Save Page

Khotbah Ibadah Minggu - MINGGU II SESUDAH PASKAH
MINGGU, 12 APRIL 2015
MENERIMA DAN MENGHADIRKAN DAMAI
Yohanes 20:19-23

Yesus menampakkan diri kepada murid-murid-Nya
20:19 Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera h  bagi kamu! "
20:20 Dan sesudah berkata demikian, Ia menunjukkan tangan-Nya dan lambung-Nya kepada mereka. Murid-murid itu bersukacita ketika mereka melihat Tuhan.
20:21 Maka kata Yesus sekali lagi: "Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu.  "
20:22 Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: "Terimalah Roh Kudus .
20:23 Jikalau kamu mengampuni dosa orang , dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada."


Penjelasan:

* TERIMALAH ROH KUDUS. Nas : Yoh 20:22
Untuk diskusi lebih luas mengenai ayat yang penting ini serta hubungannya dengan pembaharuan kita dan baptisan dalam Roh Kudus,
lihat art. PEMBAHARUAN PARA MURID.

* JIKALAU KAMU MENGAMPUNI DOSA ORANG. Nas : Yoh 20:23
Lihat cat. --> Mat 16:19. [atau ref. Mat 16:19]


Sumber SGDK:

MINGGU ll SESUDAH PASKAH
MINGGU, 12 APRIL 2015
MENERIMA DAN MENGHADIRKAN DAMAI
Yohanes 20:19-23

LATAR BELAKANG NAS
Salah satu hal pokok dan penting yang ingin disampaikan oleh Yohanes adalah keinginannya untuk meyakinkan orang-orang Yahudi Helenis atau Yahudi bahwa Yesus adalah Mesias (Kristus). Hal ini penting karena banyak dari antara mereka terpengaruh budaya Yunani. Yesus keberadaan-Nya sudah ada sebelum segala sesuatu ada (kekal). Sebelum ada Yesus dari Nazareth, Sang Kristus-Firman (Kristos-Logos) telah ada bersama Allah Bapa dan Yesus adalah Allah. (Yohanes 1). Yesus adalah Sang Firman Allah, yang sama kekalnya dengan Allah sendiri. Ketika para murid Yesus berkumpul di sebuah rumah, mereka berkumpul dalam suasana penuh kecemasan dan ketakutan (Yoh. 20:19-23).

Oleh karena hal di atas, Yohanes mengundang kita untuk memahami makna kebangkitan Yesus dari kematian-Nya. Kematian Yesus sungguh memengaruhi para murid. Bisa jadi mereka merasa begitu ketakutan sebab mereka bisa ditangkap oleh "poIisi" bait Allah berkaitan dengan Yesus sebagai guru mereka.

lnjil Yohanes sejujurnya ingin memperlihatkan reaksi yang berbeda-beda dari orang-orang yang dekat dengan Yesus atas kebangkitan Yesus dari kematian. Bisa jadi reaksi-reaksi yang ditampilkan oleh para murid Yesus itu adalah reaksi umum dari khalayak ramai. Reaksi Simon Petrus terhadap kebangkitan Yesus adalah kebingungan (20 : 1-10), reaksi Maria Magdalena adalah percaya jika melihat dan mendengar (20 : 11-18) dan reaksi Tomas adalah percaya setelah melihat dan menyentuh (20 : 19-29).

PENJELASAN NAS
Ayat 19.Para murid Yesus pasca kematian-Nya biasa berkumpul dalam satu rumah. Akan tetapi, kini mereka berkumpul dalam suasana ketakutan. Mereka mengetahui kebencian orang-orang Yahudi yang telah merencanakan kematian Yesus, Guru meraka. Para murid merasa takut sebab bisa jadi nanti giliran mereka yang ditangkap, sehingga mereka berkumpul dengan kewaspadaan yang tinggi, memperhatikan dengan baik setiap langkah dan ketukan pintu rumah mereka. Jangan-jangan utusan Sanhedrin yang datang. Sementara mereka duduk dalam keadaan yang demikian takut itu, Yesus tiba-tiba muncul di antara mereka dan memberi salam kepada mereka.

Ayat 20.Tuhan Yesus yang hadir menunjukkan bukti-bukti penganiayaan dan kekerasan kepada para murid-Nya. Namun bukti-bukti di tangan dan di Iambung Yesus bukan untuk membangkitkan semangat balas dendam para murid. Sebaliknya, perjumpaan para murid dengan Yesus yang bangkit dengan bukti-bukti penganiayaan itu, justru membawa sukacita bagi mereka. Yesus mengubah ketakutan para murid menjadi kegembiraan atau sukacita.

Ayat 21. Lalu Yesus kembali memberi salam kepada para murid-Nya dan juga memberi amanat atau tugas yang tidak boleh dilupakan oleh mereka (baca: gereja). Yesus mengatakan bahwa sama seperti Allah Bapa mengutus Dia, demikianlah kini Yesus mengutus para murid-Nya. Yesus telah datang untuk menyampaikan kehendak Allah, yakni keselamatan untuk semua umat manusia. Berita keselamatan ini, tidak bisa didengar oleh semua orang, karena itu para murid ditugaskan-Nya untuk menyampaikan berita kabar baik itu kepada semua orang. Pemberian tugas ini adalah sebuah karunia dan kepercayaan yang luar biasa dari Yesus yang bangkit bagi para murid.

Ayat 22.Tuhan Yesus mengetahui bahwa untuk melaksanakan tugas itu, para murid m�mbutuhkan kemampuan dan kekuatan. Kemampuan dan kekuatan itu hanya dapat mereka peroleh melalui karunia Tuhan Yesus, yakni Tuhan Yesus mengembusi Roh Kudus kepada para murid. Hanya Roh Kudus yang menjadi sumber utama kekuatan dan kemampuan para murid. Dengan demikian kita mengetahui di sini bahwa para murid sangat membutuhkan kuasa dan wewenang dari Yesus Kristus yang bangkit itu.

Ayat 23. Tuhan Yesus mengatakan bahwa para murid dapat menyatakan bahwa dosa seseorang bisa diampuni dan dosa itu bisa tlnggal tetap. Yesus tidak pernah memberi kuasa untuk mengampuni dosa kepada siapapun, juga kepada para murid. Maksud dari perkataan Tuhan Yesus pada ayat 23 ini adalah para murid diberi kuasa untuk memberitakan pengampunan dosa kepada orang yang bertobat dan percaya kepada Yesus Kristus sebab hanya di dalam diri Tuhan Yesus saja, pengampunan dosa dari Allah terlaksana.

GAGASAN UTAMA
1. Sapaan "damai sejahtera bagi kamu" yang diucapkan oleh Yesus adalah salam penerimaan dan keteduhan yang tulus
dari seseorang yang begitu mencintai mereka (ay.19).
2. Kehadiran Yesus yang bangkit mengubah ketakutan dan kecemasan para murid menjadi sukacita (ay. 20).
3. Kehadiran dan kebersamaan dengan Tuhan Yesus tidak hanya membawa sukacita bagi para murid, tetapi juga para
murid diutus (diberi kepercayaan/penugasan/amanat) oleh Tuhan untuk memberitakan kabar keselamatan di dalam
Yesus Kristus (ay. 21).
4. Agar penugasan tersebut berjalan dengan baik, maka para murid diberikan Roh Kudus (ay. 22).

TUJUAN KHOTBAH
Sesuai dengan judul renungan "MENERIMA DAN MENGHADIRKAN DAMAI SEJAHTERA" maka kita dapat menentukan beberapa tujuan dari pemberitaan firman ini adalah agar para pendengar mengetahui (menghayati) bahwa :
1. Nas Yohanes 20 : 19 - 23 adalah bukti sejarah dan bukti iman bahwa Yesus sungguh-sungguh bangkit dari kematian.
2. Kebangkitan Tuhan Yesus dari kematian tidak hanya membuktikan bahwa diri-Nya adalah Mesias dan Juruselamat, tetapijuga memberi anugerah kepada para murid. Anugerah itu adalah 1). Ketakutan dan kecemasan berubah menjadi kesukacitaan. 2). Para murid diutus atau tetap diberi kepercayaan oleh Tuhan Yesus. 3). Diberi Roh Kudus.
3. Damai sejahtera yang diterima oleh para murid adalah kehadiran Yesus Kristus, dengan hadirnya Yesus Kristus, maka ketakutan dan kecemasan menjadi suka-cita, ada penugasan dan pemberian Roh Kudus.

RELEVANSI NAS DAN APLIKASI
Adapun relevansi nas dan aplikasi yang dapat penulis sarankan adalah sebagai berikut :
Kehidupan manusia senantiasa diliputi oleh ketakutan dan kecemasan. Ketakutan dan kecemasan itu bisa berhubungan dengan bidang : '
a. Ekonomi sehari-hari. Pendapatan dari hasil pekerjaan yang dilakukan setiap hari nampaknya kurang memberi kekuatan dalam kehidupan sebab belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sekolah anak-anak, kesehatan, dll.
b. Moral dan Etika. Kehidupan pasangan suami-lsteri diikat oleh cinta-kasih yang tulus. Akan tetapi sanggupkah suami-isteri mempertahankan cinta-kasih yang tulus dan murni itu berhadapan dengan keterpisahan antara suami-isteri karena pekerjaan?
c. Sosial. Keberadaan masyarakat yang berubah begitu cepat juga membawa dampak negatif dalam nilai-nilai kehidupan. Menurunnya rasa hormat, sopan-santun, pementingan diri sendiri, dll.
d. Agama (Gereja). Kehidupan persekutuan di dalam gereja yang hanya saling memperhatikan karena satu suku, satu
sektor, satu pelkat, dll.
e. Politik dan Hukum. Terbukanya informasi untuk mengetahui bahwa para pejabat negara atau pemerintah
baik pusat maupun daerah tidak sungguh-sungguh berkerja untuk keadilan dan kemakmuran rakyat serta
kemajuan bangsa dan Negara (dalam hal ini menyangkut praktik korupsi, koluasi dan nepotisme) serta penegakkan hukum yang tebang pilih memunculkan ketidak-pedulian dan ketidak-percayaan di masyarakat terhadap jabatan atau Iembaga pemertintah dan hukum.

Di tengah-tengah situasi kehidupan manusia seperti yang digambarkan di atas tersebut, gereja terpanggil dan diutus untuk menghadirkan damai sejahtera sebab gereja sudah menerima Sumber damai sejahtera itu, yakni Yesus Kristus. Gereja dapat belajar dari Tuhan Yesus untuk menjadi utusan yang baik. Pengutusan Bapa terhadap Yesus telah dilaksanakan dengan baik oleh Yesus, penuh ketaatan dan kesetiaan. Yesus bisa menjadi utusan Allah yang sempurna karena la memberi kepatuhan dan kesetlaan penuh kepada Allah. lni berarti gereja juga harus menjadi utusan yang patuh dan setia meniru Tuhan Yesus. Gereja janganlah sekali-kali menyelewengkan berita atau pesan Tuhan Yesus kepada dunia.

Oleh karena hal-hal di atas, kiranya pelayan firman dapat merumuskan bagaimana kuasa kebangkitan Kristus dapat membawa sukacita di bidang ekonomi, moral etika, sosial, agama (gereja), politik dan hukum, dll.

Label:   Yohanes 20:19-23 


HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song
Jesus Is Risen Song


NEXT:
Khotbah Ibadah Keluarga MINGGU II SESUDAH PASKAH RABU, 15 APRIL 2015 MENGIKUT YESUS Yohanes 21:20-23

PREV:
Khotbah Ibadah Keluarga MINGGU I SESUDAH PASKAH RABU, 8 APRIL 2015 HIDUP DALAM PERSEKUTUAN DENGAN KRISTUS 1 Korintus 15:20-28

Garis Besar Yohanes

Garis Besar 1 Yohanes

Garis Besar 2 Yohanes

Garis Besar 3 Yohanes





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 23 Mei - Kidung Agung 1,2

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2015..

Hari ini, 23 Mei - Kidung Agung 1,2
rss lagu-gereja.com  Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392




Beli Kaos C59. Klik Disni

Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 17 Desember 2019 - Yesaya 13:4-5 - MINGGU ADVEN III Yesaya 13:4-5 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Senin, 16 Desember 2019 - Yesaya 12:4-6 - MINGGU ADVEN III Yesaya 12:4-6 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 15 Desember 2019 - MANUSIA BERKESEMPATAN UNTUK HIDUP DI DALAM DAMAI SEJAHTERA - Zefanya 3:9-15 (SGD) - HARI MINGGU ADVEN III Zefanya 3:9-15 Penjelasan Ayat
Janji keselamatan, Tetapi sesudah itu Aku akan memberikan bibir lain kepada bangsa-bangsa, yakni bibir yang bersih, Engkau tidak akan mendapat malu, Umat yang rendah hati dan lemah, Sisa Israel, Bersorak-sorailah, hai putri Sion, Raja Israel, yakni TUHAN, ada di antaramu
Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 14 Desember 2019 - Mazmur 72:1-11 - MINGGU ADVEN II Mazmur 72:1-11 Penjelasan Ayat

Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 13 Desember 2019 - Mazmur 60:1-7 - MINGGU ADVEN II Mazmur 60:1-7 Penjelasan Ayat




Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Jumat, 17 Mei 2019
Open Heaven - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Beautiful - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Dance Like It's Done - Influencers Worship

Jumat, 17 Mei 2019
Halellujah - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Precious Angel - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Blowin in The Wind - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Jokerman - Bob Dylan

Jumat, 17 Mei 2019
Pressing On [Toronto, April 1980] - Bob Dylan

Senin, 13 Mei 2019
God Is With Us - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Here I Go Again - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Love Them Like Jesus - Casting Crowns

Senin, 13 Mei 2019
Courageous - Casting Crowns

Jumat, 10 Mei 2019
Hallelujah - Tori Kelly

Jumat, 10 Mei 2019
You Make Me Brave - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Oceans (Where Feet May Fail) - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Lord, I Need You - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
How Great Thou Art - Lauren Daigle

Jumat, 10 Mei 2019
Because of Who You are - Agnes Monica

Minggu, 05 Mei 2019
Revelation Song - Tori Kelly

Minggu, 05 Mei 2019
How He Loves - Tori Kelly / Romulo Costa

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



download Midi kj 427,   how to pronunce Plusquam ferrea aut lapidea corda esse oportet, quae non emolliet tam incomparabilis,   how to pronunce Plusquam ferrea aut lapidea corda esse oportet, quae non emolliet tam incomparabilis,   lagu persembahan kolekte sekolah minggu,   khotbah ibadah keluarga 2017,   lagu persembahan,   mazmur 102:2-3+13-23,   bahan jamita pslmen: 102:2-3, 13-23,   how to pronunce Plusquam ferrea aut lapidea corda esse oportet, quae non emolliet tam incomparabilis,   khotbah mazmur 84 ayat 13,   koor jika jiwaku berdoa,   kppk 337,   Kotbah kisah rasul 1:1-13,   khotbah katolik surat yakobus 1 : 2-7,   terima berkat ibadah kolom bulan,   tata ibadah 19 mei 2019 gpib kasih karunia medan,   doa persembahan syukur,   download lagu kasih yesus mengalir d hati,   doa persembahan dalam ibadah minggu di gereja,   download lagu kasih yesus mengalir d hati,   kasih yesus indah dalam hidupku chord,   daniel 3 : 21-29,   daniel 3 : 21-29,   khotbah kristen gpib,   lagu gereja,   asibasaon minggu26 mei 2019,   lagu lagu persembahan beserta liriknya,   KHOTBAH 1 PETRUS 1:3-12,   download lagu rohani pentakosta,   mazmur 118 mp3,   lagu pengantar doa syafaat,   renungan mazmur 80:1-20,   jamita lukas 11:1-13,   lagu pengantar doa syafaat,   ilustrasi mazmur 102,   khotbah psalmen 102:2-3, 13-23,   ayat alkitab tentang persembahan kristen,   Kisah Para Rasul 15:22-29,   khotbah kristen gpib,   lagu pujilah sang pencipta maha mulia Gita bakti,   lirik Gita bakti pujilah sang pencipta,   lagu pujilah sang pencipta maha mulia Gita bakti,   khotbah kejadian 5:21-24,   khotbah kejadian 5:21-24,   lagu pujian pengucapan syukur,   khotbah kristen gpib,   renungan efesus 2:11-22,   lirik banyak perbuatan ,   kotbah daniel 3:21-29,   khotbah kristen gpib,   kumpulan khotbah tentang maleaki 3:18,   list lagu rohani GMS,   kumpulan khotbah tentang maleaki 3:18,   lagu persembahan,   kata kata berkat selesai ibadah,   terimalah berkat tuhan tuhan menghadapkan wajahnya,   GMS lagu mp3 free download,   lagu gms terbaru 2017,   sungguh alangkah baiknya kidung jemaat,   gms lagu,   michelle alatas mp3 rohani,   michelle alatas mp3 rohani,   lagu gms worship,   mazmur 6 tanggal 26 mei 2019,   mazmur 6 tanggal 26 mei 2019,   mazmur 6 tanggal 26 mei 2019,   kj 473a,   satu didalam roh hu chord,   chord lagu gerejawi terpopuler,   ilustrasi rohani dr Masmur 102:2+3+13-23,   ilustrasi rohani dr Masmur 102:2+3+13-23,   ilustrasi rohani dr Masmur 102:2+3+13-23,   minggu 26 mei 2019 almanak hkbp,   tafsiran markus 3:13-18,   lagu untuk hari minggu 26 mei 2019 hkbp,   lagu penutup ibadah,   khotbah katolik minggu 26 mei 2019,   https://www.bing.com/search?q=materi renungan khotbah amsal 17 : 21,   doa persembahan singkat,   download MP3 full lagu rohani Kristen versi ibrani,   ende hkbp thl 26 mei 2019,   renungan imamat 25 1 13,   ende hkbp thl 26 mei 2019,   mazmur 102:,13-23,   lagu pujian dan penyembahan di 26 mei di gpdi,   lagu persembahan kolekte sekolah minggu,   lagu persembahan kolekte sekolah minggu,   not angka lagu anak sekolah minggu,   jamita psalmen 102: 2-3, 13-23,   mazmur 102 2-3,   lagu pentakosta lama dowloand,   lagu persrmbahan kristen,   download lagu rohani pentakosta,   cerita sekolah minggu yohanes 21:20-23,   renungan ayub 5:8-16,   download lagu kj pkj nkb,   homili injil Yohanes 15 : 18 - 21,   homili injil Yohanes 15 : 18 - 21,   lagu ucapan syukur,   Ppk 13 pujilah allah,   ilustrasi mazmur 102,   Yohanes 12 44,   ilustrasi mazmur 102,   khotbah psalmen 102: 2-3 ; 13-23,   lirik lagu rohani senja membayang,   khotbah ibadah keluarga 2017,   mada bsakti 236,   Lagu Rohani Gms terbaru,   when isee the blood donald lawrence,   kerinduanku datang padamu,   when isee the blood donald lawrence,   lirik lagu KITA MENABURKAN BIJI KEBENARAN,   khotbah lukas 10:25-37 gke,   khotbah 1 raja raja 19:1-18,   khotbah pengkhotbah 8:9-17,   khotbah masmur 145:14-21,   download boanerges album,   keluaran 3:1-14,   khotbah lukas 10:25-37 gke,   instrumen gita bakti 394,   when isee the blood donald lawrence,    download gita bakti 394,    download gita bakti 394,    download gita bakti 394,   gita bakti 394,   tafsiran markus 5:25-34,   gita bakti 394,   khotbah yohanes 21 1-14,   khotbah yohanes 21 1-14,   khotbah amsal 1:2-7,   lagu persembahan di remaga,   membangun jemaat gereja toraja tahun 2019 tanggal 19 mei 2019,   lagu persembahan,   lagu rohani instrumental,   buku agenda GPIB 2019,   buku agenda GPIB 2019,   when isee the blood donald lawrence,   dumaisi hutabarat rohani mp3,   berkat menjadi laknat,   lagu rohani kristiani protestan,   lagu rohani kristiani protestan,   ilustrasi mazmur 102,   lagu safaat,   lagu rohani kristiani protestan,   khotbah ezra 6 13 - 18,   lagu rohani kristiani protestan,   lagu pujian dan penyembahan di 26 mei di gpdi,   chord bapa ku datan,   lagu pujian dan penyembahan di 26 mei di gpdi,   lagu pujian dan penyembahan di 26 mei di gpdi,   contoh kotbah minggu 26 mei 2019,   pkj 289,   ezra 6:13-18,   khotbah lukas 10:25-37 gke,   jamita partangiangan hkbp pesalmen 102:2-3,13-23,   lagu rohani menyentuh hati,   ronhkasan khotbah mazmur102:2-3,13-23,   chord bapa ku datan,   lirik lagu rohani pengampunan,   chord bapa ku datan,   lagu rohani penyesalan,   lagu rohani penyesalan,   Renungan sgdk gpib 21 mei 2019,   lagu rohani penyesalan,   lagu rohani penyesalan,   chord bapa ku datan,   khotbah mazmur 102 2 3 13 23,   michelle alatas mp3 rohani,   nast pengantar persembahan,   nast pengantar persembahan,   nast pengantar persembahan,