close

Save Page

Sunat sebagai tanda perjanjian Allah dengan Abraham
17:1 Ketika Abram berumur sembilan puluh sembilan tahun, maka TUHAN menampakkan diri kepada Abram dan berfirman kepadanya: "Akulah Allah Yang Mahakuasa, hiduplah di hadapan-Ku dengan tidak bercela.
17:2 Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau, dan Aku akan membuat engkau sangat banyak. "
17:3 Lalu sujudlah Abram, dan Allah berfirman kepadanya:
17:4 "Dari pihak-Ku, inilah perjanjian-Ku dengan engkau: Engkau akan menjadi bapa sejumlah besar bangsa.
17:5 Karena itu namamu bukan lagi Abram, melainkan Abraham, karena engkau telah Kutetapkan menjadi bapa sejumlah besar bangsa.
17:6 Aku akan membuat engkau beranak cucu sangat banyak; engkau akan Kubuat menjadi bangsa-bangsa, dan dari padamu akan berasal raja-raja.
17:7 Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu.
17:8 Kepadamu dan kepada keturunanmu akan Kuberikan negeri ini yang kaudiami sebagai orang asing, yakni seluruh tanah Kanaan akan Kuberikan menjadi milikmu untuk selama-lamanya; dan Aku akan menjadi Allah mereka."

Penjelasan:

* SEMBILAN PULUH SEMBILAN TAHUN. Nas : Kej 17:1
Abram kini berusia sembilan puluh sembilan tahun dan Sarai jauh melampaui usia yang mampu melahirkan anak. Tetapi tiga belas tahun setelah kelahiran Ismael dan dua puluh empat tahun setelah janji Allah yang pertama, Tuhan menampakkan diri kepada Abram dengan suatu berita dan sebuah tuntutan.
1) Allah menyatakan diri sebagai "Allah Yang Mahakuasa" (Ibr. _El Shaddai_), yang artinya bahwa Ia dapat melakukan segala sesuatu dan tidak ada yang mustahil bagi Dia. Sebagai Allah Yang Mahakuasa, Ia dapat menggenapi semua janji-Nya ketika secara alami tidak mungkin digenapi lagi. Dengan demikian anak Abram yang dijanjikan itu akan lahir ke dalam dunia oleh suatu mukjizat (bd. ayat Kej 17:15-19; 35:11; Yes 13:6; Rom 4:19; Ibr 11:12).
2) Allah menuntut bahwa Abram berjalan di hadapan-Nya dengan tidak bercela (yaitu, mengabdi sepenuhnya untuk melaksanakan kehendak Allah). Sama seperti iman Abram diperlukan untuk menerima perjanjian Allah, demikian pula suatu usaha sungguh-sungguh untuk menyenangkan Allah dituntut bagi kesinambungan berkat-berkat perjanjian dengan Allah (bd. Kej 22:16-18). Iman Abram harus disertai ketaatan (lihat cat. --> Rom 1:5), [atau ref. Rom 1:5] jikalau tidak dia akan dinyatakan tak mampu berperan serta dalam maksud-maksud abadi Allah (lihat art. PERJANJIAN ALLAH DENGAN ABRAHAM, ...).

Dengan kata lain, semua janji dan mukjizat Allah hanya akan terjadi ketika umat-Nya berusaha untuk hidup tidak bercacat dan hati mereka tetap terarah kepada-Nya (bd. Kej 5:24; 6:9; Ul 13:4; lihat cat. --> Mat 17:20). [atau ref. Mat 17:20]

* MENGADAKAN PERJANJIAN Nas : Kej 17:2
(versi Inggris NIV -- perjanjian-Ku). Dahulu Allah sudah mengadakan perjanjian dengan Abram untuk memberikan kepadanya negeri perjanjian (pasal Kej 15:1-21); kini Dia memperbaharui janji tersebut dengan menyatakan bahwa dari keturunan Abram akan muncul banyak bangsa dan raja (ayat Kej 17:6), bahwa Tuhan akan menjadi Allah atas keturunannya itu, dan bahwa Sarai istrinya itu, akan melahirkan seorang putra serta menjadi ibu dari berbagai bangsa dan raja (ayat Kej 17:15-16). Abram dan keturunannya akan melihat penggenapan perjanjian itu ketika mereka mengikat diri kepada Allah dan kewajiban-kewajiban perjanjian (ayat Kej 17:9-14; lihat cat. --> Kej 15:6). [atau ref. Kej 15:6]

* ABRAM ... ABRAHAM. Nas : Kej 17:5
Abram berarti "bapa yang mulia"; Abraham berarti "bapa banyak orang" (lihat cat. --> Kej 17:7 berikutnya; [atau ref. Kej 17:7] bd. Neh 9:7; Rom 4:17). Hubungan yang baru dengan Allah sering kali menuntut nama yang baru untuk menandakan hubungan yang baru itu.

* AKU MENJADI ALLAHMU. Nas : Kej 17:7
Hakikat dan realitas perjanjian Abraham ialah Allah yang memberikan diri-Nya kepada Abraham dan keturunannya (ayat Kej 17:7-8). Janji Allah untuk "menjadi Allahmu" adalah janji terbesar dalam Alkitab. Janji ini merupakan janji pertama yang melandasi semua janji lainnya. Ini berarti bahwa Allah tanpa pamrih mengikat diri kepada umat-Nya yang setia untuk menjadi Allah mereka, perisai, dan upah mereka (bd.lihat cat. --> Kej 15:1).[atau ref. Kej 15:1]

Ini juga berarti bahwa kasih karunia, pengampunan, janji-janji, perlindungan, bimbingan, kebaikan, pertolongan, dan berkat diberikan kepada mereka di dalam kasih (bd. Yer 11:4; 24:7; 30:22; 32:28; Yeh 11:20; Yeh 36:28; Za 8:8). Semua orang Kristen mewarisi janji yang sama melalui iman kepada Kristus (Gal 3:15).

* MILIKMU UNTUK SELAMA-LAMANYA. Nas : Kej 17:8

--------------------------------------------------------------
Sumber SBU

Renungan SBU
Pagi 2015
Minggu, 1 Maret 2015
Kejadian 17:1-8
PERJANJIAN KEKAL

MINGGU V PRAPASKAH
MINGGU, 1 MARET 2015
RENUNGAN PAGI
Kejadian 17:1-8
Aku akan mongadakan perjanjian antara Aku dan ongkau serta keturunanmu turun-tamurun menjadi perjanjian yang kekal, (ay.7)

Pada usia 75 tahun Abram dipanggil Allah untuk menjadi sebuah bangsa besar, diberkati dan memberkati bangsa-bangsa lain (12:4). Allah menyatakan anugerah-Nya kepada Abram yang sudah meninggalkan kampung halaman. Ia hidup dalam ketaatan mengikuti apa yang Allah kehendaki. Pada usia 99 tahun janji Allah disampaikan kembali kepada Abram dengan penegasan mutlak bahwa Abram terikat perjanjian dengan Allah. Sebagai bukfi perjanjian, maka nama Abram menjadi Abraham yang berarti bapa bagi sejumlah besar bangsa (17:5).

Ketaatan Abram diuji lewat pelbagai peristiwa kehidupan. Mulai dari soal kelaparan sampai musnahnya kota Sodom dan Gomora. Abram menantikan janji Allah dalam pengharapan bahwa Allah memberikan tepat seperti yang dikatakan-Nya. Abram harus melewatl dlnamika kehidupan yang membuatnya mengambil tindakan keliru dengan mengawini Hagar, pembantu rumah "tangga mereka. Penggenapan janji Allah membutuhkan kesabaran dan keyakinan kokoh bahwa Allah tidak melanggar apa yang sudah dikatakan-Nya kepada Abram. Allah menegaskan ulang bahwa berkat-Nya kepada Abram adalah untuk selamanya. Perjanjian Allah dengan Abram menjadi perjanjian kekal sebab Allah mengalaskannya pada kasih-Nya. Untuk itu Abram harus menjalani kehidupan yang benar dan kudus.

Sekarang perjanjian Allah dengan manusia dinyatakan lewat pengorbanan dan kematian Tuhan kita Yesus Kristus di atas kayu salib. Allah ikut ambil bagian dalam kehidupan manusia dengan memberikan yang terbaik bagi masa depan manusia. Allah melepaskan manusia dari belenggu dosa, ketakutan dan kekuatiran sehingga manusia hidup dalam sukacita dan pengharapan.

Perjanjian Allah patut membuat kita selalu bersyukur dan bersyukur tanpa henti. Jlka saudara datang beribadah, percayalah bahwa kasih Allah sungguh besar dan pengorbanan Yesus menjadi jaminannya. Mari bersukacita dihadapan Allah yang mengasihi dan mau menjadikan hidup kita sebagai saluran berkat bagi sesama.

KJ.305 : 5,6

Doa : (Tuhan, curahkan Roh Kudus memimpin hidup kami dalam perjanjian-Mu)


* Sumber SGDK:
MINGGU V PRAPASKAH
 MINGGU, 1 MARET 2015

PERJANJIAN ALLAH
Kejadian 17:1-14

MEMAHAMI TEKS DALAM KONTEKS
Sejak awalnya Abraham dipanggil TUHAN untuk menjadi bangsa yang besar. Kej. 12:2 jelas dan tegas menyatakan hal itu: "Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat". Untuk mewujudkan rencana-Nya
itu, Abraham diperintahkan untuk keluar dari kampung halamannya di Ur-Kasdim. Dalam perjalanan yang panjang, pada saatnya Abraham sampai juga di Kanaan. Di sana pula ia menguburkan istrinya, Sara. Tepatnya di Kiryat-Arba yaitu Hebron di tanah Kanaan (Kej. 23:2).

Rencana TUHAN yang besar itu nampaknya mustahil dalam pandangan manusia. Selain sangat besar, istri Abraham, Sarai, yang kemudian dipanggil Sara, tidak mempunyai anak. Bagalmana mungkin akan hadir bangsa yang besar dari sepasang suami-istri yang tidak mempunyai keturunan? Atas situasl yang
dialaminya, Sarai meminta Abraham untuk mengambil Hagar, budak perempuan Sarai, untuk menjadi istrinya. Dari Hagar, Abraham memiliki anak yang diberinya nama lsmael. Tetapi TUHAN tetap pada rencana-Nya semula bahwa keturunan Abraham dari Sara akan menjadi bangsa yang besar. TUHAN
menyuruh tiga utusan-Nya untuk menemui Abraham dan Sara di Mamre untuk menyampaikan kembali rencana besar-Nya.

Semula Sara tidak percaya tetapi TUHAN tetap pada rencanaNya. Akhirnya dari Sara Iahirlah lshak. Pada usia 40 tahun lshak mengambil Ribka menjadi istrinya (Kej. 25:20). Dari lshak dan Ribka Iahirlah Esau dan Yakub. lshak memberkati Yakub yang daripadanya lahir 12 orang anak dari 4 orang istrinya. Dari Lea lahir 6 orang anak laki-laki yaitu Ruben, Simeon, Lewi, Yehuda, lsakhar dan Zebulon. Lahirjuga seorang anak perempuan yang diberi nama Dina. Dari Bilha lahir 2 orang anak laki-laki yaitu Dan serta Naftali. Dari Zilpa lahir 2 orang anak laki-laki yaitu Gad danAsyer. Dari Rahel lahir 2 orang anak laki-laki yaitu Yusuf dan Benyamin (Kej. 30:22b-26). Rencana TUHAN bahwa dari Abraham akan menjadi bapa dari sejumlah besar bangsa terwujud melalui keturunannya, baik dari Ismael, anaknya dari Hagar, maupun dari lshak anaknya dari Sara.

PEMAHAMAN TEKS DAN RELEVANSINYA
Rencana TUHAN terhadap Abraham dikukuhkan melalui perjanjian antara TUHAN dengan Abraham dan keturunannya. Janji TUHAN kepada Abraham adalah :
1. Engkau akan menjadi bapa sejumlah besar bangsa (ayat 4).
2. Aku akan menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu (ayat 7).
3. Kepadamu dan kepada keturunanmu akan Ku-berikan negeri Kanaan (8).
Tanda perjanjian antara TUHAN dengan Abraham dan keturunannya adalah sunat.
Perikop ini memberikan petunjuk bagi kita bahwa rencana TUHAN pasti terwujud. Hal itu harus menjadi keyakinan kita yang kokoh. Secara manusiawi kelihatannya tidak mungkin tetapi bagi Dia tidak ada sesuatupunyang mustahil. Kalaupun belum tenrvujud itu hanya masalah waktu.

Kalau kepada Abraham dan keturunannya dijanjikan menjadi bangsa yang besar di mana la akan menjadi Allah mereka dan mereka akan memiliki tanah Kanaan, maka kepada kita la akan menjadi Allah kita juga dan menjadikan kita umat pilihan-Nya serta beroleh kehidupan kekal di rumah-Nya yang baka.
Kalau kepada Abraham dan keturunannya janji TUHAN itu dimateraikan lewat sebuah tanda yaitu sunat, kepada kita janji-Nya harus kita meteraikan lewat tanda baptisan. Melalui baptisan, kematian dan kebangkitan Kristus menjadi bagian kita. Kita dimalikan dari keberdosaan kita dan dibangkitkan untuk menjalani hidup yang baru.

GAGASAN UTAMA
TUHAN menghadirkan kita di dunia dengan rencana yang bazar dan indah bagi kita dan bagi kemuliaan-Nya. Kita harus memberi diri untuk masuk dalam rancangan-Nya sehingga rencana besar-Nya itu menjadi kenyataan. Untuk itu kita harus mengikat perjanjian dengan-Nya untuk hidup dalam ketaatan dan kesetiaan yang penuh sampai akhir hayat. la telah memberikan bagi kita putera-Nya, Yesus Tuhan kita; dari kita dituntut untuk percaya dan setia sepenuhnya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat.

TUJUAN KHOTBAH
Agar warga jemaat menyadari adanya rencana indah dari Tuhan baginya dan sedia memberi diri untuk berjalan sesuai rancangan-Nya dengan ketaatan penuh dalam iman kepada Tuhan Yesus Kristus.

RANCANGAN KHOTBAH
A. Pengantar
1. llustrasi tentang janji yang harus dipenuhi
2. Janji Tuhan tidak dipengaruhi oleh kekhawatiran manusia

B. lsi (Nas dan relevansinya)
1. Rencana TUHAN bagi Abraham dan kendalanya secara manusiawi.
2. Janji Tuhan pasti digenapi.
3. Rencana TUHAN bagi Abraham dan kaitannya dengan karya keselamatan dalam Yesus Kristus.
4. Memahami sunat dan baptisan dalam kaitan janji keselamatan.

C. Penutup
1. Respon atas janji keselamatan-Nya
2. Memberi diri masuk dalam rancangan TUHAN

KHOTBAH LENGKAP

A. Pengantar
Umat Tuhan yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus; Ada ungkapan yang berbunyi: "janji adalah utang". Maksudnya, janji harus dipenuhi. Kalau merasa tidak mampu untuk memenuhi, jangan sekali-kali membuat janji. Alkisah ada seorang anak yang dijanjikan oleh orangtuanya akan mendapat hadiah apabila nilai rapornya bagus. Anak tersebut berjanji kepada orangtuanya untuk belajar dengan sekuat tenaga agar nilai rapornya bagus. Saat pembagian rapor tiba, anak tersebut betul-betul mendapat nilai
yang bagus. Ayahnyapun memberikan hadiah seperti yang dijanjikan pada keesokan harinya. Sekiranya sang ayah tidak menepati janjinya, pastilah anaknya merasa kecewa. Saya teringat ketika mengikuti sekolah minggu saat masih kecil. Kakak pelayan meminta kami untuk menempelkan sebuah gambar di kertas yang sudah disediakan tiap kali kami hadir di sekolah minggu. Gambar harus ditempel pada kolom yang telah tertulis tanggalnya secara berturut tiap minggu. Apabila kolom itu telah terisi semuanya tanpa ada yang kpsong, kakak pelayan menjanjikan untuk memberikan hadiah berupa pinsil, buku tulis,
penggaris atau penghapus. Kamipun berjanji untuk selalu hadir tiap minggu. Saat kertas kami penuh tanpa ada yang lowong, hadiah diberikan. Janji memang harus dipenuhi. Tetapi harus diingat, janji melibatkan dua pihak. Keduanya harus sama-sama menepati janji.

Janji yang dipenuhi tidak hanya menyenangkan saat diterima tetapi berdampak jauh ke masa depan. Anak yang mengetahui bahwa orangtuanya selalu memenuhi janjinya membuat ia tidak pernah ragu kepada orangtuanya. Pengalaman positifnya membuat ia yakin bahwa orangtuanya dapat diandalkan. Ia menjadi orang yang optimis dan tidak pernah ragu dalam melangkah.

NAS DAN RELEVANSINYA
Abraham menerima janji dari Tuhan. Janji yang indah dan besar. Orang modern mengatakan, janji yang visioner, yang menjangkau jauh ke depan. Kepada Abraham Tuhan mengatakan bahwa ia akan menjadi bapa dari sejumlah besar bangsa; la akan menjadi Allah bagi Abraham dan seluruh keturunannya;
Abraham dan keturunannya akan memiliki negeri Kanaan. Janji tersebut merupakan bagian dari rencana keseIamatan-Nya bagi umat pilihan-Nya. Namun janji itu sulit untuk diterima karena tidak masuk akal sehat. Bagaimana Abraham akan menjadi bapa sejumlah besar bangsa, sedangkan ia tidak mempunyai seorang anak dan istriya sudah mati haid? Pada dasarnya Abraham percaya akan janji itu. Kejadian 15:6
menegaskan hal itu di mana dituliskan: "Lalu percayalah Abraham kepada TU HAN...." Tetapi ada suatu saat di mana Abraham dan Sara menjadi ragu. Bahkan Keduanya sempat tertawa ketika TUHAN mengulangi janji-Nya (17:17 dan 18:12). Atas keraguan mereka, TUHAN tetap pada rencana-Nya. Sikap Abraham dan Sara yang sempat meragukan janji TUHAN seringkali muncul daiam kehidupan kita. Sebagai umat pilihan dan anak yang dikasihi-Nya, la telah berjanji untuk menyertai kita sampai kepada
akhir zaman. Tetapi tidak jarang kita meragukan hal itu lalu menjalani kehidupan secara tidak bertanggungjawab. Tetapi TUHAN tetap pada janji-Nya. la sama sekali tidak terpengaruh atas keragu-raguan kita. Rancangan-Nya yang berisi janji keselamatan tidak pernah berubah. la tahu persis apa yang
menjadi permasalahan pokok manusia. la tahu persis apa yang diperlukan oleh manusia.

Pada diri Abraham dan Sara, janji itu mulai menjadi kenyataan saat akhirnya lshak lahir bagi mereka berdua. Tetapi kalau hanya ada seorang anak, bagaimana mungkin Abraham dapat menjadi bapa sejumlah besar bangsa? lngat! Janji TUHAN pasti terjadi.lshak kemudian beroleh keturunan yaitu Esau dan Yakub dari Ribka, istrinya. Kemudian dari Yakub datang 12 orang anak laki-laki yang kelak di kemudian hari menjadi suku-suku lsrael. Begitu juga dari Ismael, anak Abraham dari Hagar. Dari keturunannya lahirlah 12 orang raja dan TUHAN juga membuatnya menjadi bangsa yang besar (17:20). Tetapi perjanjian TUHAN hanya akan berlaku bagi anak-anak dan keturunan Abraham dari lshak
(17:21).

Hal ini membuktikan bahwa TUHAN tidak lalai akan janji-Nya. Di pihak lain, TUHAN setia pada janji-Nya atas rancangan keselamatan yang berlaku melalui garis keturunan Abraham dari lshak. Penting bagi kita saat ini untuk meyakini janji TUHAN bagi kita yang mengandung rancangan keselamatan kini dan di masa depan. Sebagaimana Abraham beroleh janji TUHAN atas kehidupannya sampai jauh ke masa depan, kitapun patut meyakini janji TUHAN yang berlaku bagi kita di dalam iman kepada Tuhan Yesus, bahwa masa depan kita bahkan yang jauh sekalipun, terjamin di dalam tangan-Nya.

Sekalipun janji keselamatan bagi Abraham dan keturunannya merupakan satu kepastlan, tetapi TUHAN juga menyampaikan pesan kepada Abraham melalui mimpi bahwa bangsa yang lahir dari keturunannya itu,kelak akan mengalami penganiayaan sebagai bangsa asing selama 400 tahun (15:12-13). ltu adalah
semacam nubuatan terhadap bangsa Israel yang dalam perjalanan sejarah ternyata mengalami perbudakan selama 430 tahun di Mesir (akel. 12:40). Pada saatnya TUHAN mengutus Musa untuk membawa bangsa Israel keluar dari Mesir menuju tanah perjanjian, Kanaan, negeri yang TUHAN janjikan kepada Abraham.

Janji TUHAN kepada Abraham terwujud lewat masuknya kembali Israel sebagai keturunan Abraham dari lshak ke Kanaan. Pembebasan TUHAN yang mengantar umat-Nya masuk ke tanah perjanjian menggambarkan pembebasan TUHAN bagi umat-Nya atas dosa-dosa melalui pengorbanan putera-Nya, Yesus, Tuhan dan Juruselamat. Dalam Dia kita juga akan diantar untuk memasuki tanah perjanjian kekal yaitu sorga yang baka. Umat yang dikasihi Tuhan;

Janji TUHAN harus disambut oleh Abraham dan keturunannya untuk melakukan sunat. Dengan demikian sunat menjadi meterai atas perjanjian antara TUHAN dan Abraham beserta keturunan-nya. Meterai itu mengikat kedua belah pihak untuk saling menepatijanjinya. Kita selaku umat"Perjanjian Baru, beroleh janji tentang keselamatan. Allah berjanji bahwa melalui dan di dalam Yesus Kristus karya keselamatan Allah menjadi bagian kita. Dari pihak kita, janjinya adalah sedia menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat serta taat beriman kepada-Nya. Janji Allah dan janji kita dimeteraikan lewat sebuah tanda, yaitu baptisan yang melambangkan kematian dan kebangkitan Kristus. Karya keselamatan Allah terhadap Abraham dan keturunannya mengantar mereka untuk hidup di Kanaan sedangkan karya keselamatan Allah melalui Yesus Kristus mengantar semua yang percaya kepada-Nya hidup di sorga yang baka. Dengan demikian, bagi kita yang beriman kepada Tuhan Yesus, sunat tidak lagi menjadi tanda atau meterai perjanjian dengan TUHAN, melainkan baptisan. Baptisan menjadi tanda kesediaan kita untuk mati dan bangkit bagi Kristus. Dosa-dosa kita telah dipakukan bersama Yesus yang tersalib. Dosa-dosa kita telah ikut mati bersama Yesus yang mati di kayu salib. Dan sebagaimana Yesus bangkit dari kematian, semua yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang baru.

PENUTUP
Janji TUHAN yang berisi rancangan keselamatan pasti digenapi. Kita patut memberi respons atas janji TUHAN itu dalam kesediaan kita untuk juga menepati janji kita kepada-Nya. la tidak pernah melanggar janji-Nya, seharusnya kltapun demikian. Janji untuk hidup dalam kesetiaan beriman kepada Tuhan Yesus harus dipegang teguh. Firman Tuhan dalam Wahyu 2:10 mengingatkan kita: "Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan menganugerahkan kepadamu mahkota kehidupan".

TUHAN mempunyai rancangan yang indah bagi kita masing-masing. Rancangan indah itu akan terwujud bila kita sedia untuk hidup dalam kesetiaan kepada-Nya dan sedia untuk menjalani kehidupan sesuai kehendak-Nya. Memberi diri masuk dalam rancangan-Nya berarti sedia untuk menjalani kehidupan sebagaimana yang TUHAN kehendaki, dan bukan menjalani kehidupan sebagaimana yang kita kehendaki. Abraham setia pada janjinya dan membuka diri masuk dalam rancangan-Nya, maka kehidupannya dan keturunannya diberkati TUHAN. Tentu kita juga rindu untuk mengalaml berkat Tuhan, maka janji setia kita kepada-Nya harus dinyatakan dan bukalah diri dan hidup kita untuk masuk dalam rancangan-Nya.

Label:   Kejadian 17:1-8 


German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah PKP Selasa, 3 Maret 2015 MINGGU V PRAPASKAH ALLAH YANG BERKUNJUNG Sbu Malam: Kej 18:9-15

PREV:
Khotbah Ibadah Keluarga - Rabu, 25 Februari 2015 MIMPI BURUK HAMAN Ester 6:1-14

Garis Besar Kejadian





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 25 Juni - Yesaya 22-25

Hari ini, 25 Juni - Maz 76:5-11, 1 Taw 12-13, Kis 7:20-43, Ams 19:2-4

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2015..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392




Beli Kaos C59. Klik Disni




Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH PERJAMUAN KUDUS & SYUKUR HUT KE-25 YADIA GPIB - MINGGU, 14 JULI 2019
1. surat pengantar HUT ke-25 Yadia 2. Juklak HUT ke-25 YADIA GPIB 3. PESAN HUT YADIA KE 25 TAHUN 2019 4 Tata Ibadah HUT YADIA KE 25 TAHUN 2019 5. Rekapitulasi Laporan Keuangan Yadia GPIB Tahun 2018 - 2019. 6. KOLEKTA IBADAH JAN SD DES 2018-319JEMAAT 7. KOLEKTA IBADAH JAN SD MAR 2019-319JEMAAT 8. KONTRIBUSI JAN SD DES 2019 - 319 JEMAAT 9.
TATA IBADAH HARI MINGGU III SESUDAH PENTAKOSTA & SYUKUR HUT KE-38 YAPENDIK GPIB Minggu, 7 JULI 2019

Tata Ibadah Bulan Pelkes GPIB 2019 - Minggu, 09 Juni 2019 sd 30 Juni 2019
Tata Ibadah dan Renungan yang terdiri atas: a. Ibadah Hari Minggu, tanggal 09, 16, 23 dan 30 Juni 2019; b. Ibadah Keluarga, tanggal 05, 12, 19 dan 26 Juni 2019; c. Ibadah Hari Minggu Persekutuan Teruna, tanggal 02, 09, 16, 23 dan 30 Juni 2019; d. Ibadah Pelkat GP, PKP, PKB, dan PKLU, tanggal 05 Juni 2019;



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Selasa, 25 Juni 2019
Heavenly Day - Patty Griffin

Selasa, 25 Juni 2019
All Creatures Of Our God & King - Anthem Lights

Selasa, 25 Juni 2019
All Creatures Of Our God & King - Patty Griffin

Selasa, 25 Juni 2019
Up to the mountain - Patty Griffin

Rabu, 19 Juni 2019
Waking Up - Attaboy

Senin, 17 Juni 2019
Majesty (Here I am) - Seth Pinnock

Senin, 17 Juni 2019
Now Unto Him - Seth Pinnock

Sabtu, 15 Juni 2019
Family of God (Hymn) - Bill Gaither

Sabtu, 15 Juni 2019
Back On Top - Gloria Gaynor

Sabtu, 15 Juni 2019
Singin' Over Me - Gloria Gaynor Feat. Jason Crabb

Sabtu, 15 Juni 2019
Day One - Gloria Gaynor

Rabu, 12 Juni 2019
Greater Than All My Regrets - Tenth Avenue North

Rabu, 12 Juni 2019
Believer - Rhett Walker

Rabu, 12 Juni 2019
Hope - Emily Brimlow

Rabu, 12 Juni 2019
Up Again - Dan Bremnes

Rabu, 12 Juni 2019
Even Louder - Steven Malcolm feat. Natalie Grant

Rabu, 12 Juni 2019
The Kind Of Man - The Color

Rabu, 12 Juni 2019
Revival - Tori Harper

Senin, 10 Juni 2019
Speak To Me - For All Seasons

Senin, 10 Juni 2019
Let It Rain (Is There Anybody) - Crowder

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



lirik lagu 17 agustus beserta notnya,   sabda bina umat gpib 2019,   bahan sermon jamita Psalmen 32:1-11,   khotbah mazmir 127 gpib,   khotbah mazmir 127 gpib,   renungan alkitab untuk ibadah kunci bulan,   lagu gereja ,   khotbah akhir bulan juni 2019,   khotbah akhir bulan juni 2019,   khotbah mazmir 127 gpib,   Sabda Bina Umat GPIB JUNI.2019,   khotbah mazmir 127 gpib,   download mp3 rohani kristen,   download mp3 rohani terbaru,   Vidio kidung pg...,   Free download Mp3 rohani kepuasan ku berada di hadiratmu,   menerima damai sejahtera yoh 20:19-23,   Renungan dari Amos 5:25-27,   download lagu rohani kristen mp3 gratis,   khotbah keluaran 15 : 12-18,   bahan renungan hosea 4:7-10,   roma 10:4-12,   lirik lagu 17 agustus beserta notnya,   lagu rohani pernikahan,   khotbah keluaran 15:12-18,   partitur lagu anak rohani kristen,   khotbahmazmur 127gpib,   khotbahmazmur 127gpib,   tata ibadah api unggun,   Rancangan Khotbah Minggu 7 Juli 2019,   khotbahmazmur 127gpib,   khotbahmazmur 127gpib,   dpwnlpad lagu you are my king (amazing love) w/ lyrics (Christy Nockles),   lagu seruling mas,   lagu rohani kristen mengucap syukur,   renungan mat 7 15-20,   injil matius 7 15 20 beserta kotbahnya,   makna renungan i tesalonika 5:21-22,   bahan kotbah kisahpararasul 13 : 15 - 25,   nyanyian rohani nomor 165,   renungan mat 7 15-20,   renungan mat 7 15-20,   liturgi pernikahan gereja kalimantan evangelis,   renungan mat 7 15-20,   hukuman bagi ketidakadilan amos 5,   download khotbah mp3 bagi yang gelisah,   lagu rohani pertobatan,   lagu rohani suara gembira apk,   download suara gembira,   contoh doa syafaat kristen protestan terbaru,   eksposisi galatia 5:1-15,   Renungan kotbah Kisah para rasul 17:22-30,   renungan pengkhotbah 11:9-10,   penjelasan ttg yehezkiel 11,   kumpulan lagu ende HKBP,   Renungan sgd rabu 26 juni 2019,   khotbah hakim hakim 4:1 - 24,   khotbah dari galatia 3 :1-29,   lirik lagu 17 agustus beserta notnya,   tenungan mazmur 97,   kotbah mazmur 96,   lagu penutup untuk ibadah,   download lagu rohani yang menyentuh hati,   amsal 23:17 gpdi,   pelayanan yang berbasis pada panggilan kisah para rasul 6; 1-7,   renungan mika 06 : 6-8,   renungan mika 06 : 6-8,   khotbah Wahyu 22 : 12-17,   khotbah Wahyu 22 : 12-17,   khotbah Wahyu 22 : 12-17,   khotbah roma 10:4-12,   khotbah roma 10:4-12,   doa persembahan pada ibadah hari minggu,   Renungan harian kis para rasul 2: 45,   khotbah galatia 3,   satb koor,   isi khotbah kisah para rasul 2:41-47,   lagu penyembahan pantemosata,   kotbah matius 7 15 20,   download suara gembira,   lagu pujian untuk pemberkatan pernikahan,   lagu rohani pernikahan kristen yang terbaru mp3,   Mars gp,   keluaran 15:12-18,   kidung konstektual 93,   amsal 3 ayat 11 20,   lirik lagu rohani saat memberikan persembahan,   kotbahi galatia 6 1 10,   lagu penutup ibadah gpdi,   kotbah galatia 6:1-18,   renungan amsal 4 : 10-15,   download lagu aog,   Khotbah minggu 30 juni 2019,   lagu rohani kristen terbaru mp3,   download hatiku percaya karaoke,   bahan renungan hosea 4:7-10,   buku kidung muda mudi gpib,   lirik lagu 17 agustus beserta notnya ,   nyayian rohani untuk masuk firman,   materi katekisasi 2019,   kh8tbah ibran 2 : 1,   materi katekisasi perjamuan kudus,   katekisasi perjamuan kudus,   download lagu rohani tuhan ku bangkit,   renungan 1 yohanes 2 : 28 - 29,   lirik buka mata hatiku,   chord bertambah-tambah,   www.mp3 rohani tro ambisi .com,   lagu jonny agung persaudaraan,   nats persembahan,   nats persembahan,   the flame of the ages STEPHEN TONG,   Khotbah minggu 23 juni 2019 wahyu 22:12-17,   lirik lagu kaulah gunung batuku,trio elexis,   nyanyian rohani methodist,   lirik buka mata hatiku,   lagu pujian minggu 23 juni 2019,   bacaan alkitab gereja gpil hari ini,   yer 17 :1-8,   nyanyian rohani 160,   nyanyian rohani 160,   2 korintus 9:6-14,   indahnya saat yang teduh gereja,   Hktobah filipi 2:19-3 1a,   lirik nyanyian rohani 160,   lirik lagu dangdut rohani,   lirik lagu rohani gb 402 pkb gpib bukit benuas,   pangungkapon 22 : 12-17,   lagu penyembahan pantemosata,   download kidung keesaan,   nyanyian rohani 139:4-5,   nyanyian rohani 139:1-2,   lirik nyanyian rohani 160,   lirik nyanyian rohani 160,   lirik nyanyian rohani 160,   doa sebelum persembahan syukur 2019,   Ulangan 16 : 18 - 19,   Khotbah minggu 23 juni 2019 wahyu 22:12-17,   renungan Hakim Hakim 4:1-24,   doa sebelum persembahan,   doa pesembahan,   Khotbah Galatia 3:1-29,   tafsiran mazmur 104 1 24,   khotbah gpib 2018,   khotbah gpib 2018,   khotbah amsal 3:11-20,   chord mars teruna gpib,    KISAH PARA RASUL 8 : 26 - 40,   nyanyian rohani,   khotbah galatia 3:1-29,   khotbah galatia 3:1-29,   khotbah galatia 3:1-29,   2 korintus 9:6-14,   lagu syukur untuk persembahan,   free download lagu wordship terbaru 2019. mp3,   free download rohani kristen mp3 terbaru 2019,   ilustrasi khotbah ulangan 16 18 20,   Sabda bina umat 23 juni 2019,   sabda bina umat juni 2019,   sabda bina teruna 23 juni 2019,   sabda bina teruna 23 juni 2019,   sabda bina teruna 2019,   tata ibadah Gbkp bekasi,   nyoman djepun ulangan 16:18-20,   jam tangan mail,   tata ibadah Gbkp bekasi,   Download lagu Erastus,   kumpulan lagu rohani maluku,   download kidung keesaan,   lirik lagu 17 agustus beserta notnya ,   download musik instrumental gereja,