Save Page

Rabu, 5 Nopember 2014
Minggu XXI Sesudah Pentakosta
UMAT MEMUJI ALLAH
Zefanya 2:1-3

2:1 Bersemangatlah dan berkumpullah, hai bangsa yang acuh tak acuh,
2:2 sebelum kamu dihalau seperti sekam yang tertiup, sebelum datang ke atasmu murka TUHAN yang bernyala-nyala itu, sebelum datang ke atasmu hari kemurkaan TUHAN.
2:3 Carilah TUHAN, hai semua orang yang rendah hati di negeri, yang melakukan hukum-Nya; carilah keadilan, carilah kerendahan hati ; mungkin kamu akan terlindung pada hari kemurkaan TUHAN.



Penjelasan:



* BERKUMPULLAH, HAI BANGSA YANG ACUH TAK ACUH. Nas : Zef 2:1-3
Zefanya telah menyatakan datangnya hari murka Allah atas Yehuda, suatu hari yang tidak bisa dibatalkan. Saat dan kepastian hukuman telah ditetapkan, dan bangsa itu harus dihukum atas kemurtadan dan dosa mereka. Sekalipun demikian, Allah menawarkan harapan bagi mereka yang bertobat sebelum hari itu tiba; orang yang sungguh-sungguh benar akan dilindungi Tuhan pada hari murka-Nya yang dahsyat (lihat cat. --> Zef 2:3 berikut). [atau ref. Zef 2:3]

* CARILAH KEADILAN, CARILAH KERENDAHAN HATI. Nas : Zef 2:3
Sang nabi menawarkan harapan kepada orang-orang yang sudah berbalik kepada Tuhan. Ia menasihati mereka untuk memperdalam komitmen mereka kepada Allah dan jalan-jalan-Nya; mungkin Allah berkenan melindungi mereka ketika Ia datang untuk menghukum umat-Nya. Mereka harus mencari tiga hal jikalau berharap mengalami kebangunan dan pembaharuan berkat Tuhan, tiga hal yang juga penting sekali bagi orang percaya masa kini.
1) Pertama, mereka harus mencari Allah. Hati mereka harus terarah kepada-Nya dengan kerinduan mendalam untuk mengenal dan mengasihi Dia sebagai Tuhan perjanjian dan pelindung mereka (bd. Yer 29:13).
2) Mereka harus mencari kebenaran sesuai dengan Firman Allah sebagai jalan hidup mereka (bd. Yes 1:21; Am 5:24; Mat 6:33).
3) Mereka harus mencari kerendahan hati, serta menyadari ketidakberdayaan mereka dan kebutuhan untuk tunduk dalam ketaatan kepada Allah (bd. Bil 12:3; Mazm 45:5; Ams 15:33).

--------------------------------------------

*Renungan SBU

Malam 2014

Rabu, 5 Nopember 2014
Zefanya 2:1-3
ALLAH MENGAMPUNI

Kebalikan ancaman atas penghukuman yang disebutkan Zefanya pada pasal 1 dan 3, pasal 2 justru berisi ajakan dan dorongan untuk melakukan apa yang benar, apa yang baik dan apa yang seharusnya dilaku kan umat. "Carilah Tuhan hai semua orang yang rendah hati di negeri, yang meiakukan hukum-Nya, carilah keadilan, carilah kerendahan hati, . . . " (ay.3) Ditengah penolakan umat terhadap perintah dan ketetapan-ketetapan Tuhan dan sikap acuh tak acuh, sesungguhnya Allah penuh dengan kasih sayang ingin merangkul dan mengarahkan umat untuk hidup yang benar, baik dan suci dihadapan-Nya. Yang Tuhan kehendaki adalah kesadaran atas kesalahan atau dosa yang dilakukan dengan berbalik kepada Tuhan dan "kamu akan tarlindung pada hari kemurkaan Tuhan" (ay.2 & 3). Pernyataan nabi di pasal 3:20, lebih menegaskan janji keselamatan yang dipersiapkan Tuhan, "sebab Aku mau membuat kamu menjadi kenamaan dan kepujian diantara segala bangsa di bumi dengan memulihkan keadaanmu di depan mata mereka."

"Sekali pun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju" (Yesaya 1:18). ltulah gambaran sikap yang ditunjukkan Allah bagi umat. Berbuat salah, tentu patut dihukum, tetapi Allah kita di daiam Yesus Kristus adalah Allah yang baik, penuh kasih setia dan selalu mau merangkul kembali umat yang bersalah. Fungsi hukuman adalah mendidik dan mengajar kita untuk kembaii bersikap benar, baik dan kudus, tetapi sekaligus membuka pintu pengam punan atas dasar rahmat-Nya yang besar. lnilah undangan terbuka yang disediakan Tuhan bagi kita yang bersalah dan ini menjadi pendorong untuk kembali mengingat segala kebaikan yang telah dinyatakan Tuhan bagi kita. Anugerah keselamatan di dalam Yesus Kristus sudah dinyatakan di atas kayu salib, peluang ini harus ditangkap sebagai kesempatan untuk menata kembali kehidupan yang kotor dan rusak oleh keinginan duniawi, kembali ke jalan yang benar.


KJ.39 : 4, 5

Doa : (Bersihkan kami dari dosa dan baharuilah hidup kami oleh anugerah pengampunan-Mu)



*SGDK
Minggu XII SES.PENTAKOSTA
Rabu, 05 Nopember 2014
UMAT MEMUJI ALLAH
Zefanya 2:1-3


PENGANTAR

Zefanya adalah kitab yang digolongkan pada nabi-nabi kecil. la bekerja pada zaman pemerintahan Yosia bin Amon raja Israel Selatan (Yehuda). Secara etlmologis, kata "Zefanya" yang berasal dari bahasa Ibrani, berarti "Tuhan telah bersembunyi" atau "Penjaga bagi Tuhan". Hal itu menunjuk pada peran dan fungsinya selaku nabi yang menyampaikan pesan-pesan Tuhan bagi umat. Selanjutnya dari penelusuran kitab, Zefanya pada intinya menyampaikan dua pesan. Pertama, tentang hari Tuhan yang akan segera tlba dimana Yehuda berkuasa atas musuh. Untuk itu dibutuhkan kesetiaan penuh kepada Tuhan. Kedua, nabi menyampaikan kehendak Allah yang menghendaki kehidupan baru yang dlwarnal pola hidup yang benar, balk dan suci. Tidak menyembah baal, menyucikan bait Allah, menghormati Taurat dan menyembah hanya kepada Allah saja.


MEMAHAMI TEKS

Pasal 1 dan pasal 3 berisi ancaman penghukuman, sedangkan pasal 2 justru berlsi ajakan dan dorongan untuk melakukan yang benar, yang balk dan yang seharusnya dilakukan umat. Hal itu nampak dari kata-kata "bersemangatlah dan berkumpullah, . . . "Carilah TUHAN hai semua orang yang rendah hati di negeri, yang melakukan hukum-Nya, cari/ah keadilan, cari/ah kerendahan hati, . . . " (ay. 3) Ditengah penolakan umat terhadap perintah dan ketetapan-ketetapan TUHAN dan sikap acuh tak acuh, sesungguhnya Allah penuh dengan kasih sayang ingin merangkul dan mengarahkan umat untuk hidup yang benar, balk dan suci dihadapan-Nya. Yang la kehendaki adalah kesadaran atas kesalahan atau dosa yang dilakukan lalu berbalik kepada-Nya, dan "kamu akan terlindung pada hari kemurkaan TUHAN' (ay. 2 & 3). Selanjutnya isi pernyataan di pasal 3 : 20, lebih menegaskan janji keselamatan yang dipersiapkan TUHAN, "sebab Aku mau membuat kamu menjadi kenamaan dan kepujian diantara segala bangsa di bumi dengan memu/ihkan keadaanmu di depan mata mereka." Artinya kehidupan baru yang dilandasi kasih Allah, membentuk pola hidup yang baru yang diharapkan mengalirkan berkat, balk bagi kehidupan umat itu sendirl tetapl sekallgus bagi bangsa-bangsa lain yang ada dan hidup disekitarnya.

MAKNANYA

"Sekali pun dosamu merah sepen"i kirmizi, akan menjadi putih seperti salju" (Yesaya 1:18). ltulah gambaran sikap yang ditunjukkan Allah bagi umat. Berbuat salah, tentu patut dihukum, tetapi Allah kita di dalam Yesus Kristus adalah Allah yang baik, penuh kasih setia dan selalu mau merangkul kembali umat yang bersalah. Dan ini adalah kesempatan atau peluang kita. Fungsi hukuman adalah mendidik dan mengajar kita untuk kembali bersikap benar, baik dan kudus, sekaligus membuka pintu pengampunan atas dasar rahmat-Nya yang besar. lnilah undangan terbuka yang disediakan Tuhan bagi kita yang bersalah. lni juga menjadi pendorong untuk kembali mengingat segala kebaikan yang telah dinyatakan Tuhan bagi kita. Anugerah keselamatan di dalam Yesus Kristus sudah dinyatakan di atas kayu salib. Hal itu menjadi kesempatan bagi kita menata kehidupan yang kotor dan rusak oleh keinginan duniawi, untuk kembali kejalan yang benar. Marllah kita menjawab kasih sayang yang Tuhan sediakan itu dengan mengingat Firman Tuhan, "Aku mangangkat malapetaka dari padamu, sehingga oleh karenanya engkau tidak Iagi menanggung cela" (3:18).


ARAHAN DISKUSI

Ajakan untuk bertobat, kembali hidup dalam tuntunan dan arahan Tuhan, pada akhirnya mengantar umat pada harapan hidup yang labih aman, damai dan sejahtera.
1. Kehidupan rumah tangga yang baik, tercermin dari perilaku semua anggotanya (ayah, ibu dan anak). Seluruh anggota keluarga mampu menjalankan perannya masing-masing dan tentu saling mendorong untuk menciptakan harmonl, rukun dan damai, sekall pun banyak tantangannya. Persoalannya, jika timbul masalah dalam interaksi suami - istri atau kakak-beradik atau orang tua dan anak, faktor apa yang paling sering menjadi penyebabnya dan apa akibatnya jika tidak lerselesaikan?
2. Mengacu pada penelusuran kitab Zefanya, hal apa saja yang menjadi hambatan atau kendala dalam mewujudkan cinta kasih dan damai sejahtera di dalam keluarga ?
3. Dibalik berbagai persoalan rumah tangga, tentu terbersit harapan ke depan yang lebih baik dan berkualitas. Bagaimana hal itu dibangun di dalam keluarga dan cara apa saja yang hendak dilakukan agar tercipta kehidupan rumah tangga yang harmonis?

Label:   Zefanya 2:1-3 




Lagu Natal (Christmas)
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 09 Nopember 2014 - BUKAN AKU TETAPI KAMU - 1 Raja-Raja 18:16-19

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB - Minggu, 02 Nopember 2014 - MAUKAH ENGKAU SEMBUH - Yohanes 5:1-12

Garis Besar Zefanya






December 1-7 (Week 49) - Esther 7-10; Revelation 3 || Ezra 7-10; Psalm 97; Rev 4 || Nehemiah 1-3; Rev 5 || Neh 4-6; Psalm 98; Rev 6 || Neh 7-9; Psalm 140; Rev 7

Hari ini, 7 Desember - Efesus 1-3

Hari ini, 7 Desember - Maz 137:9-138:6, Dan 11-12, 1 Yoh 5, Ams 30:13-14

Hari ini, 7 Desember - Yohanes 16:1-11, Wahyu 4, Ayub 30, Yoel 2-3

BACAAN ALKITAB SETAHUN:



Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2014..

Register   Login  

contoh kj 424 bukan kj.424



Latest Christian Song
** Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 31 JANUARI 2020 - ORANG YANG MENANG ADALAH ANAK ALLAH - Wahyu 21:6-8 - MINGGU II SESUDAH EPIFANI Wahyu 21:6-8 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Alfa dan Omega, di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang // bagian mereka, Kebenaran dan kepastian dari keadaan yang membahagiakan ini disahkan oleh firman dan janji Allah, YESUS ADALAH SUMBER PENGHARAPAN DAN KEKUATAN
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 30 JANUARI 2020 - YESUS: RAJA DARI SEGALA RAJA DAN TUHAN DARI SEGALA TUHAN - Wahyu 19:14-16 - MINGGU II SESUDAH EPIFANI Wahyu 19:14-16 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

Khotbah Ibadah GPIB RABU, 29 JANUARI 2020 - YESUS ADALAH SOLUSI - Lukas 8:22-25 SGDK) -MINGGU II SESUDAH EPIFANI Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Marilah kita bertolak ke seberang danau, Yesus tertidur // Taufan // Perahu itu kemasukan air dan mereka dalam bahaya, Kita binasa // Ia pun bangun, lalu menghardik air dan angin yang mengamuk itu, Kristus memerintahkan murid-murid-Nya untuk bertolak ke seberang danau, LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN SAMA 0| MATATUHAN
Khotbah Ibadah GPIB SELASA, 28 JANUARI 2020 - BESAR DAN AJAIB - Wahyu 15:1-4 - MINGGU II SESUDAH EPIFANI Wahyu 15:1-4 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Tujuh Cawan Penghukuman, telah mengalahkan binatang itu dan patungnya dan bilangan namanya // nyanyian Musa, hamba Allah dan nyanyian Anak Domba, Pekerjaan penumpahan tujuh cawan, yang dipercayakan kepada tujuh malaikat, Patutlah Allah dipuji dan disembah sepanjang abad, BESAR DAN AJAIB
Khotbah Ibadah GPIB - SENIN, 27 JANUARI 2020 - JANJI PENYERTAAN TUHAN - Wahyu 1:17-20 - MINGGU II SESUDAH EPIFANI Wahyu 1:17-20 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
ketujuh bintang itu ialah malaikat ketujuh jemaat // Efesus // Smirna // Pergamus // Tiatira, Sardis, Filadelfia, // Laodikia // Iblis, tujuh kaki dian dari emas, // Anak Manusia, // Yang Awal dan Yang Akhir // Yang Hidup; // kunci maut dan kerajaan maut // apa yang telah kaulihat // yang terjadi sekarang // yang akan terjadi sesudah ini // sesudah

Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 31 Desember 2019 - TETAP SEMANGAT KARENA TUHAN SELALU BERI BERKAT - Yesaya 61:10-11 (SGD) - MALAM TAHUN BARU Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Orang percaya yang telah lahir baru dengan sukaria menanggapi janji-janji mulia ini., Kemakmuran Jemaat . BERSYUKUR BERSAMA TUHAN
Khotbah Ibadah GPIB Senin, 30 Desember 2019 - PUJILAH NAMA TUHAN - Senin, 30 Desember 2019 - MINGGU SESUDAH NATAL Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Ajakan kepada bumi, Pujilah Tuhan di bumi, Sebuah Undangan untuk Memuji,
Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 29 Desember 2019 - MENSYUKURI PENYERTAAN ALLAH - Yesaya 52:1-10 (SGD) - HARI MINGGU SESUDAH NATAL Yesaya 52:1-10 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Dorongan bagi Yerusalem,
Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 28 Desember 2019 - MENGENAL DlA - 1 Yohanes 1:3-6 - MINGGU SESUDAH NATAL 1 Yohanes 1:3-6 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar // persekutuan. Kamu juga , Supaya sukacita kami menjadi sempurna , Allah adalah terang, Hidup di dalam kegelapan // Tidak melakukan kebenaran, Kesaksian Rasuli
Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 27 Desember 2019 - HIDUP DI DALAM TERANG - 1 Yohanes 1:5-10 - MINGGU SESUDAH NATAL 1 Yohanes 1:5-10 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)







Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH NATAL 2019 dan TAHUN BARU 2020 GPIB
TATA IBADAH KELUARGA MALAM NATAL 2019, TATA IBADAH MALAM NATAL 2019, TATA IBADAH HARI NATAL 2019, TATA IBADAH SESUDAH NATAL 26 DES 2019, TATA IBADAH KELUARGA MALAM AKHIR TAHUN 31 DES 2019, TATA IBADAH MALAM AKHIR TAHUN 2019, TATA IBADAH TAHUN BARU 2020




New Submit
KAMIS, 2 JANUARI 2020
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 2 JANUARI 2020 - HADIAH DARI SORGA - Filipi 3:12-16 - MINGGU SESUDAH NATAL


TATA IBADAH KELUARGA MALAM AKHIR TAHUN 31 DES 2019 (bisa dilihat di HP)


TATA IBADAH KELUARGA MALAM NATAL 2019 (bisa dilihat di HP)

Jumat, 06 Desember 2019
Zie De Maan Schijnt Door De Bomen

Friday, December 06, 2019
John Schneider Scores First Number One Christian Country Single

Friday, December 06, 2019
End of journey as gospel star Zimu loses battle against cancer

Friday, December 06, 2019
‘A wakeup call:‘ British theologian N.T. Wright on the prosperity gospel, climate change and Advent

Kamis, 05 Desember 2019
When Christmas Comes Around - Caitie Hurst

Wednesday, December 04, 2019
Seek the light during busy Advent season, advises NAU chaplain

Wednesday, December 04, 2019
Seek the light during busy Advent season, advises university chaplain

Wednesday, December 04, 2019
Early Rain Church Elder Sentenced to Four Years in Prison for Having Christian Literature

Wednesday, December 04, 2019
Lighthouse Christian School Contributes to Christmas Spirit

Selasa, 03 Desember 2019
Materi Rancangan Dasar (Randas) Akta Gereja


Kalender GKJ Desember 2020


Kalender GKJ Nopember 2020


Kalender GKJ Oktober 2020


Kalender GKJ September 2020


Kalender GKJ Agustus 2020


Kalender GKJ Juli 2020


Kalender GKJ Juni 2020

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, Khotbah Ibadah GPIB 2020, Lagu Natal (Christmas), TATA IBADAH NATAL 2019 dan TAHUN BARU 2020 GPIB,



Renungan mikha 4:6-14,   tata cara ibadah GERMITA,   lirik lagu tuhan pelita hidupku,   kotbah Yohannes 1:14-18,   kotbah yesaya 43 1-4,   Renungan harian Johannes 1:14-18,   Santapan harian Johannes 1:14-18,   lagu vetri kumase rohani,   hothbah yesaya 40:1-8,   eksposisi yakobus 1:17,   TEMA NATAL GEREJA PROTESTAN MALUKU 2019/2020,   TEMA NATAL GEREJA PROTESTAN MALUKU 2019/2020,   chord O Allagku.jenguklah diriku,   kata sambutan natal,   Santapan Harian Johannes 1:14-18,   ilustrasi kasih allah terbukti untuk sekolah minggu,   sentosa dalam yesus chord,   musik mazmur 72,   not nkb 166,   kabar gembira lagu natal,   partitur SATB Hai Mari Berhimpun,   renungan Lukas 3: 1-20,   ucapan selamat natal untuk persekutuan,   lagu kidung ceria syair ibu,   lagu kidung ceria syair ibu,   partitur lagu paduan suara tema hari ibu,   khotbah mazmur 91,   lirik lagu dunia gemar dan soraklah,   pesan dan kesan natal kaum bapak,   contoh liturgi ibadah natal GPM,   contoh liturgi ibadah natal GPM,   siapa gerangan sang raja not angka,   KHOTBAH YOHANES 1:14-18 (ADVENT II),   KHOTBAH YOHANES 1:14-18 (ADVENT II),   kotbah natal 2017,   Lirik lagu natal Gloria Gloria,   Kumpulan penjabaran yohannes 1:14-18,   lirik lagu kj 376 versi toraja,   ucapan selamat natal untuk persekutuan,   +hotbah yesaya 60:1-7,   download mp3 kidung jemaat 69,   lagu natal untuk persembahan syukur,   lagu masa adven 2019,   lagu masa adven 2019,   lagu masa adven 2019,   bahan khotbah Adven Gmit 2019,   gits bakti 324,   download lagu GEREJA,   download lagu GEREJA,   lirik lagu tuhan pelita hidupku,   khotbah masa adventus yesaya12:1-6,   lirik lagu surya bersinar,   download lagu rohani mp3 gratis,   download lagu rohani mp3 gratis,   khotbah 1 tim. 4:1-16,   kalender liturgi 2020,   sambutan pranatal gmim,   contoh lagu komuni minggu advent ketiga tahun A 2019,   liturgi perayaan ekaristi 15 desember 2019 tahun a,   lagu mazmur untuk tahun a 15 desember 2019 minggu advent III,   kalender katolik desember 2019,   kalender katolik desember 2019,   kalender katolik desember 2019,   kalender katolik desember 2019,   &rct=j,   Lirik lagu natal praise and worship ibadah natal 25 desember,   nyanyian rohani no 97,   lagu berita anugerah,   doa persembahan katolik,   pidato radio menjelang natal,   kalender liturgi 2020,   lagu persembahan,   khotbah maz 72:1-7,   khotbah maz 72:1-7,   pujian untuk persembahan,   khotbah lukas 16 : 19-31 minggu biasa,   khotbah lukas 16 : 19-31 minggu biasa,   khotbah Yohannes 1:14-18,   contoh kata sambutan di acara natal,   lagu wartakanlah kabar gembira tek,   khotbah Matius 24:3-8,   kalender liturgi oktober 2020,   kalender liturgi 2019,   DSL NO 218 SAMBUTLAH,   materi adven ke1,   lirik lagu rohani pujian bukan setiap orang yang berseru Tuhan Tuhan masuk kerajaan Allah,   renungan Zakaria 9 ; 9-10,   matius 10 :34-42,   khotbah kisah para rasul 13:13-25,   contoh liturgi natal gpib,   not angka lagu bagimu damai sejahtera,   kalender liturgi desember 2019,   lagu persembahan,   pengertian tanah,kayu,perak,emas dalam konteks 2 timotius 2: 20,21,   sambutan natal sesuai tema yesus datang untuk pembaharuan,   lagu rohani o genta malam,   surat penitipan pemberkatan nikahgereja,   renungan mazmur 97 11 12,   Sabda Bina Pemuda 7 Desember 2019,   lagu rohani pakai hidupku sebagai alatmu,   kubawah kepadamu oh tuhan,   lagu kj tentang memuji tuhan,   tema natal 25 desember se gbkp 2019,   tema natal 25 desember se gbkp 2019,   ppt yohanes 15: 9 - 17,   ppt yohanes 15: 9 - 17,   Rngn kisah para rasul 8:1-25,   kata sambutan kepala sekolah,   khotbah 1 tesalonika 3 7 - 13,   kotbah yesaya 43: 1-7,   Renungan harian 2 samuel 4,   MAZMUR 146:5-10 JUSWANTORI LIRIK,   partitur koor terpujilah allah hikmatnya besar,   partitur koor terpujilah allah besar kuasanya,   renungan tentang serigala akan tinggal dengan domba,   kalender liturgi 2020,   gambar kalender katolik 2020,   kalender Liturgi 2019,   lagu misa angkatlah hatimu madahkan lagu,   renungan yesaya 11:6-9,   lagu mankind,   &rct=j,   &rct=j,   lagu pengantar pernikahan digerja,   lagu sebelum doa syafaat,   renunngan ulangan 18:15-19,   renunngan ulangan 18:15-19,   not angka lagu seribu lilin nyalakan,   not angka lagu seribu lilin nyalakan,   not angka lagu seribu lilin nyalakan,   contoh liturgi malam natal gkp,   contoh liturgi malam natal gkp,   contoh khotbah ibadah raya,   kunci lagu bagi allah yang mulia,   LIRIK mazmur gb 114,   kalender liturgi 2019,   LIRIK mazmur 146 5-10 juswantori,   Renungan Roma 15:1-13 Kaitan dengan Minggu Adven,   Berharap pada Tuhan dalam Mikha 7:7-13,   Khotbah tentang berharap pada Tuhan dalam Mikha 7:7-13,   Khotbah tentang berharap pada Tuhan dalam Mikha 7:7-13,   pakailah waktu anugrah tuhanmu lagu,   materi khotbah natal 2019,   khotbah yesaya 55:6-11,   PKJ no 72,   tata ibadah natal gbi 2019,   DAWNLOAD MP3 MULIAKANLAH,   kalender liturgi 2019,   kalender liturgi 2019,   TAFSIRAN YOHANES 1:14-18,   TAFSIRAN YOHANES 1:14-18,   Renungan untuk ibadah minggu tgl 8 desember 2019,   Renungan untuk ibadah minggu tgl 8 desember 2019,   kalender liturgi 2019,   Renungan untuk ibadah minggu tgl 8 desember 2019,   Renungan untuk ibadah minggu tgl 8 desember 2019,   lagu worship terbaru mau khotbah,   renungan matius 3:10,   hari raya katolik 2020,   LIRIK LGU MULIA SEMBAH RAJA MULIA,   teks koor lagu natal katolik,   kata kata sambutan natal kristen,   kalender liturgi katolik 2019,   judul tata ibadah gereja,   renungan dari bacaan roma 15:4-9,   liturgi katolik desember 2019,   liturgi katolik desember 2019,   teks lagu misa hari anak misioner se dunia,   Khotbah Yesaya 9:1-6,   jamita minggu 8 desember 2019, sian Johannes 1:14-18,   Yesaya 9:1-6,