Save Page
Ratapan 3:22-23 "Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu!"

Penjelasan:

Tak habis-habisnya rahmat-Nya // Besar kesetiaan-Mu Tak habis-habisnya rahmat-Nya.
Kemurahan (belas kasih) TUHAN tidak ada habisnya. Setiap hari selalu baru (seperti manna pada zaman dahulu); karena itu maka bangsanya tidak binasa, dan sejumlah kaum yang tersisa menjadi benih bagi suatu permulaan yang baru. Besar kesetiaan-Mu (ay. 23).



Ilustrasi
Iman yang Memulihkan (Ratapan 3:22-33 ; Markus 5:21-43)
Seorang ateis sedang memancing pada hari yang cerah ketika mendadak perahunya diserang oleh monster Loch Ness. Dalam suatu gerakan yang cepat makhluk legendaris yang buas itu melemparkan orang ateis itu ke udara. Kemudian ia membuka mulutnya untuk menelan orang ateis itu dengan perahunya. Ketika orang itu meluncur dengan kepala di bawah dan akan masuk ke mulut monster, ia menjerit, "Oh, Tuhan! Tolonglah saya!..." segera adegan serangan yang ganas itu berhenti dan orang itu tergantung di udara. Ada suara cukup keras keluar dari awan. "Kukira kamu tidak percaya kepada-Ku!.." "Ayolah Tuhan jangan begitu." Kata orang ateis itu memohon. "Dua menit yang lalu saya juga tidak percaya kepada monster Loch Ness itu!"

Apakah arti kepercayaan atau iman kita kepada Tuhan? Apakah iman yang kepepet seperti orang ateis itu? Kita beriman dan ingat akan Tuhan hanya ketika situasi yang genting saja? Atau sebaliknya, kita memuliakan Tuhan, berserah dan bersyukur kepadaNya, hanya ketika semua urusan kita lancar dan diberkati?

Yairus kepala rumah ibadat dan wanita yang sakit pendarahan memang sama-sama mengalami krisis. Yairus terancam kehilangan seorang anak perempuan yang sangat dikasihinya, namun mengalami sakit. Sementara wanita itu telah 12 tahun sakit pendarahan, telah menghabiskan harta untuk biaya pengobatan ke berbagai tabib. Tetapi keadaannya malah bertambah parah. Dalam keadaan krisis inilah kedua orang itu datang kepada Yesus. Yairus sujud menyembah dan memohon pertolongan Tuhan (ay 22-23) Sementara wanita itu diam-diam menjamah jubah Yesus dengan iman. "Asal kujamah saja jubahNya, aku akan sembuh." (ay 28). Iman dan pengharapan kedua orang yang luar biasa ini ternyata tidak salah alamat, karena mereka kemudian berhasil menemukan solusinya sebab Tuhan Yesus maha baik dan maha kuasa atas segala penyakit bahkan atas kematian sekali pun. (ay 29, 42). Dan Akhir dari kisah iman ini adalah happy ending....

Apa yang dilakukan oleh Yairus dan wanita yang sakit pendarahan itu menjadi teladan bagi kita untuk datang berserah kepada Kristus ketika krisis melanda. Namun yang sering menjadi persoalan tidak semua jawaban Tuhan sama. Bahkan yang seringkali terjadi seolah Tuhan diam untuk semua doa dan penyerahan kita, ketika kita sangat membutuhkan pertolonganNya. Disinilah iman kita diuji apakah apakah kita hanya sekedar memiliki iman yang kepepet atau iman yang memulihkan. Iman yang kepepet adalah iman pemula, iman yang instant, iman yang bergantung kepada situasi dan emosi semata. Sedangkan iman yang memulihkan adalah iman tetap tak berubah dan tidak tergoncangkan, sekali pun belum menemukan jawaban doa dan solusinya. Iman yang memulihkan adalah iman yang tetap teguh sekalipun antara harapan dan realita bertolak belakang. Iman yang memulihkan adalah iman yang tetap setia, tetap tenang dan bersyukur dan memulikan Tuhan dalam segala hal. Iman yang memulihkan adalah iman yang melihat melampaui mata manusiawi yang sangat terbatas. Iman yang memulihkan adalah iman yang sudah menang sekali pun masih dalam kesulitan, dan daftar ini masih bisa dilanjutkan lagi. Sebab begitu kaya dan dalamnya karya Tuhan dalam perjalanan iman yang memulihkan. Iman seperti inilah yang ditunjukkan oleh Yeremia dalam Ratapan 3:22-33. Dalam keadaan terpuruk dan dipermalukan oleh musuh....ia tetap memandang kepada kasih setia Tuhan dan kebaikan Tuhan yang tak berkesudahan. Bahkan berulangkali dalam beberapa ayat kata kasih setia dan kebaikan Tuhan dikumandangkan. Itulah iman yang menguatkan dan membawa pemulihan. "Tak berkesudahan kasih setia Tuhan, tak habis-habis rahmatNya, selalu baru tiap pagi." (Rat 3:22-23)

Sumber: Warta jemaat GKI Gading Serpong, Minggu, 01 Juli 2012

Ayat yang mirip:
Mazmur 71:15
mulutku akan menceritakan keadilan-Mu dan keselamatan yang dari pada-Mu sepanjang hari, sebab aku tidak dapat menghitungnya.

Mazmur 89:1-2
89:1 Nyanyian pengajaran Etan, orang Ezrahi. (#89-#2) Aku hendak menyanyikan kasih setia TUHAN selama-lamanya, hendak memperkenalkan kesetiaan-Mu dengan mulutku turun-temurun. 89:2 (#89-#3) Sebab kasih setia-Mu dibangun untuk selama-lamanya; kesetiaan-Mu tegak seperti langit.

Mazmur 145:2
Setiap hari aku hendak memuji Engkau, dan hendak memuliakan nama-Mu untuk seterusnya dan selamanya.

Yesaya 63:7
Aku hendak menyebut-nyebut perbuatan kasih setia TUHAN, perbuatan TUHAN yang masyhur, sesuai dengan segala yang dilakukan TUHAN kepada kita, dan kebajikan yang besar kepada kaum Israel yang dilakukan-Nya kepada mereka sesuai dengan kasih sayang-Nya dan sesuai dengan kasih setia-Nya yang besar.

Ratapan 3:22-23
3:22 Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, 3:23 selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu!
 
Yohanes 1:17
sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus.

Penjelasan
* KESETIAAN-MU. Nas : Mazm 89:2-53
Mazmur ini adalah doa yang berkenaan dengan kebinasaan Yerusalem dan jatuhnya keturunan Daud, dan dengan janji Allah bahwa anak cucu Daud tetap ada untuk selama-lamanya (ayat Mazm 89:30,35-38; bd. 2Sam 7:8-16). Penggubah bertanya apakah Allah telah gagal untuk menepati janji-Nya. Ia berdoa agar Allah memulihkan umat-Nya dan takhta Daud serta menarik murka-Nya dari Israel (ayat Mazm 89:47-53). Yang tidak diketahui pemazmur ialah bahwa sekalipun Allah telah menghukum Israel karena dosa-dosa mereka, Ia akan menggenapi janji-Nya melalui Yesus Kristus, yang berasal dari keturunan Daud, dan kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan (Luk 1:31-33).

* SETIAP HARI AKU HENDAK MEMUJI ENGKAU. Nas : Mazm 145:2
Tidak ada satu hari yang boleh berlalu tanpa memuji dan bersyukur kepada Allah karena semua berkat dan karunia untuk kita. Dia adalah Pencipta, Penebus, dan Pemelihara kita (bd. Mazm 34:2).

* KASIH SETIA TUHAN. Nas : Yes 63:7-64:12
Yesaya memuji belas kasihan dan kasih setia Allah, mengakui dosa Israel, dan berdoa bagi kelepasan mereka dari hukuman dan untuk penebusan yang dijanjikan Allah.

* KASIH KARUNIA DAN KEBENARAN. Nas : Yoh 1:17
Bagi mereka yang berada di bawah hukum PL terdapat sekedar kasih karunia yang tampak dalam iman beberapa orang (Kej 5:24; 7:1; 15:6) dan di dalam janji pengampunan dosa (Kel 34:6-7; Im 5:17-18). Kini melalui Kristus, kasih karunia dan kebenaran tersedia dalam arti kata seluas-luasnya (Rom 5:17-21). Kebenaran kini tidak lagi terselubung oleh lambang-lambang (seperti dalam korban-korban). "Kasih karunia demi kasih karunia" (ayat Yoh 1:16) berarti bahwa pemberian kasih karunia dan kuasa secara terus-menerus disalurkan kepada orang percaya yang menanggapi kasih karunia yang diberikan kepada mereka. Kasih karunia merupakan kuasa, kehadiran, dan berkat Allah yang dialami oleh mereka yang menerima Kristus.

Keselamatan tidak disebabkan oleh usaha kita untuk menaati hukum Taurat, tetapi oleh Roh Kudus dan kasih karunia Kristus yang datang ke dalam kehidupan kita untuk memperbaharui roh kita serta menciptakan kita kembali menurut gambar Kristus.







HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song
Jesus Is Risen Song





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 20 Mei - Pengkotbah 3-5

Arsip Ayat Pengucapan Syukur - Untuk memulai Persembahan..

Hari ini, 20 Mei - Pengkotbah 3-5
rss lagu-gereja.com  Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392




Beli Kaos C59. Klik Disni

Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 17 Desember 2019 - Yesaya 13:4-5 - MINGGU ADVEN III Yesaya 13:4-5 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Senin, 16 Desember 2019 - Yesaya 12:4-6 - MINGGU ADVEN III Yesaya 12:4-6 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 15 Desember 2019 - MANUSIA BERKESEMPATAN UNTUK HIDUP DI DALAM DAMAI SEJAHTERA - Zefanya 3:9-15 (SGD) - HARI MINGGU ADVEN III Zefanya 3:9-15 Penjelasan Ayat
Janji keselamatan, Tetapi sesudah itu Aku akan memberikan bibir lain kepada bangsa-bangsa, yakni bibir yang bersih, Engkau tidak akan mendapat malu, Umat yang rendah hati dan lemah, Sisa Israel, Bersorak-sorailah, hai putri Sion, Raja Israel, yakni TUHAN, ada di antaramu
Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 14 Desember 2019 - Mazmur 72:1-11 - MINGGU ADVEN II Mazmur 72:1-11 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 13 Desember 2019 - Mazmur 60:1-7 - MINGGU ADVEN II Mazmur 60:1-7 Penjelasan Ayat




Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Jumat, 17 Mei 2019
Open Heaven - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Beautiful - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Dance Like It's Done - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Halellujah - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Precious Angel - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Blowin in The Wind - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Jokerman - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Pressing On [Toronto, April 1980] - Bob Dylan

Senin, 13 Mei 2019
God Is With Us - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Here I Go Again - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Love Them Like Jesus - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Courageous - Casting Crowns

Jumat, 10 Mei 2019
Hallelujah - Tori Kelly

Jumat, 10 Mei 2019
You Make Me Brave - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Oceans (Where Feet May Fail) - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Lord, I Need You - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
How Great Thou Art - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Because of Who You are - Agnes Monica

Minggu, 05 Mei 2019
Revelation Song - Tori Kelly

Minggu, 05 Mei 2019
How He Loves - Tori Kelly / Romulo Costa

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



kotbah Mazmur 102:1-12,   lagu rohani untuk doa syafaat,   gmit matius 5:38-48,   tafsiran Mazmur 102:2-3, 13-23,   Download lagu gms terbaru,   kumpulan lagu ibadah persekutuan,   Pujian persembahan,   lagu rohani dengan partitur,   kusembah kau nikko lirik,   khotbah kristen gpib,   psalm 102:2-3,13-23 jamita partangiangan hkbp,   khotbah kristen gpib,    khotbah minggu 26 Mei 2019,    khotbah minggu 26 Mei 2019,   renungan kristen.yesaya 59:1,   renungan kristen.yesaya 59:1,   mazmur 102:13-23,   masmur 148 thema kepedulian Allah,   mazmur 102:13-23,   renungan kristen.yesaya 59:1,   lagu pengumpulan persembahan,   jamita partangiangan 2 timoteus 2:1-7,   eksposisi mazmur 102,   tata ibadah penghiburan,   kata sambutan natal 2018,   kata sambutan ketua panitia natal 2018,   khotbah ezra 6 13 - 18,   download lagu rohani menikmatibaitnya,   download lagu rohani menikmati baitnya,   bahan sermon ezra 6 13 18,   bahan sermon ezra 6 13 18,   minggu paslah VI 26 Mei 2019,   khotbah mazmur 102,   mazmur 102:2-3,12-22,   mazmur 102:2-3,12-22,   mazmur 102:2-3,12-22,   bacaan minggu tgl 26 mei 2019,   ezra 6 13-18,   kord lagu ku datang padamu tuhan dan rajaku,   lagu ku datang padamu tuhan dan rajaku,   Khotbah minggu uem tanggal 26 mei,   inilah hidupku bagai kain yang kotor chord,   khotbah katolik minggu 26 mei 2019,   inilah hidupku bagai kain yang kotor chord,   khotbah mazmur 102 : 13-23,   download lagu rohani kristen samuel,   partitur kj 370 dengan 4 suara,   lagu penyemhan,   khotbah lukas 11,1_13, rogatr,   lagu rohani untuk pernikahan,   lagu pengakuan dosa gmim,   lagu rohani untuk pernikahan,   lagu*Nyanyian rohani,   jamita partangiangan hkbp psalmen 102:2-3,13-23,   lagu pembukaan persekutuan,   jamita partangiangan hkbp psalmen 102:2-3,13-23,   jamita partangiangan hkbp psalmen 102:2-3,13-23,   ezra 6:13-18,   ezra 6:13-18,   jamita 25 mei 2019 rogate,   nyanyian rohani 9,   partitur koor untuk pentakosta,   lagu pujian pengakuan dosa HKBP,   lirik alangkah baik dan indahnya,   nyanyian rohani 9,   Khotbah minggu 19 mai 2019,   khotbah ezra 6 13 - 18,   midi lagu Hymne GKI,   no telpon gereja bogor,   lagu baru gms,   nyanyian rohani no 14,   nyanyian rohani no 14,   lirik lagu rohani untuk persembahan,   lagu baru gms,   puji pujian kristen,   lagu gereja.com,   renungan/ kotbah kejadiann 31:1-16 Hidup seutuhnya Bagi Tuhan,   lagu ucapan syukur,   download lagu gpdi hari ini,   lagu pernikahan di gereja,   lagu pernikahan di gereja,   firman TUHAN menurut yeremia 3:1-5,   Renungan mat 7:12-14,   LAGU LAGU ROHANI YANG MENYENTUH SAATH IBADA,   download lagu rohaninenanti kedatangan tuhan,   lagu kj utk ultah,   lagu kj utk ultah,   khotbah 1 tawarikh 22,   downnload lagu rohanimenikmatibaitnya,   ezra 6:13-18 (BAHASA INDONESIA),   lirik lagu satu hal telah kuminta,   download lagu rohani menikmati baitnya,   renungan pemuda efesus 2:11-22,   mazmur 145:8-13,   renungan khotbah ezra 6:13-18,   bahan sermon ezra 6 13 18,   isi Esra 6:13-18,   Ezra 6 : 13 - 18,   Esra 6:13-18.,   no telpon gereja bogor,   kotbah esra 6 : 13-18,   lagu untuk persambahan,   lagu untuk persambahan,   esra 6:13-18,   ezra 6 13-18 penjelasan,   khotbah esra 6:13-18,   esra 6: 13 - 18,   kotbah ezra 3:13-16,   ezra 6:13-18,   khotbah ezra 6 13 - 18,   renungan ezra 6 13 18,   acara minggu ibadah gkpi,   khotbah esra 6:13-18,   penjelsan ktobah hkbp tggl 19 mei,   Alkitab esra 6:13-18 batak,   ezra 6 batak,   ezra 6 batak,   tata ibadah persekutuan perempuan,   lagu gereja pantekosta,   esra 6:13-18,   ezra 6:13-18,   nats persembahan,   esra 6 bahasa batak,   download lagu nkb 111 mp3,   lagu pembukaan persekutuan,   download lagu nkb 111 mp3,   no telpon gereja bogor,   khotbah minggu 19 mei 2019 hkbp,   jamita minggu 19 mei 2019 hkbp,   lirik mars gp,   when isee the blood donald lawrence,   when isee the blood donald lawrence,   ezra 6:13-18 (BAHASA INDONESIA),   khotbah Ezra 6:13-18,   renungan minggu kantate 19 mei 2019,   bahan sermon ezra 6 13 18,   lirik lagu rohani gms,   khotbah ezra 6:13-18,   contoh khotbah sesudah paskah,   lirik lagu bertambah tambah dalamnya,   khotbah ezra 6:13-18,   khotbah ezra 6 13 18,   khotbah ezra 6:13-18,   doa persembahan gereja secara umum,   lirik lagu bertambah tambah dalamnya,   tafsiran kitab Ezra 6:13-18,   khotbah 19 mei 2019,   khotbah minggu 19 mei 2019 ezra 6:13-18,   khotbah minggu 19 mei 2019 ezra 6:13-18,   ilustrasi khotbah ezra 6:13-18,   ilustrasi khotbah minggu kantate,   bahan sermon ezra 6 13 18,   bahan sermon ezra 6 13 18,   khotbah ezra 6:13-18,   ilustrasi khotbah minggu kantate,   bahan sermon ezra 6 13 18,   khotbah esra 6:13-18,   Kejadian 12:1-7,   khotbah ezra 6 13 18,   nyanyin rohani 31,   rohani 85,   lirik lagu abraham kau mau kemana,   lirik lagu abraham kau mau kemana,   tema khotbah ezra 6:13-18,   tema khotbah ezra 6:13-18,   khotbah Ezra 6:13-18,   santapan harian ezra 6:13-18,   khotbah Ezra 6:13-18,   jamita esra 6 : 13 - 18,   khotbah Ezra 6:13-18,   nyanyian rohani 66,