Save Page
Minggu, 1 Desember 2019
HARI MINGGU ADVEN I
Yes. 2:1-5; Mzm. 122:1-2,4-5,6-7,8-9; Rm. 13:11-14a;
Matius 24:37-44.
BcO Yesaya 1:1-18.
warna liturgi Ungu

Matius 24:37-44
Nasihat supaya berjaga-jaga
24:37 "Sebab sebagaimana halnya pada zaman Nuh, demikian pula halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. 24:38 Sebab sebagaimana mereka pada zaman sebelum air bah itu makan dan minum, kawin dan mengawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera, 24:39 dan mereka tidak tahu akan sesuatu, sebelum air bah itu datang dan melenyapkan mereka semua, demikian pulalah halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. 24:40 Pada waktu itu kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan; 24:41 kalau ada dua orang perempuan sedang memutar batu kilangan, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan. 24:42 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. 24:43 Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pada malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar. 24:44 Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga."

Penjelasan:


* Mat 24:37-39 - zaman Nuh // (makan, minum, kawin mengawinkan) // melenyapkan mereka semua // kedatangan Anak Manusia,
Zaman Nuh. Sebagaimana zaman Nuh mengakhiri suatu era dengan hukuman, demikian juga kedatangan kembali Kristus. Pada zaman yang sangat jahat (Kej. 6), manusia menjalani hidup setiap hari tanpa memperdulikan kehancuran yang menjelang (makan, minum, kawin mengawinkan). Tetapi air bah itu melenyapkan mereka semua yang jahat, sehingga hanya tersisa orang benar saja untuk tinggal di bumi. Demikian juga kedatangan Anak Manusia, sesudah Masa Penderitaan Besar (ay. 29-31) akan melenyapkan orang jahat, supaya kaum sisa yang tetap setia dan yang berhasil lolos dari Penderitaan dapat ikut menikmati berkat-berkat Kerajaan Seribu Tahun (bdg. 25:31-46; 13:30, 41-43, 49, 50).

* Mat 24:40-42 - Pada waktu itu // Dua orang di ladang // yang seorang // yang lain // Dua orang perempuan sedang memutar batu kilangan // Karena itu berjaga-jagalah // Anak Manusia
Dua orang di ladang dan dua orang di kilangan. Pada waktu itu menempatkan ilustrasi ini pada periode yang sama dengan yang sebelumnya, diterangkan secara tepat di dalam ayat 29 sebagai "segera sesudah siksaan." Jadi tidak mengacu kepada Pengangkatan Gereja. Dua orang di ladang. Kedatangan Kedua akan terjadi dengan begitu mendadak dan bersifat membedakan sehingga dua orang yang bekerja bersama akan dipisahkan, yang seorang (bentuk bilangan maskulin) akan diambil untuk dihukum, dan yang lain akan tertinggal untuk menikmati berkat. Dua orang perempuan sedang memutar batu kilangan. Pekerjaan ini pada umumnya dilakukan oleh wanita, baik itu ibu dan anak putrinya, saudara perempuan atau budak wanita (lihat Thomson, Land and Book, hlm. 526, 527). Karena itu berjaga-jagalah. Sekalipun yang ditekankan di sini adalah kedatangan Anak Manusia sesudah masa Penderitaan, peringatan ini berlaku bagi semua orang percaya, karena semuanya harus berjaga-jaga dan bersiap siaga menanti kedatangan-Nya. Perincian mengenai berbagai tahap kedatangan-Nya akan disingkapkan kemudian. Dorongan untuk bersiaga ini diulangi lagi dalam 24:44 dan 25:13.

* Mat 24:43-44 - Dibongkar // tuan rumah
Tuan rumah. Apabila tuan rumah itu waspada, dia pasti dapat mencegah terjadinya kerusakan dan kehilangan. Dibongkar. Secara harfiah, digali sampai tembus, merupakan acuan kepada rumah-rumah di Palestina yang terbuat dari bata jemuran, sehingga dapat dikatakan mudah untuk dimasuki. Orang percaya memiliki alasan yang lebih sedikit dibandingkan dengan tuan rumah yang tidak diingatkan bahwa akan ada pencuri.

BcO Yesaya 1:1-18.
 1:1 Penglihatan yang telah dilihat Yesaya bin Amos tentang Yehuda dan Yerusalem dalam zaman Uzia, Yotam, Ahas dan Hizkia, raja-raja Yehuda.
Pengaduan tentang bangsa yang tidak setia itu
1:2 Dengarlah, hai langit, dan perhatikanlah, hai bumi, sebab TUHAN berfirman: "Aku membesarkan anak-anak dan mengasuhnya, tetapi mereka memberontak terhadap Aku. 1:3 Lembu mengenal pemiliknya, tetapi Israel tidak; keledai mengenal palungan yang disediakan tuannya, tetapi umat-Ku tidak memahaminya." 1:4 Celakalah bangsa yang berdosa, kaum yang sarat dengan kesalahan, keturunan yang jahat-jahat, anak-anak yang berlaku buruk! Mereka meninggalkan TUHAN, menista Yang Mahakudus, Allah Israel, dan berpaling membelakangi Dia. 1:5 Di mana kamu mau dipukul lagi, kamu yang bertambah murtad? Seluruh kepala sakit dan seluruh hati lemah lesu. 1:6 Dari telapak kaki sampai kepala tidak ada yang sehat: bengkak dan bilur dan luka baru, tidak dipijit dan tidak dibalut dan tidak ditaruh minyak. 1:7 Negerimu menjadi sunyi sepi, kota-kotamu habis terbakar; di depan matamu orang-orang asing memakan hasil dari tanahmu. Sunyi sepi negeri itu seolah-olah ditunggangbalikkan orang asing. 1:8 Puteri Sion tertinggal sendirian seperti pondok di kebun anggur, seperti gubuk di kebun mentimun dan seperti kota yang terkepung. 1:9 Seandainya TUHAN semesta alam tidak meninggalkan pada kita sedikit orang yang terlepas, kita sudah menjadi seperti Sodom, dan sama seperti Gomora.
Bertobat lebih baik dari mempersembahkan korban
1:10 Dengarlah firman TUHAN, hai pemimpin-pemimpin, manusia Sodom! Perhatikanlah pengajaran Allah kita, hai rakyat, manusia Gomora! 1:11 "Untuk apa itu korbanmu yang banyak-banyak?" firman TUHAN; "Aku sudah jemu akan korban-korban bakaran berupa domba jantan dan akan lemak dari anak lembu gemukan; darah lembu jantan dan domba-domba dan kambing jantan tidak Kusukai. 1:12 Apabila kamu datang untuk menghadap di hadirat-Ku, siapakah yang menuntut itu dari padamu, bahwa kamu menginjak-injak pelataran Bait Suci-Ku? 1:13 Jangan lagi membawa persembahanmu yang tidak sungguh, sebab baunya adalah kejijikan bagi-Ku. Kalau kamu merayakan bulan baru dan sabat atau mengadakan pertemuan-pertemuan, Aku tidak tahan melihatnya, karena perayaanmu itu penuh kejahatan. 1:14 Perayaan-perayaan bulan barumu dan pertemuan-pertemuanmu yang tetap, Aku benci melihatnya; semuanya itu menjadi beban bagi-Ku, Aku telah payah menanggungnya. 1:15 Apabila kamu menadahkan tanganmu untuk berdoa, Aku akan memalingkan muka-Ku, bahkan sekalipun kamu berkali-kali berdoa, Aku tidak akan mendengarkannya, sebab tanganmu penuh dengan darah. 1:16 Basuhlah, bersihkanlah dirimu, jauhkanlah perbuatan-perbuatanmu yang jahat dari depan mata-Ku. Berhentilah berbuat jahat, 1:17 belajarlah berbuat baik; usahakanlah keadilan, kendalikanlah orang kejam; belalah hak anak-anak yatim, perjuangkanlah perkara janda-janda! 1:18 Marilah, baiklah kita berperkara! -- firman TUHAN -- Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba.

Penjelasan:


*  Yes 1:2 - langit // bumi // Memberontak
Kata langit dan bumi menyiratkan bahwa para penghuni langit yakni para malaikat dan para penghuni bumi yakni manusia akan berfungsi sebagai saksi hukuman Allah terhadap umat perjanjian-Nya. TUHAN. Nama ini adalah nama perjanjian dari Allah, "Yehovah" (atau lebih tepat Yahweh). Nama ini dipakai untuk menunjukkan hubungan perjanjian. Memberontak. Istilah pertama dari lima istilah penting untuk dosa yang dipakai dalam pasal ini (bdg. ay. 4, 13). Kata ini menunjukkan dosa utama manusia itu ketika memberontak menentang Allah, di mana dia berusaha menurunkan Allah dari takhta, tempat tertinggi, lalu menempatkan dirinya dan kehendaknya di tempat tertinggi.

* Yes 1:3 - Palungan // Tidak memahaminya
Sikap tidak tahu berterima kasih dari "orang-orang percaya" ini merendahkan derajat mereka sehingga lebih rendah daripada binatang yang tidak bernalar; karena binatang pun mengenal dan menghormati pemiliknya yang memberi makan dan memelihara mereka. Palungan. Bak tempat makanan ternak (bukan tempat tidur bayi). Tidak memahaminya. Kata kerja "memahami" yang lazim ini sering digunakan dalam bahasa Ibrani untuk arti memiliki atau mengenal suami, isteri, orangtua, atau anak dari seseorang. Israel tidak mengetahui mengenai Allah; tetapi, ketidaktahuan ini bukan tanpa sengaja, melainkan sengaja dipilih oleh hati yang suka berontak dan keras kepala.

* Yes 1:4 - Yang berdosa // Yang sarat // kesalahan // Keturunan yang jahat-jahat // "anak-anak yang berlaku buruk," // mereka, // meninggalkan // Yang Mahakudus Allah Israel // Yang Mahakudus Allah Israel // Yang Mahakudus, Allah Israel, // (Mereka ... berpaling membelakangi Dia)
Yang berdosa. Bentuk participle dari kata kerja hăta', yang mula-mula berarti "menyimpang dari sasaran" (bdg. Ams. 8:6; Hak. 20:16); karenanya juga berarti menyimpang dari tujuan hidup yang benar, menyimpang dari jalan yang ditetapkan Allah. Yang sarat. Seperti kereta dengan beban atau muatan yang berat. Beban itu adalah kesalahan Israel - kesesatan atau penyimpangan (dari kata 'ăwâ, "membelok atau memutar") dari standar kejujuran dan kewajiban. Keturunan yang jahat-jahat. Mereka adalah keluarga rohani dari orang-orang yang melakukan dosa yang membahayakan dan merugikan (dari ră'a', "membahayakan," "jahat"). Mereka adalah "anak-anak yang berlaku buruk," yaitu yang menghancurkan atau membusukkan (hishîth) apa yang diciptakan sehat atau yang diciptakan sempurna. Karena mereka menentang kedaulatan Allah atas hati mereka, mereka meninggalkan atau membuang Dia sama sekali; dan mengenai kehidupan moral dan perilaku, mereka mengikuti kelompok musuh. Meskipun mereka ke gereja dan menunjukkan penampilan saleh mereka secara lahiriah, tetapi, di mata Allah, mereka telah meninggalkan Dia dan mengikuti musuh (ay. 11-15). Orang munafik yang pergi ke gereja merupakan alat yang paling berharga bagi Iblis.

Mereka telah menyulut kemarahan Yang Mahakudus Allah Israel. Nama untuk Allah ini adalah gelar paling penting yang dipergunakan Nabi Yesaya. Dalam pasal 6, TUHAN (Yahweh) menyatakan diri dalam suatu pemandangan kemuliaan surgawi sebagai Yang Mahakudus (Qădôsh), yakni Allah yang transenden, yang sama sekali berbeda dengan kelemahan dan keterbatasan Ciptaan (kekudusan agung-Nya) dan sama sekali berbeda dengan keadaan berdosa dan najis manusia (kekudusan suci-Nya). Tetapi, Yang Mahakudus ini telah mengakui keluarga Abraham, Ishak, dan Yakub sebagai anak-anak perjanjian-Nya. Dia telah memberikan diri-Nya bagi mereka dan mereka telah memberikan diri mereka bagi Dia melalui perjanjian yang dibuat secara nasional pada pihak mereka, dan diteguhkan oleh upacara di hadapan Gunung Sinai (Kel. 19:5-8). Karena itu Dia adalah Yang Mahakudus Allah Israel. Setiap kemunculan gelar itu dalam Kitab Yesaya (dua belas kali dalam pasal 1-39, empat belas kali dalam 40-66), yang ditunjukkan adalah kasih-Nya Yang kudus dan suci yang sedang bertindak untuk membela hak-hak perjanjian-Nya - baik dengan menghajar umat-Nya ketika mereka tidak taat, agar mereka bertobat dan kembali kepada Dia, maupun dengan membela dan menyelamatkan mereka dari musuh-musuh kafir mereka. Oleh karena Dia adalah Yang Mahakudus, Allah Israel, tidak mungkin Dia berdiam diri saja ketika menyaksikan kemurtadan mereka yang menyedihkan (Mereka ... berpaling membelakangi Dia). Sebaliknya Dia harus menghukum mereka, dan membiarkan mereka mengalami penderitaan dan serangan musuh - seperti yang sudah mereka alami.

* Yes 1:5-6 - tidak dibalut) // Seluruh hati lemah lesu
Negeri Israel, dan lebih khusus lagi Kerajaan Yehuda di selatan digambarkan secara kiasan sebagai korban penindasan yang kejam, ditinggalkan dalam keadaan berdarah dan setengah mati di tepi jalan. Cara kuno merawat luka infeksi ialah dengan memijitnya (jadi diterjemahkan, ... tidak dibalut) untuk mengeluarkan nanah, memberinya minyak zaitun agar mengering, kemudian membalutnya. Tidak satu pun dari hal-hal ini dilakukan untuk Yehuda. Seluruh hati lemah lesu (atau lebih baik, sakit). Yang tergambar di sini bukan hanya penderitaan lahiriah, tetapi juga jiwa yang sakit. Penyakit di kepala dan di dalam hati ini (ay. 5) muncul dalam sikap keras kepala, suka melawan dan tidak taat yang ditunjukkan bangsa itu terhadap Allah.

* Yes 1:7-8 - Pondok // gubuk
Bahasa kiasan dari ayat-ayat sebelumnya kini diartikan menjadi kenyataan-kenyataan suram, yang menggambarkan penghancuran Yehuda oleh bangsa Siria (dipimpin oleh Raja Rezin), oleh bangsa Israel di Utara (dipimpin oleh Raja Pekah), oleh bangsa Edom dan bangsa Filistin pada tahun 734-733 SM (bdg. II Taw. 28). Yerusalem sendiri terancam oleh para penyerang ini dan mereka memutuskan hubungan sebagian besar kota ini dari wilayah sekelilingnya. Tidak diragukan ayat-ayat ini melihat ke depan secara nubuat, yaitu pada pengepungan yang jauh lebih serius atas Yerusalem oleh Asyur di bawah Sanherib pada tahun 701 SM (beberapa pakar mengaitkan seluruh pasal ini dengan periode yang belakangan tersebut). Pondok atau tempat di pojok (sukkâ) di kebun anggur dan gubuk atau tempat bermalam (melûnâ) di kebun mentimun, dua-duanya merujuk pada bangunan sementara atau gubuk yang dibangun sebagai tempat untuk melindungi tuaian dari para pemburu gelap.

* AJAKAN UNTUK MEMILIH ANTARA PENGAMPUNAN DAN KEBINASAAN (1:16-20)
Dua hal yang harus dilakukan oleh orang-orang yang mau mendekati Allah untuk meminta pengampunan dan belas kasihan adalah: bertobat dari dosa (ay. 16), dan bertekad untuk hidup dengan cara-cara yang kudus (ay. 17). 16. Basuhlah, bukan berarti memperbaiki diri dengan usaha manusiawi semata atau dengan hanya menggunakan kekuatan kemauan. Sebaliknya, itu menunjukkan penerapan janji kemurahan Tuhan untuk menyucikan orang-orang yang datang kepada-Nya melalui jalan yang telah ditetapkan, yaitu dengan mempersembahkan kurban sembelihan. Termasuk dalam cara yang ditetapkan ini ialah meninggalkan semua dosa - jauhkanlah perbuatan-perbuatanmu yang jahat - dengan membencinya dan sungguh-sungguh menyesal telah melakukannya. Dari depan mata-Ku, menunjukkan betapa kurang ajar dan kejinya manusia yang menghadap Allah dalam keadaan tidak bertobat, sebab Allah dapat melihat semuanya, bahkan jauh ke dalam dasar hati orang yang bersalah. 17. Belajarlah berbuat baik. Artinya, belajarlah hidup dengan baik dan benar, sesuai dengan kehendak kudus Allah, dan terutama agar berlaku adil terhadap orang yang lemah dan tertindas. Usahakanlah keadilan. Milikilah tujuan yang konsisten dan sungguh-sungguh untuk menerapkan prinsip-prinsip keadilan dalam situasi-situasi (mishpăt) yang konkret. Perhatian utama orang beriman haruslah untuk menunjukkan keadilan dan kejujuran yang nyata, apalagi kepada orang-orang yang mudah menjadi korban dan tidak dapat membela diri. Belalah hak anak-anak yatim. Kata keadilan dan belalah sama-sama berasal dari shăpat, "mengadili." Perintah ini berarti: "Berikan keadilan dan kejujuran untuk membela perkara anak-anak yatim." Perjuangkanlah perkara janda-janda, ekspresi ini menggunakan istilah hukum, rîb, artinya "membela atau memperjuangkan perkara seseorang." Janda harus mendapatkan hak-hak hukumnya terhadap pihak penuntut yang kaya dan berpengaruh. Karena perempuan pada zaman itu tidak mungkin bekerja di sektor industri, maka kehilangan suami berarti kehilangan pendapatan. Kemudian dia terpaksa menggadaikan harta miliknya, dan kemudian dia jatuh ke tangan lintah darat yang kaya, yang tidak segan, untuk menyita harta si janda atau menjual anak-anaknya menjadi budak untuk membebaskan hutangnya.

* Yes 1:18 - Marilah, baiklah kita berperkara // kirmizi // kain kesumba
Marilah, baiklah kita berperkara. Sebuah istilah lain dalam peradilan. Tuhan sedang mengatakan, "Marilah kita saling menuntut sebagai penggugat dan tergugat di pengadilan." Dalam perkara ini para tergugat adalah orang-orang Israel yang dinyatakan bersalah, yang telah bertobat dan menunjukkan kemauan untuk hidup takut kepada Tuhan, sebagaimana diuraikan dalam 1:16,17. Tidak peduli sekeji apa pun dosa-dosa mereka, dan walaupun mereka menanggung kesalahan karena menumpahkan darah (kirmizi dan warna kain kesumba yang disebut disini adalah warna yang tidak luntur dan tak terhapus), namun anugerah Allah mampu menyucikan mereka sama sekali dan mengembalikan mereka menjadi putih tak bernoda seperti salju.


Label:   Matius 24:37-44 




Lagu Natal (Christmas)
Latest Christian Song

NEXT:
Materi Khotbah Katolik Sabtu, 7 Desember 2019 - Mat. 9:35-10:1,6-8; BcO Yes. 21:6-12. - Peringatan Wajib St. Ambrosius

PREV:
Materi Khotbah Katolik Sabtu, 30 November 2019 - Matius 4:18-22. BcO 1Kor. 1: 17-2:5. - Pesta St. Andreas

Garis Besar Matius






December 1-7 (Week 49) - Esther 7-10; Revelation 3 || Ezra 7-10; Psalm 97; Rev 4 || Nehemiah 1-3; Rev 5 || Neh 4-6; Psalm 98; Rev 6 || Neh 7-9; Psalm 140; Rev 7

Hari ini, 7 Desember - Efesus 1-3

Hari ini, 7 Desember - Maz 137:9-138:6, Dan 11-12, 1 Yoh 5, Ams 30:13-14

Hari ini, 7 Desember - Yohanes 16:1-11, Wahyu 4, Ayub 30, Yoel 2-3

BACAAN ALKITAB SETAHUN:



Arsip Materi Khotbah Katolik 2019..

Register   Login  

contoh kj 424 bukan kj.424



Latest Christian Song
** Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 31 JANUARI 2020 - ORANG YANG MENANG ADALAH ANAK ALLAH - Wahyu 21:6-8 - MINGGU II SESUDAH EPIFANI Wahyu 21:6-8 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Alfa dan Omega, di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang // bagian mereka, Kebenaran dan kepastian dari keadaan yang membahagiakan ini disahkan oleh firman dan janji Allah, YESUS ADALAH SUMBER PENGHARAPAN DAN KEKUATAN
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 30 JANUARI 2020 - YESUS: RAJA DARI SEGALA RAJA DAN TUHAN DARI SEGALA TUHAN - Wahyu 19:14-16 - MINGGU II SESUDAH EPIFANI Wahyu 19:14-16 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

Khotbah Ibadah GPIB RABU, 29 JANUARI 2020 - YESUS ADALAH SOLUSI - Lukas 8:22-25 SGDK) -MINGGU II SESUDAH EPIFANI Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Marilah kita bertolak ke seberang danau, Yesus tertidur // Taufan // Perahu itu kemasukan air dan mereka dalam bahaya, Kita binasa // Ia pun bangun, lalu menghardik air dan angin yang mengamuk itu, Kristus memerintahkan murid-murid-Nya untuk bertolak ke seberang danau, LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN SAMA 0| MATATUHAN
Khotbah Ibadah GPIB SELASA, 28 JANUARI 2020 - BESAR DAN AJAIB - Wahyu 15:1-4 - MINGGU II SESUDAH EPIFANI Wahyu 15:1-4 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Tujuh Cawan Penghukuman, telah mengalahkan binatang itu dan patungnya dan bilangan namanya // nyanyian Musa, hamba Allah dan nyanyian Anak Domba, Pekerjaan penumpahan tujuh cawan, yang dipercayakan kepada tujuh malaikat, Patutlah Allah dipuji dan disembah sepanjang abad, BESAR DAN AJAIB
Khotbah Ibadah GPIB - SENIN, 27 JANUARI 2020 - JANJI PENYERTAAN TUHAN - Wahyu 1:17-20 - MINGGU II SESUDAH EPIFANI Wahyu 1:17-20 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
ketujuh bintang itu ialah malaikat ketujuh jemaat // Efesus // Smirna // Pergamus // Tiatira, Sardis, Filadelfia, // Laodikia // Iblis, tujuh kaki dian dari emas, // Anak Manusia, // Yang Awal dan Yang Akhir // Yang Hidup; // kunci maut dan kerajaan maut // apa yang telah kaulihat // yang terjadi sekarang // yang akan terjadi sesudah ini // sesudah

Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 31 Desember 2019 - TETAP SEMANGAT KARENA TUHAN SELALU BERI BERKAT - Yesaya 61:10-11 (SGD) - MALAM TAHUN BARU Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Orang percaya yang telah lahir baru dengan sukaria menanggapi janji-janji mulia ini., Kemakmuran Jemaat . BERSYUKUR BERSAMA TUHAN
Khotbah Ibadah GPIB Senin, 30 Desember 2019 - PUJILAH NAMA TUHAN - Senin, 30 Desember 2019 - MINGGU SESUDAH NATAL Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Ajakan kepada bumi, Pujilah Tuhan di bumi, Sebuah Undangan untuk Memuji,
Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 29 Desember 2019 - MENSYUKURI PENYERTAAN ALLAH - Yesaya 52:1-10 (SGD) - HARI MINGGU SESUDAH NATAL Yesaya 52:1-10 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Dorongan bagi Yerusalem,
Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 28 Desember 2019 - MENGENAL DlA - 1 Yohanes 1:3-6 - MINGGU SESUDAH NATAL 1 Yohanes 1:3-6 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar // persekutuan. Kamu juga , Supaya sukacita kami menjadi sempurna , Allah adalah terang, Hidup di dalam kegelapan // Tidak melakukan kebenaran, Kesaksian Rasuli
Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 27 Desember 2019 - HIDUP DI DALAM TERANG - 1 Yohanes 1:5-10 - MINGGU SESUDAH NATAL 1 Yohanes 1:5-10 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)







Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH NATAL 2019 dan TAHUN BARU 2020 GPIB
TATA IBADAH KELUARGA MALAM NATAL 2019, TATA IBADAH MALAM NATAL 2019, TATA IBADAH HARI NATAL 2019, TATA IBADAH SESUDAH NATAL 26 DES 2019, TATA IBADAH KELUARGA MALAM AKHIR TAHUN 31 DES 2019, TATA IBADAH MALAM AKHIR TAHUN 2019, TATA IBADAH TAHUN BARU 2020




New Submit
KAMIS, 2 JANUARI 2020
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 2 JANUARI 2020 - HADIAH DARI SORGA - Filipi 3:12-16 - MINGGU SESUDAH NATAL


TATA IBADAH KELUARGA MALAM AKHIR TAHUN 31 DES 2019 (bisa dilihat di HP)


TATA IBADAH KELUARGA MALAM NATAL 2019 (bisa dilihat di HP)

Jumat, 06 Desember 2019
Zie De Maan Schijnt Door De Bomen

Friday, December 06, 2019
John Schneider Scores First Number One Christian Country Single

Friday, December 06, 2019
End of journey as gospel star Zimu loses battle against cancer

Friday, December 06, 2019
‘A wakeup call:‘ British theologian N.T. Wright on the prosperity gospel, climate change and Advent

Kamis, 05 Desember 2019
When Christmas Comes Around - Caitie Hurst

Wednesday, December 04, 2019
Seek the light during busy Advent season, advises NAU chaplain

Wednesday, December 04, 2019
Seek the light during busy Advent season, advises university chaplain

Wednesday, December 04, 2019
Early Rain Church Elder Sentenced to Four Years in Prison for Having Christian Literature

Wednesday, December 04, 2019
Lighthouse Christian School Contributes to Christmas Spirit

Selasa, 03 Desember 2019
Materi Rancangan Dasar (Randas) Akta Gereja


Kalender GKJ Desember 2020


Kalender GKJ Nopember 2020


Kalender GKJ Oktober 2020


Kalender GKJ September 2020


Kalender GKJ Agustus 2020


Kalender GKJ Juli 2020


Kalender GKJ Juni 2020

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, Khotbah Ibadah GPIB 2020, Lagu Natal (Christmas), TATA IBADAH NATAL 2019 dan TAHUN BARU 2020 GPIB,



hothbah yesaya 40:1-8,   eksposisi yakobus 1:17,   TEMA NATAL GEREJA PROTESTAN MALUKU 2019/2020,   TEMA NATAL GEREJA PROTESTAN MALUKU 2019/2020,   chord O Allagku.jenguklah diriku,   kata sambutan natal,   Santapan Harian Johannes 1:14-18,   ilustrasi kasih allah terbukti untuk sekolah minggu,   sentosa dalam yesus chord,   musik mazmur 72,   not nkb 166,   kabar gembira lagu natal,   partitur SATB Hai Mari Berhimpun,   renungan Lukas 3: 1-20,   ucapan selamat natal untuk persekutuan,   lagu kidung ceria syair ibu,   lagu kidung ceria syair ibu,   partitur lagu paduan suara tema hari ibu,   khotbah mazmur 91,   lirik lagu dunia gemar dan soraklah,   pesan dan kesan natal kaum bapak,   contoh liturgi ibadah natal GPM,   contoh liturgi ibadah natal GPM,   siapa gerangan sang raja not angka,   KHOTBAH YOHANES 1:14-18 (ADVENT II),   KHOTBAH YOHANES 1:14-18 (ADVENT II),   kotbah natal 2017,   Lirik lagu natal Gloria Gloria,   Kumpulan penjabaran yohannes 1:14-18,   lirik lagu kj 376 versi toraja,   ucapan selamat natal untuk persekutuan,   +hotbah yesaya 60:1-7,   download mp3 kidung jemaat 69,   lagu natal untuk persembahan syukur,   lagu masa adven 2019,   lagu masa adven 2019,   lagu masa adven 2019,   bahan khotbah Adven Gmit 2019,   gits bakti 324,   download lagu GEREJA,   download lagu GEREJA,   lirik lagu tuhan pelita hidupku,   khotbah masa adventus yesaya12:1-6,   lirik lagu surya bersinar,   download lagu rohani mp3 gratis,   download lagu rohani mp3 gratis,   khotbah 1 tim. 4:1-16,   kalender liturgi 2020,   sambutan pranatal gmim,   contoh lagu komuni minggu advent ketiga tahun A 2019,   liturgi perayaan ekaristi 15 desember 2019 tahun a,   lagu mazmur untuk tahun a 15 desember 2019 minggu advent III,   kalender katolik desember 2019,   kalender katolik desember 2019,   kalender katolik desember 2019,   kalender katolik desember 2019,   &rct=j,   Lirik lagu natal praise and worship ibadah natal 25 desember,   nyanyian rohani no 97,   lagu berita anugerah,   doa persembahan katolik,   pidato radio menjelang natal,   kalender liturgi 2020,   lagu persembahan,   khotbah maz 72:1-7,   khotbah maz 72:1-7,   pujian untuk persembahan,   khotbah lukas 16 : 19-31 minggu biasa,   khotbah lukas 16 : 19-31 minggu biasa,   khotbah Yohannes 1:14-18,   contoh kata sambutan di acara natal,   lagu wartakanlah kabar gembira tek,   khotbah Matius 24:3-8,   kalender liturgi oktober 2020,   kalender liturgi 2019,   DSL NO 218 SAMBUTLAH,   materi adven ke1,   lirik lagu rohani pujian bukan setiap orang yang berseru Tuhan Tuhan masuk kerajaan Allah,   renungan Zakaria 9 ; 9-10,   matius 10 :34-42,   khotbah kisah para rasul 13:13-25,   contoh liturgi natal gpib,   not angka lagu bagimu damai sejahtera,   kalender liturgi desember 2019,   lagu persembahan,   pengertian tanah,kayu,perak,emas dalam konteks 2 timotius 2: 20,21,   sambutan natal sesuai tema yesus datang untuk pembaharuan,   lagu rohani o genta malam,   surat penitipan pemberkatan nikahgereja,   renungan mazmur 97 11 12,   Sabda Bina Pemuda 7 Desember 2019,   lagu rohani pakai hidupku sebagai alatmu,   kubawah kepadamu oh tuhan,   lagu kj tentang memuji tuhan,   tema natal 25 desember se gbkp 2019,   tema natal 25 desember se gbkp 2019,   ppt yohanes 15: 9 - 17,   ppt yohanes 15: 9 - 17,   Rngn kisah para rasul 8:1-25,   kata sambutan kepala sekolah,   khotbah 1 tesalonika 3 7 - 13,   kotbah yesaya 43: 1-7,   Renungan harian 2 samuel 4,   MAZMUR 146:5-10 JUSWANTORI LIRIK,   partitur koor terpujilah allah hikmatnya besar,   partitur koor terpujilah allah besar kuasanya,   renungan tentang serigala akan tinggal dengan domba,   kalender liturgi 2020,   gambar kalender katolik 2020,   kalender Liturgi 2019,   lagu misa angkatlah hatimu madahkan lagu,   renungan yesaya 11:6-9,   lagu mankind,   &rct=j,   &rct=j,   lagu pengantar pernikahan digerja,   lagu sebelum doa syafaat,   renunngan ulangan 18:15-19,   renunngan ulangan 18:15-19,   not angka lagu seribu lilin nyalakan,   not angka lagu seribu lilin nyalakan,   not angka lagu seribu lilin nyalakan,   contoh liturgi malam natal gkp,   contoh liturgi malam natal gkp,   contoh khotbah ibadah raya,   kunci lagu bagi allah yang mulia,   LIRIK mazmur gb 114,   kalender liturgi 2019,   LIRIK mazmur 146 5-10 juswantori,   Renungan Roma 15:1-13 Kaitan dengan Minggu Adven,   Berharap pada Tuhan dalam Mikha 7:7-13,   Khotbah tentang berharap pada Tuhan dalam Mikha 7:7-13,   Khotbah tentang berharap pada Tuhan dalam Mikha 7:7-13,   pakailah waktu anugrah tuhanmu lagu,   materi khotbah natal 2019,   khotbah yesaya 55:6-11,   PKJ no 72,   tata ibadah natal gbi 2019,   DAWNLOAD MP3 MULIAKANLAH,   kalender liturgi 2019,   kalender liturgi 2019,   TAFSIRAN YOHANES 1:14-18,   TAFSIRAN YOHANES 1:14-18,   Renungan untuk ibadah minggu tgl 8 desember 2019,   Renungan untuk ibadah minggu tgl 8 desember 2019,   kalender liturgi 2019,   Renungan untuk ibadah minggu tgl 8 desember 2019,   Renungan untuk ibadah minggu tgl 8 desember 2019,   lagu worship terbaru mau khotbah,   renungan matius 3:10,   hari raya katolik 2020,   LIRIK LGU MULIA SEMBAH RAJA MULIA,   teks koor lagu natal katolik,   kata kata sambutan natal kristen,   kalender liturgi katolik 2019,   judul tata ibadah gereja,   renungan dari bacaan roma 15:4-9,   liturgi katolik desember 2019,   liturgi katolik desember 2019,   teks lagu misa hari anak misioner se dunia,   Khotbah Yesaya 9:1-6,   jamita minggu 8 desember 2019, sian Johannes 1:14-18,   Yesaya 9:1-6,   kalender liturgi 2019,   Kumpulan penjabaran yohannes 1:14-18,   Kumpulan penjabaran yohannes 1:14-18,   Khotbah Yesaya 9:1-6,   khobah minggu advend ke 2 2019 gmim,   Khotbah Yesaya 9:1-6,   youtube download lagu masa adven pertama kristen protestan,   lagu persembahan natal,