Save Page
Yakobus 3:1-18
Dosa karena lidah
3:1 Saudara-saudaraku, janganlah banyak orang di antara kamu mau menjadi guru sebab kita tahu, bahwa sebagai guru kita akan dihakimi menurut ukuran yang lebih berat.
3:2 Sebab kita semua bersalah dalam banyak hal; barangsiapa tidak bersalah dalam perkataannya, ia adalah orang sempurna, yang dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya.
3:3 Kita mengenakan kekang pada mulut kuda, sehingga ia menuruti kehendak kita, dengan jalan demikian kita dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya.
3:4 Dan lihat saja kapal-kapal, walaupun amat besar dan digerakkan oleh angin keras, namun dapat dikendalikan oleh kemudi yang amat kecil menurut kehendak jurumudi.
3:5 Demikian juga lidah, walaupun suatu anggota kecil dari tubuh, namun dapat memegahkan perkara-perkara yang besar. Lihatlah, betapapun kecilnya api, ia dapat membakar hutan yang besar.
3:6 Lidahpun adalah api, ia merupakan suatu dunia kejahatan dan mengambil tempat di antara anggota-anggota tubuh kita sebagai sesuatu yang dapat menodai seluruh tubuh dan menyalakan roda kehidupan kita, sedang ia sendiri dinyalakan oleh api neraka.
3:7 Semua jenis binatang liar, burung-burung, serta binatang-binatang menjalar dan binatang-binatang laut dapat dijinakkan dan telah dijinakkan oleh sifat manusia,
3:8 tetapi tidak seorangpun yang berkuasa menjinakkan lidah; ia adalah sesuatu yang buas, yang tak terkuasai, dan penuh racun yang mematikan.
3:9 Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita; dan dengan lidah kita mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa Allah,
3:10 dari mulut yang satu keluar berkat dan kutuk. Hal ini, saudara-saudaraku, tidak boleh demikian terjadi.
3:11 Adakah sumber memancarkan air tawar dan air pahit dari mata air yang sama?
3:12 Saudara-saudaraku, adakah pohon ara dapat menghasilkan buah zaitun dan adakah pokok anggur dapat menghasilkan buah ara? Demikian juga mata air asin tidak dapat mengeluarkan air tawar.


Penjelasan:


* GURU. Nas : Yak 3:1
Yang termasuk di sini adalah gembala, pemimpin gereja, misionaris, pengkhotbah atau siapa saja yang memberikan pengarahan kepada jemaat. Seorang guru harus mengerti bahwa tidak ada orang yang mempunyai tanggung jawab lebih besar daripada mereka yang mengajarkan Firman Allah. Di dalam penghakiman yang akan datang, para guru Kristen akan dihakimi dengan lebih ketat daripada orang percaya yang lain.

* LIDAH PUN ADALAH API. Nas : Yak 3:6
Yakobus menekankan kecenderungan kita untuk berdosa dalam pembicaraan. Dosa-dosa tersebut termasuk kata-kata yang keras dan tidak ramah, berdusta, pernyataan berlebih-lebihan, ajaran palsu, fitnah, bergunjing, membual, dll. Orang percaya yang dewasa menguasai lidahnya melalui bimbingan Roh Kudus, "menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus" (2Kor 10:5). Karena kecenderungan untuk berdosa dengan lidah, Yakobus menasihati setiap orang agar "cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah" (Yak 1:19).

* MEMENTINGKAN DIRI SENDIRI. Nas : Yak 3:14
"Mementingkan diri sendiri" adalah sifat buruk yang mendorong kita untuk memajukan kepentingan diri kita sendiri. Mementingkan diri sendiri dalam gereja itu
(1) "dari dunia", yaitu mencemarkan yang kudus dan yang dari Roh;
(2) "dari nafsu manusia", yaitu tanpa Roh Kudus; dan
(3) "dari setan-setan", yaitu dibangkitkan oleh setan-setan (lihat cat. --> 1Tim 4:1). [atau ref. 1Tim 4:1]




* SUmber SBU


Renungan SBU
Pagi 2014
Minggu, 4 Jan 2015
Yakobus 3:1-12
LIDAH

"Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita; dan dengan lidah kita mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa Allah." (ay. 9)

Memang, lidah tak bertulang; tak terbatas kata-kata; tinggi gunung, seribujanji; lain di bibir, lain di hati.... Demikian penggal syair lagu yang pernah terkenal, yang mengingatkan kita tentang fungsi "lidah', yakni berkata-kata. Tentu, lidah tidak berfungsi sendiri, tetapi menyatu dengan mulut, bibir dan anggota tubuh lain; seperti syaraf otak yang menjadi pusat pergerakan tubuh.

Kita sering mengucapkan banyak kata pujian atau janji dengan bibir, mulut dan lidah kita. Namun yang kita ucapkan tidak sesuai yang ada di hati atau yang tampak dalam tindakan. Kita terkadang memuji dan bermulut manis di hadapan orang untuk menyenangkan hatinya, tetapi di belakang kita mengumpat dan mengutuk. Kita sering mengucapkan banyak janji, tetapi tidak satu pun yang kita penuhi.

Jemaat Kristen pada masa itu sedang mengalami kekacauan akibat munculnya banyak guru yang ingin mengajar. Ajaran yang mereka sampaikan, ternyata mengacaukan orang-orang percaya yang telah bertumbuh atas dasar pengajaran yang benar tentang Kristus, seperti diajarkan para rasul. Yakobus mengingatkan para guru ini untuk berhenti mengajarkan ajaran sesat. Mereka harus bisa mengendalikan lidahnya agar tidak berkata-kata sekehendaknya sendiri. Menurut Yakobus, lidah bagaikan api, noda kejahatan, sesuatu yang buas, racun yang mematikan. Lidah bisa memuji Tuhan tetapi bisajuga mengutuk sesama. Jika kita tidak mampu mengendalikan ucapan-ucapan lidah, maka kita akan binasa, bahkan dimatikan olehnya.

Menjalani kehidupan di Hari Minggu I di Tahun Baru, tentu ada banyak rencana dan janji yang telah kita ucapkan. lngat dan berusahalah untuk melakukan dan mewujudkannya. Marilah mewarnai hari-hari hidup dan kerja kita di Tahun Baru ini dengan memuji Tuhan dan menjadi berkat bagi sesama. Segala hal yang kita ucapkan hendaknya merupakan ajaran tentang kebaikan dan kebenaran yang dirancang di pikiran, direnungkan di hati dan diwujudkan dalam tindakan nyata.


KJ..467: 3

Doa : (Ya Tuhan, berilah hikmat-Mu dihatiku untuk mengendalikan lidahku)



Renungan SBU
Malam 2015
Minggu, 4 Jan 2015
Yakobus 3:13-18
DARI ATAS

"....murni, selanjutnya pendamai, peramah, penurut, penuh belas kasihan dan buah-buah yang balk, tidak memihak dan tidak munafik" (ay.17)

Dulu, sebelum bertugas di Singapura, ketika dengar kata "luar negeri" atau "Singapura", kesannya luar biasa, hebat. "Dari mana? Dari Singapura" waduh dengarnya saja sudah lain, apalagi sudah sampai sana. Ya, kesan akan muncul dengan sendirinya ketika kita mendengar atau mengetahui tentang sesuatu yang tidak biasa, atau luar biasa.

Surat Yakobus, mengingatkan dan menguatkan bahwa kehidupan iman kepada Kristus Yesus adalah sebuah kehidupan yang luar biasa. Kita hidup dalam suasana yang baru: akrab, dekat dan intim. Karena Allah yang Mahakudus, Mahatinggi, mau datang dan menjumpai bahkan menyelamatkan manusia. Kehidupan yang luar biasa ini semestinya diikuti dengan perubahan yang luar biasa juga. Yaitu perubahan keutuhan hidup: hati, pikiran, perkataan dan perbuatan. Pengakuan iman bukan akhir dari kehidupan orang percaya, melainkan awal dan titlk tolak untuk membangun kehidupan baru yang berkualitas sesuai dengan kahendak Tuhan. Untuk kita, kita perlu tetap memelihara hubungan yang sejati dengan TUHAN; hubungan itu akan mam buat perubahan dan pembaharuan hidup. Kehidupan orang yang percaya tidak lagi dipenuhi dengan perasaan iri hati, egoisme, kesombongan, kemunafikan dan ketidakbenaran.

Kehidupan orang beriman adalah kehidupan yang murni, pendamai, peramah, penurut, penuh belas kasihan dan buah-buah yang baik, tidak memihak dan tidak munafik. Kehidupan beriman itu nyata dan dirasakan oleh banyak orang. Lagu-lagu Natal sudah berhenti berkumandang. Kehidupan orang beriman harus terus mengumandangkan damai Allah melalui kehadiran yang nyata di tengah masyarakat.

KJ. 450 : 4,5

Doa : (Terima kaslh ya Tuhan untuk hidup yang Engkau karuniakan kapada masing-maslng kami; kiranya kami gunakan untuk memberitakan dan memuliakan nama-Mu)




* Sumber SGDK
Minggu II Sesudah NATAL
Minggu, 4 Januari 2015

LOW PROFILE HIGH QUALITY
Yakobus 3:1-18

LATAR BELAKANG
Surat Yakobus merupakan salah satu surat pastoral dalam Perjanjian Baru. Surat ini ditujukan kepada jemaat Kristen yang tersebar di seluruh wiiayah kekaisaran Roma (1:1); 'kedua belas suku di perantauan'|ebih mengarah kepadajemaat Kristen yang memahami dirinya sebagai ahli waris (meneruskan) tradisi Yahudi.

Surat Yakobus disebut sebagai surat am, yaitu surat yang dituliskan dan dialamatkan kepada seluruh Jemaat Kristen tanpa alamat khusus (bandingkan dengan surat-surat Paulus). Surat ini disampaikan kepada Jemaat, untuk:
* memperlengkapi pemahaman dan penghayatan Jemaat akan iman Kristen.memberikan penegasan hubungan antara iman dan perbuatan, (di dalam lnjil Tuhan Yesus memperlihatkan hubungan yang kuat antara iman dan perbuatan.
* memberikan topanqan dan penqgembalaan bagi jemaat ketika harus menghadapi dan mengalami segala konsekuensi ataupun risiko dari kesetiaan memelihara hidup beriman. (llustrasi dan contoh-contoh yang sederhana menjadi kekhasan pemberitaan surat Yakobus.

Pesan utama dari surat Yakobus adalah relasi antara iman dan perbuatan yanq tidak dapat dipisahkan; kesaksian hidup orang Kristen bukan hanva karena mempunyai iman kepada Kristus tetapi juga bagaimana iman itu diwuiudkan melalui perbuatan nyata.

PENJELASAN TEKS
Saiah satu bentuk wujud nyata iman Kristen dalam kehidupan jemaat adalah menjaga perkataannya. Surat Yakobus mulai dengan salah satu profesi atau posisi yang berkaitan erat dengan kata-kata yaitu guru. Seorang guru memiliki kedudukan yang terhormat di masyarakat dan juga di jemaat. Karenanya surat Yakobus mengingatkan jemaat bahwa pada jabatan/posisi yang terhormat atau tinggi, ada konsekuensi besar yang harus ditanggungnya. Posisi terhormat atau jabatan tinggi yang disertai dengan kemampuan yang memadai akan membawa kebaikan. Jika tidak demiklan, lalu ditambah dengan keinginan untuk mencari keuntungan sendiri maka akan fatal akibatnya (ayat 1).

Hal yang tidak kalah penting adalah tentang perkataan; seseorang yang mampu mengendalikan perkataannya berarti ia mampu mengendalikan tubuhnya. Karena kata-kata keluar dari hasil pemikiran dan penghayatan diri seseorang. Mengendalikan tubuh berarti orang tersebut juga mengendalikan hati dan pikirannya. Orang yang demikianlah disebut sebagai orang sempurna (ayat 2). Ada dua contoh yang diberikan: pertama, seperti kekang pada kuda (ayat 3); kedua, seperti kemudi pada kapal (ayat 4). Kedua alat ini, lebih kecil dari benda yang dikendalikan, namun memiliki kemampuan untuk menguasai atau mengendalikan gerak kuda dan arah kapal.

Maknanya sama seperti seorang yang menjaga perkataannya.

Kekang pada kuda dan kemudi pada kapal ibarat lidah pada manusia. Lidah dapat menghasilkan karya yang besar  . .memegahkan perkara-perkara yang besar.  membakar hutan yang besar." Karenanya lidah digambarkan juga seperti api. Ketika dapat dikendalikan maka akan memberi manfaat yang baik. Tetapi jika tidak terkendali akan merusak. (ayat 5). Jika dikuasai atau dikendalikan oleh kebaikan dalam tuntunan kehendak Allah maka akan menghasilkan karya yang memuliakan Allah dan membawa sejahtera bagi sesama. Sebaliknya jika dikuasai atau dikendalikan oleh ketidakbenaran maka akan merusak bahkan berdampak fatal "....menodai seluruh tubuh ....  (ayat 6).

Dua hal ditegaskan dalam surat Yakobus; pertama, menjaga lidah agar tidak mengucapkan hal-hal yang tidak benar bahkan kutuk. Lidah mengucapkan kata dan kata lahir dari konsep yang dipikirkan dan konsep yang dipikirkan lahir dari nilai-nilai dasar iman yang dipelihara. Karenanya amat penting menjaga lidah; lalu bagaimana kita dapat menjaga lidah dengan benar? Karena lidah adalah muara dari sebuah proses berpikir, nalar dan bertemunya konsep serta nilai-nilai yang dipelihara; maka yang kedua, hikmat dari Tuhan menjadi bagian yang tidak boleh diabaikan! Hikmat Tuhan memiliki makna penting dalam hidup iman dan perbuatan iman. Jika seseorang menyatakan diri sebagai orang beriman mestinya dia adalah orang yang hidupnya dituntun oleh hikmat Tuhan dan bukti nyata dari tuntunan hikmat Tuhan terlihat mulai dari yang kecil namun berdampak besar, yaitu lidah.

Surat Yakobus, mengingatkan dan menguatkan bahwa kehidupan iman kepada Kristus Yesus adalah sebuah kehidupan yang luar biasa; karena kita hidup dalam suasana yang baru, suasana yang akrab, dekat dan intim, karena Allah yang Mahakudus, Mahatinggi, mau datang dan menjumpai manusia bahkan menyelamatkan manusia. Kehidupan yang luar biasa ini semestinya diikuti dengan perubahan yang luar biasa juga, yaitu perubahan keutuhan hidup, hati pikiran, perkataan dan perbuatan.

Pengakuan iman bukan akhir dari kehidupan orang percaya, melainkan awal dan titik tolak untuk membangun kehidupan baru yang berkualitas atas, berkualitas sesuai dengan kehendak Tuhan. Bagaimana caranya? Caranya adalah tetap memelihara hubungan yang sejati dengan TUHAN; dan' hubungan sejati itulah maka terjadi perubahan dan pembaharuan hidup, sehingga kehidupan orang yang percaya tidak lagi dipenuhi dengan perasaan iri hati, egoisme, kesombongan, kemunafikan dan ketidakbenaran. Tetapi sebaliknya, kehidupan orang yang beriman adalah kehidupan yang murni, pendamai, peramah, penurut, penuh belas kasihan dan buah-buah yang baik, tidak memihak dan tidak munafik. Kehidupan beriman itu nyata dan dirasakan oleh banyak orang.

PESAN TEKS
Mem perhatikan pesan utama Surat Yakobus dan khususnya perikop yang menjadi dasar khotbah saat ini, maka pesan yang disampaikan adalah :
1. Hidup beriman adalah hidup yang nyata, jelas, melalui perbuatan-perbuatan yang dilihat, dirasakan dan dialami oleh sesama.
2. Salah satu aspek perbuatan iman adalah menjaga kualitas diri sebagai orang beriman dengan menjaga perkataan yang diucapkan; mestinya perkataan yang diucapkan orang beriman adalah berkat dambukan kutuk.
3. Seorang beriman dapat bersaksi dengan perkataan yang menjadi berkat bukan karena fasih lidah atau dia seorang orator atau dia seorang motivator; tetapi yang lebih utama karena ia memiliki relasi yang benar dengan
Allah sehingga ia menerima hikmat dari Allah dan buah dari hikmat itu adalah melakukan perbuatan iman - termasuk perkataan dengan benar dan menjadi berkat.

URAIAN KHOTBAH
(llustrasi pengantar)
Jemaat yang dikasihi Tuhan Yesus,
Ada tiga anak kecil, cerita tentang ayah mereka masing-masing. Anak pertama dengan bangga menceritakan kepada teman-temannya, "ayahku dokter, cuma bicara sedikit ke orang yang diperiksanya, langsung dapat uang". Anak yang kedua lebih semangat lagi, "wah kalah dong dengan ayahku, ayahku pengacara, kalau sudah bicara, wah dapat uang banyak". Anak yang ketiga anak seorang pendeta. Dia tidak mau kalah, "ayahku lebih dahsyat, cuma berkata-kata paling lama 1 jam, dapat uang dari semua orang yang mendengarnya (maksudnya kolekte
persembahan)".

(Isi Khotbah |  penerapan)
Jemaat yang dikasihi Tuhan Yesus,
Tentu cerita tadi hanyalah sebuah cerita, yang dari cerita itu mau kita lihat betapa kata-kata yang dlkeluarkan seseorang mempunyai pengaruh, dampak dan akibat.
Kalau ditanyakan kepada kita, masih ingat sudah berapa kata keluar dan diucapkan ylidah kita? Mungkin ada yang ingat, mungkin....namun sebagai manusia normal, dalam 1 hari saja begitu banyak kita ucapkan kata-kata, apalagi kata-kata seumur hidup kita. Mungkin jumlahnya sudah jutaan kata. Dahsyat bukan!

Dan kata-kata yang telah kita ucapkan tidak akan pernah dapat kita tarik kem bali. Sekali terucap maka selamanya kata itu sudah diucapkan. Pertanyaan berikutnya, darilsemua kata-kata yang telah kita ucapkan, berapa banyak yang balk dan bermanfaat?

Dan berapa banyak kata yang berupa kemarahan, kebencian, kekecewaan, cemooh, menghina orang lain, kesombongan, kasar dan kotor, tuduhan dan fitnah, kebohongan, caci maki, dan hal-hal yang bersifat negatif? Manakah yang lebih banyak?  uraian khotbah ini sebuah panduan yang masih sangat terbuka untuk dikembangkan sesuai dengan kondisi jemaat masing-masing.

Jemaat yang dikasihi Tuhan Yesus,

Apa pentingnya kita menghitung kata-kata yang telah kita ucapkan dan memilahnya dalam kelompok kata-kata yang bermanfaat dan menjadi berkat, dan kelompok kata-kata yang buruk bahkan menjadi kutuk? Jawabannya sangat penting! Karena dari kata-kata seseorang maka dapat dilihat kualitas orang itu. Kata-kata yang diucapkan seseorang merupakan hasil olah pikir, konsep dan nilai yang ia miliki; jika kebanyakan kata-kata yang diucapkan negatif, maka sangat dapat diduga bahwa olah pikir, konsep dan nilai yang dimiliki juga negatif.

Pesan utama surat Yakobus, menekankan bahwa iman tanpa perbuatan pada hakikatnya mati (2:14-26). "Demikianjuga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakikatnya adalah mati." (2:17). Lalu pertanyaannya, perbuatan seperti apa yang baik dan benar sebagai buah dari iman itu?

Jemaat yang dikasihi Tuhan Yesus,

Dua hal ditegaskan dalam surat Yakobus, yang pertama menjaga lidah agar tidak mengucapkan hal-hal yang tidak benar bahkan kutuk. Karena lidah mengucapkan kata dan kata Iahir dari konsep yang dipikirkan dan konsep yang dipikirkan Iahir dari nilai-nilai dasar iman yang dipelihara. Karenanya amat penting menjaga Iidah; Ialu bagaimana kita dapat menjaga lidah dengan benar? Karena lidah adalah muara dari sebuah proses berpikir, nalar dan bertemunya konsep serta nilai-nilai yang dipelihara; maka yang kedua, hikmat dari Tuhan menjadi bagian yang tidak boleh diabaikan! Hikmat Tuhan memiliki makna penting dalam hidup iman dan perbuatan iman. Jika seseorang menyatakan diri sebagai orang beriman mestinya dia adalah orang yang hidupnya dituntun oleh hikmat Tuhan dan bukti nyata dari tuntunan hikmat Tuhan terlihat mulai dari yang kecil namun berdampak besar, yaitu lidah. Seorang yang disebut orang beriman mestinya adalah seorang yang bersahaja, namun mempunyai kualitas hidup yang tinggi; seorang yang tidak gemar obral kata-kata indah dan tinggi serta sempurna, namun manipulatif dan tidak membawa berkat, sebaliknya ia seorang yang berkatay-kata dengan sederhana, jelas namun memiliki kualitas pesan dan makna yang tinggi dari setiap kata yang diucapkan; low profile high quality


Jemaat yang dikasihi Tuhan Yesus, .

Hidup beriman adalah hidup yang nyata, jelas, melalui perbuatan-perbuatan yang dilihat, dirasakan dan dialami oleh sesama. Salah satu aspek perbuatan iman adalah menjaga kualitas diri sebagai orang beriman dengan menjaga perkataan yang diucapkan; mestinya perkataan yang diucapkan orang beriman adalah berkat dan bukan kutuk. Seorang beriman dapat bersaksi dengan perkataan yang menjadi berkat bukan karena fasih lidah atau dia seorang orator atau dia seorang motivator; tetapi yang Iebih utama karena ia memiliki relasi yang benar dengan Allah sehingga ia menerima hikmat dari Allah dan buah dari hikmat itu ia melakukan perbuatan iman -- termasuk perkataan - dengan benar dan menjadi berkat.

 (PENUTUP)
Jemaat yang dikasihi Tuhan Yesus,
Hari minggu ini, tentunya sangat berbeda dengan hari minggu lalu; hari minggu ini atmosfer gairah pergi ke gereja tidak setinggi dan sedahsyat minggu lalu, yang masih dalam suasana Natal dan menyambut Tahun Baru. Ya, sepertinya hal ini merupakan siklus yang pada tiap tahunnya berulang dan bemlang lagi. Gairah hidup beriman mestinya dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan, bukan jalan di tempat atau berputar-putar saja.

Di hari ke 4 tahun yang baru, mari kita isi hari yang Tuhan karuniakan dengan memulai dari yang kecil namun membawa  dampak besar. Kita lanjutkan kesaksian hidup kita sebagai orang beriman. Selamat menikmati hari-hari di tahun baru dan selamat membawa berkat dari hal-hal yang sederhana namun berkualitas tinggi. Tuhan Yesus memberkati. Amin



Label:   Yakobus 3:1-18 




German Christian Songs
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Senin, 5 Jan 2015 - HIDUP DALAM KEMURAHAN HATI-NYA - Lukas 6:27-31

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 06 Februari 2016 - DARI ATAS - Yakobus 3:13-18

Garis Besar Yakobus





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 19 Oktober - Matius 8-11

Hari ini, 19 Oktober - Maz 118:18-24, Yer 18-19, 2 Tes 1, Ams 26:27-28

19 Oktober - Yohanes 6:16-24, 1 Petrus 3:1-7, Kidung 4:1-7, Yeremia 50

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2015..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH HARI DOA SEDUNIA 2019 - hari Reformasi, Kamis, 31 Oktober 2019
MARILAH SEGALA SESUATU TELAH TERSEDIA - Lukas 14:15-24
Link VIDEO Pesan Majelis Sinode dalam rangka HUT ke-9 PELKAT PKLU GPIB Minggu, 13 Oktober 2019

Tata Ibadah Syukur HUT ke-9 PKLU GPIB - Minggu, 13 Oktober 2019
1-JUKLAK HUT KE-9 PKLU GPIB, 2-PESAN MS GPIB HUT ke-9 PKLU, 3-SURAT PENGANTAR TATA IBADAH HUT PKLU KE-9, 4-TAIB HUT 9 PKLU




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Jumat, 18 Oktober 2019
Wanted - Danny Gokey

Rabu, 16 Oktober 2019
What A Beautiful Name - The Brooklyn Tabernacle Choir

Rabu, 16 Oktober 2019
There Was Jesus - Zach Williams and Dolly Parton

Rabu, 16 Oktober 2019
Worthy is the Lamb - Natashia Midori

Rabu, 16 Oktober 2019
Oh The Glory of His Presence - Terry MacAlmon

Rabu, 16 Oktober 2019
No Longer Slaves - Jonathan David & Melissa Helser

Rabu, 16 Oktober 2019
Revival Anthem - Rend Collective

Rabu, 16 Oktober 2019
The steadfast love of the Lord

Rabu, 16 Oktober 2019
In Jesus' Name - Darlene Zschech

Rabu, 16 Oktober 2019
Breakthrough - Red Rocks Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Where You Are - Leeland

Rabu, 16 Oktober 2019
Breathe - Hillsong Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Love Won't Give Up - Elevation Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Here in the Presence - Elevation Worship

Selasa, 15 Oktober 2019
Adore Him - Kari Jobe

Selasa, 15 Oktober 2019
All Things Are Possible - Hillsong Worship

Selasa, 15 Oktober 2019
Resurrecting - Elevation Collective, The Walls Group

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



refrensi lukas 12:8-12,   kalender liturgi 2019,   catatan khotbah ratapan3:40,   doa persembahan kolekte katolik,   kudaki daki lirik, versi mandarin,   di sebrang sana lagu rohani mp3 download,   di sebrang sana lagu rohani mp3 download,   contoh doa persembahan gke,   download lagu rohani kristen mp3 gratis 2018,   Jamita HKBP. Minggu 20 Oktober 2019. Johannes 4 : 21 - 26,   Jamita Minggu 20 Oktober 2019. Johannes 4 : 21 - 26,   Perikop kotbah joh 4: 21-26.,   notasi angka kj 452,   renungan bacaan injil lukas 12:8-12,   lagu panasnya mata hali,   MP3 music lagu rohani Alfa omega,   MP3 music lagu rohani Alfa omega,   penerangan lukas 12 8-12,   jamita partangiangan jesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   jamita partangiangan jesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   tata ibadah malam akhir tahun keluarga,   catatan khotbah matius 9:18,   catatan khotbah matius 9:18,   Renungan Wahyu 7:13-17,   renungan luk12:8-12.com,   renungan lukas 12:8-12,   pkj 213 gambar not,   pkj 213 gambar not,   lagu rohani tentang doa untuk greja,   lagu pkj 202,   lagu pkj 202,   contoh lagu untuk persekutuan akhir bulan,   lagu pkj 202,   lagu nkb tentang aku dan seisi rumahku,   jamita Evagelum HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   yohanes 4:21-26,   cerita orang samaria yang baik hati,   kotbah untuk tanggal 20 oktober 2019,   tafsiran yer 17:7-8,   kumpulan khotbah Kristen protestan tanggal 20 oktober 2019,   Kumpulan Khotbah Kristen protestan bulan keluarga tanggal 20 oktober 2019,   KHOTBAH LUKAS 16 :19-31,    jamita HKBP. Hata batak. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   Kotbah minggu 20 oktober 2019,   Bacaan liturgi minggu 20 oktober 2019,   Jamita johanes 4:21-26,   download lagu pelengkap kidung jemaat mp3,   not angka untuk lagu tuhan memanggil,   susunan ibadah katolik hari sabtu tanggal 19 october 2019,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   khotbah yohanes 4:21-26,   khotbah yohanes 4:21-26,   khotbah yohanes 4:21-26,   khotbah yohanes 4:21-26,   lagu rohani untuk persembahan,   donload lagu nikita ku sembah engkau yesus,   download lagu mawar sharoon,   free download mp3 lagu penyembahan gereja gms,   Khotbah GKI Yohanes 4:21-26,   lagu penutup ibadah kristen,   lagu rohani seperti rusa merindukan sungai hemy pesolima,   lagu rohani seperti rusa merindukan sungai hemy pesolima,   lirik lagu dia harus makin bertambah,   injil 20 oktober 2019,   injil 20 oktober 2019,   injil 20 oktober 2019,   lagu untuk persembahan,   sabda bina umat oktober 2019,   khotbah anak muda dari kitab pengkhotbah 11:9,   Jamita johannes 4:21-26,   tafsir yohanes 6: 1-15,   ilustrasi tentang amsal 10 :1,   nast khotba zefanya 3 : 9 - 20,   Nats khotbah kisah para rasul 20-21-31,   nast khotba zefanya 3 : 9 - 20,   Nats khotbah kisah para rasul 20-21-31,   pujian rohani kristen penutup ibadah,   khotbah amsal 22:8-12,   bacaan injil harian tgl 18 oktober calender liturgi 2019,   ringkasan khotbah mazmur 25: 8-15,   ringkasan khotbah mazmur 25: 8-15,   mars pkb gpib,   mars pkb gpib,   khotbah Hakim-hakim 6:15-23,   lagu ibadah pemuda,   not dan angka pkj 36,   lagu rohani sebelum doa syafaat,   renungan amsal 3:17-30,   lagu lagu pengakuan dosa,   lagu lagu pengakuan dosa,   Renungan amsal 13:3,   lagu kanon rohani,   renungan lukas 12:12-18,   renungan lukas 12:12-18,   dialah yang maha tinggi chord,   bimbinglah niat hamba,   kalender.katolik bln oktober .2019,   lagu untuk penutup ibadah,   lagu liturgi hari minggu tgl 20-oktober-2019,   khotbah tentang hidup ini hanya sementara,   lagu paduan suara rohani kristen mazmur 150,   kalender liturgi 2019,   kalender liturgi 2019,   lagu paduan suara rohani kristen mazmur 150,   khotbah amsal 22:8-12,   liturgi ibadah kedukaan,   zefanya 3 9-20,   contoh kata sambutan kristen,   jamita partangiangan yesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   album gms baru,   khotbah hari pekan pemuda tetap berpegang pada kebenaran 2 timotius 3:14-4:5,   daftar lagu baru gms,   lagu rohani untuk penutup ibadah,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   khotba filipi 2:1-11,   bacaan injil bulan oktober 2019,   lagu gereja mp3,   download lagu kubri yang terbaik gms,   cache:0Zr0zI7toXoJ:https://www.lagu-gereja.com/index.php?ipage=12104,   Renungan Mazmur 119:32-33,   khotbah zakaria 3:9-20,   lagu gereja pagi,   kalender katolik 2019,   khotbah kisah para rasul 5 ayat 26 sampai 32,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   lagu penutup ibadah,   renungan matius 7 ayat 15 sampai 23,   renungan matius 7 ayat 15 sampai 23,   khotbah Matius 7 ayat 15 sampai 23,   Renungangzn Khotbah Matius 7 ayat 15 sampa 23,   Renungangzn Khotbah Matius 7 ayat 15 sampa 23,   jamita johannes4,21-26,   jamita minggu 20 oktober 2019 sian Johannes 4:21-26,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   yoke frits Tuhan tolonglah hambamu,   yoke frits Tuhan tolonglah hambamu,   perikop yesaya 2:2-5,   Glory haleluya lagu natal alfa trio,   khotbah dan penjelasannya Maleakhi 3:13-18,   khotbah dan penjelasannya Maleakhi 3:13-18,   lagu kantri rohani kidung jemaat mp3,   lagu persembahan,   tata ibadah penghiburan gki di tanah papua,   Ruhanga Ninkuhimbisa,   lagu penutup ibadah,   khotbah Yohanes 4:21-26,   lagu doa syafaat,   Download lagu rohani senada dengan surga,   khotbah minggu 27 Oktober 2019 Amsal 22 : 8 - 22,   khotbah amsal 22 : 8-12,   buku bimbingan pra nikah gmit,   pdf satb cari dahulu kerajaan allah,   khotbah dan penjelasan 1 Korintus 3:10-23,   khotbah dan penjelasannya Roma 16:25-27,   khotbah amsal 22 : 8 - 12,   khotbah amsal 22 : 8 - 12,   khotbah serta penjelasannya kissah para rasul 27:14-25,   lagu lagu gereja,   lagu lagu gereja,   lagu lagu gereja,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   khotbah 1 korintus 7 : 1 - 16,   Yohanes 4 : 21-26,   khotbah Yohanes 4:21-26,   Lagu2 gereja tiberias pendeta pariaji,   download lagu el shaddai,   lagu2 gereja tiberias,