Dilihat: 3443 x

Save Page

Khotbah Ibadah Keluarga Rabu, 25 Maret 2015
MINGGU II PRAPASKAH
TELADAN SEBAGAI HAMBA
 Sbu Malam : Yohanes 13:1-20 (SGK)

Yesus membasuh kaki murid-murid-Nya
13:1 Sementara itu sebelum hari raya Paskah mulai, Yesus telah tahu, bahwa saat-Nya sudah tiba untuk beralih dari dunia ini kepada Bapa. Sama seperti Ia senantiasa mengasihi murid-murid-Nya demikianlah sekarang Ia mengasihi mereka sampai kepada kesudahannya.
13:2 Mereka sedang makan bersama, dan Iblis telah membisikkan rencana dalam hati Yudas Iskariot, anak Simon, untuk mengkhianati Dia.
13:3 Yesus tahu, bahwa Bapa-Nya telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya dan bahwa Ia datang dari Allah dan kembali kepada Allah.
13:4 Lalu bangunlah Yesus dan menanggalkan jubah-Nya. Ia mengambil sehelai kain lenan dan mengikatkannya pada pinggang-Nya,
13:5 kemudian Ia menuangkan air ke dalam sebuah basi, dan mulai membasuh kaki murid-murid-Nya lalu menyekanya dengan kain yang terikat pada pinggang-Nya itu.
13:6 Maka sampailah Ia kepada Simon Petrus. Kata Petrus kepada-Nya: "Tuhan, Engkau hendak membasuh kakiku?"
13:7 Jawab Yesus kepadanya: "Apa yang Kuperbuat, engkau tidak tahu sekarang, tetapi engkau akan mengertinya kelak. "
13:8 Kata Petrus kepada-Nya: "Engkau tidak akan membasuh kakiku sampai selama-lamanya." Jawab Yesus: "Jikalau Aku tidak membasuh engkau , engkau tidak mendapat bagian dalam Aku."
13:9 Kata Simon Petrus kepada-Nya: "Tuhan, jangan hanya kakiku saja, tetapi juga tangan dan kepalaku!"
13:10 Kata Yesus kepadanya: "Barangsiapa telah mandi, ia tidak usah membasuh diri lagi selain membasuh kakinya, karena ia sudah bersih seluruhnya. Juga kamu sudah bersih, hanya tidak semuai "
3:11 Sebab Ia tahu, siapa yang akan menyerahkan Dia. Karena itu Ia berkata: "Tidak semua kamu bersih."
13:12 Sesudah Ia membasuh kaki mereka, Ia mengenakan pakaian-Nya dan kembali ke tempat-Nya. Lalu Ia berkata kepada mereka: "Mengertikah kamu apa yang telah Kuperbuat kepadamu?
13:13 Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.
13:14 Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamupun wajib saling membasuh kakimu ;
13:15 sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu.
13:16 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya, ataupun seorang utusan dari pada dia yang mengutusnya.
13:17 Jikalau kamu tahu semua ini, maka berbahagialah kamu, jika kamu melakukannya.
13:18 Bukan tentang kamu semua Aku berkata. Aku tahu, siapa yang telah Kupilih. Tetapi haruslah genap nas ini: Orang yang makan roti-Ku, t telah mengangkat tumitnya u terhadap Aku.
13:19 Aku mengatakannya kepadamu sekarang juga sebelum hal itu terjadi, supaya jika hal itu terjadi, kamu percaya, bahwa Akulah Dia.
13:20 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa menerima orang yang Kuutus, ia menerima Aku, dan barangsiapa menerima Aku, ia menerima Dia yang mengutus Aku. "


Penjelasan:

* MEMBASUH KAKI MURID-MURID-NYA. Nas : Yoh 13:5
Peristiwa yang dramatis ini terjadi pada malam terakhir sebelum Yesus ditangkap dan disalibkan. Yesus melakukannya
(1) untuk mempertunjukkan kepada murid-murid-Nya betapa besar kasih-Nya kepada mereka;
(2) untuk memberikan gambaran tentang pengorbanan diri-Nya di salib dan
(3) untuk menyampaikan kebenaran bahwa Dia meminta para murid-Nya saling melayani dengan kerendahan hati. Keinginan untuk menjadi yang terbesar senantiasa mengganggu pikiran mereka (Mat 18:1-4; 20:20-27; Mr 9:33-37; Luk 9:46-48). Kristus menginginkan agar mereka sadar bahwa keinginan untuk menjadi yang pertama -- menjadi lebih unggul dan dihormati lebih dari orang Kristen lain - adalah bertentangan dengan sifat Tuhan mereka (lihat cat. --> Luk 22:24-30; [atau ref. Luk 22:24-30] Yoh 13:12-17; 1Pet 5:5).

* JIKALAU AKU TIDAK MEMBASUH ENGKAU. Nas : Yoh 13:8
Kata-kata ini menunjuk kepada pembasuhan rohani dari dosa melalui salib. Terlepas dari pembasuhan ini tidak ada seorang pun dapat menjadi milik Kristus (1Yoh 1:7).

* WAJIB SALING MEMBASUH KAKIMU. Nas : Yoh 13:14
Gereja mula-mula rupanya mengikuti teladan Yesus Kristus sehingga benar-benar menaati peringatan-Nya untuk saling membasuh kaki dalam kasih. Sebagai contoh, dalam 1Tim 5:10 Paulus menyatakan bahwa janda-janda jangan dibantu oleh gereja kalau mereka tidak memenuhi syarat tertentu. Salah satu dari persyaratan itu adalah membasuh kaki "saudara seiman".


* Sumber SGDK
MINGGU II PRAPASKAH
TELADAN SEBAGAI HAMBA
Yohanes 13:1-20

Setelah sebelumnya Yesus banyak mengajar orang banyak, mulai pasal 13 lnjil Yohanes menceritakan tentang percakapan khusus Yesus dengan murid-murid-Nya. Percakapan dan tentu juga pengajaran yang secara khusus disampaikan kepada murid-murid-Nya terjadi Karena Yesus tahu saat-Nya akan segera tiba; yaitu saat di mana la akan dimuliakan melalui penderitaan dan kebangkitan-Nya. Tidak berapa lama lagi Yesus akan berpisah dengan murid-murid-Nya. Sebelum itu terjadi, melalui percakapan
dan pengajaran-Nya, la mau menghibur mereka. Sekaligus dengan itu Yesus mau mempersiapkan murid-murid-Nya untuk melaksanakan tugas yang akan dipercayakan-Nya. Salah satu pengajaran yang disampaikan adalah bagaimana para murid melayani dengan penuh kerendahan hati seperti teladan yang
ditunjukkan-Nya dalam pasal 13 : 1 - 20.

PENJELASAN NAS
Ayat 1 - 2 : Pengajaran Yesus kepada murid-murid-Nya diawali dengan suatu pernyataan singkat bahwa Yesus tahu saat-Nya sudah tiba. Saat di mana la akan direndahkan dan sekaligus saat dimana la
dimuliakan melalui penderitaan dan kemenanganNya alas maut. lnjil Yohanes menggunakan ungkapan "beralih dari dunia kepada Bapa". Dari ungkapan ini ada pengertian berpindah dari dunia ini kepada Bapa yang kekal. Hal ini sesungguhnya menegaskan tentang siapa Yesus. Yesus adalah Tuhan yang kekal dan berkuasa. Sekalipun Yesus tahu saat-Nya akan tiba dan itu berarti akan terjadi perpisahan, namun Yesus tetap mengasihi mereka. Kasih yang menyatukan para murid dengan Yesus sampai pada kesudahannya. Di dorong oleh kasih, Yesus mempersiapkan murid-murid-Nya untuk hidup sesuai teladan yang ditunjukkan-Nya.

Ayat 3-5 : Yesus menyatakan kasih-Nya kepada murid-murid dengan membasuh kaki mereka. Melalui
tindakan-Nya membasuh kaki, Yesus hendak menunjukkan bahwa kasih-Nya kepada murid-murid-Nya bukan saja kekal tetapi juga disertai dengan kerelaan untuk merendahkan diri. Apa yang dibuat Yesus ini sangat menarik karena dilakukan-Nya setelah la tahu bahwa Yudas akan berkhianat dan Ia juga tahu bahwa segala hal telah diserahkan ke dalam tangan-Nya. la datang dari Allah dan akan kembali kepada Allah. Walaupun la penuh dengan kuasa dan kemuliaan, namun tanpa ragu Ia mau melakukan pekerjaan seorang hamba yaitu membasuh kaki murid-murid-Nya. Sebenarnya Yesus bertindak demikian karena Ia mau meninggalkan sesuatu yang penting yang memiliki nilai perintah untuk dilakukan. Sesuatu yang penting bagi murid-murid-Nya adalah melayani dengan kerendahan hati. Demikianlah Yesus mempersiapkan murid-murid-Nya untuk melaksanakan tugas yang akan dipercayakan-Nya kepada mereka dengan semangat hamba yang melayani dengan kerendahan hati. Satu hal yang pasti, pembasuhan kaki yang dilakukan Yesus sama sekali tidak mengurangi atau merampas kemuliaan-Nya.
Banyak orang yang merasa memiliki kedudukan atau jabatan enggan melakukan sesuatu yang dipandang rendah. Karena mereka kuatir tindakan itu akan berdampak negatif terhadap dirinya dan
jabatannya. Prilaku demikian diakui atau tidak terkadang ada dalam hidup persekutuan orang percaya, terutama dalam kaitannya dengan presbiter, unit misioner dan lain sebagainya.

Ayat 6-11:
Petrus tahu bahwa apa yang dilakukan Yesus itu adalah perbuatan yang tidak biasa atau perbuatan
perendahan diri. Sebagai murid yang telah hidup bersama Yesus, la menolak apa yang akan Yesus
lakukan terhadap dirinya. Keberatan Petrus didasari oleh pemahaman dan pengetahuannya
sendiri terutama terhadap tindakan pembasuhan kaki dan pengenalannya terhadap Yesus. Petrus
tidak tahu bahwa apa yang dilakukan Yesus itu adalah tanda yang mengandung arti atau teladan
yang sarat dengan makna. Yesus berkata : "Apa yang Ku buat, engkau tidak mengetahuinya
sekarang, tetapi engkau akan mengetahuinya ke|ak" (ay. 7). Perkataan Yesus ini dihubungkan
dengan tindakan-Nya membasuh kaki para murid.

Pembasuhan kaki dalam hidup orang-orang Yahudi dipahami sebagai tanda, bahwa orang yang
bersangkutan telah bqrsih, sehingga dapat mengambil bagian dalam perjamuan. Dengan
demikian, 'pembasuhan kaki adalah "baptisan" yang meneguhkan dan memeteraikan kenyataan,
bahwa mereka mendapat bagian dalam kesucian (kebersihan), yang diberikan kepada mereka oleh
persekutuan dengan Kristus, sehingga mereka boleh mewarisi Kerajaan Allah' ( Dr. J.L Ch
Abineno, YESUS SANG MESIAS DAN SANG ANAK II, 1986 ). Sekalipun demikian yang perlu
digaris-bawahi bahwa yang membersihkan atau menyucikan itu bukan air tetapi Allah sendiri oleh
darah Yesus Kristus, Anak Domba Paskah.

Baptisan sebagai meterai dan jaminan untuk menjadi waris kerajaan-Nya terjadi karena pela-
yanan dan pengorbanan Yesus sebagai Hamba Allah yang menderita. Hamba yang melayani
dengan penuh kerendahan hati.

Ayat 12-17 : Yesus memberi penjelasan tentang tindakan-Nya membasuh kaki para murid. Tindakan Yesus sesungguhnya merupakan teladan yang harus dilakukan oleh para murid. Jika Yesus yang diakui
murid-Nya sebagai Tuhan dan guru mau membasuh kaki mereka adalah janggal jika kemudian mereka tidak mau melakukannya. Kata wajib adalah, kata yang ada dalam ranah hukum. Artinya hidup dan kehidupan murid-murid Kristus harus saling melayani dengan penuh kerendahan hati atau didasari oleh sikap yang penuh kerendahan hati. Yang pasti ada kebahagiaan di dalam hidup yang saling melayani dalam kerendahan hati.

PENDALAMAN PERCAKAPAN
Berikan pendapat saudara tentang tindakan Yesus membasuh kaki murid-murid-Nya. Percakapkanlah.
Ada juga pelayan yang mencontoh pembasuhan kaki tersebut dengan membasuh kaki presbiter atau PHMJ dan calon sidi baru. Bagaimana pendapat saudara?
Percakapkanlah.

Teladan yang ditunjukkan Yesus adalah melayani dengan penuh kerendahan hati. Bagaimana dengan kenyataan yang ada dalam pelayanan, khususnya dalam konteks GPIB? Apa yang harus dilakukan agar kita saling melayani dalam kasih dan kerendahan hati?
Percakapkanlah.



* Sumber SBU
:

Renungan SBU
Malam 2015
RABU,25 MARET 2015
Yohanes 13:12-20
HIDUP YANG BERBAHAGIA

MINGGU II PRAPASKAH
RABU,25 MARET 2015
RENUNGAN MALAM
HIDUP YANG BERBAHAGIA
Yohanes 13:12-20

Jikalau kamu tahu semua ini, mal-ta berbahagialah kamu, jlka kamu melakukannya (ay.17)

Setiap orang dalam hidupnya mengharapkan hidup bahagia. Seringkali materi dan memiliki kedudukan yang tinggi menjadi ukuran hidup bahagia. Karena itulah tidak sedikit orang dengan berbagai cara berusaha mendapatkan dan mengumpulkan materi serta berusaha meraih kedudukan yang tinggi. Memang, materi dan kedudukan yang tinggi dapat memberi kesenangan. Namun semua itu tidaklah menjadi ukuran yang mutlak untuk hadirnya kebahagiaan dalam hidup.

Setelah menjelaskan maksud dan tujuan-Nya membasuh kaki para murid, Yesus berkata : "Jikalau kamu tahu semua ini, maka berbahagialah kamu, jika kamu melakukannya "(ay.17). Kata berbahagia yang Yesus ucapkan terkait dengan makna dari tindakan-Nya membasuh kaki para murid. Yesus yang diakui sebagai Guru dan Tuhan tanpa ragu dan dibuat-buat berkenan merendahkan diri melayani murid-murid-Nya. Bagi kita yang dalam hidup ini cenderung untuk menjadi yang Iebih utama dan menghindar atau menolak berada pada posisi yang rendah, tindakan Yesus tersebut jelas sulit untuk diterima apalagi untuk dilakukan. Mengapa....? karena dalam kenyataannya tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa berbahagia itu berarti kita harus memiliki kedudukan tinggi dan memerintah.

Sebaliknya Yesus justru menegaskan bahwa yang berbahagia itu adalah orang yang dalam hidupnya mau melakukan perintah dan mengikuti teladan-Nya yaitu melayani atau saling melayani dengan kerendahan hati. Yesus tidak bicara tentang materi atau kedudukan yang tinggi untuk berbahagia. Di minggu prapaskah ini Yesus mengingatkan kita untuk tidak sekadar mengetahui tetapi dengan patuh mau melakukan perintah dan teladan-Nya dengan saling melayani dalam kerendahan hati.

KJ. 392:1
Doa : (Tuhan Yesus, bimbing kami untuk patuh melakukan kehandak-Mu)

Label:   Yohanes 13:1-20 




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah PKB Jumat, 27 Maret 2015 MINGGU II PRAPASKAH PERCAYA DIRI YANG BERLEBIHAN Yohanes 13:36-38

PREV:
Khotbah Ibadah PKP Selasa, 24 Maret 2015 MINGGU II PRAPASKAH Sbu Malam: Yohanes 12:44-50




BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 26 Agustus - Mazmur 82; 2 Tawarikh 20; Mazmur 83


Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2015..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Beli Kaos C59. Klik Disni






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH SYUKUR HUT KEMERDEKAAN RI KE-74

TATA IBADAH HUT KE-69 PELKAT GP GPIB & JUKLAK - Minggu, 28 Juli 2019
URAT PENGANTAR JUKLAK HUT KE-69 PELKAT GP, Petunjuk Pelaksanaan HUT GP ke 69 bersama jemaat, JUKLAK SERAGAM-LOGO-MARS PELKAT GP GPIB 2019, TATA IBADAH HUT KE 69 PELKAT GP, Pesan HUT ke 69 Pelkat GP
TATA IBADAH HARI MINGGU dan SYUKUR 38 TAHUN PELKAT PKB GPIB Minggu, 21 Juli 2019
Surat Pengantar Pengiriman Juklak HUT ke 38 PKB, JUKLAK HUT KE-38 Pelkat PKB, JUKNIS BMKB HUT KE-38, JUKNIS IHMPA di Bulan Khusus - HUTPKB 5-Pesan Dewan PKB - HUT ke 38 6-JUKLAK-KBA-pdr Evie 7-TATA IBADAH HUT KE 38 PELKAT PKB



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 25 Agustus 2019
Made A Way - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
While I'm Waiting - Travis Greene feat. Chandler Moore

Minggu, 25 Agustus 2019
Nothing But The Blood - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
Without Your Love - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
Worship Rise - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
Won't Let Go - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
We Labor Unto Glory - The Porter`s Gate

Minggu, 25 Agustus 2019
Little Things With Great Love - The Porter`s Gate

Minggu, 25 Agustus 2019
The Earth Shall Know - The Porter`s Gate feat. Urban Doxology, Casey J & Leslie Jordan

Minggu, 25 Agustus 2019
Nothing to Fear - The Porter`s Gate feat. Audrey Assad

Minggu, 25 Agustus 2019
Establish the Work of Our Hands (feat. Aaron Keyes & Urban Doxology) - The Porter`s Gate

Sabtu, 24 Agustus 2019
More Than I Can Bear - Kirk Franklin

Sabtu, 24 Agustus 2019
I Smile - Kirk Franklin

Sabtu, 24 Agustus 2019
Better - Pat Barrett

Minggu, 18 Agustus 2019
I'm Not Alright - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Changed - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Commitment - Sanctus Real

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



khotbah 1 Tawarik 6 : 31-53,   dari sinai beralih kesion,   maksud dari lukas 8 17,   renungan Roma 2 ayat 1 sampai 16,   lagu batak full album mp3,   lirik lagu rohani pembuka ibadah,   Tata Ibadah HUT Lansia GKI,   liturgi ulang tahun lansia,   Tata Ibadah Hari Ulang Tahun Orang Lanjut Usia (Kristen),   tata ibadah lansia gmim,   matius 6:5-15,   lagu satriaksih,   liturgi ibadah lansia,   Tata Ibadah HUT Lansia (Kristen),   lagu rohani kristen mp3 free download,   khotbah 1 tawarikh 6 : 31-54,   download lagu GMS,   great is thy faithfilness kpri,   kotbah kristen nehemia 13 : 25-31 kotbah Penta kosta,    sermon dari ayat matius 19 ayat 1-12,   mars teruna gpib kord,   mars teruna gpib kord,   mars teruna gpib kord,   Lagu babtisan,   khotbah mazmur 147:1-6,   khotbah mazmur 147:1-6,   Kotbah bulan Agustus 2019,   renungan ibadah keluarga kejadian 3,   renungan ibadah keluarga kejadian3,   renungan ibadah keluarga kejadian3,   sabda bina umat agustus 2019,   download instrumen piano lagu agama aku berserah,   khotbah kristen nehemia 13 : 25-31 khotbah Pentakosta,   khotbah kristen nehemia 13 : 25-31 khotbah Pentakosta,   khotbah kristen nehemia 13 : 25-31 khotbah Pentakosta,   Lirik tasbiih al rab,   kumpulan lagu rohani gpdi,   khotbah mazmur 147:1-6,    3 Musa 25:39-43 apa artinya,   buku pujian methodist,   3 musa 25 : 39 _ 43 apa maksudnya,   3 musa 25 : 39 _ 43 apa maksudnya,   kumpulan syair lagu rohani grace simon,   kumpulan syair lagu rohani grace simon,   lagu rohani mazmur,   renungan 1 tawarikh 6:31-53,   lirik lagu rohani yang menyentuh hati,   tatacara ibadah gky,   lagu pengakuan dlsa,   lagu greja,   Lagu kidung jemaat yang menuntun khotbah ulang tahun,   Lagu kidung jemaat yang menuntun khotbah ulang tahun,   Lagu kidung jemaat yang menuntun hotbah ulang tahun,   kotbah gpib Nehemia 1 1-7,   kotbah gpib Nehemia 1 1-7,   kotbah gpib Nehemia 1 1-7,   Lagu2 rohani indonesia timur,   khotbah kejadian 3,   maranatha tuhan datanglah lirik,   hotbah roma 13:1-7,   tafsiran 1 tawarikh 6:31-53,   ayat untuk persembahan,   AYAT ALKITAB TENTANG MEMBERI PERSEMBAHAN,   karismatik katolik lagu mp3,   doa persembahan kolekte,   3musa 25:39-43 batak toba,   3musa 25:39-43,   lagu batak gereja hkbp,   3 musa 25:39,   hotbah roma 13:1-7,   3 musa 25:39-43 batak,   tata ibadah gpib 25 agustus 2019,   kotbah dari imamat 25:39-43,   kj hkbp no 119,   www.renungan lukas 13 22 30,   renungan 1 tawarikh 6,   khotbah 1 tawarikh 6:31-53,   sabda bina umat agustus 2019,   sabda bina umat agustus 2019,   buku pujian methodist,   khotbah dari lukas 6:27-36,   renungan 1 tawarikh 6:31-53,   download kidung keesaan,   Lagu rohani advent jilid 1,   Lagu rohani advent jilid 1,   khotbah 1 tawarikh 25 1-7,   download lagu rohani kristen 2019,   renungan alkitab lukas 13:22-30,   lagu pemberkatan nikah,   lagu pemberkatan nikah,   doa deklarasi persembahan,   doa deklarasi persembahan,   doa deklarasi persembahan,   renungan pkb 1 tawarikh 6:31-53,   renungan harian 1 tawarikh 6:31-53,   renungan pkb 1 tawarikh 6:31-53,   kidung muda mudi,   renungan Tawarikh 6 : 31-53,   kunci lagu rohani elsady2 nada dasa f,   renungan Tawarikh 6 : 31-53,   kemerdekaan terakhir bagi orang benar Maleakhi 3 :13 -14khotbah kristen,   1 tawarikh 6:31-49,   kemerdekaan terakhir bagi orang benar Maleakhi 3 :13 -14khotbah kristen,   kotbah lukas 6:27-36,   nkb 119 dengan notasi,   download aplikasi kidung ceria,   renungan injil lukas 13:22-30,   khotbah dari matius 7:17-18,   renungan tentang kemerdekaan kristen kaitan dengan Lukas 12 : 13 21,   mars pelkat Pt,   khotbah dari matius 7:17-18,   1 tawarikh 6:31-49,   Mazmur 119;5-15 (bahasa toraja),   kotbah 1petrus3:8-12,   apa arti ipuh dlm amos 5:7,   sabda bina umat agustus 2019,   lagu pujian rohani kemerdekaan,   pkj 223,   imamat 25 : 39-43,   lagu penutup ibadah pemuda,   download lagu rohani takkan pernah terlambat pertolonganmu,   lagu sekolah minggu terbaru 2019,   KK 476 Berlimpah Sukacita Dihatiku ,   lagu penutup ibadah pengucapan syukur,   Kidung Keesaan 399 Mengikut Yesus Keputusanku,   download MIDI rohany kapata grup,   pengertian lukas6:27-36,   download instrument lagu rohani,   lagu walau seribu lidahku,   lagu walau seribu lidahku,   chord lagu tabu gendang,   di pintumu kudatang dan mengetok mp3,   kidung puji pujian kristen walau seribu lidahku graha bethany nginden,   lukas 13 22-30,   reungan roma 11: 33-36,   ilustrasi dalam roma 11: 33-36,   mp3 lagu rohani terbaru 2019,   Khotbah 3 musa 25:39-43,   doa persembahan,   download lagu kristen arab,   download lagu kristen arab,   renungan injil luk 13:23-30,   lagu penutup ibadah pemuda,   khotbah: Efesus 3:20-21,   lagu untuk pembukaan ibadah raya,   Rancangan khotbah ibadah minggu ,dari nas Ratapan 1:1-6?,   Renungan imamat 25:39-43,   hatorangan ni lukas6:27-36,   hatorangan ni lukas6:27-36,   partitur nkb 100,   CATATAN KHOTBAH PENDETA TENTANG MENGHAKIMI DI DALAM ROMA 14 AYAT 1 SAMPAI 12,   CATATAN KHOTBAH PENDETA TENTANG MENGHAKIMI DI DALAM ROMA 14 AYAT 1 SAMPAI 12,   CATATAN KHOTBAH PENDETA TENTANG MENGHAKIMI DI DALAM ROMA 14 AYAT 1 SAMPAI 12,   CATATAN KHOTBAH PENDETA TENTANG MENGHAKIMI DI DALAM ROMA 14 AYAT 1 SAMPAI 12,   Cerita kerna amsal 12:1-4,   Renungan kolose 2:16-23,   Kotbah pendeta amsal 12:1-4,   kidung keesaan,   kidung keesaan 2,   Khotbah minggu 25 agustus 2019 BNKP,   kita semua anak raja sekolah minggu mp3,   1 tawarikh 6:31-53 stemi,   lagu penutup ibadah Pemuda Remaja,   khotbah lukas 6 : 27 - 36,   lagu penutup ibadah Pemuda Remaja,   sabda bina umat 23 agustus 2019 ,   renungan kotbah. Yesaya 40: 37-41.,   lagu rohani GPI,   Lukas 6 :1-5,   lagu penyembahan pantekosta,   khotbah kristen tentang kemunafikan,