Save Page
Pahlawan-pahlawan Daud
23:8 Inilah nama para pahlawan yang mengiringi Daud: Isybaal, orang Hakhmoni, kepala triwira; ia mengayunkan tombaknya melawan delapan ratus orang yang tertikam mati dalam satu pertempuran.
23:9 Dan sesudah dia, Eleazar anak Dodo, anak seorang Ahohi; ia termasuk ketiga pahlawan itu. Ia ada bersama-sama Daud, ketika mereka mengolok-olok orang Filistin, yang telah berkumpul di sana untuk berperang, padahal orang-orang Israel telah mengundurkan diri.
23:10 Tetapi ia bangkit dan membunuh demikian banyak orang Filistin sampai tangannya lesu dan tinggal melekat pada pedangnya. TUHAN memberikan pada hari itu kemenangan yang besar. Rakyat datang kembali mengikuti dia, hanya untuk merampas.
23:11 Sesudah dia, Sama, anak Age, orang Harari. Ketika orang Filistin berkumpul di Lehi--di sana ada sebidang tanah ladang penuh kacang merah--dan tentara telah melarikan diri dari hadapan orang Filistin,
23:12 maka berdirilah ia di tengah-tengah ladang itu, ia dapat mempertahankannya dan memukul kalah orang Filistin. Demikianlah diberikan TUHAN kemenangan yang besar.

* Khotbah 1: Pantang Menyerah
Terdapat 57 nama dalam kitab Samuel 23 dalam daftar kehormatan raja Daud. Dan kita akan mempelajari 3 nama yaitu Isybaal, Eleazar, dan Sama. Dan selanjutnya kita sebut dengan orang pertama, ke dua, dan ke tiga.
Ketiga nama ini mempunyai sifat yang melekat pada mereka secara bersama-sama yaitu : Mereka Pantang Menyerah.

Orang Pertama
Pada jaman itu belum ada senjata pemusnah massal seperti machine gun, granat , bom dll. Dan orang pertama ini harus menghadapi 800 orang Filistin. Dan karena pada waktu itu hanya ada pedang untuk bertempur, maka untuk mengalahkan ke-800 orang ini harus dilakukan satu demi satu walaupun kemungkinan menang menjadi sangat kecil. Tetapi orang pertama ini tidak melihatnya sebagai sebuah ketidakmungkinan, dia tetap bertahan, menyelesaikan pertempurannya satu demi satu sampai selesai. Orang ini tercatat dalam daftar kehormatan raja dalam kitab 2 samuel 23 yang menyiratkan bahwa Tuhan menyukai orang yang tetap bertahan dan tidak menyerah. Jika hari ini Anda melihat sebuah kemungkinan yang begitu kecil untuk menang atas masalah Anda, ingat kisah ini dan tetaplah bertahan dan tidak menyerah, teruslah bergerak maju sampai Tuhan memberikan kemenangan besar pada waktuNya.

Orang Ke dua
Tantangan pertempuran yang dihadapi orang ke dua dalam catatan ini adalah kelelahannya sendiri. Ditulis bahwa ia mengayunkan pedangnya sampai kelelahan, dan bahkan untuk melepaskan pedangnyapun ia tidak sanggup, seolah-olah pedang tersebut melekat dengan kulit tangannya. Tetapi orang ke dua inipun juga tidak berhenti sampai Tuhan memberi kemenangan besar pada hari tersebut. Apa yang dilakukannya sama seperti seorang pelari marathon, tidak berhenti berlari sampai tiba di garis finish.
Jika saat ini Anda sedang berada dalam sebuah pertempuran kehidupan yang panjang dan melelahkan baik dalam pelayanan, pekerjaan dan bidang kehidupan yang lain, ingatlah bahwa Tuhan menghendaki Anda terus bergerak maju dan bertekad bulat untuk tiba pada garis kemenangan yang telah ditentukan. Tuhan akan senang dengan keteguhan hati Anda dan menghormati apa yang Anda lakukan.

Orang ke tiga
Orang ke tiga ini bertempur dan mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan sebidang tanah kebun kacang. Mempertaruhkan nyawa untuk sedikit kacang ? apakah ini sebuah kebodohan ? Hal ini adalah aspek ke tiga dalam sifat pantang menyerah yaitu bertekad bulat dan berkomitmen untuk sebuah tugas yang sangat sederhana. Orang ini bertahan karena suatu motif, yaitu dia sedang mempertahankan sebidang kebun kacang milik Tuhannya. Dan dia bertahan dan bertempur dengan segenap kekuatan. Setiap orang tidak bisa selalu memilih medan perangnya. Kadang-kadang medan perang yang harus dipertahankan bukanlah sebuah medan perang yang terhormat dan penting, terlihat remeh dan tidak dilihat oleh supporter dalam kehidupan. Tuhan menghormati orang-orang yang menghormati medan perangnya.
Mungkin Anda sedang berada di wilayah pertempuran dan medan perang seperti yang dimaksud di atas, tetaplah berjuang dan terus bertempur, miliki keteguhan hati yang tidak tergoyahkan, hormati peperangan Anda dan Tuhan akan melihat Anda layak berada dalam daftar kehormatan para pejuangNya karena kesetiaan yang Anda miliki di tempat Anda berada.

Pada Gereja mula-mula terdapat perselisihan mengenai urusan dapur. Urusan dapur bukanlah sebuah tempat yang terlihat elit dalam suatu pelayanan. Dan para Rasul karena harus berfokus pada pemberitaan Firman, menunjuk 7 orang yang ditugaskan melayani urusan makanan, dan di antara mereka adalah Stefanus dan Filipus. Dan Roh Kudus menceritakan kepada kita bahwa pengawas dapur dan pembuat sup ini akhirnya menjadi orang pertama yang mati syahid untuk membela iman Kekristenan pada waktu itu sementara pasa rasul perlahan menghilang dari medan pelayanan mereka. Dan Filipus adalah orang pertama yang membuat Gereja di luar Yerusalem.
Roh Kudus tidak pernah melihat tingkat pelayanan Anda, Roh Kudus hanya menilai apakah Anda dapat diandalkan, apakah Anda setia dalam wilayah yang ditugaskan kepada Anda. Milikilah tekad bulat pantang menyerah, hadapi semua rintangan dengan keteguhan hati.

Jika Anda mengalami apa yang dialami oleh ketiga orang yang dicatat di atas, ingatlah selalu bahwa Tuhan menghormati dan menyukai orang-orang yang tidak pernah menyerah. Itu adalah bukti cinta Anda kepada Tuhan.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

* Khotbah 2: Orang Yang DALAM MASALAH bisa dipakai TUHAN!
------------------------------------------------------------------------
Sekarang kita lihat tentang Triwira Daud Alkitab berkata dalam:
1 Tawarikh 11:10 Inilah kepala-kepala para pahlawan yang mengiringi Daud, yang telah memberi dukungan yang kuat kepadanya, bersama-sama seluruh Israel, dalam mencapai kedudukan raja dan yang mengangkat dia sebagai raja, seperti yang difirmankan TUHAN mengenai Israel.

2 Samuel 23:8-12 Inilah nama para pahlawan yang mengiringi Daud ...........
Inilah Triwira Daud:Isybaal, bisa mengalahkan 800, Eleaser anak Dodo, satu-satunya orngg yg terus berdiri mendamping daud ketika yg lain meningalkan Daudyang ketiga bernama Sama anak Age, ini yang menarik karen ia berperang ladang kacang. Kok perang diladang kacang? Ingat ada satu kisah tentag Esau yang hancur karena kacang merah, ia kehilangan hak kesulungan, karena ia menukarnya dengan semangkok kacang merah, sekian tahun kemudian muncul satu pribadi yang berkata tidak mau terulang peristiwa itu yaitu kalah karena kacang.

Dari sini kita dapat satu pelajaran bahwa kacang merah adalah gambaran titik dimana kita Pernah kehilangan kesempatan. Jangan lari dari kenyataan, dimana titik hancurmu, titik lemahmu, itu adalah titik lompatanmu, untuk Tuhan mengangkat engkau. Kalau hidupmu masih sama dgn 10 tahun yg lalu berarti ada sesutu yg harus anda benahi, betindaklah sekarang. Orng g orang yang bermalah, yg datang kepada daud adalah mereka yg hidup di era Saul, seorang yg mantan diurapi, mantan pemian, mantan petinju, dan sebaginya. Mantan berarti sudah tidak bisa apa apa lagi, itulah Saul, tidak heran kalau orng yang dipimpinnya mengalami masalah: Alkitab mengambarkan sebagai orang yang dalam kesukaran, setiap orang yang dikejar-kejar tukang piutang, setiap orang yang sakit hati, maka ia menjadi pemimpin mereka. Bersama-sama dengan dia ada kira-kira empat ratus orang.
Siapapun anda , dimanapun saudara berada dengar baik baik: Apapun MASALAH YANG ANDA SEDANG HADAPI SAAT INI, TUHAN BISA PAKAI HAL ITU UNTUK MENAIKAN LEVEL HIDUPMU. Jangan pernah Menyerah, Ingat, Daud dan orang-orangnya telah ditolong Tuhan pada situasi yang sangat sulit, Tuhan yangh sama akan menolong saudara sekalian, Mari Bangkit dan siapkan diri jadi Pasukan Tuhan. GBU.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

* Ilustrasi 1:
Anak Laki-laki dan Setoples Kacang

Seorang anak laki-laki diijinkan oleh ibunya untuk memasukkan tangannya ke dalam sebuah toples dan mengambil kacang , tetapi karena anak laki-laki itu mengambil kacang tersebut dengan genggaman yang sangat besar, dia tidak dapat menarik tangannya keluar, dan disana dia berdiri terus, tidak rela untuk melepaskan sebiji kacangpun dari genggamannya karena dia ingin mengambil semuanya sekaligus. Karena rasa penasaran dan kecewa dia mulai menangis.

"Putraku," kata ibunya, "ambillah kacang tersebut setengah genggam saja, sehingga kamu akan lebih mudah mengeluarkan tanganmu dari toples tersebut, dan mungkin kamu akan bisa memiliki lebih banyak kacang lagi jika kamu mengambilnya berulang-ulang"

Lalu anak itu pun mencoba menuruti kata-kata ibunya. Dibiarkannya beberapa butir kacang berjatuhan sehingga genggaman tangannya pun sedikit mengecil. Dan... "Hap!" Anak itu pun berhasil mengeluarkan genggamannya dari toples itu.

Pesan moral dari cerita ini adalah:

1. jangan mengerjakan sesuatu yang terlalu banyak sekaligus.
Kids, jika engkau menerima tugas-tugas yang cukup banyak, kerjakanlah tugas-tugas itu sedikit demi sedikit dan jangan mengerjakannya sekaligus. Engkau justru akan mengalami banyak kesulitan jika mencoba mengerjakannya sekaligus, tetapi akan menjadi sangat mudah kalau engkau menyelesaikannya sedikit demi sedikit.

2. Jangan serakah
Ketika engkau mengambil sesuatu, ambillah secukupnya sesuai dengan takaran yang engkau perlukan. Engkau boleh mengambilnya lagi jika apa yang engkau ambil sebelumnya sudah benar-benar habis.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
* Ilustrasi 2:
Dalam Kenangan
Nats : Bukankah ini darah orang-orang yang telah pergi dengan mempertaruhkan nyawanya? (2 Samuel 23:17)
Bacaan : 2 Samuel 23:8-17

Presiden Harry Truman pernah diminta berbicara pada proyek pengumpulan dana untuk anak-anak dari para pengawal Gedung Putih yang gugur dalam menjalankan tugasnya. Dengan berapi-api ia berkata, "Anda tak dapat membayangkan apa yang dirasakan seseorang ketika ia tahu orang lain mati untuknya."

Daud pastilah memiliki pengalaman yang serupa dengan tiga prajuritnya yang gagah berani. Ketika ia berkata ingin sekali minum air sumur Betlehem, maka Isybaal, Eleazar, dan Sama dengan sukarela menerobos kamp Filistin dan mengambil air sumur itu untuk Daud. Mereka sangat setia kepada pemimpinnya sehingga mereka rela mempertaruhkan nyawa untuk memenuhi keinginannya. Semangat mereka menggerakkan hati Daud sehingga ia bahkan tidak mau membasahi lidahnya dengan setetes pun dari air berharga itu. Alih-alih ia mencurahkan air itu sebagai persembahan kepada Tuhan dengan berkata, "Bukankah ini darah orang-orang yang telah pergi dengan mempertaruhkan nyawanya?" (2 Samuel 23:17). Tindakan mereka yang dengan rela mempertaruhkan nyawa sangatlah mulia.

Kebanyakan bangsa memiliki hari peringatan khusus bagi mereka yang telah bertempur dalam medan perang, khususnya mereka yang telah mengorbankan hidupnya demi mempertahankan kemerdekaan. Mereka pantas dipuji dan dihormati.

Berterimakasihlah kepada Allah atas para pahlawan dan keluarganya. Mintalah juga agar Dia menolong kita untuk ikut mempertahankan kemerdekaan, yakni dengan melakukan kebenaran dan mendoakan para pemimpin -DJD

KEMERDEKAAN SELALU ADA HARGANYA
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
* Renungan SBU



Malam 2014
Senin, 24 Nopember 2014
2 Samuel 23:8-12
KEKUATAN TUHAN MEMAMPUKAN UMAT

Maka berdirilah ia dl tengah-tangah ladang itu, ia dapat mempertahankannya dan memukul kalah orang Filistin. Demikianlah diberikan TUHAN kemenangan yang besar (ay.12).

Kisah dalam perikop ini sangat jelas menceritakan tentang jiwa kepahlawanan dari pengikut setia Daud yang tidak meninggalkannya saat melawan bangsa Filistin. Dengan gagah berani, disaat Daud sangat merindukan dapat meminum kembali air segar di sumur tempat kelahirannya di Betlehem, mereka segera mewujudkannya meskipun tempat itu menjadi markas Fiilistin. Hal ini sebenarnya identik dengan misi bunuh diri. Herannya, ketiga pahlawan Daud bernama: lsybaal, Sama dan Eleasar, berani menyusup diantara markas militer hanya untuk mengambil air. Perjuangan mereka sungguh hebat dan selalu berhasil.

lngin dijelaskan dalam perikop ini bukan hanya sekadar menceritakan kehebatan perjuangan mereka. Ada beberapa kalimat penting yang harus digaris bawahi, misalnya "Tuhan memberikan pada hari itu kemenangan yang besar" (bandingkan ayat 10 & 12). Bahwa tanpa campur tangan Tuhan, tentu semua kisah kepahlawanan ini tidak akan terjadi. Oleh karena Tuhan maka mereka dapat melakukan perjuangan yang tercatat dalam perikop ini. Jadi bukan karena kekuatan dan kegagahan mereka sehingga hal-hal itu terjadi, melainkan oleh karena pertolongan Tuhan yang begitu nyata dalam kehidupan mereka dan kehidupan Daud.

Dalam kehidupan kita ketika memperoleh keberhasilan demi keberhasilan dalam hidup, hendaknya kita sadar bahwa semua itu terjadi bukan karena kekuatan kita sendiri, melainkan oleh karena Tuhan yang memampukan kita. Tuhan menyertai kita dan Tuhan membuat kita kuat dalam menghadapi kehidupan yang kita jalani saat ini. Dan jika kita memiliki hati yang selalu sadar akan pertolongan Tuhan, niscaya kita akan memiliki kehidupan yang senantiasa berlimpah dengan ucapan syukur. Dengan demikian kita akan Iebih menghargai kehidupan ini, dan akan berupaya untuk membuat hidup ini lebih bermakna sesuai dengan yang Tuhan inginkan dalam kehidupan kita.


KJ.382 : 2

Doa : (Ajarkan kami selalu bersyukur untuk penyertaan-Mu dalam berkat dan keberhasilan yang kami terima)

Label:   2 Samuel 23:8-12 


HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song
Jesus Is Risen Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Rabu, 26 Nopember 2014 - KESETIAAN ALLAH DALAM JANJINYA - Mazmur 132:11-18

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 23 Nopember 2014 - PENGHARAPAN ANAK-ANAK ALLAH - Roma 8:18-25

Garis Besar 2 Samuel





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 21 Mei - Pengkotbah 6-8

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2014..

Hari ini, 21 Mei - Pengkotbah 6-8
rss lagu-gereja.com  Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392




Beli Kaos C59. Klik Disni

Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 17 Desember 2019 - Yesaya 13:4-5 - MINGGU ADVEN III Yesaya 13:4-5 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Senin, 16 Desember 2019 - Yesaya 12:4-6 - MINGGU ADVEN III Yesaya 12:4-6 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 15 Desember 2019 - MANUSIA BERKESEMPATAN UNTUK HIDUP DI DALAM DAMAI SEJAHTERA - Zefanya 3:9-15 (SGD) - HARI MINGGU ADVEN III Zefanya 3:9-15 Penjelasan Ayat
Janji keselamatan, Tetapi sesudah itu Aku akan memberikan bibir lain kepada bangsa-bangsa, yakni bibir yang bersih, Engkau tidak akan mendapat malu, Umat yang rendah hati dan lemah, Sisa Israel, Bersorak-sorailah, hai putri Sion, Raja Israel, yakni TUHAN, ada di antaramu
Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 14 Desember 2019 - Mazmur 72:1-11 - MINGGU ADVEN II Mazmur 72:1-11 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 13 Desember 2019 - Mazmur 60:1-7 - MINGGU ADVEN II Mazmur 60:1-7 Penjelasan Ayat




Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Jumat, 17 Mei 2019
Open Heaven - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Beautiful - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Dance Like It's Done - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Halellujah - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Precious Angel - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Blowin in The Wind - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Jokerman - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Pressing On [Toronto, April 1980] - Bob Dylan

Senin, 13 Mei 2019
God Is With Us - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Here I Go Again - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Love Them Like Jesus - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Courageous - Casting Crowns

Jumat, 10 Mei 2019
Hallelujah - Tori Kelly

Jumat, 10 Mei 2019
You Make Me Brave - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Oceans (Where Feet May Fail) - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Lord, I Need You - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
How Great Thou Art - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Because of Who You are - Agnes Monica

Minggu, 05 Mei 2019
Revelation Song - Tori Kelly

Minggu, 05 Mei 2019
How He Loves - Tori Kelly / Romulo Costa

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



renungan GMIT efesus 5:1-21,   pertolonganku datang dari Tuhan lirik,   renungan efesus 2:11-22,   sbu 21 mei 2019,   kotbah efesus 2:11-,   khotbah mazmur 102:2-23,   injil persembahan syukur,   lagu Nama Yesus berkumandang,   lagu Nama Yesus berkumandang,   Free download lagu lagu pantekosta lama,   khotbah kisah para rasul 11:27-30,   kesimpulan imamat 25,   keluaran 3:1-14,   lagu PERSEMBAHAN SYUKUR,   ilustrasi mazmur 102,   pesalmen 102:2,3, 13-23,   lagu rohani barat ,   khotbah mazmur 102,   Hatorangan turpuk √ąpistel Psalmen 102:2-3, 13-23.,   Jamita psalmen102;2-3;13-23,   khotbah ulangan 24:17-18,   contoh doa penutup ibadah dan terima berkat,   ilustrasi kotbah mzm 102;2-3+13-23,   tafsiran Mazmur 102 13-23,   khotbah markus 3:13-15,   pengasihan angka 3312 8666,   lagu pengakuan dosa gmim,   contoh renungan/kotbah minggu paskah Iv,26 mei 2019,   judul lagu gms terbaru,   judul lagu gms terbaru,   kumpulan lagu untuk persembahan kolekte,   kumpulan lagu untuk persembahan kolekte,   khotbah mazmur 102 13-23,   renungan Kristen kejadian 17 : 1-16,   ilustrasi mazmur 102,   naviri kamu puji dengan riang,   nats persembahan syukur,   lagu pengumpulan persembahan,   tema khotbah minggu 26 mei 2019 di gpdi,   khotbah mazmur 88:1-19,   bahan khotbah Alkitab kisah para rasul 11 : 27 - 30,   khotbah pembalasan adalah hak tuhan,   Makna Kitab Imamat 11:1-23,   download lagu kj pkj nkb,   lagu persembahan kristen,   lagu pengakuan dosa kristen,   kumpulan lagu rohani tentang doa,   Lirik Lagu Rohani Kristen ... Kutemukan hati Bapa Dalam diri-Mu Yesus ... "Hormat Bagi Sang Bapa" Ho,   Khotbah Ezra 6 : 13 - 18 ,   jamita partangiangan hkbp psalmen 102:2-3,13-23,   Khotbah Ezra 6 : 13 - 18 ,   jamita minggu 26 mei 2019 rogate,   jamita minggu 26 mei 2019 rogate,   chord besar dan ajaib GB,   kj 224 dan not lagu,   psalmen 102 : 2- 3,13- 23 bagaimana maksutnya,   kumpulan lagu kontemporer kristen 2018-2019,   Khotbah Ezra 6 : 13 - 18 ,   ilustrasi mazmur 102,   khotbah jangkep 26 Mei 2019,   khotbah jangkep 26 Mei 2019,   khotbahmazmur102:13-23,   kidung ceria,   Kisah Para Rasul 16:13-15,   www.lagu rohani indonesia.com,   kesimpulan imamat 25,   lagu untuk persembahan ibadah,   Khotbah Ezra 6 : 13 - 18 ,   Kisah Para Rasul 16:13-15,   apa arti dari pembacaan alkitab penghotbah 11 ayat 10 dalam buku mana GKI,   LAGU UNTUK PEMBUKA IBADAH DARI KJ ATAU PKJ ATAU NKB,   mazmur 47 lagu,   khotbah mazmur 102:2-3,   ilustrasi kotbah mazmur102:2-23,   eksposisi 2 kor 10:15,   ayat mengumpulkan persembahan tema memberi hati,   eksposisi 2 kor 10:15,   eksposisi 2 kor 10:15,   mazmur 47 lagu,   air hidup bacaan 1 raja raja 21:17-19,   mazmur 47 lagu,   apa arti dari pembacaan alkitab penghotbah 11 ayat 10 dalam buku mana GKI,   air hidup bacaan 1 raja raja 21:17-19,   chord saat indah andy ambarita,   mazmur 47 lagu,   lagu kidung jemaat populer,   lagu praise gms,   lagu praise gms,   khotbah ibrani 11 1-7,   kumpulan lagu kontemporer kristen 2018-2019,   renungan efesus 2:17-22,   download gms worship,   sapaan kristen dukacita hari Senin, 20 Mei 2019,   kumpulan lagu untuk persembahan kolekte,   lagu penutup ibadah,   kotbah Mazmur 102:1-12,   lagu rohani untuk doa syafaat,   gmit matius 5:38-48,   tafsiran Mazmur 102:2-3, 13-23,   Download lagu gms terbaru,   kumpulan lagu ibadah persekutuan,   Pujian persembahan,   lagu rohani dengan partitur,   kusembah kau nikko lirik,   khotbah kristen gpib,   psalm 102:2-3,13-23 jamita partangiangan hkbp,   khotbah kristen gpib,    khotbah minggu 26 Mei 2019,    khotbah minggu 26 Mei 2019,   renungan kristen.yesaya 59:1,   renungan kristen.yesaya 59:1,   mazmur 102:13-23,   masmur 148 thema kepedulian Allah,   mazmur 102:13-23,   renungan kristen.yesaya 59:1,   lagu pengumpulan persembahan,   jamita partangiangan 2 timoteus 2:1-7,   eksposisi mazmur 102,   tata ibadah penghiburan,   kata sambutan natal 2018,   kata sambutan ketua panitia natal 2018,   khotbah ezra 6 13 - 18,   download lagu rohani menikmatibaitnya,   download lagu rohani menikmati baitnya,   bahan sermon ezra 6 13 18,   bahan sermon ezra 6 13 18,   minggu paslah VI 26 Mei 2019,   khotbah mazmur 102,   mazmur 102:2-3,12-22,   mazmur 102:2-3,12-22,   mazmur 102:2-3,12-22,   bacaan minggu tgl 26 mei 2019,   ezra 6 13-18,   kord lagu ku datang padamu tuhan dan rajaku,   lagu ku datang padamu tuhan dan rajaku,   Khotbah minggu uem tanggal 26 mei,   inilah hidupku bagai kain yang kotor chord,   khotbah katolik minggu 26 mei 2019,   inilah hidupku bagai kain yang kotor chord,   khotbah mazmur 102 : 13-23,   download lagu rohani kristen samuel,   partitur kj 370 dengan 4 suara,   lagu penyemhan,   khotbah lukas 11,1_13, rogatr,   lagu rohani untuk pernikahan,   lagu pengakuan dosa gmim,   lagu rohani untuk pernikahan,   lagu*Nyanyian rohani,   jamita partangiangan hkbp psalmen 102:2-3,13-23,   lagu pembukaan persekutuan,   jamita partangiangan hkbp psalmen 102:2-3,13-23,   jamita partangiangan hkbp psalmen 102:2-3,13-23,   ezra 6:13-18,   ezra 6:13-18,   jamita 25 mei 2019 rogate,   nyanyian rohani 9,   partitur koor untuk pentakosta,   lagu pujian pengakuan dosa HKBP,   lirik alangkah baik dan indahnya,   nyanyian rohani 9,   Khotbah minggu 19 mai 2019,   khotbah ezra 6 13 - 18,   midi lagu Hymne GKI,   no telpon gereja bogor,   lagu baru gms,   nyanyian rohani no 14,   nyanyian rohani no 14,   lirik lagu rohani untuk persembahan,   lagu baru gms,   puji pujian kristen,   lagu gereja.com,