Save Page

Khotbah Ibadah Keluarga
MINGGU IV SESUDAH EPIFANI
Rabu, 4 Feb 2015
BERIMAN DALAM KERENDAHAN
Matius 9:18-26

Anak kepala rumah ibadat Perempuan yang sakit pendarahan
9:18 Sementara Yesus berbicara demikian kepada mereka, datanglah seorang kepala rumah ibadat, lalu menyembah Dia dan berkata: "Anakku perempuan baru saja meninggal, tetapi datanglah dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, maka ia akan hidup."
9:19 Lalu Yesuspun bangunlah dan mengikuti orang itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya.
9:20 Pada waktu itu seorang perempuan yang sudah dua belas tahun lamanya menderita pendarahan maju mendekati Yesus dari belakang dan menjamah jumbai jubah-Nya.
9:21 Karena katanya dalam hatinya: "Asal kujamah saja jubah-Nya, aku akan sembuh."
9:22 Tetapi Yesus berpaling dan memandang dia serta berkata: "Teguhkanlah hatimu, hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau." Maka sejak saat itu sembuhlah perempuan itu.
9:23 Ketika Yesus tiba di rumah kepala rumah ibadat itu dan melihat peniup-peniup seruling dan orang banyak ribut,
9:24 berkatalah Ia: "Pergilah, karena anak ini tidak mati, tetapi tidur." Tetapi mereka menertawakan Dia. 9:25 Setelah orang banyak itu diusir, Yesus masuk dan memegang tangan anak itu, lalu bangkitlah anak itu.
9:26 Maka tersiarlah kabar tentang hal itu ke seluruh daerah itu.


Penjelasan :
Penyembuhan wanita yang kena sakit pendarahan dan kebangkitan putri kepala rumah ibadat. Kepala rumah ibadat. Salah satu kepala rumah ibadat yang bernama Yairus, mungkin di Kapernaum (Mrk. 5:21, 22).

Anakku perempuan baru saja meninggal. Matius meringkas beberapa rincian. Markus dan Lukas mencatat bahwa pada mulanya Yairus melaporkan bahwa putrinya sedang sekarat, dan kemudian diberi tahu oleh anak buahnya bahwa sudah meninggal. Maka ia akan hidup. Sekalipun imannya tidak sebesar iman perwira romawi (8:8), iman tersebut juga luar biasa.
Di dalam perjalanan menuju ke rumah Yairus, Yesus dihampiri dari belakang oleh seorang wanita yang sudah dua belas tahun lamanya menderita pendarahan. Secara seremonial penyakit ini dianggap najis (Im. 15:19-30), suatu fakta yang mungkin bisa menjelaskan tindakan wanita itu.
Menjamah jumbai jubah-Nya. Mungkin salah satu jumbai yang ada di empat ujung jubah luar-Nya, pakaian yang dipakai orang Israel sesuai dengan Bilangan 15:38 dan Ulangan 22:12. Kembali Matius meringkas kisah ini, tetapi mencatat bahwa Yesus menjelaskan kepada wanita tersebut bahwa iman dan bukan jumbai yang telah membuatnya sembuh.

Yesus melanjutkan perjalanan, ke rumah duka. Ketika itu peniup-peniup seruling dan para peratap lainnya sudah berkumpul untuk arak-arakan penguburan zaman dulu (Yer. 9:17; 48:36). Anak ini tidak mati tetapi tidur. Bandingkan dengan pernyataan Yesus yang mirip tentang Lazarus (Yoh. 11:11, 14).
Pernyataan ini bukanlah suatu pendapat Yesus yang salah, juga bukan suatu kebenaran bahwa anak itu benar-benar hanya sedang tidak sadar, atau suatu argumen bahwa kematian adalah jiwa yang tertidur. Pernyataan ini diucapkan sehubungan dengan apa yang akan dilakukan oleh-Nya.
Tersiarlah kabar tentang hal itu ke seluruh daerah itu, sekalipun Yesus mengingatkan mereka untuk tidak mengumumkan peristiwa tersebut (Mrk. 5:43; Luk. 8:56).

* Sumber SGDK:
Minggu IV SESUDAH EPIFANI
Rabu, 4 Pebruari 2015

BERIMAN DALAM KERENDAHAN
lnjil Matius menceritakan dengan singkat tentang seorang kepala rumah ibadah yang datang menyembah Yesus dan memberitahukan kematian puterinya agar Yesus meletakkan tangan-
Nya atas anaknya supaya hidup. Dalam lnjil Markus dan Lukas disebutkan kepala rumah ibadah itu bernama Yairus (Markus 5:22, Lukas 8:41). Tentu saja sebagai tokoh agama waktu itu, kepala rumah ibadah itu telah berusaha seoptimal mungkin mencari tabib untuk menyembuhkan anaknya ketika sudah sekarat. Apalagi anak perempuan satu-satunya dan masih berusia sekitar dua belas tahun. Itulah sebabnya Yairus datang tersungkur menyembah dan merendahkan dirinya kepada Yesus walaupun
dia sebagai tokoh agama yang disegani. ltu dilakukan demi memohon pertolongan dari Yesus untuk anak perempuan satu-satunya.

Dalam perjalanan Yesus menuju rumah Yairus yang diikuti banyak orang termasuk murid-murid-Nya, seorang perempuan dengan sembunyi-sembunyi menjamah jumbai jubah Yesus dari belakang. Perempuan yang menderita sakit pendarahan cukup lama dan tidak berhasil disembuhkan oleh siapapun percaya dengan menjamah jubah Yesus dia akan sembuh. Dan keyakinannya kepada Yesus yang agak berbau "mistis" ini ternyata membuahkan hasil. Seketika itu juga berhentilah sakit
pendarahannya (Markus 5:28-29).

Kemudian Yesus tiba di rumah Yairus yang di dalamnya suasana kematian terasa karena terdengar suara seruling dengan lagu ratapan kesedihan. Tentu saat itu ada juga orang yang meratap dan menangis pilu. Yesus menghendaki suasana tenang dulu dan meminta orang-orang di rumah Yairus menarik diri.

Menurut Yesus anak Yairus tidak mati tetapi tidur. Orang-orang di rumah itu menertawakan Yesus sambil meninggalkan rumah Yairus. Tanpa menghiraukan mereka Yesus memegang tangan
anak perempuan itu dan bangkitlah anak itu. Kembali Yesus menampilkan kuasa-Nya mengalahkan kematian dan maut. Maka tersebarlah berita ini keseluruh qaerah (Galilea) waktu itu.

PENERAPAN
Matius secara singkat mengisahkan tentang kuasa Yesus terhadap orang penting dan disegani y_akni kepala rumah ibadah serta seorang perempuan kebanyakan dari rakyat biasa. Ke dua figur ini mewakili kelompok atau komunitas yang begitu berbeda dalam masyarakat. Perbedaan tersebut mencolok terlihat melalui pengelompokan yang membeda-bedakan strata sosial masyarakat. Misal status sosial, pendidikan, ekonomi, gender dan perbedaan lainnya. Sehingga hadirnya jurang/gap kelompok eksklusif dan elit berhadapan mungkin juga berlawanan dengan kelompok orang-orang kebanyakan. Kuasa llahi Yesus yang menyembuhkan serta membangkitkan itu memberi dampak positif tanpa membeda-bedakan strata sosial dalam masyarakat. Kuasa llahi Yesus mendamaikan dan merekatkan pelbagai perbedaan yang ada dalam kehidupan kita. Sehingga hanya kuasa Yesus yang bisa mengendalikan keanekaragaman serta kepelbagaian persekutuan jemaat di tengah perbedaan umat percaya.

Hal penting kita perhatikan dalam kuasa Yesus menyembuhkan dan membangkitkan adalah tindakan Yairus serta perempuan yang berusaha menjumpai Yesus. Kita tahu Yairus seorang tokoh agama dan disegani dalam masyarakat waktu itu. Namun predikat itu tidak menghalanginya datang kepada Yesus
sambil tersungkur dan merendahkan dirinya. Tindakan merendahkan diri Yairus seorang petinggi agama
dalam keyakinannya yang penuh kepada Yesus patutlah kita teladani. Demikian pula kita belajar dari kepercayaan perempuan yang sakit pendarahan terhadap kuasa Yesus yang bisa menyembuhkan meskipun dalam keterbatasan pemahamannya. Kita meyakini berita penyembuhan dan kebangkitan dalam nas kita saat ini adalah kabar sukacita. Kabar gembira yang memberi harapan bagi umat beriman ini kemudian tersebar dan menyebar ke seluruh dunia.

PENDALAMAN PERCAKAPAN
1) Hal-hal apa saja menurut saudara yang sering ;nenghambat seseorang memercayai kuasa llahi Yesus Kristus". Sebutkanlah.

2) Apakah saudara masih menjumpai adanya saling membeda-bedakan antara warga jemaat, sehingga terjadi pengelompokan karena status sosial, ekonomi, pendidikan dan gender? Ceritakanlah.

3) Hikmat apakah yang patut kita teladani dalam iman kepada Tuhan Yesus terhadap kisah Yairus dan perempuan yang lama sakit pendarahan ? Ungkapkanlah.


* Sumber :  SBU


Renungan SBU

Pagi 2015
Rabu, 4 Peb 2015
Matius 9:18-22
KETEGUHAN IMAN YANG MENYELAMATKAN

Tetapi Yesus berpaling dan memandang dia serta berkata : "Teguhkanlah hatimu, hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau". ..... .. (ay.22)

Di saat Yesus sedang berbicara dengan para murid Yohanes (ayat 14) datanglah Yairus kepala rumah lbadah menyembah Yesus sambil memohon agar Yesus menghidupkan anaknya. Yairus begitu yakin akan kuasa llahi Yesus yang bisa membangkitkan anak perem puan satu-satunya melalui penumpangan tangan Yesus. Tentu saja sebagai tokoh agama Yairus pasti mendengar berita tentang kuasa llahi Yesus maka dengan spontannya dia datang dan menyembah Yesus serta memohon.

Tindakan Yairus yang pro-aktif ini mendapat respon positip sehingga Yesus bangun mengikuti Yairus menuju rumahnya bersama murid-murid. Yesus begitu berempati terhadap pergumulan Yairus. Tak terduga dalam perjalanan ke rumah Yairus, seorang perempuan sakit pendarahan yang sudah menderita dua belas tahun lamanya menjamah jumbai jubah Yesus.

Tindakan perempuan ini menarik perhatian sehingga Yesus memandang serta berkata : "Teguhkanlah hatimu, hai anak-Ku imanmu telah menyelamatkan engkau." Maka sejak saat itu sembuhlah perempuan itu. (ayat 22) Karena itu kesembuhan dan pemulihan yang terjadi serta dialami langsung perempuan ini sangat erat berhubungan dengan keteguhan hatinya. ltu sangat bermakna dalam hidup beriman kita saat ini. Bahwa penyembuhan serta pemulihan kita dan" berbagai kelemahan tubuhjasmani bisa terjadi dalam keteguhan iman percaya kita kepada kuasa Tuhan Yesus Kristus. Meskipun iman percaya kita hanya sebesar biji sesawi.

Ada ungkapan "small is beautiful." lman yang kecil yang ada pada kita namun sungguh dan teguh kita pegang bisa menyentuh hati Tuhan Yesus Kristus ketika kita menaruh harap kepada-Nya.


GB. 242 : 3

Doa : (Tuhan Yesus, kokohkanlah iman percaya kami ketika sakit dan tak berdaya)


Renungan SBU

Malam 2015
Rabu, 4 Peb 2015
Matius 9:23-26
YESUS HARAPAN KEKAL

berkatalah la : "Pergilah, karena anak ini tidak mati, tetapi tidur. "Tetapi mereka menertawakan Dia (ay.24)

Setelah peristiwa penyembuhan perempuan yang sakit pendarahan, Yesus melanjutkan perjalanan ke rumah Yairus. Sesampai di rumah Yairus, Yesus melihat peniup-peniup suling dan orang banyak ribut. Keluarga dan para sahabat juga tetangga datang untuk ikut berkabung, mem beri penghiburan bagi keluarga yang berduka. Pemain seruling melantunkan irama sedih dan muram yang menambah pilu mereka yang menangis di rumah itu. Namun sepertinya ungkapan rasa empati malah tidak menimbulkan harapan bagi keluarga. Bagaikan cuka pada luka, demikianlah orang banyak yang berkumpul menghiburdengan nyanyian serta ratapan sedih.

Yesus menegur keras orang banyak itu : "Pergilah, karena anak ini tidak mati, tetapi tidur." Teguran ini bermaksud agar mefeka membiarkan Yesus sendiri yang "bertindak menurut kehkyendak-Nya terhadap anak perempuan itu. Teguran Yesus ini malahla membuat orang banyak menertawakan-Nya. Hal ini menandakan ketidakyakinan mereka kepada Yesus. Ketika orang banyak diusir, "Yesus sendiri dengan kuasa-Nya memegang tangan anak itu lalu bangkitlah anak itu.

Terkadang ketika dilanda dukacita mendalam sulit bagi kita untuk dihibur. Bahkan orang yang terus tenggelam dalam dukacita tidak mau menerima dihibur oleh siapapun dengan cara bagaimanapun. Mereka yang mengalami dukacita mendalam ini harus berusaha dan bersedia membuka hati pikiran supaya mendengar suara Tuhan Yesus. Berilah tempat dan kesempatan bagi Yesus, Sang Penghibur setia di kala kita dilanda dukacita.

Tuhan Yesus adalah Penghibur yang menguatkan serta memberi harapan yang kekal bagi kita yang datang menyembah-Nya dalam ketulusan dan kejujuran.


GB. 230:2

Doa : (Tuhan Yesus, berilah kekuatan dan kemampuan iman agar kami dihibur di kala kami berada dalam kesedihan)

Label:   Matius 9:18-26 




Lagu Natal (Christmas)
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah PKB - MINGGU IV SESUDAH EPIFANI Jumat, 6 Februari 2015 MENJADI BUDAK DALAM TANTANGAN Matius 10:21-25

PREV:
Khotbah Ibadah Minggu - Minggu, 1 Februari 2015 MENGIKUTI SANG ANAK MANUSIA Matius 8:18-22

Garis Besar Matius






November 10 - 16 (Week 46) - Ezekiel 46-48; John 16 || Daniel 1-3; Psalm 88; John 17 || Dan 4-6; John 18 || Dan 7-9; Psalm 91; John 19 || Dan 10-12; John 20

Hari ini, 14 November - Yakobus 1,2<...

Hari ini, 14 November - Maz 119:171-...

Hari ini, 14 Nopember - Yohanes 11:1...

BACAAN ALKITAB SETAHUN:



Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2015..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392





Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Rabu, 06 Mei 2015
GB 402c AMIN

Rabu, 06 Mei 2015
GB 402b AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 402a AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 401 AMIN, AMIN, YA, BENAR ADANYA

Kamis, 20 Juni 2013
GB 400 AMIN, AMIN

Kamis, 20 Juni 2013
GB 399 AMIN, HALELUYA!

Selasa, 06 Agustus 2013
GB 398b MARANATHA dan GB lama maranatha - gb 293c pada GB Lama

Senin, 29 Juli 2013
GB 398a MARANATHA & GB lama 293a MARANATHA

Senin, 22 Juli 2013
GB 397 HOSIANA

Senin, 22 Juli 2013
GB 396 HOSIANA, HOSIANA

Kamis, 11 Juli 2013
GB 395 HALELUYA! AMIN

Kamis, 11 Juli 2013
GB 394 HALELUYA, HALELUYA! PUJILAH TUHANMU

Kamis, 11 Juli 2013
GB 393 HALELUYA

Senin, 20 Juli 2015
GB 392b KEPADAMU PUJI-PUJIAN

Kamis, 18 Juli 2013
GB 392a KEPADAMU PUJI-PUJIAN

Rabu, 31 Juli 2013
GB 391 TUHAN MENYERTAI KAMU

Rabu, 29 April 2015
GB 389b KARNA ENGKAULAH

Selasa, 23 Juli 2013
GB 389a KARNA ENGKAULAH

Senin, 29 Juli 2013
GB 388 PUJI ALLAH | MULIAKANLAH

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



khotbah kristen tentang filipi 4:10-20,   lagu lagu sekolah minggu dan remaja kristen ,   khotbah kristen tentang filipi 4:10-20,   kj 417 NOT ANGKA DAN LAGU,   kotbah ulangan 24:19-22,   renungan hosea 6:6,   instrumen koor natal satb partitur,   tex lagu dan not lagu rejoic in the lord always,   instrumen koor natal satb partitur,   instrumen koor natal satb partitur,   lagu untuk menutup ibadah,   lagu rohani persembahan ibadah,   lagu penutup ibadah pemuda,   nama untuk persekutuan,   instrumen koor satb natal partitur,   instrumen koor satb natal partitur,   pujian rohani penutup ibadah,   lagu penutup rohani mp3,   Jamita johanes 8:12-20,   Jamita natal johannes 8:12-20,   bagaimana cara memberitakan injil di lingkungan,   Yohanes 6 : 27 - 29,   kejadian 21:1-7renungan,   kejadian 21:1-7renungan,   tafsiran lukas 21 : 5-19,   forevermore gms mp3 ,   lagu ibadah penutup,   lagu memberikan persembahan,   kidung ceria cinta akan Yesus tak berarti hanya nyanyi dan doa,   khotbah Roma 1:18-25,   judul lagu rohani arab,   Yohanes 6 : 27 - 29,   Bahan khotbah dari 2 Tesalonika 3: 1-9,   lagu rohani pujian,   dunia gemar dan soraklah lirik,   dunia gemar dan soraklah lirik,   2 korintus 9;6-7 NATS PERSEMBAHAN,   nats ayat alkitab untuk persembahan,   lagu penutup ibadah,   tema natal tentang hendaklah kamu sehati,sepikir dalam tuhan bahasa batak,   lagu penutup ibadah,   lagu pembuka ibadah,   khotbah dari kitab nahum,   yakobus 3 cerita sekolah minggu,   khotbah gereja toraja dari matius 16:13-20,   khotbah gereja toraja dari matius 16:13-20,   mazmur 69:20-37 gpib,   mazmur 69:20-37 gpib,   lagu doa syafaat,   lagu buat doa syafaat,   kristen kata pengantar persembahan,   2tesalonika3:6-13,   jamita filipi 4:10-20,   kotbah Yosua 4: 1-20,   kotbah Yosua 4: 1-20,   khotbah ulangan 24 19 22,   gambar not angka tuhanlah kekuatan dan mazmurku ,   gambar not angka tuhanlah kekuatan dan mazmurku ,   lagu lagu pengakuan dosa,   lirik lagu firmanmu pelita bagi kakiku dan sebagai suluh pada jalanku,   lirik lagu firmanmu pelita bagi kakiku dan sebagai suluh pada jalanku,   download lagu mp3 di mazmur 150,   kumpulan lagu gereja kristen maranatha indonesia pengajaran tabernakel,   renungan ulangan 24 17 22,   lagu persembahan gmim,   filipi 4:10-20,   download lagu mp3 di mazmur 150,   khotbah : Tetaplah Setia,   Filipi 4:10-20,   Filipi 4:10-20,   khotbah ulangan 24 19 22,   LAGU TENTANG PERSEMBAHAN,   LAGU TENTANG PERSEMBAHAN,   syair dan not lagu gereja pdf,   khotbah yohanes 5:19-29,   khotbah yohanes 5:19-29,   you rise me up versi paduan suara,   lagu untuk persembahan,   renungan harian yohanes 5:19-29,   partitur lagu natal,   jembatan lagu untuk persembahan,   ambilan gkps 17 november 2019,   meresponi panggilan tuhan Yosua 1:1-9,   khotbah ulangan 24:19-22,   khotbah ulangan 24:19-22,   liturgi ibadah persekutuan kaum pria bala keselamatan,   lagu bala keselamatan perjuangan,   Khotbah KRISTEN dari Ayub 19: 23-27,   Khotbah KRISTEN dari Ayub 19: 23-27,   jamita filipi 4:10-20,   khotbah ulangan 24:19,   pujian saat mengumpulkan persembahan,   lagu gereja kj 49,   khotbah pilipi 4:10-20 versi hkbp,   renungan yakobus 2:1-13,   Hari Tuhan Maleakhi 4:1-6 GKI,   Hari Tuhan Maleakhi 4:1-6 GKI,   Hari Tuhan Maleakhi 4:1-6,   pujian saat mengumpulkan persembahan,   Contoh renungan kotbah harian agama Kristen Protestan bulan November 2019,   pujian saat mengumpulkan persembahan,   Khlbh masmur 55:2-8,   renungan remaja kristen gmit,   kothbah katolik menurut lukas 21:5-19,   kothbah katolik menurut lukas 21:5-19,   renungan kristen insani 13:20-21 dari gmit,   lagu persembahan,   Tafsiran alkitap 2 tesalonika 3;13-15,   khotbah yakobus 2 1-10,   ayat2 alkitab utk ajakan persembahan,   lagu kristen yang sesuai dengan nats matius 25:31-46,   tata ibadah unit gpm,   MEMANDANG ALLAH MELAMPAUI HIDUP INI Ayub 19: 23 - 27a,   renungan Yosua 24:22-28,   kejadian 21:1-7renungan,   khotbah keluaran 23;1-13,   khotbah amsal 12,    kitab ulangan 24:19-22 berbuat baik bagi semua orang,    kitab ulangan 24:19-22 berbuat baik bagi semua orang,   kotbah ulangan 24:19-22 ,    ulangan 24:19-22 melindungi sesama,   khotbah yoel 2 : 28-32,   khotbah yoel 2 : 28-32,   partirtur 4 suara lagu natal,   renungan sbu tgl 17 november,   khotbah yoel 2 : 28-32,   tafsiran “Engkaulah anakKu yang kukasihi, kepadaMulah aku berkenan” ?,   kalender liturgi katolik tgl 12 nopember 2019,   Jamita filipi 4;10-20,   renungan kristen keluaran 19: 10-11 ,   nyanyian pujian downlod,   nyanyian pujian downlod,   renungan kristen keluaran 19: 10-11 ,   renungan pagi sabda bina umat gpib matius 12. 46_ 50,   sabda bina umat gpib 12 nov 2019,   NYANYIAN BALA KESELAMATAN,   contoh liturgi kedukaan kristen gki,   contoh liturgi kedukaan kristen gki,   lagu gereja.com,   Gita bakti pdf,   Gita bakti pdf,   contoh kotbah kitab ulangan 24:19-22,   contoh kotbah kitab ulangan 24:19-22,   contoh kotbah kitab ulangan 24:19-22,   ulangan 24:19-22 jamita partangiangan,   kasihnya seperti sungai lagu misa,   bahan sermon jamita 5 Musa 24 19-22,   contoh kotbah ulangan 24:19-22 harus kau ingat dahulu kamu budak,   contoh kotbah ulangan 24:19-22 harus kau ingat dahulu kamu budak,   proses menulis kotbah ulangan 24:19-22,   firmanmu pelita bagi kakiku lagu misa,   renungan alkitab markus 13 ayat 33-37,   Renungan joel 2:23-32,   yesaya 57 ayat 14 - 21,   khotbah gpib tahun 2019,   khotbah gpib 2019,   yesaya 57 ayat 14 - 21,   NOT NYANYI ROHANI NKB LAGU NATAL UNTUK PERSEMBAHAN,   yesaya 57 ayat 14 - 21,   NOT NYANYI ROHANI NKB LAGU NATAL UNTUK PERSEMBAHAN,   partitur lagu koor natal,   renungan Lukas 17:7-10,   khotbah yakobus 1:9-11,   lagu penutup ibadah,   kalendar liturgi 2020 agustus,   kalender katolik 2020,   kalender katolik 2020,   kidung kabungahan 45,   tafsir amsal 1 : 5,   contoh contoh tema natal ibadah wbi,   koor natal batak,