Save Page
Bahan Khotbah Minggu ke-44                   Tanggal 3 November 2019

BERIMAN DALAM KETIDAKAMANAN
(Ma"patongan Lan Katangrapasan)

Bacaan Mazmur     : Mazmur 32:1-7
Bacaan 1    : Habakuk 1:1-4; 2:1-4 (Bahan Utama)
Bacaan 2    : 2 Tesalonika 1:1-4,11-12
Bacaan 3    : Lukas 19:1-10
Nas Persembahan    : Mazmur 96:8
Petunjuk Hidup Baru    : Habakuk 2:4

Tujuan:
1.Jemaat mengetahui bahwa Tuhan tidak akan berdiam diri melihat umat-Nya tertindas.
2.Jemaat tetap teguh beriman di tengah berbagai ketidaknyamanan/kekuatiran hidup.

Pemahaman teks
    Gambaran secara ringkas tentang isi atau berita yang terdapat dalam tiap bacaan tersebut di atas dapat diuraikan sebagai berikut:
Mazmur 32:1-7 merupakan mazmur atau nyanyian syukur orang yang diampuni dosanya. Selama hidup dalam dosa, ia merasa berada di bawah penindasan Tuhan. Tetapi tatkala ia membuka diri, mengakui dosanya di hadapan Tuhan, ‘mencari‘ dan menemui Tuhan, ia akhirnya merasakan betapa Tuhan itu murah hati: dosanya diampuni. Tuhan terbuka menerima orang berdosa yang datang kepada-Nya; Ia berkenan menjadi tempat perlindungan umat-Nya dari berbagai ancaman, Ia adalah penjaga dalam kesesakan, dan penolong dalam bahaya. Itu sebabnya pemazmur sungguh merasakan kebahagiaan sebagai orang tebusan Allah.
Habakuk 1:1-4; 2:1-4 berisi teriakan seorang yang tertindas kepada Tuhan. Ia merasa ditinggalkan, dan Tuhan seakan tidak peduli akan keadaannya. Namun demikian, Tuhan memastikan bahwa apa yang dijanjikan-Nya akan nyata. Ia akan membebaskan umat-Nya sementara itu orang yang sombong akan berlalu. Sebab itu, berbahagialah mereka yang percaya/beriman.
Bacaan 2 Tesalonika 1:1-4, 11-12 memperlihatkan dua hal yang dilakukan Paulus terkait dengan sikap Jemaat Tesalonika. Pertama, Paulus mengucap syukur melihat kepercayaan dan kasih jemaat Tesalonika yang semakin bertambah walaupun di tengah penderitaan dan penganiayaan. Kedua, Paulus mendoakan mereka supaya tetap tabah menjelang kedatangan Tuhan menghadapi penganiayaan dan penindasan.
Lukas 19:1-10 mengisahkan tentang Zakheus, seorang pemungut cukai. Orang yang menggeluti pekerjaan seperti Zakheus termasuk yang sangat dibenci oleh orang Yahudi, karena mereka dianggap berpihak kepada pemerintah penjajah (Romawi). Karena keberpihakan itu pula, mereka pun dipandang melawan kehendak Allah sebab hanya kepada Allahlah persembahan layak diberikan (bukan kepada manusia, termasuk Kaisar Romawi). Dengan demikian, mereka tergolong orang berdosa sehingga patut disisihkan dari masyarakat (Yahudi). Namun demikian, sikap Yesus yang menerima Zakheus menunjukkan bahwa Tuhan menerima orang yang berdosa dan tersisih dari masyarakat. Ia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.
Bertolak dari Habakuk 1:1-4; 2:1-4 (sebagai bahan utama), kita dapat merumuskan  kesatuan pesan yang terdapat dalam keempat bahan bacaan di atas, yaitu bahwa penindasan atau ketertindasan nyaris tak terelakkan dari kehidupan umat Allah. Kehadiran Allah sendiri bahkan seringkali dialami oleh umat-Nya sebagai pribadi yang  menindas dengan tangannya (Mzm. 32:1-7).  Dalam ketertindasan, Nabi Habakuk sudah berkali-kali berseru kepada Allah untuk dilepaskan, namun Tuhan seakan tidak peduli. Namun demikian, ia percaya pada janji Tuhan, bahwa akan tiba masanya Tuhan akan membebaska umat-Nya. Untuk hal itu, Nabi Habakuk percaya pada janji Allah. Sikap percaya pada janji Allah juga ditunjukkan oleh jemaat di Tesalonika. Hal itu yang memungkinkan mereka bertekun dalam iman di tengah-tengah penderitaan. Perbuatan Allah yang membebaskan umat-Nya dari penindasan itu telah dialami oleh Zakheus. Ia yang tersisih dari masyarakat dirangkul oleh Tuhan Yesus. Buahnya, Zakheus mengalami perubahan hidup.
Fokus pada Habakuk 1:1-4; 2:1-4, kita menemukan adanya teologi salib versi Perjanjian Lama. Terlihat, betapa kehadiran Tuhan tidak hanya ditemukan (atau bahkan terutama) di titik-titik tinggi kehidupan, yakni di kala kehidupan dipandang baik, melainkan Ia juga hadir dan memenuhi kehidupan kita dalam pelbagai penderitaan yang kita alami.
Habakuk memberikan dua gambar atau potret kehidupan beriman. Yang pertama, adalah bahwa orang benar hidup sekarang dalam terang janji yang telah mereka terima. Tuhan selalu memiliki rencana yang baik atas kehidupan umat-Nya. Janji dan rencana itu pasti akan diwujudkan-Nya. Kehidupan beriman menjanjikan visi itu. Kita hidup sekarang dengan iman penuh bahwa  janji dan tindakan yang Tuhan lakukan untuk mewujudkan janjinya itu akan terlaksana. Oleh sebab itu, kendatipun di sekeliling sekarang ini, kita melihat dunia di mana terlalu sering "orang jahat mengelilingi orang benar," Tetapi kita percaya bahwa visi Tuhan akan kebaikan umatnya pasti akan datang.
Gambaran kedua dari kehidupan iman adalah bahwa orang-orang yang mengasihi Tuhan akan selalu bersukacita. Sukacita itu melampaui keadaan ketika lumbung, ranting, dan padang rumput kosong. Ini adalah gambaran hati yang mengasihi Tuhan: ia  bukan hanya  bersukacita kala berkat-berkat Tuhan melimpah, kala karunia-karunia Allah nyata. Orang beriman tahu dan menerima kenyataan bahwa titik-titk terendah dalam hidup bukanlah suatu pertanda bahwa Tuhan telah meninggalkan kita. Percaya yang benar menerima dan mengakui bahwa Allah sesungguhnya akan menemukan kita pula di dalam penderitaan kita.

Pokok-pokok pengembangan khotbah
    Tuhan selalu hadir dalam kehidupan umat-Nya. Tanda kehadiran-Nya tidak hanya ketika umat-Nya merasa terberkati. Allah pun hadir kadangkala justru ketika umat-Nya merasakan bahwa kehdupan ini diliputi dengan berbagai kesulitan dan penderitaan.
    Orang beriman adalah orang yang mengasihi dan menerima pelbagai cara Tuhan hadir dan memelihara kehidupannya. Ia percaya bahwa Tuhan selalu merancangkan kebaikan bagi kehidupannya. Kebaikan itu harus dilihat pertama-tama dari sudut pandang Alllah, bukan manusia. Dalam hal inilah, apa yang baik dalam pemandangan Allah, bisa tampak tidak baik dalam pemandangan manusia.
    Kita mesti berhati-hati untuk tidak melihat kehidupan secara fatalis. Kita tidak boleh memandang bahwa semua penderitaan yang terjadi dalam hidup itu disebabkan oleh tindakan Allah. Banyak kali, hal itu terjadi karena tindakan kita sendiri; karena dosa yang kita lakukan. Oleh sebab itu, manusia perlu selalu berbenah diri, jangan membiarkan diri hidup dalam dosa.
    Perbuatan dosa kendatipun untuk sesaat memberi kenikmatan, pada akhirnya pasti akan membawa penderitaan. Sebaliknya, tindakan Allah, kendatipun untuk sesaat memberi penderitaan, pada akhirnya akan membawa kehidupan dan keselamatan.
    Memahami dan meyakini bahwa rencana dan tindakan Allah selalu baik bagi umat-Nya, akan membuat orang percaya dimampukan untuk selalu beriman dalam ketidakamanan hidup yang dijalaninya.

Aplikasi
Apakah hidup anda saat ini sudah aman dan nyaman? Apakah berkat-berkat Tuhan selalu anda rasakan? Sukacita selalu dan senantiasa melingkupi hidup anda di semua tempat dan bidang kehidupan yang anda jalani? Mungkin tidak banyak, bahkan tidak ada orang, yang dengan yakin akan menjawab "Ya" atas semua pertanyaan tersebut. Hal itu terjadi karena situasi tak aman dan nyaman selalu menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia, termasuk umat Allah.
    Jika ketidakamanan itu terjadi karena dosa dan kesalahan kita, segeralah bertobat dan tinggalkanlah dosa itu. Percayalah, Allah terbuka menerima dan mengampuni kita (bandingkan bacaan Mazmur dan Zakheus). Oleh pengampunannya, kita pasti berbahagia. Dosa selalu membebani kita di hadapan Allah. Bandingkan saja ketika kita berhutang kepada seseorang, kepada Bank, apalagi kepada rentenir. Hari-hari kita dipenuhi dengan beban, rasa bersalah, dan ketertekanan. Hidup kita tidak aman dan nyaman. Namun seandainya Bank atau pemiutang kita menyatakan "hutangmu sudah tidak kuperhitungkan lagi", kita pasti bersukacita. Demikianlah dalam kasih dan keterbukaan Allah menerima kita yang berdosa. Jika kita datang kepadanya kita pasti akan bersukacita karena ia berkenan mengampuni dan melunaskan "hutang" dosa kita.
    Jika ketidakamanan itu terjadi di saat kita telah hidup dalam jalan-Nya, janganlah meninggalkan jalan kebenaran yang telah kita pilih. Tetaplah hidup dalam jalan-Nya. Karena jalan-Nya pasti membawa kita kepada kehidupan yang baik yang telah dijanjikan-Nya. Jangan mengukur kehadiran Allah berdasarkan berkat-berkat yang kita terima, tetapi ukurlah berkat-berkat Allah dari sudut pandang Allah sendiri yang selalu berencana dan bertindak demi kebaikan dan keselamatan umat-Nya.


Label:   Habakuk 1:1-4; 2:1-4 




Lagu Natal (Christmas)
Latest Christian Song

NEXT:
Bahan Penelaahan Alkitab - Tanggal 4-9 November 2019 (Puncak Minggu Kaum Bapak) - BERIMAN DALAM KETIDAKAMANAN (Ma‘patongan lan Katangrapasan) - 2 Tesalonika 1:1-4, 11-12

PREV:
Bahan Penelaahan Alkitab - Tanggal 28 Oktober-02 November 2019 - MENIKMATI BUAH PEMULIHAN DAN PERTOBATAN (Umperasai Buanna katilendokan sia Kapengkatobaran) - Lukas 18:9-14

Garis Besar Habakuk






November 10-16 (Week 46) - Ezekiel 46-48; John 16 || Daniel 1-3; Psalm 88; John 17 || Dan 4-6; John 18 || Dan 7-9; Psalm 91; John 19 || Dan 10-12; John 20

Hari ini, 17 November - Galatia 4-6

Hari ini, 17 November - Maz 122:1-7, Yeh 19-20, Ibr 11:20-40, Ams 29:2-3

Hari ini, 17 Nopember - Yohanes 11:45-57, 1 Yohanes 4: 1-6, Ayub 15:17-35, Yehezkiel 42-44

BACAAN ALKITAB SETAHUN:



Arsip Khotbah Gereja Toraja 2019..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392





Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Rabu, 06 Mei 2015
GB 402c AMIN

Rabu, 06 Mei 2015
GB 402b AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 402a AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 401 AMIN, AMIN, YA, BENAR ADANYA

Kamis, 20 Juni 2013
GB 400 AMIN, AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 399 AMIN, HALELUYA!

Selasa, 06 Agustus 2013
GB 398b MARANATHA dan GB lama maranatha - gb 293c pada GB Lama

Senin, 29 Juli 2013
GB 398a MARANATHA & GB lama 293a MARANATHA

Senin, 22 Juli 2013
GB 397 HOSIANA

Senin, 22 Juli 2013
GB 396 HOSIANA, HOSIANA

Kamis, 11 Juli 2013
GB 395 HALELUYA! AMIN

Kamis, 11 Juli 2013
GB 394 HALELUYA, HALELUYA! PUJILAH TUHANMU

Kamis, 11 Juli 2013
GB 393 HALELUYA

Senin, 20 Juli 2015
GB 392b KEPADAMU PUJI-PUJIAN

Kamis, 18 Juli 2013
GB 392a KEPADAMU PUJI-PUJIAN

Rabu, 31 Juli 2013
GB 391 TUHAN MENYERTAI KAMU

Rabu, 29 April 2015
GB 389b KARNA ENGKAULAH

Selasa, 23 Juli 2013
GB 389a KARNA ENGKAULAH

Senin, 29 Juli 2013
GB 388 PUJI ALLAH | MULIAKANLAH

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



index.php?i= 52,   index.php?i= 52,   index.php?i= 49,   index.php?i= 72,   index.php?i= 72,   lagu persembahan sekolah minggu,   index.php?i= 13,   index.php?i= 34,   index.php?i= 34,   habakuk 3 : 1 - 6, minggu 24 Nov 2019,   lirik lagu sering kutanya pada diriku,   cerita sekolah minggu 28 april 2019,   renungan mazmur 39,   Renungan liturgi katholik 1 desember 2019 ,   Renungan liturgi katholik 1 desember 2019,   kalender katolik bulan november 2019,   susunan lagu gpdi untuk ibadah miggu,   keluaran 19 : 1-6,   emmanuel singers mp3 download,   nyanyian untuk misa harian tanggal 18 november 2019,   nyanyian untuk misa harian tanggal 18 november 2019,   penjelasan nats yesaya 65 17 25,   khotbah jermia 33 14 16 gpib,   Yesaya 58 : 6-12 Alkitab,   Yesaya 58 : 6-12 Alkitab,   Yesaya 58 : 6-12 Alkitab,   sabda guna dharma krida 2019,   materi katekisasi gpib,   khotbah nahum 1:1-8,   nahum 1 : 1-8 kotbah,   nahum 1 : 1-8 kotbah,   nahum 1 : 1-8 kotbah,   nahum 1 : 1-8 kotbah,   lagu penutup dalam ibdah,   MP3 lagu rohani bahana nama Tuhan SATB,   lagu persembahan kristen rohani,   jamita minggu pilipi 4 : 10 - 20,   ayat pembacaan alkitab gereja toraja tanggal 17 november 2019,   ayat pembacaan alkitab gereja toraja tanggal 17 november 2019,   ayat pembacaan alkitab gereja toraja tanggal 17 november 2019,   nyanyian lagu kanon,   renungan mazmur 72,   lagu buat persembahan persembahan,   lagu pujian gbi rock,   Khotbah Matius 16 : 13-20 Anugerah Allah Nyata dlm pengakuan Iman,   ppt materi katekisasi manusia dan lingkungan,   lagu pujian syukur,   KHOTBAH YOHANES 3 AYAT 1 SAMPAI 21,   khotbah dari 1 tes 2:19-20,   khotbah dari 1 tes 2:19-20,   jamita pilipi 4:10-20 versi hkbp,   kmm 99:1-2,   santapan rohani kristen Minggu 17 Nov 1019,   download lagu rohani boom boom,   khotbah Nahum 1: 1- 8,   khotbah nahum 1 1 8,   lirik dunia gemar dan soraklah dan joy to the wordl,   khotbah nahum 1:1-8,   khotbah dari maz 83:1-19,   bahasa batak Pilippi 4 : 10 – 20,   lagu rohani untuk persembahan syukur,   Topik jamita Hkbp minggu 17 november 2019 filipi 4 : 10 - 20,   Topik jamita Hkbp minggu 17 november 2019 filipi 4 : 10 - 20,   Topik jamita Hkbp minggu 17 november 2019 filipi 4 : 10 - 20,   Topik jamita Hkbp minggu 17 november 2019 filipi 4 : 10 - 20,   Topik jamita Hkbp minggu 17 november 2019 filipi 4 : 10 - 20,   Topik jamita Hkbp minggu 17 november 2019 pilippi 4 : 10 - 20,   kotbah waspada,   kotbah waspada,   Jamita minggu 17 november 2019. Filipi 4: 10- 20 bahasa batak toba,   Jamita minggu 17 november 2019. Filipi 4: 10- 20 bahasa batak toba,   Jamita HKBP minggu 17 november 2019. Filipi 4: 10- 20 bahasa batak toba,   khotbah kristen 2019,   khotbah 2 tesalonika 3:6-13,   Topik jamita Minggu 17 nopember 2019. Pilippi 4 : 10 - 20.,   nyanyian kidung keesaan,   Topik jamita HKBP Minggu 17 november 2019. Filipi 4 : 10 - 20.,   jamita pilipi 4: 10-20 versi hkbp,   khotbah filipi 4 10-20,   ppt materi katekisasi manusia dan lingkungan,   nyanyian rohani 94 lirik,   nyanyian rohani 94 lirik,   nyanyian rohani 94,   Jadikanku pelangi indah olga victoria ,   contoh liturgi natal untuk kaum wanita,   renungan harian kejadian 6:1-8,   cerita sekolah minggu 16 nov 2019,   Ae khuda meri roshni meri nizat mp3 free download song by Anil kabt,   khotbah mazmur 104 1 9,   kotbah minggu 24november2019,   renungan daniel 11,   lagu rohani kristen pernikahan,   renungan nahum 1 1-8,   Lirik tasbiih al rab,   tata ibadah katolik,   download album gms mp3,   Jadikan pelangi indah olga victoria,   kotbah uem,   kotbah natal matius 7 : 16,   Pemahaman Alkitab 2 Tesalonika 2:1-12,   tata ibadah perjamuan kudus hkbp,   KHOTBAH MAZMUR 89:1-9,   Pemahaman Alkitab 2 Tesalonika 2:1-12,   nkb 37 not dan lagu,   Pemahaman Alkitab 2 Tesalonika 2:1-12,   khotbah tentang malaikat,   yohanes 8:1-19,   tata ibadah GERMITA,   tata ibadah GERMITA,   pujian untuk persembahan syukur,   perayaan liturgi umat katolik bulan november 2019,   Khotbah Lukas Pasal 21:5-19,   tafsiran lukas 21:5-19,   renungan mazmur 55:2-8,   Khlbh masmur 55:2-,   khotbahkis rasul 10 34 36 gpib,   Khlbh masmur 55:2-,   renungan Nahum 1:2-8,   filipi 4:10-20,   filipi 4:10-20,   bacaan sabda bina umat hari ini,   https://www.lagu-gereja.com/index.php?ipage=8940,   Renungan khotbah pengharapan mnrut Mzm 40:5-6,   Renungan khotbah pengharapan mnrut Mzm 40:5-6,   renungan Nahum 1:2-8,   liturgi ibadah penghiburan dan kedukaan,   kotbah uem,   kalender liturgi Desember 2019,   kalender liturgi Desember 2019,   kalender liturgi Desember 2019,   kalender liturgi 2019,   lagu rohani tentang pertobatan,   lagu pengantar bacaan firman tuhan,   Wahyu 22: 12,   unduh daftar bacaan gmit tahun 2019,   renungan minggu uem,   renungan yohanes 12 37-43,   Bacaan kristen tgl 17 nopember 2019,   Contoh renungan untuk ibadah minggu tgl 17 november 2019,   saat teduh tekun berkarya,   kalender gerejawi 2019,   di depan mata yesus,   renungan Luk 21,5-19,   renungan kristen ibrani 13:20-21 dari gmit,   renungan Nahum 1 : 1-8,   tema natal gereja hkbp tahun 2019 1 Yohanes 4:42,   tema natal hkbp tahun 2019 ,   thema natal hkbp 2019,   thema natal hkbp 2019,   dangdut rohani,   khotbah pilipi 4:10-20 17 november 2019,   kotbah markus 2:1-12,   renungan lukas 20: 25,   Penjelsan nats firman ibrani 11:1 utk ank sekolh minggu,   renungan singkat dari masmur 11:1-7,   renungan nahum 1 : 1-8,   khotbah tentang malaikat,   Rngn kol 1:15-20 ,   kalender liturgi 2020,   kotbah kolose1:15-23,   lirik lagu firmanmu pelita kc 140,   Nats khotbah amsal 19:20-29,   kotbah Lukas 21:5-19,   kotbah Lukas 21:5-19,   kalender liturgi 2020,   kalender liturgi 2020,   ayat tentang anugerah dan belas kasihan tuhan,   jamita filipi 4:10-20,   lagu persembahan,   lagu yg cocok buat persembahan,   kotbah Lukas 21:5-19,