
GB 396 HOSIANA, HOSIANA

Kamis, 11 Juli 2013
GB 395 HALELUYA! AMIN

Kamis, 11 Juli 2013
GB 394 HALELUYA, HALELUYA! PUJILAH TUHANMU

Kamis, 11 Juli 2013
GB 393 HALELUYA

Senin, 20 Juli 2015
GB 392b KEPADAMU PUJI-PUJIAN

Kamis, 18 Juli 2013
GB 392a KEPADAMU PUJI-PUJIAN

Rabu, 31 Juli 2013
GB 391 TUHAN MENYERTAI KAMU

Rabu, 29 April 2015
GB 389b KARNA ENGKAULAH

Selasa, 23 Juli 2013
GB 389a KARNA ENGKAULAH

Senin, 29 Juli 2013
GB 388 PUJI ALLAH | MULIAKANLAH

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



kalender liturgi katolik 2019,   index.php?i= 84,   index.php?i= 44,   index.php?i= 27,   index.php?i= 73,   index.php?i= 52,   index.php?i= 52,   index.php?i= 49,   index.php?i= 72,   index.php?i= 72,   lagu persembahan sekolah minggu,   index.php?i= 13,   index.php?i= 34,   index.php?i= 34,   habakuk 3 : 1 - 6, minggu 24 Nov 2019,   lirik lagu sering kutanya pada diriku,   cerita sekolah minggu 28 april 2019,   renungan mazmur 39,   Renungan liturgi katholik 1 desember 2019 ,   Renungan liturgi katholik 1 desember 2019,   kalender katolik bulan november 2019,   susunan lagu gpdi untuk ibadah miggu,   keluaran 19 : 1-6,   emmanuel singers mp3 download,   nyanyian untuk misa harian tanggal 18 november 2019,   nyanyian untuk misa harian tanggal 18 november 2019,   penjelasan nats yesaya 65 17 25,   khotbah jermia 33 14 16 gpib,   Yesaya 58 : 6-12 Alkitab,   Yesaya 58 : 6-12 Alkitab,   Yesaya 58 : 6-12 Alkitab,   sabda guna dharma krida 2019,   materi katekisasi gpib,   khotbah nahum 1:1-8,   nahum 1 : 1-8 kotbah,   nahum 1 : 1-8 kotbah,   nahum 1 : 1-8 kotbah,   nahum 1 : 1-8 kotbah,   lagu penutup dalam ibdah,   MP3 lagu rohani bahana nama Tuhan SATB,   lagu persembahan kristen rohani,   jamita minggu pilipi 4 : 10 - 20,   ayat pembacaan alkitab gereja toraja tanggal 17 november 2019,   ayat pembacaan alkitab gereja toraja tanggal 17 november 2019,   ayat pembacaan alkitab gereja toraja tanggal 17 november 2019,   nyanyian lagu kanon,   renungan mazmur 72,   lagu buat persembahan persembahan,   lagu pujian gbi rock,   Khotbah Matius 16 : 13-20 Anugerah Allah Nyata dlm pengakuan Iman,   ppt materi katekisasi manusia dan lingkungan,   lagu pujian syukur,   KHOTBAH YOHANES 3 AYAT 1 SAMPAI 21,   khotbah dari 1 tes 2:19-20,   khotbah dari 1 tes 2:19-20,   jamita pilipi 4:10-20 versi hkbp,   kmm 99:1-2,   santapan rohani kristen Minggu 17 Nov 1019,   download lagu rohani boom boom,   khotbah Nahum 1: 1- 8,   khotbah nahum 1 1 8,   lirik dunia gemar dan soraklah dan joy to the wordl,   khotbah nahum 1:1-8,   khotbah dari maz 83:1-19,   bahasa batak Pilippi 4 : 10 – 20,   lagu rohani untuk persembahan syukur,   Topik jamita Hkbp minggu 17 november 2019 filipi 4 : 10 - 20,   Topik jamita Hkbp minggu 17 november 2019 filipi 4 : 10 - 20,   Topik jamita Hkbp minggu 17 november 2019 filipi 4 : 10 - 20,   Topik jamita Hkbp minggu 17 november 2019 filipi 4 : 10 - 20,   Topik jamita Hkbp minggu 17 november 2019 filipi 4 : 10 - 20,   Topik jamita Hkbp minggu 17 november 2019 pilippi 4 : 10 - 20,   kotbah waspada,   kotbah waspada,   Jamita minggu 17 november 2019. Filipi 4: 10- 20 bahasa batak toba,   Jamita minggu 17 november 2019. Filipi 4: 10- 20 bahasa batak toba,   Jamita HKBP minggu 17 november 2019. Filipi 4: 10- 20 bahasa batak toba,   khotbah kristen 2019,   khotbah 2 tesalonika 3:6-13,   Topik jamita Minggu 17 nopember 2019. Pilippi 4 : 10 - 20.,   nyanyian kidung keesaan,   Topik jamita HKBP Minggu 17 november 2019. Filipi 4 : 10 - 20.,   jamita pilipi 4: 10-20 versi hkbp,   khotbah filipi 4 10-20,   ppt materi katekisasi manusia dan lingkungan,   nyanyian rohani 94 lirik,   nyanyian rohani 94 lirik,   nyanyian rohani 94,   Jadikanku pelangi indah olga victoria ,   contoh liturgi natal untuk kaum wanita,   renungan harian kejadian 6:1-8,   cerita sekolah minggu 16 nov 2019,   Ae khuda meri roshni meri nizat mp3 free download song by Anil kabt,   khotbah mazmur 104 1 9,   kotbah minggu 24november2019,   renungan daniel 11,   lagu rohani kristen pernikahan,   renungan nahum 1 1-8,   Lirik tasbiih al rab,   tata ibadah katolik,   download album gms mp3,   Jadikan pelangi indah olga victoria,   kotbah uem,   kotbah natal matius 7 : 16,   Pemahaman Alkitab 2 Tesalonika 2:1-12,   tata ibadah perjamuan kudus hkbp,   KHOTBAH MAZMUR 89:1-9,   Pemahaman Alkitab 2 Tesalonika 2:1-12,   nkb 37 not dan lagu,   Pemahaman Alkitab 2 Tesalonika 2:1-12,   khotbah tentang malaikat,   yohanes 8:1-19,   tata ibadah GERMITA,   tata ibadah GERMITA,   pujian untuk persembahan syukur,   perayaan liturgi umat katolik bulan november 2019,   Khotbah Lukas Pasal 21:5-19,   tafsiran lukas 21:5-19,   renungan mazmur 55:2-8,   Khlbh masmur 55:2-,   khotbahkis rasul 10 34 36 gpib,   Khlbh masmur 55:2-,   renungan Nahum 1:2-8,   filipi 4:10-20,   filipi 4:10-20,   bacaan sabda bina umat hari ini,   https://www.lagu-gereja.com/index.php?ipage=8940,   Renungan khotbah pengharapan mnrut Mzm 40:5-6,   Renungan khotbah pengharapan mnrut Mzm 40:5-6,   renungan Nahum 1:2-8,   liturgi ibadah penghiburan dan kedukaan,   kotbah uem,   kalender liturgi Desember 2019,   kalender liturgi Desember 2019,   kalender liturgi Desember 2019,   kalender liturgi 2019,   lagu rohani tentang pertobatan,   lagu pengantar bacaan firman tuhan,   Wahyu 22: 12,   unduh daftar bacaan gmit tahun 2019,   renungan minggu uem,   renungan yohanes 12 37-43,   Bacaan kristen tgl 17 nopember 2019,   Contoh renungan untuk ibadah minggu tgl 17 november 2019,   saat teduh tekun berkarya,   kalender gerejawi 2019,   di depan mata yesus,   renungan Luk 21,5-19,   renungan kristen ibrani 13:20-21 dari gmit,   renungan Nahum 1 : 1-8,   tema natal gereja hkbp tahun 2019 1 Yohanes 4:42,   tema natal hkbp tahun 2019 ,   thema natal hkbp 2019,   thema natal hkbp 2019,   dangdut rohani,   khotbah pilipi 4:10-20 17 november 2019,   kotbah markus 2:1-12,   renungan lukas 20: 25,   Penjelsan nats firman ibrani 11:1 utk ank sekolh minggu,   renungan singkat dari masmur 11:1-7,   renungan nahum 1 : 1-8,   khotbah tentang malaikat,   Rngn kol 1:15-20 ,   kalender liturgi 2020,   kotbah kolose1:15-23,   lirik lagu firmanmu pelita kc 140,   Nats khotbah amsal 19:20-29,   kotbah Lukas 21:5-19,   kotbah Lukas 21:5-19,   kalender liturgi 2020,   kalender liturgi 2020,