Save Page
Bahan Khotbah Minggu ke-41                      Tanggal 13 Oktober 2019

TUHAN SETIA MEMELIHARA UMAT-NYA
(Makaritutu tu Puang ma‘paraka lako taun-Na)

Bacaan Mazmur        : Mazmur 111:1-10
Bacaan 1            : Yeremia 29:1-14 (Bahan Utama)
Bacaan 2        : 2 Timotius 2:1-13  
Bacaan 3        : Lukas 17:11-19
Nas Persembahan    : Yesaya 1:13
Petunjuk Hidup Baru    : Mazmur 111:10

Tujuan:
1.Jemaat memahami bahwa Tuhan tetap setia memelihara kehidupan Umat-Nya.
2.Jemaat selalu mengandalkan pemeliharaan Allah dalam segala situasi dan keadaan.

Pemahaman teks
Mazmur 111:1-10 menguraikan perbuatan Allah yang penuh kuasa bersumber dari kasih setia-Nya yang kekal telah membangkitkan pujian dalam diri pemazmur. Awal hingga akhir dari mazmur ini adalah pujian syukur yang seluruhnya berawal dari karya dan kasih setia kekal Allah.
Dalam ayat 5 digambarkan tentang kisah pemeliharaan Allah selama pengembaraan di padang gurun menuju tanah perjanjian. Dari perenungan akan perbuatan-perbuatan Allah itu, pemazmur beroleh pengenalan lebih dalam tentang siapakah Allah sesungguhnya. Seluruh karya Allah itu tidak saja menunjukkan kemahakuasaan Allah, tetapi juga menampakkan kebenaran dan kemurahan Allah. Perbuatan Allah di masa lalu itu membuat pemazmur teguh beriman, bahwa karena Allah setia adanya (ay.7), maka seluruh rencana dan semua pekerjaan Allah akan berlangsung terus selamanya (ay. 8a). Hal itu menimbulkan pujian pemuliaan dari manusia sebagai ungkapan syukur atas perbuatan-perbuatan Allah yang penuh kasih. Karena itu meskipun pujian syukur memang berkenan di hati Allah, namun mesti ditegaskan pula bahwa Alkitab tidak pernah memandang pujian syukur sebagai hal yang mengandung nilai menghasilkan pahala. Pujian syukur semata dilandaskan atas karya dan sifat Allah yang setia dan penuh kasih, seperti sebuah lagu "Kunyanyikan kasih setia Tuhan selamanya". Pujian syukur itu merupakan sikap dari meninggikan Allah sebagai wujud ketaatan kita. Dalam penilaian Allah, orang yang sungguh paham kebenaran dan memiliki pengertian untuk menilai dan bertindak benar adalah orang yang takut akan Allah.
Yeremia 29:1-14 merupakan bagian yang tidak terlepas dari nubuat nabi palsu, Hananya. Nubuatnya telah berdampak luas bahwa Babel segera akan tumbang dan orang Yehuda yang tersisa di Babel akan segera pulang. Ciri nabi palsu dalam hal ini, ialah menyatakan yang enak di telinga dan klop di hati. Untuk menangkal pengaruh nubuat palsu itu Yeremia kembali menyampaikan pesan yang benar-benar serasi dengan maksud Allah membuang mereka ke Babel. Pembuangan ke Babel itu final dan Yehuda akan diam di sana selama tujuh puluh tahun. Yeremia meyakinkan umat di pembuangan untuk menerima situasi mereka dengan percaya bahwa dalam hal itu ada rancangan damai sejahtera Allah untuk mereka dan bukan rancangan kecelakaan. Hanya dengan menerima hajaran Allah untuk membawa mereka kepada pertobatan, mereka dapat kembali merasakan tangan kasih dan penyertaan-Nya. Mereka akan mengalami pemulihan yang berasal dari Allah sendiri. Lewat penderitaan mereka, Allah ingin menyatakan kuasa dan kasih-Nya, serta berkat untuk bangsa lain.
Oleh karena rancangan Allah adalah untuk kesejahteraan mereka, maka mereka pun dipanggil untuk menjadi alat Allah menyejahterakan lingkungan mereka. Dengan kata lain, melalui pembuangan di Babel umat Tuhan dikembalikan kepada misi semula, yakni misi yang telah dicanangkan Tuhan sejak di kaki gunung Sinai (Kel. 19:5-6) yakni menjadi model bangsa yang kudus dan menjadi imam bagi bangsa-bangsa lain. Di Babel, umat pembuangan menjadi model bagi lingkungan mereka, yakni bagaimana beribadah dan hidup suci di hadapan Allah.
Dalam 2 Timotius 2:1-13 dijelaskan, bahwa penderitaan sedapat mungkin dihindari. Tetapi ketika Timotius mengalami penderitaan karena pemberitaan Injil, Paulus malah mendorongnya untuk menjadi kuat dan ikut menderita. Dasarnya adalah kasih karunia Allah di dalam Yesus Kristus (ay. 1). Paulus memberi tiga gambaran kepada Timotius tentang bagaimana menjadi kuat dalam penderitaan yaitu:  
1.    Seperti seorang prajurit yang baik berjuang dengan komitmen penuh kepada Yesus Kristus yang memilikinya (ay. 3-4).
2.    Seperti seorang olahragawan yang bertanding sesuai aturan untuk memperoleh mahkota (ay. 2 dan 5).
3.    Seperti seorang petani yang bekerja keras dan menikmati hasilnya (ay. 6).
Jadi berjuang, bertanding, dan bekerja keras merupakan tiga hal yang dinasihatkan Paulus kepada Timotius untuk dilakukan agar ia menjadi pelayan Tuhan yang kuat menghadapi penderitaan. Selain itu Paulus menegaskan bahwa dalam segala sesuatu yang dialami Timotius, Tuhan akan memberikan hikmat dan pengertian yang dibutuhkannya (ay. 7). Paulus sendiri adalah bukti nyata dari anugerah dan kekuatan Allah itu (ay. 8-10). Karena pemberitaan Injil yang diberitakannya Paulus telah mengalami banyak penderitaan. Namun dengan anugerah dan kekuatan Allah, ia sabar menanggung semua penderitaan itu. Pada bagian akhir dari perikop, Paulus menguatkan Timotius dengan janji kesetiaan Tuhan yang tidak pernah berubah.
Dalam Lukas 17:11-19 diuraikan bahwa keselamatan kita adalah anugerah Allah (sola gratia). Karena itu dibutuhkan kesadaran  sebagai respon syukur terhadap anugerah tersebut. Kesaksian apapun tentang hidup akan senantiasa menunjuk pada Allah saja. Dalam teks ini kita melihat siapa yang beriman dan diselamatkan, serta siapa yang tidak beriman. Sepuluh orang kusta sama-sama percaya, bahwa Yesus sanggup menyembuhkan dan keyakinan mereka semua sungguh besar. Hal itu nampak dari sikap mereka kepada perintah Tuhan Yesus dan mujizat pun terjadi. Dari kisah tersebut hanya satu orang yang kembali mengucap syukur yakni orang Samaria, sedangkan sembilan orang lainnya tidak kembali. Orang Samaria ini kembali karena dia tidak hanya merasakan dan mengalami jamahan kuasa Tuhan tetapi menyadari akan anugerah-Nya. Oleh karena itu ia kembali untuk mengucap syukur. Yesus menegaskan kepada orang itu bahwa imannya sudah menyelamatkannya (ay.19).
Lalu bagaimana dengan yang sembilan orang lainnya yang juga telah beroleh kesembuhan? Sikap yang tidak mau kembali bersyukur sesungguhnya memperlihatkan, betapa mereka hanya mementingkan kesembuhan dan bukan Tuhan yang memberikan kesembuhan. Mereka merasakan mujizat ilahi tetapi tidak merasakan jamahan anugerah ilahi. Sentuhan kasih ilahi tidak mereka sadari, oleh sebab itu respons mereka pun tidak ada.  Orang yang telah mengalami sentuhan anugerah pasti penuh pengucapan syukur.

Korelasi untuk pengembangan khotbah
Kita mesti membangun keyakinan bahwa Allah kita dalam Yesus Kristus adalah Allah yang telah menciptakan segala sesuatu dan tetap setia memelihara ciptaan-Nya itu (Providentia Dei). Oleh sebab itu warga jemaat hendaknya senantiasa mengandalkan Tuhan dalam kehidupannya. Pemeliharaan Allah itu merupakan wujud anugerah-Nya yang tak berkesudahan. Dan karena Allah adalah kasih dan sumber kasih maka Allah beranugerah. Karena Allah adalah kasih maka Allah menciptakan segala sesuatu, termasuk manusia dan setia memelihara ciptaan-Nya itu. Anugerah artinya segala sesuatu yang kita tidak berhak tetapi diberikan kepada kita.
Bagaimana kita merespon anugerah? Hanya dengan iman (sola fide). Kita diminta untuk selalu bersyukur dalam segala hal, karena semua hanya anugerah. Hidup beriman menunjuk pada sikap yang senantiasa mau bersyukur dan memuliakan Allah sebagai Sang Sumber kehidupan. Allah punya rencana dengan ciptaan-Nya,sehingga  kita diciptakan untuk memuliakan dan mencerminkan Dia. Kita terpanggil untuk  memuliakan Dia dan menyaksikan Dia di manapun kita berada.


Label:   Yeremia 29:1-14 




Lagu Natal (Christmas)
Latest Christian Song

NEXT:
Bahan Penelaahan Alkitab - Tanggal 14-19 Oktober 2019 - TUHAN SETIA MEMELIHARA UMAT-NYA (Makaritutu tu Puang ma'paraka lako taun-Na) - Lukas 17:11-19

PREV:
Bahan Penelaahan Alkitab - Tanggal 7-12 Oktober 2019 - TEGUH DALAM IMAN, PENGHARAPAN DAN KASIH (Tumanan lan Kapatonganan, Kapa'rannuanan na Pa'kaboro`) - 2 Timotius 1:1-14

Garis Besar Yeremia






November 10 - 16 (Week 46) - Ezekiel 46-48; John 16 || Daniel 1-3; Psalm 88; John 17 || Dan 4-6; John 18 || Dan 7-9; Psalm 91; John 19 || Dan 10-12; John 20

Hari ini, 14 November - Yakobus 1,2<...

Hari ini, 14 November - Maz 119:171-...

Hari ini, 14 Nopember - Yohanes 11:1...

BACAAN ALKITAB SETAHUN:



Arsip Khotbah Gereja Toraja 2019..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392





Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Rabu, 06 Mei 2015
GB 402c AMIN

Rabu, 06 Mei 2015
GB 402b AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 402a AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 401 AMIN, AMIN, YA, BENAR ADANYA

Kamis, 20 Juni 2013
GB 400 AMIN, AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 399 AMIN, HALELUYA!

Selasa, 06 Agustus 2013
GB 398b MARANATHA dan GB lama maranatha - gb 293c pada GB Lama

Senin, 29 Juli 2013
GB 398a MARANATHA & GB lama 293a MARANATHA

Senin, 22 Juli 2013
GB 397 HOSIANA

Senin, 22 Juli 2013
GB 396 HOSIANA, HOSIANA

Kamis, 11 Juli 2013
GB 395 HALELUYA! AMIN

Kamis, 11 Juli 2013
GB 394 HALELUYA, HALELUYA! PUJILAH TUHANMU

Kamis, 11 Juli 2013
GB 393 HALELUYA

Senin, 20 Juli 2015
GB 392b KEPADAMU PUJI-PUJIAN

Kamis, 18 Juli 2013
GB 392a KEPADAMU PUJI-PUJIAN

Rabu, 31 Juli 2013
GB 391 TUHAN MENYERTAI KAMU

Rabu, 29 April 2015
GB 389b KARNA ENGKAULAH

Selasa, 23 Juli 2013
GB 389a KARNA ENGKAULAH

Senin, 29 Juli 2013
GB 388 PUJI ALLAH | MULIAKANLAH

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



bagaimana cara memberitakan injil di lingkungan,   Yohanes 6 : 27 - 29,   kejadian 21:1-7renungan,   kejadian 21:1-7renungan,   tafsiran lukas 21 : 5-19,   forevermore gms mp3 ,   lagu ibadah penutup,   lagu memberikan persembahan,   kidung ceria cinta akan Yesus tak berarti hanya nyanyi dan doa,   khotbah Roma 1:18-25,   judul lagu rohani arab,   Yohanes 6 : 27 - 29,   Bahan khotbah dari 2 Tesalonika 3: 1-9,   lagu rohani pujian,   dunia gemar dan soraklah lirik,   dunia gemar dan soraklah lirik,   2 korintus 9;6-7 NATS PERSEMBAHAN,   nats ayat alkitab untuk persembahan,   lagu penutup ibadah,   tema natal tentang hendaklah kamu sehati,sepikir dalam tuhan bahasa batak,   lagu penutup ibadah,   lagu pembuka ibadah,   khotbah dari kitab nahum,   yakobus 3 cerita sekolah minggu,   khotbah gereja toraja dari matius 16:13-20,   khotbah gereja toraja dari matius 16:13-20,   mazmur 69:20-37 gpib,   mazmur 69:20-37 gpib,   lagu doa syafaat,   lagu buat doa syafaat,   kristen kata pengantar persembahan,   2tesalonika3:6-13,   jamita filipi 4:10-20,   kotbah Yosua 4: 1-20,   kotbah Yosua 4: 1-20,   khotbah ulangan 24 19 22,   gambar not angka tuhanlah kekuatan dan mazmurku ,   gambar not angka tuhanlah kekuatan dan mazmurku ,   lagu lagu pengakuan dosa,   lirik lagu firmanmu pelita bagi kakiku dan sebagai suluh pada jalanku,   lirik lagu firmanmu pelita bagi kakiku dan sebagai suluh pada jalanku,   download lagu mp3 di mazmur 150,   kumpulan lagu gereja kristen maranatha indonesia pengajaran tabernakel,   renungan ulangan 24 17 22,   lagu persembahan gmim,   filipi 4:10-20,   download lagu mp3 di mazmur 150,   khotbah : Tetaplah Setia,   Filipi 4:10-20,   Filipi 4:10-20,   khotbah ulangan 24 19 22,   LAGU TENTANG PERSEMBAHAN,   LAGU TENTANG PERSEMBAHAN,   syair dan not lagu gereja pdf,   khotbah yohanes 5:19-29,   khotbah yohanes 5:19-29,   you rise me up versi paduan suara,   lagu untuk persembahan,   renungan harian yohanes 5:19-29,   partitur lagu natal,   jembatan lagu untuk persembahan,   ambilan gkps 17 november 2019,   meresponi panggilan tuhan Yosua 1:1-9,   khotbah ulangan 24:19-22,   khotbah ulangan 24:19-22,   liturgi ibadah persekutuan kaum pria bala keselamatan,   lagu bala keselamatan perjuangan,   Khotbah KRISTEN dari Ayub 19: 23-27,   Khotbah KRISTEN dari Ayub 19: 23-27,   jamita filipi 4:10-20,   khotbah ulangan 24:19,   pujian saat mengumpulkan persembahan,   lagu gereja kj 49,   khotbah pilipi 4:10-20 versi hkbp,   renungan yakobus 2:1-13,   Hari Tuhan Maleakhi 4:1-6 GKI,   Hari Tuhan Maleakhi 4:1-6 GKI,   Hari Tuhan Maleakhi 4:1-6,   pujian saat mengumpulkan persembahan,   Contoh renungan kotbah harian agama Kristen Protestan bulan November 2019,   pujian saat mengumpulkan persembahan,   Khlbh masmur 55:2-8,   renungan remaja kristen gmit,   kothbah katolik menurut lukas 21:5-19,   kothbah katolik menurut lukas 21:5-19,   renungan kristen insani 13:20-21 dari gmit,   lagu persembahan,   Tafsiran alkitap 2 tesalonika 3;13-15,   khotbah yakobus 2 1-10,   ayat2 alkitab utk ajakan persembahan,   lagu kristen yang sesuai dengan nats matius 25:31-46,   tata ibadah unit gpm,   MEMANDANG ALLAH MELAMPAUI HIDUP INI Ayub 19: 23 - 27a,   renungan Yosua 24:22-28,   kejadian 21:1-7renungan,   khotbah keluaran 23;1-13,   khotbah amsal 12,    kitab ulangan 24:19-22 berbuat baik bagi semua orang,    kitab ulangan 24:19-22 berbuat baik bagi semua orang,   kotbah ulangan 24:19-22 ,    ulangan 24:19-22 melindungi sesama,   khotbah yoel 2 : 28-32,   khotbah yoel 2 : 28-32,   partirtur 4 suara lagu natal,   renungan sbu tgl 17 november,   khotbah yoel 2 : 28-32,   tafsiran “Engkaulah anakKu yang kukasihi, kepadaMulah aku berkenan” ?,   kalender liturgi katolik tgl 12 nopember 2019,   Jamita filipi 4;10-20,   renungan kristen keluaran 19: 10-11 ,   nyanyian pujian downlod,   nyanyian pujian downlod,   renungan kristen keluaran 19: 10-11 ,   renungan pagi sabda bina umat gpib matius 12. 46_ 50,   sabda bina umat gpib 12 nov 2019,   NYANYIAN BALA KESELAMATAN,   contoh liturgi kedukaan kristen gki,   contoh liturgi kedukaan kristen gki,   lagu gereja.com,   Gita bakti pdf,   Gita bakti pdf,   contoh kotbah kitab ulangan 24:19-22,   contoh kotbah kitab ulangan 24:19-22,   contoh kotbah kitab ulangan 24:19-22,   ulangan 24:19-22 jamita partangiangan,   kasihnya seperti sungai lagu misa,   bahan sermon jamita 5 Musa 24 19-22,   contoh kotbah ulangan 24:19-22 harus kau ingat dahulu kamu budak,   contoh kotbah ulangan 24:19-22 harus kau ingat dahulu kamu budak,   proses menulis kotbah ulangan 24:19-22,   firmanmu pelita bagi kakiku lagu misa,   renungan alkitab markus 13 ayat 33-37,   Renungan joel 2:23-32,   yesaya 57 ayat 14 - 21,   khotbah gpib tahun 2019,   khotbah gpib 2019,   yesaya 57 ayat 14 - 21,   NOT NYANYI ROHANI NKB LAGU NATAL UNTUK PERSEMBAHAN,   yesaya 57 ayat 14 - 21,   NOT NYANYI ROHANI NKB LAGU NATAL UNTUK PERSEMBAHAN,   partitur lagu koor natal,   renungan Lukas 17:7-10,   khotbah yakobus 1:9-11,   lagu penutup ibadah,   kalendar liturgi 2020 agustus,   kalender katolik 2020,   kalender katolik 2020,   kidung kabungahan 45,   tafsir amsal 1 : 5,   contoh contoh tema natal ibadah wbi,   koor natal batak,   sejarah kitab maleakhi 2 ayat 1-9,   lagu unyuk renungan kitab maleakhi 2 ayat 1-9,   lagu gereja ku bersyukur,   nats khotbah kej 6:1-8,   kotbah tekun dalam berkarya,   liturgi katolik desember 2019,   renungan Kitab Keluaran 31 : 12-17,   nyanyian rohani no.97,   liturgi katolik desember 2019,   cerita ulangtahun sekolah minggu dari pengkhotbah 11:8,   judul lagu gms,   kotbah tekun dalam berkarya,   kotbah tekun dalam berkarya,   partitur lagu koor natal,   liturgi ibadah hari minggu gereja toraja 17 november 2019,   khotbah ajakan juruslamat,   khotbah ajakan juruslamat,   tafsiran maleakhi 4:1-6 GKI,   tafsiran maleakhi 4:1-6 GKI,   kasih allahku sungguh tlah terbukti.mp3,